Pesan Hotel Dulu Sebelum Berkunjung ke 5 Pantai di Gunung Kidul Ini

Gunung Kidul identik dengan wisata pantainya yang menawan. Bukan hanya itu, di daerah ini Anda juga bisa mengunjungi gua bawah tanah yang menakjubkan. Bagi sebagian orang yang berkunjung ke Yogyakarta, Gunung Kidul adalah magnet tersendiri yang selalu memanggil untuk datang.

Karena secara geografis tepat berada di wilayah selatan Pulau Jawa, Gunung Kidul memiliki pesisir pantai yang lumayan panjang. Ada banyak sekali pantai yang membentang di sepanjang jalur selatan Gunung Kidul tersebut. Pantai-pantai itu berjejer menawarkan keindahannya masing-masing. 

Bukan hanya pantai, ada juga banyak penginapan yang menyediakan kamar-kamar bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan pantai. Anda bisa memilih opsi pesan hotel terlebih dahulu supaya tidak bingung jika sudah tiba di lokasi wisata.

Nah, berikut beberapa tempat wisata yang berupa pantai yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Gunung Kidul Yogyakarta ini.

[1] Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta. Sumber : Look Jogja

Pantai Pok Tunggal adalah satu dari sekian banyak pantai yang indah di Gunung Kidul. Letaknya tepat di antara Pantai Siung dan Pantai Indrayanti. Untuk mencapai lokasi pantai ini, Anda harus rela menyusuri jalan yang tidak terlalu bagus sepanjang 2 km.

Namun setelah berjuang dengan jalanan berliku dan sempit tersebut, Anda akan dipuaskan oleh bentangan pantai berpasir putih yang begitu cantik. Sebatang pohon duras yang rindang tumbuh di bibir pantai dan dianggap sebagai ikon dari Pantai Pok Tunggal ini. 


Bukan hanya itu, Anda juga akan menemukan barisan tebing karang yang masih belum terjamah oleh manusia di sekitar pantai. Letaknya seolah-olah melindungi keberadaan pantai dari gangguan dunia luar. Anda juga bisa sesekali melihat primata berkeliaran di balik tebing.

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Pok Tunggal adalah melihat pesona matahari terbenam di sore hari. Anda juga di izinkan untuk berkemah di pantai ini jika tertarik. Jika berkemah terlalu ekstrem, jangan lupa untuk pesan hotel dan menginap di kawasan pantai supaya lebih fleksibel saat menikmati keindahan alam tersebut.

[2] Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta. Sumber : Pinikdong.com
Pantai Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak. Bisa dibilang, pantai yang satu ini adalah salah satu pantai yang paling indah di Gunung Kidul. Anda bisa menikmati hamparan pasir putih, laut yang berwarna biru, dan bukit karang yang gagah. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menjumpai beragam kafe dan restoran yang menyajikan masakan seafood yang segar dan lezat.

Baca juga : Pangkalpinang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Menu-menu ini bisa Anda nikmati di gazebo-gazebo yang terletak menghadap ke arah pantai. Dengan ditemani oleh desir angin laut dan suara alunan ombak, suasana bersantai di pantai Indrayanti menjadi lebih menyenangkan. Senangnya, pantai ini terjaga kebersihannya. Hal ini salah satunya didukung oleh keterlibatan pengelola pantai dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan para pengunjung.

[3] Pantai Baron

Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta. Sumber : Wisata Yogyakarta
Salah satu pantai di Gunung Kidul yang cukup terkenal sejak lama adalah Pantai Baron. Bila dilihat dari jauh, Pantai Baron seperti membentuk huruf U. Pada bagian sisinya, barisan karang berdiri tegar menghalangi kencangnya gelombang dari Laut Selatan.

Pantai yang namanya diambil dari seorang tokoh ketoprak yaitu Baron Sekeber ini, terlihat cukup indah. Terdapat sebuah sungai ber-air tawar yang mengalir di bagian barat pantai. Ada pula dua bukit karang yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto saat berkunjung ke Pantai Baron.

Baca juga : Indahnya Dieng si Negri Khayangan

Perbedaan pantai ini dengan pantai-pantai lainnya adalah keberadaan mercusuar yang berbentuk menara putih di pinggir jurang. Pengunjung boleh naik ke area ini dengan membayar biaya Rp 2.000,00 per orang. Sementara itu untuk masuk ke dalam mercusuar, Anda harus membayar lagi sejumlah Rp 5.000,00.

Mercusuar yang memiliki tinggi 40 meter ini baru saja dibangun pada Februari 2014 lalu dan mulai diresmikan pada tahun yang sama. Ada 9 lantai yang harus dilalui sebelum sampai ke puncak mercusuar tersebut.

[4] Pantai Wediombo

Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyakarta. Sumber : piknik asik
Pantai ini adalah salah satu pantai yang terletak paling jauh dari pusat kota. Secara harfiah, Wediombo berasal dari dua kata, yaitu wedi dan ombo. Wedi artinya pasir sedangkan ombo artinya luas. Meskipun namanya demikian, Pantai Wediombo sebenarnya tidak terlalu luas.

Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul. Untuk menuju lokasi pantai, Anda bisa berangkat dari pertigaan Tepus. Menurut letaknya, pantai ini memang terletak lebih rendah daripada daratan di sekitarnya. Oleh karena itu, untuk mencapai pantai ini, Anda harus menuruni tangga yang cukup banyak.

Namun, pemandangan yang terlihat di kiri kanan jalan akan cukup menghibur. Ladang penduduk, rumah-rumah tinggal, hingga vegetasi mangrove akan terlihat membentang.

Baca juga : Asyiknya Rafting di The Picas Kali Serayu Banjarnegara

Saat berada di Wediombo, ada satu kegiatan yang patut Anda coba yaitu memancing dari bukit karang yang tinggi. Aktivitas ini cukup ekstrem sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal buruk. Kegiatan memancing dari atas karang ini sebenarnya berawal dari meniru kebiasaan penduduk setempat. 

[5] Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta. Sumber : Sewa motor jogja
Pada saat awal dibuka, Pantai Sepanjang terlihat sangat alami. Para pengunjung bisa menemukan kerang-kerangan dan bintang laut jika bermain-main di antara karang. Namun, kini di sepanjang bibir Pantai Sepanjang, Anda sudah bisa menemukan gubuk-gubuk yang menjual makanan. Kawasan pantai ini pun menjadi lebih ramai daripada sebelumnya.

Baca juga : Indahnya Pantai Suwuk Kebumen

Salah satu hal yang harus dipersiapkan saat berwisata adalah penginapan. Untuk mencari penginapan yang sesuai, Anda bisa pesan hotel di https://www.traveloka.com/hotel

Bukan hanya kelima pantai tersebut, masih ada belasan pantai lainnya yang terletak di Gunung Kidul yang bisa dinikmati keindahannya. Supaya tidak menyesal karena melewatkan kesempatan, Anda harus melakukan persiapan yang terbaik untuk mengunjungi semua pantai tersebut. 

Nah, apakah kamu sudah siap bertualang?

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Pesan Hotel Dulu Sebelum Berkunjung ke 5 Pantai di Gunung Kidul Ini"

  1. Waaah.... pantainya keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau mo kesini pesan hotelnya di traveloka aja, mudah banget

      Hapus
  2. Eh, pantai itu keren-keren banget yak???
    Jadi mupeng liatnya. Keren, mas. Semoga suatu saat bisa jalan kesana. Amin..

    Salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Jogjakarta emang selalu di nanti

      Hapus
  3. hunting Hotel memang penting sebelum jalan jalan. saya juga hunting hotel dulu sebelum berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, biar begitu sampai di tempat tujuan langsung ada tempat singgah

      Hapus
  4. aku dulu pernah ke pantai di jogja tapi lupa namanya apa .____.

    BalasHapus