11+ Cara Membuat Channel Youtube di hp Hingga Menghasilkan uang


Hai guys, beberapa waktu lalu abang iparku yang di Kalimantan pulang kampung pas lebaran. Dan di rumah, saya bertemu dengannya dan berbicara banyak tentang youtube. Saya tahu beliau punya youtube sejak beberapa tahun sebelumnya. Namun saya tak menyangkan jika ia terus menekuninya hingga sekarang sudah monetisasi dan menghasilkan uang. Ini videonya. 


Di rumah kami, saya banyak ngobrol dengannya dan ternyata ia cukup pengalaman dan banyak tahu tentang cara membuat akun youtube di hp. Padahal ia gak sekolah, maksudnya cuma lulus SD doang dan pekerjaannya cuma sebagai supir truk tronton. Ia menunjukkan ke saya bagaimana ia membuat channel youtubenya, membuat videonya, mengeditnya, membuat thumbnailnya, sampai menghasilkan. 

Videonya sendiri tentang jalanan Kalimantan yang ia rekam dengan hp-nya saat sedang menyetir. Dan ia lakukan setiap hari. Setiap hari ia selalu upload dan saya salut dengan ketekunannya. 

Saya yang anak muda jadi agak merasa minder. Ternyata ia lebih jago. Saat ini subscribernya sudah 8500 dan tayangannya sudah 4 juta lebih dan sudah monetisasi. Dollarnya pun sudah masuk namun belum bisa ditarik. Ini screenshoot penghasilannya di social blade. 

Ini menunjukkan jika membuat channel youtube memang bisa menghasilkan buat siapa saja. Asalkan ada kemauan pasti ada jalan. Tidak peduli latarbelakang pendidikannya apa. Dan inilah 11+ cara membuat channel youtube di hp hingga menghasilkan uang yang bisa Anda coba di rumah

1. Menentukan kategori channel 

Sebelum membuat channel youtube, sebaiknya tentukan dulu kategori atau niche apa yang mau digarap. Anjuran banyak tutor youtube, video campur-campur itu sulit mendapatkan rekomendasi. System rekomendasi youtube bekerja kacau pada channel yang tidak jelas tema-nya apa. Sebaliknya, channel youtube yang jelas temanya, lebih disukai youtube. 

Misalnya kalau kamu suka main game, channel berisi video game dan hanya membahas game, itu akan sangat bagus. Atau semisal cuma bahas hujan-hujanan seperti punyaku yang sudah dibuatkan websitenya di https://www.udanudanan.com/ juga sebaiknya cuma isi satu tema saja bair penonton suka karena kamu dianggap ekspert oleh penonton.

Percayalah dengan peraturan tak tertulis bahwasannya sesuatu yang fokus di satu topik itu dianggap sebagai ahli. Youtube pun begitu.

2. Membuat channel youtube dengan nama yang baik 

Setelah kategori didapat, berikutnya membuat nama channel. Nama channel ini sebaiknya jangan asal, tapi pakai asal dan mencerminkan topik video kamu. Misalnya channel kamu tentang game di atas, maka nama channelnya bisa “Game Hunter” atau “Rudi Game” jika semisal namamu Rudi. 

Sebaiknya juga dua kalimat saja, jangan kepanjangan biar mudah diingat penonton. Dalam membuat channel, gunakan email dan nomor hp yang aktif agar saat memverifikasi channelnya lebih mudah. Berabe kan jadinya, jika misal mau gajian, ternyata nomor hp tidak aktif karena mati, atau lupa password email, tetotttttt. 

3. Menentukan keunikan konten daripada pesaing 

Dalam sebuah konten, sebaiknya kudu berbeda dengan yang lain. Kalau kalian bisa lihat, channel kuliner milik Ria SW, keunikannya yaitu yang direview bukan hanya rasa makanan, tapi sejarah kotanya, tour hotelnya, cara berkunjungnya, tips-tipsnya, dan sisi luar dari tempat ia kulineran. Selain itu ia juga membawa tokoh boneka “curut” yang membuatnya makin beda, dan juga editorialnya yang keren abis. 

Oleh karenanya, channelnya pun lebih menarik ketimbang konten kuliner food vlogger lainnya yang cenderung hanya review makanan saja. Enggak heran jika subscribernya pun sudah 4 juta. Dan saat video dipublish, dalam bebera menit saja mencapai ratusan ribu. Jadi, keunikan konten berupa POV atau point of view atau sudut pandang, itu penting, right?  

4. Pilih target spesifik penonton, usia dan negara 

Saat membuat video, pilih target videomu, apakah untuk anak-anak atau orang dewasa. Karena di youtube akan ada pertanyaan ini setiap mau upload video. Denger-denger juga, konten anak-anak lebih sedikit adsensenya, tapi viewnya lebih banyak karena anak-anak kalau nonton gak diskip. Tapi mereka cenderung gak klik iklan karena mereka hanya butuh kesenangan. 

Nah, kalau pentonton kamu orang luar karena videonya bahasa inggris, maka settingan bahasanya kudu pakai bahasa inggris biar orang US sana pada tahu. Jangan bahasa Indonesia ya. 

5. Rutin update konten berkualitas setiap hari, itu kuncinya 

Jika channel sudah dibuat dan tema-nya sudah nemu, selanjutnya rutin update konten. Usahakan update setiap hari karena berdasarkan pengalaman, kalau update setiap hari bikn video kita rame dan jam tayang stabil untuk 48 jamnya. Bahkan saya perhatikan, ada yang upload 3-8 video per hari, jam tayangnya tambah terus dan subscribernya juga. 

Uploadnya di jam santai ya, kayak jam 8 malam saat orang sedang santai dan buka hp. Jangan jam sibuk misal jam 9 pagi atau jam 2 siang. Orang-orang mah lagi pada kerja. Untuk mengetahui jam santai ini kalian bisa buka dashboard youtube studio. 

6. Pelajari dashbaord analytics channel 


Seringkali saya melihat youtuber yang kontennya buanyak banget, tapi view dan subscribernya sedikit. Sebaliknya, ada yang kontennya sedikit tapi view dan subsnya meledak dengan cepat, tapi bukan artis. Itu semua karena setiap orang berbeda dalam prosesnya. Mereka yang berprinsip kerja cerdas, maka bisa melakukan sesuatu dengan kuantitas sedikit, tapi hasilnya lebih banyak. 

Nah, di dashboard analitik ini, kalian bisa melihat performa video. Kalian juga bisa mempelajari klik rasio tayang atau CTR, melihat retensi penonton, kapan jam rame penonton, negara mana saja yang nonton, memasang kartu, end screen, membuat tag, dan sebagainya. 

Karena kan ada tuh, youtuber yang hanya main upload saja hingga beratus-ratus jumlahnya, tapi view dan subsnya sedikit, sehingga cuma capek doang karena tidak atau enggan mempelajari dashboard analitik. 

7. Lengkapi dengan tools riset seperti tubebuddy 


Sebelum membuat video, kalian bisa memanfaatkan tools untuk riset seperti tubebuddy atau vidiq. Di tools ini, kalian bisa menemukan judul terbaik untuk videomu melalui riset kata kunci. Dengan mengetikkan sebuah kata kunci, maka tools ini akan menampilkan kekuatan judul tersebut. Apakah potensinya bagus atau tidak. Saya sendiri pun menggunakan tools ini, karena cukup membantu dan meningkatkan SEO yotuube. 

8. Tingkatkan personal branding 

Agar channelmu makin dikenal, personal branding adalah hal penting. Misalnya dengan menganti banner atau background channel, membuat logo dengan baik, membuat deskripsi dengan baik di setiap video. Selain itu, pembawaanmu dalam video, juga bisa menambah unsur personal branding. Cara berbicara yang jelas dan mudah dimengerti, kharisma dalam dirimu, juga menambah unsur personal branding. Semakin baik personal brandingmu, video akan semakin rame. 

9. Pilih editor video yang bagus tanpa watermark, contoh capcut atau VN 


Aplikasi VN editor video hp

Dulu saya pakai kine master saat mengedit video. Namun karena ada watermarknya yang mengganggu, akhirnya saya beralih ke VN dan beralih lagi ke capcut. Ternyata capcut punya banyak fitur canggih dan keren banget. Stickernya buanyak banget dan yang gratis berasa premium. Yang lebih menarik adalah tampilannya mudah dimengerti dan yang paling suka yaitu rendernya cepet. Ajegile keren banget capcut ini. 

10. Belajar SEO youtube 

SEO (search engine optimization), bukan hanya di blog atau website saja, di youtube pun ada, tapi lebih mudah ketimbang blog yang njlimetnya kayak cari jarum di tumpukkan jerami. SEO youtube itu meliputi kata kunci, tag, deskripsi, kekuatan thumbnail, dan sebagainya. Menurutku jauh lebih mudah ketimbang blog. Oh ya, dengan tools tubebuddy dan mungkin juga viddiq atau yang lainnya, kamu juga bisa melihat kekuatan SEO kompetitor dan juga videomu. 

11. Belajar dari para mastah 

Saat kamu ngeyoutube, kamu harus banyak belajar dari para tutor youtube berpengalaman yang sudah menghasilkan earning puluhan hingga mungkin ratusan juta rupiah per bulan. Seperti channel Den JC, Timon Adiyoso, Kelas Kreator, Ezza Ermuda, dll. Saya selalu belajar dan belajar bagaimana tips-tips tentang youtube agar tak salah langkah saat membuat konten. 

Percayalah, yang membedakan antara satu channel dengan channel lainnya adalah keilmuan masing-masing youtuber. Makannya banyak channel yang videonya sedikit tapi rame, tapi banyak juga channel yang videonya banyak, effortnya banyak, tapi view sedikit. Selain artis dong ya tentunya. 

12. Daftarkan google adsense

Setelah channel youtubemu memenuhi syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber, atau 10 juta tayangan short, maka saatnya daftar adsense. Berdoa yang terbaik semoga saja diterima. Karena usaha tidak akan menghianati hasil. Punyaku sendiri masih kurang 500 lebih subscriber namun jam tayang sudah penuh. Semoga tahun ini berhasil, aminn. 

Nah, itulah guys cara membuat video youtube di hp dan cara mengelolanya hingga menghasilkan uang. Intinya teruslah berjuang karena mereka yang sukses pun ada perjuangan pahit di belakangnya. Percayalahan walaupun kamu tidak cukup pendidikan dan merasa minder, tapi semua orang punya kesempatan yang sama, yang membedakan hanyalah mau atau tidaknya. Kesuksesan berasal dari 5% bakat dan 95% ketekunan. Keep it up and never give up. Trust me, you can do it. 

Budayakan berkomentar dengan baik dan sopan :)
EmoticonEmoticon