8 Pengalaman Berharga dari 3 Tahun Rutin Ikut Lomba Blog



Tak terasa jika sampai saat ini ternyata saya sudah 3 tahun fokus ikut lomba blog. Dan sepertinya hampir tidak ada bulan tanpa ikut lomba. Aliasnya sepanjang 3 tahun berjalan, saya hampir selalu ikut lomba. Paling tidak 1 artikel saya lombakan dalam sebulan. Pernah kayaknya gak pernah ikut lomba karena waktu itu saya lagi sibuk banget bangun rumah. Dan rata rata saya cuma kuat 4-5 artikel per bulan. Kalau kalian bisa berapa ? 

Lah, masa cuma 4, yang lain pada kuat sampai 7 bahkan 8 artikel ? 

Iya, karena kemampuan saya pastinya beda dengan orang lain. Selain itu, saya juga harus menulis organik di blog ini. Sementara postingan lomba lebih sering saya pakai blog https://kangamir.com 


Selama 3 tahun berjalan, ada banyak kisah suka duka yang saya rasakan. Dari mulai kalah berturut turut sampai 7 kali, bahkan 10 kali. Kemudian akun facebook yang terprivat selama 2 tahun yang menyebabkan artikel saya banyak gagal walaupun mungkin sebenarnya emang gak layak menang, dan lain sebagainya. 


Dan berikut adalah pengalaman pengalaman berharga selama 3 tahun rutin mengikuti lomba blog. 

1] Menjajal mental menjadi wartawan dadakan

Dok. https://krjogja.com

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti lomba blog yang diadakan oleh brand besar kelas internasional, yaitu Astra Internasional. Setiap tahunya, Astra selalu mengadakan lomba blog bebarengan dengan lomba foto dan feature untuk kategori umum dan wartawan. Ini lho artikel lomba blog feature tersebut. 

Nah, karena lomba ini diharuskan terjun ke lapangan untuk bisa menulisnya, maka saya pun melakukannya. Dan inilah pengalaman pertama saya yang paling berharga selama ngeblog. 

Seringkali saya hanya melihat para pemburu berita di TV sambil mewawancarai narasumbernya, dan sekarang saya melakukanya. Bedanya jika mereka mendapat ilmu jurnalistik di bangku kuliah, saya enggak MEN, saya cuma punya modal nekat dan belajar otodidak, dan yakin bisa. 

Bagi saya, ini pengalaman yang luar biasa. Karena begitu menguji mental saya untuk berhadapan dengan orang lain namun harus sangat berhati hati saat berinteraksi. 

Pas awal awalnya saya sangat deg degan karena belum pernah melakukanya. Tapi karena nekat ingin ikut lomba, dan teman teman juga mensupport, maka saya pun melakukanya. 

Sampai disana saya pun melakukan wawancara layaknya seorang wartawan. Jangan di katain ya, bagi orang daerah yang tinggalnya di desa seperti saya yang minim pendidikan, hal ini sangat luar biasa.  Setelah pulang dari wawancara, hati ini sangat lega karena berhasil menaklukan tantangan besar, horeeeeee…. 

2] Bertemu dengan orang-orang pintar yang selalu mensupport dan berpikir postif

Foto : Joe Chandra S.Kom
Pertengahan 2018 kemaren saya bertemu Mas Joe atau yang lebih di kenal dengan Bang Joe. Jadi anak muda super millenial yang memiliki nama lengkap Joe Chandra S.Kom ini sedang menghadiri undangan hajatan di daerah saya di Kebumen. Kemudian kami sempatkan untuk kopdar di alun-alun kota. 

Mas Joe ini adalah lulusan Tekhnik Informatika UIN SUKA Yogyakarta. Mas Joe ini sangat energik dan selalu menebar senyum serta selalu berpikir positif, sehingga membuat banyak orang selalu ceria. Dulu Mas Joe pernah bekerja di sebuah Bank, namun pada akhirnya ia memilih passionya sendiri di dunia blog. Mas Joe ini juga sering menang lomba blog. Saat saya menulis ini, ia juga baru saja memenangkan lomba blog bertemakan keuangan. 

Selain Mas Joe, saya juga pernah bertemu Mas Arief Saefudin atau lebih di kenal dengan Pak Guru Arief. Mas Arief ini adalah seorang guru di salah satu SMA Negeri di Purbalingga. Saat ini ia sedang berada di Malaysia untuk tugas Negara. 

Pak Guru Arief, paling tengah. Dok. Nur Jowo

Orangnya seru, agak pemalu tapi cerdas dan pintar. Di usianya yang masih muda, ternyata ia sudah menamatkan pendidikan masternya, kalau gak salah di Ilmu Sejarah. 

Yang paling saya kenang dari Mas Arief ini adalah karena ia memiliki kaos bertuliskan “Sarjana Pendidikan Sejarah, Menantu Idaman Mertua” yang membuat kami senyum senyum sendiri saat melihatnya. Karena kasonya yang unik, saya jadi ikut ikutan bikin dirumah dan pastinya dengan caption yang berbeda.

Mas Arief ini adalah seorang pembelajar dan akademisi yang memiliki banyak karya. Seringkali ia memamerkan karyanya dalam bentuk buku, dan membuat saya jadi kepengin sekali untuk bisa sepertinya karena begitu memotivasi. 

Selain buku, ia juga sering memenangkan lomba kepenulisan, namun bukan blog, blog hanya beberapa kali saja, melainkan karya tulis ilmiah atau opini dimana jenis karya tulis ini merupakan karya tulis berat karena levelnya lebih tinggi dari blog. 

3] Wawasan lebih luas

Lomba blog membuat kita berwawasan luas. Dok. https://www.mabesdenny.com

Lomba blog itu banyak sekali macamnya dan dari banyak brand, dan tentu saja tema-nya juga sangat banyak dan berbeda beda. Ada dari brand gadget, website, aplikasi, toko online, property seperti apartemen dan perumahan, keuangan, perbankan, kesehatan, lingkungan, otomotif, dan banyak lagi yang lainya. 

Artinya, seorang blogger harus memahami berbagai macam tema untuk bisa membuat tulisan yang bagus. Dengan begini, wawasan seorang blogger juga semakin luas karena banyak belajar hal hal baru. 

Misal lomba bulan ini bertemakan keuangan, maka seorang blogger mau tidak mau harus belajar keuangan. Kemudian bulan berikutnya tentang apartemen, maka seorang blogger juga harus memahami seperti apa seluk beluk apartemen dan tetek bengeknya, yang membuat wawasan mereka semakin bertambah. 

Hingga saat ini, saya yang sudah rutin 3 tahun berjalan ikut lomba blog, juga sudah banyak sekali mempelajari berbagai macam hal, yang membuat saya jadi tau akan hal hal baru. Dulu saya sempat berpikir “wah lomba blog kan tema-nya beda, berarti pusing banget yah karena harus belajar banyak hal ?” tapi enggak sih, karena setelah menang semuanya jadi asik dan enjoy untuk dilakukan. 

4] Bisa liburan gratis

Liburan gratis dan lomba blog. Dokpri

Karena ngeblog, saya pernah mendapatkan liburan gratis. Waktu itu saya pernah berlibur ke Dieng 2 kali. Agustus dan September 2016. Ah senang sekali pokonya. Saya belum pernah mendapatkan ini sebelumnya. Liburan gratis, penginapan gratis, berkunjung ke banyak tempat dan ketemu orang orang hebat seperti Mas Arief yang saya ceritakan di atas, sungguh pengalaman yang sangat berharga. 


Disana saya banyak berkunjung ke berbagai tempat, seperti Kawah Sikidang, Bukit Pangonan atau bukit telletubbies yang indah sangat, ke Candi Dieng, rafting di Kali Serayu, menginap di Hotel Surya Yudha, ah seru banget pokonya. 

Liburan yang kedua yaitu ke Pekalongan. Disana saya berkunjung ke Curug Bajing dan berbagai tempat wisata seru lainya. Dan bertemu dengan blogger blogger hits ternama. 

5] Merasakan pengalaman ngeblog yang sesungguhnya dengan wordpress dan page builder

Tampilan blog page builder. Dokpri
Ya, berkat persaingan lomba blog yang semakin ketat, akhirnya saya membuat blog besar bebasis wordpress.org dengan hosting dan domain pribadi. Templatenya pun pake template premium dari divi.  Blog memang sesuatu yang futuristic, namun karena ternyata perkembangan blog semakin hebat saja, saya pun berusaha mengikutinya. 


Ngeblog dengan wordrpess itu sangat menyenangkan. Karena pengunjung dan performa blog bisa 10 kali lebih tinggi dibanding blog blogger.com. Masa, blog saya di www.amir-silangit.com yang sudah berusia 9 tahun jalan, DA nya baru 23, sementara blog saya di wordrpess.org yang baru setahun, DA nya sudah 25. Kan jauh banget yah bedanya ?

DA adalah tingkat seberapa bagus blog kita di mata google, semakin tinggi DA semakin bagus blog kita di mata google. Artinya tarif endors blog pun semakin tinggi. 

Sudah gitu dengan blog wordpress ini, pengunjung blog saya juga cepat beranjak naik setiap harinya. Yang paling saya suka dari wordpress.org adalah karena bisa pasang template page builder dari divi tadi, dimana template jenis ini merupakan template premium yang powerfull karena bisa dipakai untuk membuat halaman landing page. 

Oiya, blog wordpress juga dibekali fitur plugin. Dengan plugin, kita bisa menambahkan banyak fitur fitur canggih didalamnya, seperti layer slider, plugin seo, pendeteksi link rusak, dan lain sebagainya. 

6] Bisa bangun rumah sendiri sebelum nikah

Rumahku istanaku, yang saya bangun dari hasil ngeblog, terutama lomba blog. Dokpri
Ya, sebagian besar penghasilanku saya dapat dari menang lomba blog. Kalian pasti tau dong kalau hadiah lomba blog itu sangat luar biasa. Mulai dari voucher pulsa sampai mobil mewah seharga ratusan juta. 

Belum pernah dapet mobil sih. Kalau teman blogger lain ada yang sudah pernah dapet mobil. Tapi bagi mereka blogger blogger yang sudah malang melintang di dunia lomba, mereka bisa berpenghasilan sampai puluhan juta perbulan. Melebihi gaji PNS pokonya. 


Mereka juga seringkali mendapatkan barang barang mewah seperti smartphone atau laptop seharga puluhan juta. Saya pengen sekali seperti itu. Bagi blogger daerah, penghasilan seperti itu terbilang sangat besar dimana kemampuan ekonomi rata rata pedesaan umumnya berada di bawah mereka yang tinggal di perkotaan. Nah, dari ngeblog inilah, akhirnya saya bisa bikin rumah sendiri saat saya masih sendiri alias belum nikah, sebagian besar uangnya saya dapat dari lomba blog. 

7] Visitor blog naik


Nah, ini yang paling saya suka. Kemaren saya baru saja memenangkan lomba blog, dan dapat juara pertamanya. Artikelnya bisa di baca disni. Karena juara pertama, pengunjung blog saya langsung naik. Secara mereka para peserta lain pasti membaca artikel saya karena penasaran. Karena visitor naik, rangking blog saya di google pun ikut naik, dan DA atau Domain Authority pun juga ikut naik. 

Yang paling menarik adalah karena kita bisa mendapatkan backlink berkualitas karena link aktif blog kita terpasang di blog/website penyelenggara yang umumnya merupakan blog/website ber DA tinggi. Karena itu merupakan salah satu factor untuk meningkat DA sebuah blog. 

8] Dan tentunya belajar banyak sekali dari kekalahan

Dok. https://pkbmtotabuan.wordpress.com

Selama 4 tahun mengikuti lomba, saya banyak sekali mengalami kekalahan. Dari sekitar 180 lomba yang saya ikuti selama 4 tahun (fokusnya di 3 tahun), saya baru menang 55 kali. Aliasnya saya kalah 125 kali, bayangkan coba ? Masih sedikit sekali bukan ? aliasnya hanya hanya sekitar 25% menang. 

Tapi dari banyaknya kekalalahan yang saya alami, saya juga dapat banyak ilmu untuk mencari tau SELA dan strategi memenangkan lomba blog. Hingga saat ini saya juga masih terus mengikuti lomba blog agar semakin banyak pengalaman dan lebih banyak paham tentang cara memenangkan lomba blog. Karena semua berawal dari mencoba, kalau tidak mencoba dan hanya sekedar teori, akan sangat sulit untuk bisa. 

Kesalahan terbesar yang pernah saya lakukan yaitu saat saya memprivate facebook saya selama 2 tahun. Jadi dulu pernah ada yang nyinyirin saya karena mungkin merasa iri saya. Lalu status saya pun saya buat private agar orang tersebut tidak bisa melihat isi facebook saya. 

Tapi karena status facebook saya di private, banyak status share berisi artikel lomba tidak bisa terlihat oleh penyelenggara, 2 tahun coba, dan itu membuat saya banyak sekali kalah dalam 2017 sampai 2018. Sayapun sempat heran “kenapa blogku banyak sekali kalah, kalah tapi gak gini gini juga kali, padahal udan berusaha keras, gak kayak 2016 lalu” pikir saya waktu itu. 


Kesalahan terbesar saya yang padahal sangat sepele ini, akhirnya saya ketahui setelah ada penyelenggara lomba blog yang baik hati karena memberi tahu saya bahwa facebook saya di private, yang mengakibatkan status facebook saya yang berisi artikel terkait tidak bisa terbaca. Dan itu dilakukan saat dalam penjurian. Kemudian saya pun memperbaiknya. Dan benar saja, setelah terlihat dan facebook saya berstatus publik, saya keluar menjadi salah pemenangnya, horeee. Dari kesalahan ini, saya banyak belajar untuk memaafkan orang lain. 

Setelah facebook saya berstatus publik, saya pun memenangkan beberapa lomba secara berurutan, seperti juara 4 lomba blog apartemen, juara 4 lomba blog jalantikus, dan juara 1 lomba blog hosting. 

Nah, itulah cerita saya dari seringnya saya mengikuti lomba blog. Benar benar pengalaman seru dan tak terlupakan. Dan saya belum mau berhenti mengikuti lomba, karena pekerjaan ini sudah saya anggap mudah karena sudah terbiasa. 

Soal kalah menang itu belakangan, fokus saya hanya memberikan dan membuat karya tulisan terbaik, biarkan tulisan saya menemukan takdir terbaiknya setelah usaha dan kerja keras dan doa saya lakukan. Semangaaaaattttt. Dan semoga bermanfaat.   

Subscribe to receive free email updates:

29 Responses to "8 Pengalaman Berharga dari 3 Tahun Rutin Ikut Lomba Blog"

  1. Semangat terus mas, terinspirasi saya setelah membaca postingan ini, mas amir memang hebat, 3 tahun berutur-turut ikiut lomba dan sering menang, bahkan bisa liburan gratis wah betapa hebatnya, beruntung saya kenal mas amir, tentu ini menjadi pendorong saya untuk selalu semangat di blogger dan mudah-mudahab saya bisa mengikuti jejak mas amir walupun wawasan kurang karena pendidikan yang bawah, tapi saya yakin berkat keinginan dan penuh semangat itu akan menjadi nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus Mas Nurdin. Mas Nurdin ini juga udah beberapa kali menang, beruntung karena banyak yang support selain saya, jadi lebih terbantu. Dulu saya tidak ada yang mensupport, semua saya lakukan sendiri, dan nyatanya bisa seperti sekarang ini

      Hapus
  2. Mas Amir selalu semangat ya ikut lomba blog. Tahun ini aku nggak ikut lomba blog sama sekali deh kayaknya. Kalau tahun lalu sih rajin banget aku ikut lomba blog walaupun kalah terus.

    Pencapaian ngeblog mas Amir keren banget ya. Semoga aku bisa ketularan nih dapat banyak pencapaian dan berkah dari ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, intinya kejarlah passion kita, dengan begitu apa yang kita lakukan bisa maksimal karena kita melakukanya dengan senang hati, tidak harus di lomba

      Hapus
  3. Alhamdulilah ya mas, senang melihat semangatnya, dari pertama kali curhat di fb smpi skrg sudah menghasilkan. salam Priangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mas, Mas Priangga juga pernah jadi motivator saya karena dulu sering menang lomba. Salam :)

      Hapus
  4. Masya Alloh luar biasa. Istiqomah 3 tahun aja udah huebat lho mas, lha ini malah sampe bisa bikin rumah *jempol*

    Harus wordpress ya mas? Sayangnya saya pk blogger. Kalo wordpress apa bisa dikelola dg ponsel, soalnya saya blogging pake hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ponselnya cukup bertenaga sepertinya bisa Mbak, belum pernah coba sih. Tapi blogger juga sudah bagus ko, yang penting kualitas tulisan nomer 1

      Hapus
  5. Menang lomba blog itu susah ya mas, kalo nggak kuat mental udah KO ditengah jalan๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua hal saat pertama dilakukan emang susah, apalagi jika pekerjaan itu memiliki level yang di anggap cukup berat, tapi kalau di terus dicoba, semua jadi mungkin

      Hapus
  6. Selamat ya Amir, semoga apa yang dicita-cita tercapai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bang Bai, semoga juga apa yang di cita citakan Bang Bai juga tercapai, amin

      Hapus
  7. Dari sekadar curhar di eFBi sampai akhirnya punya blog dengan DA Tinggi, saya sungguh salut dengan kegigihan Kakak untuk terus ikut lomba blog dan berbagi pengalaman.

    Semangat, Kak!

    BalasHapus
  8. Menjadi motivasi banget buat saya untuk terus ngeblog

    BalasHapus
  9. Keren semangatnya, sudah ratusan gak menang tapi tetap aja menulis terus, ngeblog terus. Mantap Mas Amir ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat, apalagi ini hobi dan passion dari hati, jadi ngerjainya tetap senang walau apapun yang terjadi

      Hapus
  10. Luar biasa Bang Amir sudah sampai bikin rumah segala. ini bakat given dari YME.

    BalasHapus
  11. Aku kok ga terpikir buat ngitung dah berapa kali ikut lomba, Mas. Memang ga sebanyak Mas Amir, tapi ya akeh kalahe. Haha. Sedih tapi coba lagi dan lagi. Keren sampe 55 kemenangan. Kudoakan menang lagi, Mas. Ketemu di Jakarta bulan Maret hehe. Salam dari bloger ndeso juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga kita bisa kopdar untuk hasil terbaik di Maret 2019 besok hihihi

      Hapus
  12. huauuuu pengin dapet ilmunya kang amir... sampe bisa menang 55 kali gitu ya, kueren.... #jejakbiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap mencoba Sol, sambil sedikit bekerja cerdas hehe

      Hapus
  13. Keren bingiiiiiiiiit. Semoga bisa nular ya. Oya salam kenal๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
  14. Duh, baca kisah jawara bikin saya minder sekaligus termotivasi. Saya baru bangkit lagi, ngeblog lagi setelah 3 setengah tahun tak bisa internetan di rumah. Dulu gara-gara sarana yang rusak (modem), saya terpaksa berhenti internetan di rumah padahal sedang ikut lomba blog hari pertama. Lalu giliran komputer yang rusak sebelum sempat punya uang untuk beli modem baru. Saya tulis dalam artikeldi blog juga.
    Tulisan Mas bagus dan rapi penyajiannya, makanya sering menang. Selamat sudah memenangkan banyak lomba dan bisa bikin rumah. Itu bagus banget.
    Semoga saya juga kelak bisa beli tanah untuk pindahin rumah panggung yang numpang di tanah milik desa berkat blog. Aamiin.
    Perkara nyinyir, orang iri ada di mana-mana, blokir saja atau putuskan pertemanan agar nyaman jika keterlaluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga impianya membangun rumah sendiri dari hasil ngeblog tercapai ya Mbak, amin

      Hapus