Destinasi Wisata Menarik di Ujung Barat Indonesia



Source: Phinemo.com

Sudah tidak perlu diragukan lagi, Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata paling menarik di dunia. Indonesia memiliki bentang alam yang sangat epic dari ujung ke ujung. Salah satunya seperti yang ada di pulau Weh, Kota Sabang, Aceh. Di pulau yang jadi gerbang paling ujung di Indonesia bagian barat ini ada banyak tempat wisata menarik yang tak kalah menawan dengan tempat-tempat wisata populer seperti Bali, Lombok, atau Raja Ampat.

Kalau kamu tidak percaya, mending langsung simak saja ulasan tentang tempat-tempat wisata menarik yang ada di ujung barat Indonesia berikut ini.

Tugu Nol Kilometer
Tugu yang terletak di kawasan hutan wisata Sabang, Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Sabang ini, memang tak seindah tempat wisata lain di pulau Weh. Tapi untuk menegaskan diri sebagai traveller sejati, berfoto dengan latar tugu nol kilometer adalah cara yang paling tepat. Tugu ini menandakan kalau kamu pernah menjelajahi Indonesia sampai ke ujung barat. Tugu ini juga jadi simbol pemersatu Indonesia. Makanya, penyair R. Surarjo menciptakan lagu yang sepenggal liriknya berbunyi, “Dari Sabang sampai Merauke. Berjajar Pulau-pulau. Sambung-menyambung menjadi satu. Itulah Indonesia.”

Pantai Iboih
Pantai yang memiliki nama lain Teupin Layeu ini adalah taman bermain alami yang sangat indah. Pantai ini memiliki air jernih yang dangkal. Sangking jernihnya, kamu bisa melihat keindahan bawah laut dari permukaan, sambil mengelilingi pantai menggunakan perahu yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 50 ribu.Tak hanya dari permukaan, kamu juga bisa melihat keindahan bawah laut pantai Iboih langsung dari dasaranya. Di sini, ada banyak spot menarik untuk melakukan snorkeling atau diving. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan tempat penyewaan alat selam di sana.

Pulau Rubiah
Pulau ini adalah spot terbaik lainnya untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Weh. Di pulau yang berdekatan dengan pantai Iboih ini, kamu bisa berenang bersama segerombolan ikan-ikan laut seperti ikan bendera, ikan kerapu, ikan mayor, dan masih banyak lagi. Ikan-ikan ini akan mudah ditemui karena di bawah laut pulau Rubiah, ada berbagai macam terumbu karang cantik yang jadi tempat favorit para ikan. 

Pantai Anoi Itam
Umumnya, warna pasir di pantai adalah putih atau sedikit kecoklatan. Tapi di pantai yang ada di sebelah tenggara pulau Weh ini, pasirnya justru berwarna hitam. Ini sesuai dengan namanya yang berarti ‘pasir hitam’. Namun jangan salah sangka dulu, warna hitam ini bukanlah berasal dari limbah industri atau sampah lainnya. Ada yang bilang, pasir hitam yang ada di pantai Anoi Itam ini berasal dari aktivitas vulkanis dari gunung yang ada di dekat pulau Weh. Keeksotisan pantai berpasir hitam ini adalah salah satu keunikan yang jarang ditemui di pantai-pantai lainnya. Ke-eksotisan pantai ini pun akan semakin terlihat epic saat warna hitam tersebut berpadu dengan warna air laut yang biru kehijauan dan warna hijau dari vegetasi di sekitarnya.

Tidak sembarang hitam, butiran pasir di pantai Anoi Itam ini tergolong besar untuk ukuran pasir pantai. Meskipun begitu, pasirnya tidak bertekstur kasar. Jadi, jalan-jalan sambil bertelanjang kaki menyusuri pantai adalah cara paling seru untuk menikmati pantai ini. 

Belum cukup sampai di situ, di dekat pantai Anoi Itam juga ada bunker bersejarah dari jaman pedudukan Jepang. Di era perang dunia ke-2, Sabang adalah salah satu jalur internasional paling strategis sebelum Singapura dan Batam berkembang seperti sekarang. Jepang pun memilih Sabang sebagai pelabuhan militer dan garis pertahanan. Jepang pun membangun sebuah bunker di dekat pantai Anoi Itam sebagai tempat pertahanan sekaligus pengintaian. Sekarang, tempat itu pun sering disebut sebagai Benteng Anoi Itam. 

Btw, benteng Anoi Itam ini bukan satu-satunya lho. Di Sabang, ada banyak sekali bunker-bunker bersejarah sisa perang dunia kedua.

Pantai Sumur Tiga
Berbicara soal pantai, kurang lengkap rasanya kalau tidak membahas tentang spot terbaik untuk melihat sunrise. Untuk melihat momen matahari terbit, berkunjung ke Pantai Sumur Tiga adalah pilihan terbaik karena pantai ini menghadap ke timur. 

Menariknya, pantai ini sering dijuluki sebagai Hawainya Sabang. Jadi, terbayang kan, betapa indahnya pantai ini ?  Pantai Sumur Tiga ini memiliki garis pantai yang sangat panjang, pasirnya pun berwarna putih bersih nan halus. Selain itu, di sini juga banyak ditumbuhi pohon kelapa sehingga suasana tropikal sangat terasa di sana. 

Jadi kalau kamu masih bingung mencari tempat wisata yang pas untuk menikmati musim panas tahun ini, Pulau Weh bisa jadi solusinya. Kalau perlu, pergi ke sana sekarang juga dan segera cek harga tiket pesawat hari ini. Tapi kalau kamu tidak mau terburu-buru, kamu masih bisa pergi ke pulau Weh di lain hari karena musim panas masih panjang dan ada banyak maskapai penerbangan yang bisa kamu pilih untuk pergi ke Aceh. kamu bisa cek tiket pesawat di Reservasi.com untuk melihat jadwal serta memesan penerbangan ke Aceh dengan penawaran harga terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Destinasi Wisata Menarik di Ujung Barat Indonesia"

  1. Bagus banget ya mas... Mudah-mudahan cepat terwujud jalan-jalan kesini deh, aaamiiin.

    Mudah-mudahan aslinya gak kalah menarik sama fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Mas, kayaknya sih masih seperti aslinya, kalaupun beda paling cuma dikit ^^

      Hapus
  2. Nunggu TOL Sumatra kelar baru bisa main ke aceh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mau di bangun ya ? kalau di bangun maka perkeonomian akan maju pesat untuk daeraj Jawa dan Sumatera

      Hapus
  3. Aaakk jd pengeen segera liburann mas amiirr. . Makasih shaeringnyaa ya 😊 belum pernah sama sekali wisata ke ujung barat Indonesia nih, hehehe

    BalasHapus