Cara Custom Domain Blogspot ke Domain Pribadi di Domainesia


Halo guys, beberapa waktu lalu saya baru saja beli domain baru untuk blogku yang ketiga yaitu www.amirhepi.my.id. Lucu kan namanya? Nama domain ini saya buat untuk mensugesti saya agar tetap hepi dan bahagia apapun yang terjadi.

Jadi dalam memilih domain baiknya dipikirkan matang-matang ya, karena gak bisa diubah setelah mendaftarkannya. 

Sebelumnya mau ambil nama amirhoki agar mensugesti saya untuk menang lomba, tapi gak jadi. Akhirnya pilih amirhepi. 

Dan untuk kalian ketahui, domain ini saya beli seharga 12 ribu saja setahun. Iya bener, cuma duabelas ribu. Murah banget kan? Makanya saya beli 3 tahun sekalian plus pajaknya 11%. Totalnya 40ribuan. Masih murah sih walaupun pajaknya gede. 

Semakin lama sewanya, semakin murah bayarnya. Misalnya kalian ambil 10 tahun, Cuma 120 ribu plus pajak 11% yang paling jatuhnya 130ribuan. Kalau domain .com sudah mau 200rb saja setahun. Agak mahal. 

Domain ini saya beli di domainesia. Pernah lihat di tempat lain harganya 24 ribu. Ah enggak deh, mahal. Kebetulan punya saldo domainesia dari menang lomba blog 2018 yang lalu. Jadi kepake deh. 

Oh ya, dengan mengubah domain, berarti nama domaimu akan berubah ke ekstensi yang kamu pilih. Misal alamat blogmu di sandalemas.blogspot.com dan kamu beli domain dengan alamat www.sandalemas.com, maka blogmu akan berubah jadi www.sandalemas.com. 

Baca Juga : 

4 Caraku Bertahan Ngeblog ditengah Gempuran Industri Digital Bersama Bloggercrony Community

Aku Hidup dari Penghargaan | Lomba Adalah Jalan Ninjaku

Oke langsung saja, begini cara ganti domain blogspot ke domain TLD di domainesia. 

1. Daftar dulu jadi member domainesia dan lakukan pembelian domain 


2. Buka halaman blogger kamu dan masuk “setting” dan masuk ke menu “memublikasikan” kemudian pilih alamat blog. Kemudian taruh domain blog yang sudah kamu beli. 



Berikut penampilannya. Selanjutnya klik simpan dan akan muncul tampilan seperti point 3. 


3. akan muncul kode seperti ini dan simpan di notepad dulu dua kode tersebut. Jangan klik simpan dulu, biarkan seperti ini dulu sampai settingan di domainesia selesai. 


4. Berikutnya masuk ke domainesia dan pilih menu “nameserver” dan pilih “use default nameserver”. Biarkan nama servernya seperti sebelumnya yaitu nsx1.domainesia.com dan nsx2.domainesia.com dan jangan diubah, lalu klik save. 


5. Pada blogger setting, masukkan kode unik tadi pada kolom di bawahnya dan klik save. 


6. Setelah itu masuk ke dashboard blogger tadi di point 3 dan klik simpan. 

7. Masih pada menu setting, pilih menu “alihkan domain” dan geser slider ke kanan. Pada menu “HTTPS”, geser ke kanan menu “pengalihan https” dan “ketersediaan https”. 



https ini berfungsi sebagai protokol keamanan blogmu. Biasanya laptop yang dipasangi antivirus tidak bisa membuka blog tanpa https, sehingga blog dengan https tetap terbuka. 

Nah, itu dia cara mengubah domain .blogspot ke domain pribadi di domainesia. Mudah banget kan? Dengan domain pribadi baik itu .my.id, .net, .com, .id, ataupun yang lainnya, performa di mesin pencari lebih bagus. 

Setelah proses berhasil, tunggu 1x24 jam agar blog berubah ke domain pribadi. Kemarin punyaku gak sampai 3 jam sudah berubah sih, cepet banget. 

Apa keuntungan blog dengan domain premium atau TLD (top level domain ini? 

Tentu saja banyak. Misalnya karena blogmu akan lebih besar potensi kliknya oleh pengunjung karena berbayar. Atau akan datang pengiklan yang akan memberikanmu penghasilan. 

Cuma katanya kalau domain .my.id enggak bisa dapat job dari orang bule. Ya soalnya pakai identitas Indonesia  .my.id begitu. Kalau punya dana lebih mending pilih .com atau .net deh yang global. 

Oke itu saja tutorial cara mengubah domain gratis ke domain pribadi. Kalau semisal kurang pas bisa baca artikel lainnya sampai mendapatkan solusi. Terima kasih selamat mencoba. 

Posting Komentar

0 Komentar