Membayangkan Asyiknya Berwisata ke Karimunjawa dengan Praktis dan Hemat Biaya

Pulau Karimunjawa. Dok Traveloka
Bererapa waktu yang lalu, saya menonton video di Youtube tentang keindahan Karimunjawa yang super keren. Dan saya baru tahu bahwa ternyata di Pulau Jawa ini masih ada Pulau yang pantainya sangat jernih dan bersih. Karena kebanyakan, pantai pantai yang ada Pulau Jawa kan sudah tercemar, banyak sampah dan airnya keruh. Tapi tidak untuk Karimunjawa, pantainya bersih, airnya sangat jernih, ikan ikan dan trumbu karangnya pun masih banyak. 

Pulau Karimunjawa. Dok Traveloka
Nah, jika di beri kesempatan, saya berencana untuk pergi berlibur bersama seorang teman. Dan karena saya belum pernah naik pesawat, maka boleh dong sekali kali coba dong naik pesawat, rasanya kayak apa sih ? Dan saya akan naik dari Jakarta karena teman saya ini tempat kerjanya di Jakarta.  


Karimunjawa adalah Pulau di sebelah utara Pulau Jawa yang masih bagian dari Kabupaten Jepara. Jaraknya dari Kabupaten Jepara itu sendiri berkisar 83 km, dan bisa di tempuh dengan kapal Feri dengan waktu tempuh sekitar 5 jam dari Pelabuhan Kartini. Namun jika ingin lebih cepat, bisa juga menggunakan kapal cepat denga waktu tempuh 2 – 3 jam. 

Kapal penyebrangan kartini. Dok bestwisatakarimunjawa.com
Selain lewat pelabuhan Kartini, kita juga bisa lewat pelabuhan Tanjung Mas Semarang Lho. Jadi misal kalian dari luar kota dan setibanya di Bandara Ahmad Yani Semarang, kalian bisa menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas dengan jarak tempuh sekitar 15 menitan saja. 


Karimujawa adalah gugusan pulau cantik yang memiliki 27 Pulau. Namun 22 di antaranya masih belum berpenghuni. Nah, karena belum berpenghuni, pastinya masih alami dan bersih. Tak heran deh kebanyakan wisatawan memilih paket liburan lengkap saat berkunjung ke Karimunjawa. Dan spot spot yang ingin saya kunjungi di jika saya berkesempatan kesana di antaranya yaitu : 

Pulau Geleang

Pulau Geleang. Dok Traveloka
Meskipun termasuk Pulau tak berpenghuni, namun Pulau ini tak pernah sepi pengunjung. Tentunya karena Pulau ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Airnya sangat jernih, pasirnya begitu putih dan bersih. Berjalan jalan atau sekedar duduk duduk di bawah pohon yang rindang, pasti akan sangat menenangkan pikiran dari rutinitas sehari hari saya yang padat. Kalo saya berkesempatan kesana, pasti saya langsung lari terus nyebur dah hahaha seru banget pastinya. Namun saya juga hati hati karena masih ada ikan pari di perairan dangkal di Pulau ini. Ekor ikan pari itu beracun lho kalo sampe kena kulit kita. Soalnya sodara saya sudah pernah mengalaminya. 

Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar. Dok Traveloka
Daya Tarik pulau Menjangan Besar yaitu karena di Pulau ini terdapat kolam penangkaran ikan hiu dan penyu. Jadi kita bisa melihat seperti apa ikan hiu dan penyu dalam di pelihara. Dan bukan hanya itu, wisatawan bisa menyelam bersama ikan ikan hiu tanpa khawatir di gigit, karena hiu hiu ini sudah jinak dan aman untuk di dekati. 

Penangkaran ikan hiu. Dok. hellokarimun.com
Jadi ceritanya, ada seorang warga yang kasihan melihat ikan hiu di jual, kemudian orang tersebut membelinya untuk di pelihara, hingga akhirnya di buatlah penangkaran ini, wah seperti unagi inu yah hahaha. 

Unagi inu adalah tokoh kartun berbadan belut dan berkepala anjing dalam serial kartun Bakabon jaman dulu. Jadi ceritanya, seekor belut yang mau di goreng di selamatkan oleh seekor anjing, kemudian oleh anjing tersebut di nikahi dan punya anak bernama unagi inu. Wkwkwk…

Selain itu, di sini juga banyak terdapat keramba ikan dan lobster. Dan jika Anda membeli disini, harganya lebih murah cuyy….hehehe. Wah penasaran sekali saya, udang lobster, kalo di masak pedas pasti bikin sumringah huhuhu…


Untuk penangkaran penyu, disini kita dapat mengetahui langsung dan belajar tentang kehidupan penyu. Kita juga bisa melepas tukik atau anak penyu langsung ke lautan. Wah makin penasaran nih ke Karimunjawa. 

Dan yang pasti, Pulau ini juga tak kalah keren dengan Pulau Pulau lainya. Di Pulau ini terdapat hampran pasir putih yang sangat luas bernama pantai Ujung Gantungan. Disini Anda bisa menikmati keindahan pantai atau pun berfoto foto. 

Pantai Ujung Gelam


Pantai Ujung Gelam. Dok http://www.jabatowisata.com
Pulau ini merupakan salah satu Pulau tercantik di Karimunjawa. Jadi disini tuh ada jembatan di atas pantai yang menjorok ke tengah. Dari jembatan tersebut kita bisa anjlog ke air pantai yang sangat jernih itu, duh pasti asik banget tuh huhuhuhu.


Seperti di pantai pantai lainya di Karimunjawa, kalian pun bisa menyusuri pantai dengan asyiknya karena pasir pantai disini sangat putih dan bersih. Kalo capek, kalian juga bisa berleha leha di bawah pohon kelapa sambil makan ikan bakar atau minum  kelapa muda, ah indahnya membayangkan hal itu terjadi, semoga bisa terlaksana, amin. 

Wisata kuliner di Alun Alun Karimunjawa

Kuliner seafood Krimunjawa. Dok http://www.wisataku.id
Nah, inilah moment yang tak boleh saya lewatkan saat berkunjung ke Karimunjawa, yaitu wisata kuliner. Wisata kuliner disini yaitu seafood. Oiya, ikan ikan laut yang ada disini tuh masih seger seger banget lho, jadi dimasak juga rasanya lebih enak. 


Kalo saya tuh paliiiing suka sama yang namanya cumi. Huh brrrr….dimasak pedas atau asam manis, pasti bikin sumringah. Selain itu di sini juga banyak di jual udang, ikan kerapu, kepiting, dan lain sebagainya. 

Snorkeling di Pulau Cilik

Snorkeling pulau cilik. Dok http://www.outingnusantara.com
Moment yang tak boleh ketinggalan ketika saya berkunjung ke sini yaitu snorkeling melihat indahnya trumbu karang dan ikan hias. Salah satu spot menarik snorkeling di sini yaitu di Pulau Cilik. Disini, banyak terumbu karang berbentuk lempengan seperti jamur, anemon, triton terompet, karang hitam, nautilus berongga, batu laga, juga karang merah yang semuanya bisa dinikmati dari balik kacamata senorkeling. Dan tak lupa saya juga harus membawa kamera underwater untuk memotret di dalam air. Nah, itulah beberapa tempat yang akan saya kunjungi jik saya ke Karimunjawa. 

Untuk keberangkatan, pertama tama saya akan mencari tiket pesawat dari bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta Barat. Kemudian saya pun mencapai maskapai penerbangan yang saya pilih. Karena sekarang jamanya digital, maka saya akan membuka website website travel yang menawarkan berbagai macam tiket pesawat menuju Bandara Ahmad Yani Semarang karena dekat dengan Jepara. 

Dan saya pun mulai membuka buka website. Mulai dariwebsite A, kemudian Website B, Website C, Website D, namun belum cocok juga. Dan karena belum cocok, maka waktu pun jadi terbuang sia sia. 

Dan setelah saya cari cari, ternyata di traveloka bisa pesan paket pesawat dan hotel secara bersamaan, klik link ini untuk infonya. Dengan begitu, bisa memudahkan saya dalam memesan tiket pesawat sekaligus kamar hotel tanpa perlu membuang waktu, tenaga, dan biaya karena hematnya sampai 20% tanpa kode promo apapun. Aliasnya dengan cara ini, pesan tiket dan pesawat jadi lebih mudah dan hemat uang huhuhu. 

Dan yang paling keren adalah, cara pesanya sangat mudah, tinggal buka alamatnya di www.traveloka.com, kemudian arahkan ke tab tiket pesawat + hotel dan klik, kebuka deh. 

Klik menu Pesaawat + Hotel. Dokpri
Karena kemudahan yang di berikan, sekarang saya dan semua orang tidak perlu lagi memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah, keren dah paket pesawat dan hotel di traveloka ini. Jadi lebih mudah dan hemat  uang pokonya. 

Jadi nih ya, saya udah coba memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah di traveloka dari Jakarta menuju Semarang dan biaya yang di kenakan yaitu Rp 411.000,- 

Harga tiket pesan terpisah. Dokpri
Setelah itu saya juga mencoba pesan hotel 2 malam secara terpisah di Arys Lagoon Bungalow & Hotel Karimunjawa dengan harga sewa Rp 1.000.000,- per 2 malam (500 ribu/malam). Dan jika total yaitu  Rp 1.409.000,- . Wah mahal ya kalo pesenya di pisah. 

Rp 1jt untuk 2 malam kalau pesenya di pisah. (500rb/mlm). Dokpri
Namun jika saya pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus, saya bisa mendapatkan harga lebih murah 34% lebih hemat, yaitu Rp 1.146.000,-, aliasnya lebih hemat Rp 265.000,-. Waow keren banget ya kan ya kan  hehehe, bisa buat wisata kuliner di alun alun Karimunjawa nih beli cumi sepuasnya huhuhu. 

Lebih murah jika pesanya paketan. Tiket + Hotel. Dokpri
Untuk metode pembayaranya pun sangat mudah, seperti Cicilan, Transfer & ATM, ataupun Kartu Kredit

Kesimpulanya, Karimunjawa memang sangat keren. Kita bisa bermain air, berenang santai, melihat sunset, snorkeling, berfoto foto, dan berjalan jalan di pantainya yang bersih, wisata kuliner, namun dengan dengan cara yang lebih mudah dan hemat. 

Dan semua itu bisa di dapatkan dengan  paket pesawat hotel traveloka sekaligus. Karena dengan paket ini, kita bisa mendapatkan tiket pesawat dan kamar hotel dengan lebih mudah dan hemat waktu. Jadi, kalo hematnya sampe 260 ribu kayak diatas, masih mau pesan tiket dan hotel secara terpisah ? 

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Membayangkan Asyiknya Berwisata ke Karimunjawa dengan Praktis dan Hemat Biaya"

  1. Menakutkan pekarangan ikan hiunya mas. Apa nggak takut mandi disana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah jinak Mas, tapi gak tau sih sebenrnya karen belum pernah coba

      Hapus
  2. Wiihh kekarimun naik pesawat ajib banget... Semoga kedepan bisa ke karimun pakai pesawat.. Bisa hemat berjamjam dari perjalanan kapal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawatnya turun di Semarang Mas, kemudian ke Jepara lalu ke Karimunjawa

      Hapus
  3. Cakep banget pulau Menjangan Besar .., pasirnya putih bersih.

    BalasHapus
  4. Tempat yang paling ingin ak singgahi :(

    BalasHapus
  5. Impianku juga ke karimunjawa. Super duper keren keindahan alamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surganya Pulau Jawa pokonya hehehe

      Hapus
  6. dari dulu gak kesampean mau kesni kang ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu saat kesmpean Mas, keren banget tempatnya

      Hapus
    2. Aku suka kalo biru2 gini. Secara anak pantai daripada anak gunung. wkwk. Tapi aku belum kesitu :(

      Hapus
  7. Aku pengen kesini. Lihat biru biru amat aku terpesona :(

    BalasHapus