Pengalaman Pertama Menang Lomba Blog

Credits People and Logo Blogger
Akhirnya saya bisa menuliskan artikel ini setelah lama saya berangan angan “kapan ya saya bisa menuliskan artikel berjudul pengalaman pertama menang lomba blog” yang berarti bahwa saya telah memenangkan sebuah lomba blog, akhirnya sekarang bisa terlaksana. Dan di bawah adalah pertanyaan dan jawaban tentang pengalaman pertamaku menang lomba blog, simak baik baik :

Q : Hai Lik Amir, bagaimana sih rasanya menang lomba blog ?
A : Rasanya seneng banget, menang yang ke 2 kalinya senennng banget, menang yang ke 3 senenggggggggg banget karena yang ketiga ini hadiahnya duit bos, udah gitu pas mau lebaran lagi, icikiwir…icikiwir…#sambilnyanyinyanyi.

Q : Wah, mau juga dong biar bisa menang kayak Lik Amir, bagi rahasinya dong ?
A : Oce deh, kemaren saya habis menuliskan tips menang lomba blog, baca ya biar jadi sedikit ngerti tips menang lomba blog. Walaupun saya baru beberapa kali menang, tapi kalahnya udah buanyak buanget nget nget…sampe nangis ibaratnya karena gak menang menang, hingga akhirnya bisa di jadikan pengalaman dan bisa menuliskan tips ini.

Q : Persiapan apa yang harus Lik Amir lakukan untuk mengikuti lomba blog ?
A : Yang pasti, siap waktu dong, Anda harus mau bekerja keras untuk mengikuti lomba blog. Kalo saya sih sampe lembur lembur malem, jangan asal nulis ya tapi nulis pake asal, sekali lagi baca tips menang lomba blog yang sudah saya tuliskan dan terapkan semua, di jamin hasilnya memuaskan entah itu kalah atau menang. Kalo menang ya sukur kalo kalah ya di pikir lagi mengapa bisa kalah lalu #cobalagidancobalagi

Q : Bagaimana jika saya baru pertama kali ikut lomba blog dan ingin menang ?
A : Tidak ada di dunia ini yang isntan, yang instan biasanya bikin menyesatkan, jadi kalian harus mau belajar dan belajar, mereka yang langganan menang seperti Mbak Murtiyarini asal Bogor, Rezki Darmawan yang masih kelas 2 SMA asal Kediri, Mbak Evrina dari Bogor, Harris Maulana juga dari Bogor,  ih…orang bogor pinter pinter ya…? Mereka semua sebelumnya masih awam dan newbie soal kontes blog, namun karena mereka mau  belajar dan belajar tanpa menyerah akhirnya mereka langganan jadi juara, apalagi Mbak Murtiyarini yang menangnya udah lebih dari 100 x…hah…yang bener masa 100 x..? iya, secara, jika orang pantang menyerah dalam suatu usaha pasti ada jalan, contohnya seperti Mbak  Murtiyarini ini. Buat kalian semua jangan pernah putus asa dalam suatu tujuan ya, biar cita cita kalian cepat tercapai, amin

Q : Saya ingin menang lomba blog, saya baru pertama memulai ngeblog, baiknya saya pakai platform blog apa ya, blogspot, wordpress, kompasiana, tumblr atau domain pribadi ?
A : Apa saja boleh, pilih yang mudah di gunakan saja, jika kalian lebih mudah menggunakan blogspot ya pilih blogspot, jika lebih mudah pakai wordpress ya pakai wordpress saja. Kalo saya sendiri sih pakai blogspot yang paling banyak di gunakan karena mudah, mungkin bagi petarung lomba seo yang kriteria penilainya bukan dari kualitas tapi dari urutan top google pake wordpress lebih bagus karena platform yang satu ini memiliki banyak tool untuk optimasi hasil pencarian. Lebih bagus lagi jika pakai domain sendiri karena lebih professional sehingga bisa menambah poin penilaian juri nanti baik untuk lomba blog tau seo.

Q : Ceritain dong pengalaman Lik Amir dari pertama mengikuti lomba blog sampai akhirnya bisa menang ?
A : Oke deh, jadi begini,  saya mengikuti  lomba blog tuh saat tanpa sengaja melihat banner sebuah lomba blog yang hadiah utamanya tablet, ngiler banget saya waktu itu, langsung deh saya ikutan, itu pertama kali saya ikut lomba blog. Waktu itu tampilan blog saya acak acakan gara gara asal copas saja dari Ms Word langsung ke editor teks blogger, hasilnya paragraph blog saya acak acakan, di  pratinjau halaman selalu gagal dan gagal, tidak taunya ternyata semua itu gara gara kode html dari Ms Word yang terbawa karena asal copas saja, dan itu berlangsung sekitar 1 tahun dan bikin pusing banget waktu itu. Pikir saya “ apa para blogger lain  mengalami hal yang sama seperti saya tidak ya ?" masalah ini saya tuliskan dalam artikel berjudul penyebab gagal posting di blog.

Setelah saya coba telusuri sana sini, saat itu saya hanya bisa mengandalkan artikel di blog karena blogger itu profesi yang jarang banget waktu itu, akhirnya ketemu. Dan kebetulan juga ada seorang teman yang ternyata seorang blogger juga yang memberi tau “coba deh Mir, di copas ke notepad dulu baru di pindah ke editor teks bloger” eh ternyata beneran, mulai saat itu tampilan blog saya mulai bagus, dan akhirnya masalah seperti ini terselesaikan.

Di sesi sesi lomba blog berikutnya, saya terus mengikuti lomba lomba blog yang ada, kadang saya malah mengikuti kontes seo yang sistem penjurianya di nilai dari posisi tertinggi hasil pencarian di google, salah kaprah banget, maklum lah saat itu saya masih nol banget, jurusanya lomba blog yang di nilai kualitas malah ikut lomba seo, huh payah. Tapi itu penglaman, sekarang saya tidak pernah ikut lomba seo karena jurusan saya lomba blog, jangan sampai salah jalan lagi pokonya.

Setelah belajar belajar dan belajar dari kesalahan, terutama dengan selalu memantau artikel artikel pemenang lomba blog seperti saat itu saya rajin memantau dan mengamati artikel milik Rezki Darmawan yang selalu saja menang, saya amati mengapa ia selalu juara 1, saya amati dan amati ternyata emang berkualitas dan bagus banget, baik dari tulisan atau gambar grafisnya yang super keren, seperti artikel berjudul “Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge: The Next Smartphone” yang menjadi juara 1 dan berhasil membawa pulang 1 buah Android Samsung S6 seperti pada judulnya yang mahal banget harganya. Saya amati terus menerus begitu juga dengan artikel artikel lain lomba blog miliknya yang berjudul “Dari Blogger Menjadi Blogpreneur Bersama Jarvis Store” dalam lomba blog yang di adakan oleh platform toko online loka dan berhasil membawa pulang uang tunai Rp 1.500.000,- dan bersama ini saya pun menjadi juara ke 3 nya dan berhasil membawa pulang hadiah uang tunai Rp 750.000,- plus voucher pulsa 100.000,-dan pas saat iu waktu mau lebaran, rasanya senengggg banget, maklum baru pertama kali menang lomba yang hadiahnya uang tunai, lumayan banget buat plesir plesir ( walaupun akhirnya gak plesir).

Yang paling mengesankan bagi saya itu lho, backgroundnya yang di bikin pakai css nya, yang pasti menambah poin penilaian, sampai saat ini saya masih belajar tentang itu agar supaya suatu saat nanti nama saya bisa nangkring di urutan teratas juara lomba blog #ngarepbangetpokonya pasti saya bakal seneng dan sennennnggggg banget.

Dan setelah belajar belajar dan belajar akhirnya saya bisa menang walaupun kemenangan saya yang pertama hanya juara 3 dan itu pun dari sedikit kontestan, lihat award lomba blog saya di sini. Namun itu merupakan kebanggan dan rasa puas tersendiri bahwa apa yang saya lakukan bisa ada hasilnya, seneng banget pokonya. Dan yang paling penting, dengan hobi saya menulis saya ingin bisa bekerja jadi copy writer atau content writer seperti Bang Jonru tokoh inspirasi saya. Tanpa sadar dari hobi saya menulis saya bisa mengasah ketrampilan saya menulis dan semoga bisa menggapai pekerjaan impian saya, amin. Adakah dari kalian yang saat ini bekerja jadi penulis, content writer, copy writer atau sejenisnya, bagi ceritanya dong saya pengen banget denger, yah…pengeneeen banget ngerti ceritanya.

Sampai detik ini saya sudah bisa memenangkan lomba blog sebanyak 4 x dan masih terus belajar. Akhir kata, itulah sedikit cerita saya tentang pengalaman pertamaku menang lomba blog, semoga bisa mengispirasi kalian semua, terimakasih, jangan lupa komentarnya ya biar seru…..

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Pengalaman Pertama Menang Lomba Blog"

  1. Wah..keren tulisannnya sudah menghasilkan sesuatu...semoga saya bisa menyusul :)

    BalasHapus
  2. Si Rezki emang keren. Blognya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi desain grafisnya, keren banget, dulu ia masih nol, sekarang dan hebat banget, semua karena dia belajar keras dan tak pernah menyerah

      Hapus
  3. pejuang lomba blog itu harus siap kalah seribu kali sebelum menang satu kali :P yang penting tetap semangat ikutan lomba blognya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti, harus tetep mencoba walaupun masih kalah

      Hapus