9 Tips Memenangkan Lomba Blog untuk Pemula ditengah Ketatnya Persaingan

Tips Menang Lomba Blog
Dokpri

"Kalah menang itu biasa. Yang luar biasa itu ketika kamu terus bangkit dan belajar dari kekalahan"

Berhasil memenangkan lomba blog adalah suatu hal yang istimewa dan tak terlupakan. Apalagi jika penyelenggara merupakan brand besar atau dari lembaga tinggi pemerintahan. Misalnya seperti dari Astra, Bank Indonesia, atau dari Kementrian. Terlebih lagi jika saat itu, posisi kamu masih pemula, dan secara tiba-tiba kamu berhasil memenangkan lomba. Tentu rasanya luar biasa, bukan? Ada kebanggaan tersendiri jika kamu sampai mengalaminya. Ditambah hadiah sebagai rewardnya, ada kebanggan tersendiri yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. 

Namun tentu saja, dalam sebuah lomba blog, seringkali persaingannya sangat ketat. Lawan-lawannya memiliki kreatifitas yang sangat tinggi hingga sulit ditiru. Karena dalam lomba blog saat ini, para blogger pejuang lomba bukan hanya pandai menulis. Namun sangat kreatif dalam mengolah konten pendukung. Baik itu gambar, vektor, video, animasi, hingga web desain.

Baca Juga : 

Tapi biarpun demikian, jangan pernah patah semangat jika kamu belum berkesempatan menang. Karena rezeki itu tidak tertukar dan sudah tertakar. Ada waktunya tersendiri untuk itu. Jadi, teruslah mencoba karena kesempatan menang pasti ada. 

Dan bersama ini, saya akan membahas 9 tips memenangkan lomba blog untuk pemula ditengah ketatnya persaingan, berdasarkan pengalaman pribadi mengikuti lomba blog selama 5 tahun. 

1. Pelajari tema lomba blog dengan baik dan seksama


Tips menang lomba blog
Dok. Pribadi


Sebagus apapun tulisanmu, jika keluar dari tema, bisa dipastikan tulisanmu akan kalah. Cara agar tulisanmu bisa sesuai tema, kamu bisa membaca syarat dan ketentuan lomba berulang-ulang hingga mendapatkan benang merahnya. Kemudian kamu bisa mencatatnya dalam sebuah coretan. Baik itu kertas ataupun note di smartphone atau laptopmu. Agar mudah diingat saat akan mulai menulis. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat konten terbaru di media sosial milik penyelenggara. Karena biasanya, produk atau jasa yang sedang dipromosikan lewat lomba blog, juga dipromosikan lewat feed media sosial mereka. Dengan begitu kamu bisa tahu dan paham mengenai tema yang sedang dilombakan. 

2. Penuhi semua syarat dan ketentuan lomba 

Tips menang lomba blog
pixabay.com/stux

Sebelum mengikuti lomba blog, penuhi dulu semua syarat dan ketentuannya. Misalnya jika kamu harus follow akun media sosial mereka, pastikan kamu sudah melakukannya jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak lupa. 

Jangan sampai kamu tidak melakukannya ya karena ini merupakan syarat wajib. Bisa-bisa kamu tersingkir dari perlombaan. Karena hal itu sudah pernah terjadi. Dan yang terpenting, perhatikan durasi perlombaan. Karena pastinya juri tidak menerima tulisan lomba yang disubmit melebihi batas waktu yang ditentukan. 

Untuk syarat wajib lainnya, biasanya setiap blogger diwajibkan untuk menyematkan backlink beserta kata kunci menuju website penyelenggara. Karena pastinya sebuah lomba blog diadakan untuk meningkatkan branding suatu produk atau jasa melalui ulasan seorang blogger lewat backlinknya. Semakin banyak backlink (link hidup) yang terpasang di artikel kontestan, popularitas suatu website akan semakin baik di hasil pencarian. Akhirnya, produk atau jasa mereka banyak temukan konsumen. Jadi, jangan lupakan syarat wajib ini, ya!

3. Baca artikel pemenang lomba, atau lomba blog sebelumnya jika ada

Tips menang lomba blog
Pixabay.com/ kaboompics 


Membaca artikel pemenang lomba juga merupakan cara cerdas saat akan mengikuti lomba. Dengan begitu, kita bisa mendapat gambaran “ooo, ternyata seperti itu, pantesan menang”. Cara ini seringkali dilakukan para blogger sebelum ikut lomba, atau bahkan mungkin terlalu sering. Jika memang ada lomba blog sebelumnya dari penyelenggara yang sama, kita juga bisa membacanya agar bisa lebih paham akan kemauan sang juri. 

  1.  Ketika Selalu Kalah dalam Lomba Blog
  2. 8 Pengalaman Berharga dari 3 Tahun Rutin Ikut Lomba Blog
  3. "Bermain Judi" dalam Lomba Blog 


4. Jangan lupakan riset agar artikelmu semakin padat dan berbobot

Tips menang lomba blog
pixabay.com/StockSnap 

Umumnya fokus utama penilaian lomba blog adalah kualitas tulisan. Semakin berbobot suatu artikel, semakin tinggi nilainya. Untuk itu, jangan pernah lupakan riset ya. Semakin banyak kamu membaca, semakin berbobot kualitas sebuah artikel. 

Kamu bisa riset melalui google, artikel-artikel pada blog penyelenggara, media sosial penyelenggara, ataupun membaca artikel peserta lainnya untuk mendapatkan gambaran lebih luas. Namun dilarang keras mencontek karena ini tentang hak cipta. Jika ketahuan mencontek, maka akan langsung didiskualifikasi. Selain itu, riset juga bisa dilakukan melalui buku, atau video di youtube. 

5. Jangan takut keluar modal agar keaslian tulisan semakin maksimal

Tips menang lomba blog
pixabay.com/niekverlaan 

Dalam sebuah lomba blog, terkadang kita memang harus mencoba produk atau jasanya. Misalkan lomba blog yang penyelenggaranya adalah sebuah brand hotel. Jika kita telah merasakan jasa layanannya, maka tulisan pun menjadi lebih berbobot karena yang kita ceritakan berdasarkan pengalaman pribadi. Lagian dalam sebuah lomba blog, umumnya user experience atau keaslian tulisan juga menjadi kriteria penilaian. 

Jika dibandingkan dengan tulisan peserta lain yang hanya sekedar riset lewat artikel, tulisan orisinal berdasarkan user experience, tentu nilainya lebih tinggi. Nah, maka dari itu, jangan takut keluar modal ya. Yakinlah jika usahamu maksimal, hasilnya pun akan lebih maksimal. 

6. Perhatikan kaidah penulisan bahasa atau EYD

Dokpri 


Sebagai seorang penulis blog, apalagi dalam sebuah perlombaan, memahami kaidah penulisan atau EYD itu sangat penting. Hal itu dilakukan agar tulisanmu terlihat lebih lebih proffesional. Dan pastinya, cara penulisan yang benar juga mendukung poin penilaian oleh juri untuk kualitas tulisan. 

Kamu harus tahu, bahwa “mengubah” seringkali ditulis “merubah”. Padahal kata dasar dari “merubah” itu adalah rubah yang artinya binatang rubah. Sedangkan maksud dari kata tersebut adalah melakukan pengubahan, membuatnya jadi beda, diubah, dirombak. 

Atau yang paling mudah yaitu membedakan awalan di. Di yang diikuti kata kerja, itu digabung. Contohnya “dilarang”. Kemudian di yang diikuti kata keterangan tempat, itu dipisah. Contohnya “di rumah”.

Kemudian jangan pernah gunakan kata “AL4y” karena tidak sesuai kaidah penulisan bahasa Indonesia. Jika menggunakan istilah asing, bisa dibuat italic atau tercetak miring. 

7. Tambahkan konten pendukung agar kualitas tulisan semakin maksimal 

Tips menang lomba blog
Dokpri 

Semakin kesini, standar kualitas artikel para pejuang lomba blog semakin meningkat saja. Dulu di awal tahun 2010-an, umumnya konten artikel masih didominasi oleh kata dan gambar saja dengan editan yang minim. Blog dengan tambahan infografis apalagi animasi ataupun video masih jarang. Saat itu, kualitas tulisan paling mendominasi. 

Namun sekarang, infografis sudah seperti hal umum karena para blogger semakin kreatif dan tidak mau tertinggal. Bahkan motion grafis, animasi, web desain, dan video visual fx, juga sudah mulai banyak disematkan pada artikel blogger pejuang lomba. 


Untuk saat ini yang masih sulit lakukan yaitu web desain dan motion grafis. Maka dari itu, menambahkan unsur kreatif itu penting agar tampilan semakin atraktif. Sehingga poin penilaian oleh juri semakin bertambah.  

8. Perbanyak engagement artikel (komentar, like, share)


Tips menang lomba blog
Dokpri 


Setelah artikel diposting, masih ada yang harus dilakukan. Dalam syarat dan ketentuan lomba blog, poin ini seringkali masuk ke penilaian juri. Jadi penting untuk dilakukan. 

Cara agar blogmu banyak memiliki komentar, bisa dilakukan dengan blogwalking sesama peserta. Atau cara yang tepat berdasarkan pengalaman pribadi yaitu dengan bergabung di grup komunitas khusus blogwalking. Dengan cara ini, dalam sekejap postinganmu akan dibanjiri komentar. 

Selain itu, bagikan juga artikelmu dimedia sosial sebanyak mungkin. Jangan lupa tag akun penyelenggara. Karena biasanya, syarat share artikel disertai tag (@) dan hastag (#) juga menjadi hal wajib dalam lomba blog. Semakin banyak engagement yang didapat, poin penilain juga semakin bertambah. Jumlah engagement paling tidak biasanya akan menempati juara favorit.

9. Terakhir, berdoalah dan biarkan artikelmu menemukan takdir terbaiknya

pixabay.com/StockSnap 

Setelah semuanya selesai, berdoalah agar artikelmu mendapatkan takdir terbaiknya. Barangkali juri bingung saat akan menentukan pemenang utamanya karena diantara para nominasi pemenang, tulisannya bagus-bagus. Tapi karena kamu sudah berdoa, bisa jadi, Tuhan akan menggerakan hati juri dan memilih artikelmu sebagai pemenangnya. Jadi berdoa itu penting. 

Namun jika ternyata kamu sudah berusaha maksimal akan tetapi hasilnya belum sesuai harapan, cobalah untuk instrospeksi diri dan belajar dari kesalahan dan kekalahan. Kamu bisa baca artikel pemenang untuk menyimpulkan mengapa artikel tersebut dimenangkan ? Karena sekuat dan semaksimal apapun usaha kita, Tuhanlah yang menentukan hasilnya. 

Mengikuti lomba blog memang ada seninya tersendiri. Jadi jika masih belum menang, coba dan terus coba. Batu karang saja akan berlubang jika terus ditetesi air walaupun butuh waktu berpuluh-puluh tahun. Intinya jangan pernah berhenti untuk mencoba. Jika orang lain bisa, kamu pun juga bisa.  Tetaplah semangat !

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " 9 Tips Memenangkan Lomba Blog untuk Pemula ditengah Ketatnya Persaingan"

  1. Saya beberapa kali ikut lomba blog, meskipun hanya sekedar tim hore. Thanks artikelnya berguna sekali😊

    BalasHapus
  2. Iya nih perlu banyak belajar lagi, supaya bisa menang di lomba-lomba berikutnya.. terima kasih sarannya dan tipsnya kang..

    BalasHapus