Jangan Norak, Ini 11 Tips Berkunjug Ke Bali Untuk Pertama Kalinya

Bali, pulau dewata yang indah dan penuh dengan keajaiban alam serta budaya yang kaya, menjadi tujuan impian bagi banyak wisatawan. 

Namun, untuk menjadikan perjalanan Anda ke Bali lebih memuaskan dan berkesan, penting untuk memperhatikan beberapa tips penting. 

Jangan sampai Anda terlihat norak dan memalukan. Makannya sebelum berkunjung, pastikan untuk mempelajari apa-apa yang belum tahu, seperti budaya, adat istiadat, bahasa bali biarpun sedikit, terkait penginapan, dan sebagainya. 

Sehingga acara liburan ke Bali lebih menyenangkan. 

Berikut adalah 10 tips berkunjung ke Bali yang akan membantu Anda merencanakan perjalanan yang lancar dan menyenangkan:

1. Pilih Waktu Berkunjung yang Tepat 

Musim turis di Bali biasanya terjadi pada bulan Juli dan Agustus serta selama liburan Natal dan Tahun Baru. Untuk menghindari keramaian, pertimbangkan untuk berkunjung pada bulan-bulan lain seperti April-Mei atau September-Oktober.

Baca Juga : Pesona Alam Bromo: Keindahan Panorama Alam yang Memikat

Karena pastinya kalau liburan di hari biasa alias bukan musim libur, budget lebih murah. Penginapan lebih murah dan tempat wisata lebih sepi. Sehingga lebih enjoy saat menikmati wisatanya. 

2. Rencanakan Itinerary dengan Bijak 

Bali memiliki begitu banyak tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari pantai-pantai eksotis hingga kuil-kuil yang megah. 

Rencanakan itinerary Anda dengan bijak agar Anda dapat mengunjungi tempat-tempat yang paling penting bagi Anda.

Misal pagi ini ke pantai Melasti, sorenya nonton tari kecak, besoknya lagi ke kelingking beach, dan besoknya lagi ke jimbaran. Rencanakan dengan baik agar semua berjalan lancar. 

3. Jaga Kesehatan dan Keamanan 

Pastikan untuk mengonsumsi air minum yang aman dan menghindari makanan jalanan yang rawan menyebabkan masalah pencernaan. 

Selain itu, simpan barang berharga Anda dengan aman dan waspada terhadap potensi penipuan atau kejahatan.

Kalau ke tempat yang banyak monyetnya, baiknya hati-hati, jangan memperlihatkan makanan agar tidak jadi incaran monyet nakal. Ntar kalau yang direbut hp, pasti bingung. 

4. Respek Terhadap Budaya dan Adat Istiadat

Bali adalah tempat yang kaya akan budaya dan adat istiadatnya. Pastikan untuk menghormati tradisi lokal dan berpakaian sopan saat mengunjungi kuil atau tempat-tempat suci lainnya.

Bersikaplah sopan terhadap penduduk sekitar, janganlah berkata tidak sopan. Hargailah adat istiadat dan budaya mereka karena kita Indonesia hidup dalam keberagaman. 

Budaya dan adat merekalah yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, terutama turis mancanegara. 

Baca Juga : Waduk Sempor – Wisata Keren Murah Meriah di Gombong Kebumen

5. Manfaatkan Transportasi yang Tersedia 

Bali memiliki beragam pilihan transportasi, mulai dari ojek hingga penyewaan mobil atau motor. 

Pilihlah opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk menegosiasikan harga sebelumnya jika menggunakan jasa transportasi lokal.

Jika bisa menawar, maka tawarlah agar mendapatkan harga miring. Atau install aplikasi gojek atau grab agar bisa ngojek kesana kemari sesuai tarif yang tertera. 

6. Cari Penginapan yang Sesuai 

Pilihlah penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Bali menawarkan berbagai macam akomodasi, mulai dari hotel mewah hingga homestay yang ramah di kantong.

Walaupun Bali terkesan mahal, tapi pastinya banyak tempat menginap yang murah dan sesuai budget. 

7. Jaga Lingkungan

Bali dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Selalu jaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menghargai kebersihan pantai dan tempat-tempat wisata lainnya.

Karena sejatinya membuang sampah sembarangan itu tidak dibenarkan. Apalagi di Bali juga ada desa terbersih bernama akni Desa Penglipuran di Kecamatan Bangli. 

8. Nikmati Kuliner Lokal 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai masakan khas Bali yang lezat. Jelajahi warung-warung makan lokal untuk merasakan cita rasa autentik Bali.

Makanan di Bali banyak ko yang murah. Pas aku lihat di vlognya Hari Jisun, satu porsi hanya 20 ribuan saja. Termasuk murah. Bahkan kalau di daerah pinggiran, masih banyak makanan harga dibawah 10 ribu sudah kenyang. 

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner yang Ingin Saya Kunjungi Saat ke Jakarta

Banyak ko makanan murah di Bali. 

9. Pelancong Bertanggung Jawab

Sebagai pelancong bertanggung jawab, hindari kegiatan wisata yang merusak lingkungan atau melanggar hak asasi manusia. 

Pilihlah operator wisata yang berkomitmen untuk berkelanjutan dan bertanggung jawab sosial. Sehingga alam tetap terjaga untuk wisata berkelanjutan. 

10. Nikmati dan Berbagi Pengalaman 

Terakhir, nikmati setiap momen perjalanan Anda di Bali dan buatlah kenangan yang tak terlupakan. Jangan ragu untuk berbagi. 

Persiapkan kamera atau handphone untuk mengabadikan spot-spot menarik agar bisa menjadi kenang-kenangan. 

11. Mencari makanan halal 

Bagi pelancong muslim, mengetahui tempat makan halal itu penting. Kita bisa mencarinya di google maps, browsing, ataupun di youtube. 

Nah, itu dia 11 tips berlibur ke Bali untuk pertama kalinya. Semoga bermanfaat ya. 

Posting Komentar

0 Komentar