8 Pariwisata Bahari Kelas Bintang Lima di Sabang Aceh yang Membuatmu Selalu Bermimpi Saat Tidur


Memang benar benar, pariwisata bahari Kota Sabang Aceh memang benar benar indah, sampai sampai selalu terbawa mimpi dah. Kota Sabang adalah kota di ujung barat Provinsi Aceh, yang merupakan tempat di letakanya tugu titik nol kilometer, aliasnya Indonesia barat di mulai dari sini. Yang unik jika kalian pergi ke tugu nol kilometer ini yaitu kalian akan mendapatkan sertifikat dari pemerintah setempat dengan membayar sekian rupiah, yang membuktikan bahwa kalian pernah berada disini, keren kan ?


Ada banyak sekali wisata bahari yang masih alami di sini, yang layak untuk di jadikan tempat liburan di kala sedang musim liburan, karena tempatnya yang begitu indah dan menawan.

Untuk sampai ke sini, dari pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh, kalian bisa menggunakan kapal cepat (KMP Rondo dan KMP Bahari Ekspres) atau kapal fery. Jika menggunakan kapal cepat bisa di tempuh dengan waktu sekitar 45 menit saja, namun jika dengan kapal fery, kalian bisa membawa kendaraan baik roda dua atau roda empat (motor atau mobil) dengan perjalan dengan waktu agak lebih lama yaitu sekitar 2 jam. 

Bagi yang akan membawa kendaraan, usahakan agar datang lebih cepat ke pelabuhan karena harus antri untuk memastikan ketersediaan tempat kendaraan dalam kapal. Tenang saja, karena armada laut ini beroperasi dari pagi hingga sore, jadi tidak perlu khawatir tidak ada alat transportasi untuk sampai ke Sabang.

Sesampainya di pelabuhan Kota Sabang, tersedia angkutan ke berbagai tujuan, seperti Pantai Iboih, Pantai Gapang, Danau Anaek Laot dll. Untuk di ketahui, warga sekitar wisata sangat ramah loh dengan pengunjung, mereka sangat senang jika ada wisatawan yang berkunjung ke Sabang.

Dan, destinasi bahari seperti apakah yang ada di Kota Istimewa ini, berikut rincianya.



Pantai Iboih adalah pantai indah dengan pesona alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Anda akan menjumpai banyaknya ikan hias berwarna warni jika Anda menyelam. Airnya begitu jernih dengan warna hijau kebiruan hingga mampu membawa kesan damai. Saking jernihnya, dasar lautnya akan terlihat jelas jika terkena sinar matahari. 

Yang unik dari pantai Iboih ini adalah Anda bisa berkesempatan melihat anak anak ikan hiu yang berseliweran di kedalaman 2-3 meter. Untuk menjaga keamanan, pastikan tidak ada darah atau luka pada tubuh Anda karena hiu mampu mencium bau darah dengan jarak yang begitu jauh hingga 1 km lebih.



Di namakan Pantai Gapang karena di sekitaran pantai ini banyak di tumbuhi pohon yang bernama Gapang, sehingga di namakan pantai Gapang. Pantai ini juga tak kalah indahnya dengan pantai Iboih. Air lautnya yang jernih membuat kita ingin berlama lama berada disini. Pantai ini memiliki ombak laut yang lebih besar di banding pantai pantai lain di sekitarnya karena menghadap ke laut lepas. Jika Anda berdiri di atas dermaga, Anda akan melihat karang dan hewan hewan laut yang berseliweran di sekitaran dermaga. Karena keindahanya, maka tak heran jika pantai ini banyak di kunjungi wisatawan mancanegara.



Pulau Rubiah letaknya di seberang Pantai Iboih. Sama seperti pantai lainya, Pulau Rubiah juga tak kalah indahnya. Banyak pengunjung dalam dan luar negri datang berkunjung ke Pulau ini. Airnya yang jernih, pasirnya yang putih membuat siapa saja ingin berkunjung dan ingin kembali lagi ke sini. Di pulau ini terdapat benteng peninggalan Belanda dan Jepang yang di gunakan pada jaman perang terdahulu. 



Jika saya berasumsi, di namakan pantai kasih pasti karena dulunya ada cerita tentang sepasang seorang kekasih, hingga di namakan pantai kasih. Pantai ini tidak luas dan lebih di dominasi oleh bebatuan dan karang. Pantai ini juga tak kalah indahnya dengan pantai lain, pasirnya begitu putih besih, airnya pun begitu jernih beserta ikan dan trumbu karangnya yang masih banyak dan masih alami.

Di tepi pantainya, banyak di tumbuhi pohon pohon palem, Anda bisa berjemur sambil menikmati indahnya pantai. Usahakan datang pagi atau sore hari karena sinar matahari tidak terlalu panas. Beda dengan pantai lain, pantai kasih ini kini sudah memiliki website sendiri sebagai media promosi, yaitu di www.pantaikasih.com. Anda buka buka websitenya untuk melihat lihat seperti apa pantainya dan juga layanan yang di sediakan.



Di namakan pantai sumur tiga di karenakan di sekitaran pantainya terdapat sumur yang berjumlah tiga buah. Pantai ini juga tak kalah menarik dengan pantai lain. Pantai cantik ini berlokasi di timur Pulau Weh atau berjarak sekitar 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Yang unik dari pantai ini adalah serpihan pasirnya yang putih seperti Kristal, sehingga membawa kesan dan sensasi tersendiri jika Anda berada di sini.



Anoi itam dalam bahasa Aceh artinya tanah hitam atau maksudnya  pasir hitam. Karena memang pasirnya yang berwarna hitam menjadikan pantai ini unik dari pantai lainya. Pasir hitam  ini memiliki berat jenis 3 x lipat dari pasir biasa. Hal ini di sebabkan kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunya. Paduan antara batu kapur yang putih dan pasir hitamnya memberikan sensasi keindahan tersendiri di pantai anoi itam ini.

Pemandangan berupa batu batu karang yang terbentuk di ujung laut serta pepohonan hijaunya, membuat siapa saja ingin selalu menikmati pantai yang indah ini.  Ketika angin musim barat datang, bebatuan akan naik keatas pasir sehingga pasirnya berkurang.  Dan ketika musim angin timur datang, pasir tebal penuh berwarna kehitaman dan bebatuan pun hilang. Saat inilah waktu pas untuk berenang melihat indahnya ikan dan trumbu karang di dasar laut.

Untuk menikmati bersantai di sore hari, Anda bisa menyewa penginapan penginapan yang tersebar di sekitaran pantai sambil menyaksikan indahnya matahari terbenam di barat.



Dinamakan pantai pasir putih, itu di karenakan pantai ini memiliki pasir yang putih bersih. Air lautnya pun begitu jernih beserta biota lautnya seperti ikan dan trumbu karang yang semakin melengkapi keindahan pantai ini. Satu hal unik dari pantai ini adalah perahu perahunya yang pada bagian depanya terlihat mancung menjulang keatas.



Menurut tempatwisataunik.com, di namakan pantai Tapak Gajah karena pada jaman dahulu di temukan prasasti yang berbentuk seperti tapak gajah, sehingga di namakan pantai tapak gajah. Pantai ini juga kalah menarik dengan pantai lain. Airnya yang jernih dan pasirnya yang putih bersih, serta biota lautnya yang kaya seperti ikan dan trumbu karang, membuat siapa saja ingin berlama lama berada disini.

Nah, itulah sedikit dari banyaknya wisata bahari yang ada di Kota Sabang Provinsi Aceh ini, masih banyak destinasi wisata lain yang layak di kunjungi karena keindahanya. 


Anda tak perlu khawatir soal penginapan yang ada di sekitaran pantai pantai diatas. Ada banyak penginapan yang tersedia dengan rentang harga berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah per malam sesuai fasilitas dan layanan yang  di sediakan. Untuk Anda yang hobi snorkeling, diving atau berfoto foto di bawah laut, di sini banyak tersedia tempat tempat persewaan alat alat tersebut. Harganya pun relative murah mulai dari Rp 40.000,- ke atas. Untuk yang hobi jalan jalan, disini juga di sediakan persewaan motor, mobil ataupun perahu untuk berkeliling pantai melihat indahnya lautan. Anda yang tidak bisa berenang pun tetap bisa menikmati indahnya bawah laut karena perahu sewaan tersebut terdapat kaca bening yang menghadap ke dasar pantai hingga bisa terlihat dasar lautnya.



Bagaimana dengan makanannya, enak enak nggak ?

Jangan di tanya, ada banyak sekali makanan yang di jajakan disini, seperti sate gurita, rujak aceh, mie sedap Aceh dll dll. Jangan kuatir soal kehalalaan makanan di sini, pemerintah Aceh sebagai daerah yang sudah terkenal  akan islamnya yang taat, sudah pasti selalu menawarkan makanan berlabel halal, sehingga kita tidak perlu was was saat membeli makanan.

Btw rujak Aceh itu seperti apa yah ? kalau di tempat saya pakai buah pace, mbuluk (kelapa cengkir) babal (nangka muda) sama daun pepaya, kalau di Aceh kayak apa yah, pasti rasanya khas banget.


O iya, Aceh itu juga terkenal banget loh sama yang namanaya kopi, ada banyak banget olahan kopi di tanah rencong ini. Dan seperti apa sih rasa dari kopi Aceh ini, pasti khas banget dan sensasinya beda banget jika di minum di pinggir pantai sambil ayun ayunan menikmati sejuknya udara pantai.


Untuk oleh olehnya juga banyak, jangan sampai nggak beli ya, soalnya udah datang jauh jauh ke Aceh, nanti jika di tanya teman “mana oleh olehnya ?” gimana ? Disini, Anda bisa membeli baju baju kenang kenangan khas Aceh, kaos, souvenir, makanan khas aceh dan lain sebagainya untuk di bawa pulang.



Pariwisata Aceh

Ada yang menarik nih jika kalian berkunjung di akhir april ini ke Aceh, soalnya ada sabang marine festival yang di adakan pada tanggal 26-30 april bulan ini. Di acara ini kalian bisa menyaksikan berbagai acara dan perlombaan, seperti lomba pawai budaya, musik etnik, tari kraeasi dll. Di buatnya acara rutinan ini adalah sebagai promosi wisata Sabang agar semakin terkenal oleh masyarakat dunia. Maka dari itu, ayo sama sama kita promosikan pariwisata Aceh, walaupun di antara kita ada yang bukan orang Aceh sekalipun, tapi kan kita orang Indonesia, dan wajib pula kita promosikan wiasata Indonesia, khususnya Aceh agar Indonesia lebih maju terutama dalam bidang pariwisata. 


Sesuai peraturan Presiden No 104 tahun 2015 tentang free visa, bahwa wisatawan yang datang dari 90 negara yang masuk ke Indonesia termasuk wisatawan yang menggunakan kapal layar, bebas biaya visa dan bisa singgah di Indonesia selama 30 hari.

Selain itu juga ada peraturan Presiden No 105 tahun 2015 yang mengatur berbagai kemudahan perizinan bagi kapal layar untuk masuk ke Indonesia, seperti kemudahan dalam proses CIQP di pelabuhan kedatangan dan tidak diperlukannya lagi CAIT (Clearance Approval for Indonesian Territory) serta TIP (Temporary Import Permit). Sedangkan peraturan turunannya di tingkat menteri dalam bentuk Peraturan Menteri (Permen) sedang dalam proses penyelesaiannya.

Dengan peraturan di atas, Anda sebagai turis asing akan di  mudahkan untuk berkunjung ke Indonesia tanpa harus melalui birokrasi yang berbelit belit. Intinya Indonesia sangat welcome untuk para turis asing yang akan datang untuk berwisata



Sebelum berwisata, ada baiknya persiapakan segala sesuatu yang akan di bawa, berikut tipsnya

1 Bila membawa anak kecil, jaga baik baik terutama jika dia bermain di pantai. Hal ini penting untuk mengantisipasi jikalau ombak pantai besar, sehingga anak tetap aman bersama kita sebagai orang tua.

2 Bawa uang cash lebih. Ini juga tak kalah penting untuk mengantisipasi hal hal yang tak terduga yang mengakibatkan kita harus mengeluarkan uang lebih, seperti kerusakan kendaraan di tengah jalan atau hal lainya. Uang cash sangat penting untuk berjaga jaga jika misal di tempat tujuan tidak tersedia ATM untuk tarik tunai.

3 Jika misal Anda ingin berlibur pada saat week end, usahakan booking hotel terlebih dahulu, karena biasanya saat saat week end atau musim liburan, hotel hotel akan penuh. 

4 Bawa peralatan menyelam jika punya, namun Jika memang tidak punya, pastikan bahwa tempat tujuan wisata juga menyediakan persewaan alat menyelam atau berenang. Dan di Sabang ada banyak sekali tempat menyewa peralatan renang.

5 Bawa baju ganti secukupnya, terlebih jika akan berlibur selama berhari hari.

6 Bawa sunblock bagi yang takut kulitnya menjadi gelap karena sinar matahari. Jangan lupa juga bawa perlengkapan mandi

7 Bawa makanan atau minuman. Hal ini untuk berjaga jaga dari rasa lapar jikalau di tempat tujuan ternyata jauh dari tempat yang menjual makanan.

8 Bawa smartphone atau kamera. Pastinya liburan adalah moment langka dan harus di abadikan, maka dari itu jangan lupa bawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan foto foto. Untuk kamera bawah air, jika memang tidak memiliki, di Sabang juga tersedia banyak persewaan kamera seperti ini.

9 Bawa tempat sampah. Kantong kresek atau sejenisnya untuk membuang sampah. Hal ini penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan indah.

10 Cari info sedetail detailnya. Bagi Anda yang ingin berlibur terutama untuk tujuan yang jauh seperti di Sabang ini, cari info selengkap lengkapnya agar sebelum berangkat, kita bisa tau hal hal apa yang harus di lakukan dan di persiapakan. Jika kita punya kerabat atau teman yang ternyata penduduk sekitar wisata tersebut, kita bisa tanya tanya secara lebih detail informasi darinya.

11 Bawa alas kaki karena jika di siang hari pasir akan terasa panas di telapak kaki. Selain itu juga agar tidak menginjak bulu babi yang beracun

12 Buat turis asing, bawa pasport ya, visa juga. Walaupun di Indonesia bebas visa, tapi bawa aja, buat jaga jaga kalau ada apa apa.


Saya  yakin, kedepan prospek wisata Sabang Aceh akan semakin banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar negri. Hal itu sudah terbukti dengan semakin bertambahnya wisatawan di setiap tahunnya. Bahkan, mereka datang tidak hanya lewat darat maupun udara, tapi juga lewat jalur laut menggunakan kapal layar maupun kapal pesiar, terlebih kini Aceh semakin memudahkan urusan administrasi bagi wisatawan asing yang datang.

Dari hal di atas bisa di simpulkan bahwa Sabang akan menjadi destinasi wisata fantastis layaknya destinasi wisata ternama di Indonesia, dan itu berarti Aceh harus benar benar menyiapkan fasilitas untuk para pengunjung, termasuk untuk mereka yang memiliki keterbatasan gerak fisik atau biasa di sebut difabel. 

Promosi sebuah produk atau jasa tidak melulu memberikan harga yang murah atau diskon, namun akan menjadi nilai lebih jika bisa memberikan pelayanan khsusus bagi orang orang tertentu. To the point nya, akan lebih baik jika kedepan, Aceh bisa menyediakan fasilitas untuk para kaum difabel, dengan begitu akan semakin banyak orang yang berkunjung ke Aceh, baik orang dengan tubuh normal atau keterbatasan seperti difabel.

Penerapanya bisa di buatkan jalan khusus seperti ramp, penyediaan kursi roda dll. Kalaupun belum bisa di terapkan karena ini adalah wisata pantai, paling tidak di setiap hotel atau resort di lengkapi dengan fasilitas ramah difabel, seperti kamar mandi ramah difabel yang memiliki banyak pegangannya, dan lain sebagainya

Toilet ramah difabel di Inggris
Kesuksesan Amerika hingga menjadi top #1 destinasi wisatanya adalah karena destinasi wisatanya itu sendiri memiliki fasilitas ramah difabel. Hal ini mengacu pada studi yang di lakukan oleh salah satu situs pemesanan hotel ternama, bahwa hotel di Amerika lah yang menempati urutan teratas dengan 77% hotelnya di situs tersebut menawarkan fasilitas untuk warga berkebutuhan khusus. Sedangakan untuk Indonesia hanya menempati urutan ke 18 dengan hanya 11 % hotelnya yang ramah difabel. Sumber (nationalgeographic.com) Hal ini bisa di contoh oleh Aceh agar wisata Aceh semakin banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Seorang bule terlihat mengangkat kursi roda saudaranya yang difabel 
Mengapa saya bilang seperti ini ? melihat gambar di atas, seandainya di tempat tersebut terdapat fasilitas yang memudahkan untuk kaum difabel, pastinya turis tersebut tidak segan untuk datang lagi ke Indonesia karena begitu mudahnya akses untuk kaum difabel. Namun jika ternyata aksesnya masih sulit, ia harus berfikir 2 kali untuk datang lagi ke Indonesia untuk berlibur, iya nggak ?


Dari pembahasan di atas bisa di ambil kesimpulan bahwa, Aceh merupakan top #1 destinasi wisata bahari di ujung barat Sumatera, dengan pesona keindahan yang begitu memanjakan mata. Sealin itu juga di lengkapi fasilitas fasilitas lengkap seperti penginapan, alat renang dan kelengkapanya, oleh olehnya, kemudahan tarnsportasinya, kemudahan  untuk tamu asingnya, keramahtamahan penduduknya, wisata kulinernya dan sebagainya. 

Akhir kata, itulah opini pribadi saya tentang pariwisata bahari di Kota Sabang provinsi Aceh, semoga setelah membaca artikel ini, kalian langsung menjatuhkan pilihan Kota Sabang sebagai tujuan wisata, amin. Okey, jangan lupa like fb nya dan follow tewitternya juga instagamnya untuk update info terbarunya yah, dadah.

Sebagai penutup yang mungkin barangkali kalian bosan membaca, sekarang kita main game ya, lihat gambar di bawah. Jawaban dari game nya mohon tulis di komentar ya ?

Sumber referensi artikel :
[1] http://www.skyscanner.co.id/berita/10-tempat-di-pulau-weh-yang-menjadikan-sabang-destinasi-liburan-wajib
[2] Sabangmarine.com
[3] Disbudpar.acehprov.go.id
[4] Karakter kartun di pinjam dari aplikasi android bitstrips

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "8 Pariwisata Bahari Kelas Bintang Lima di Sabang Aceh yang Membuatmu Selalu Bermimpi Saat Tidur"

  1. terimakasih telah berkunjung dan tulisan kamu juga menyenangkan dan menarik

    BalasHapus
  2. Nyedrl baca post ini.. Jadi pengen kesono :( hehehe btw, salam kenal ya ditunggu post berikutnya. Salam blogger!

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, secara Sabang keren banget, apalagi pantai pantainya, airnya bening banget, pasirnya juga putih bersih banget

      Hapus
  3. lagi semangat ngelomba nih, good luck ya, sabang entah kapan aku bisa kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut lombanya nggaa, pemenangnya bisa berenang di Pulau Weh loh, airnya jernih bangetsss pokonya, huhui....

      Hapus
  4. wah asyik banget ya kalau menyelam ketemu nemo alias ikan badut. Belum pernah ke Aceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi kalau ketemu sama udang merah yang cantik banget...semuanya ada di Sabang Pulau Weh, ayo pada ke sana..

      Hapus
  5. Aceh ga kalah sama daerah lain ya. kapan bisa kesampaian kesana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok deh kalau menang, bakal di undang kesana untuk menyaksikan acara Sabang Marine Festival. Dan itu berarti bisa berkesempatan untuk melihat pantainya dooooonnngghh.....huhui...

      Hapus
  6. Pantai Sumur Tiga, pengen banget bisa ke sana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pantainya indaaah bgt.....

      Hapus
  7. cakep-cakep gambar ilustrasinya. pengen juga niy ke Sabang...kapan yak bisa ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suatu saat pasti bisa. Atau kalau ada lomba blog yang hadiahnya vouncher perjalanan, tar tripnya k Sabang aja

      Hapus
  8. Mudah2an bisa ke sana amin

    BalasHapus
  9. Wah asik banget ini mah ya, apalagi kulinernya. Kayanya mesti dicoba yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada sate gurita, waow...kayak apa ya rasanya, pasti enak bgt

      Hapus
  10. terima kasih sudah berbagi informasi ttg Aceh, koreksi sedikit di poin ke 7. Pantai pasir putih objek wisata yang berlokasi di Lamreh, tepatnya dikawasan Aceh Besar bukan di Sabang

    good luck ya

    BalasHapus