Review Samsung Galaxy M23 5G Sebulan Pakai – Stabil + Jernihnya Mantap


Halo guys, ini adalah pengalaman saya pakai Samsung Galaxy M23 setelah satu bulanan pakai.  Sebelumnya, saya sudah banyak melihat review-reviewnya di youtube sebelum mendapatkannya. Sehingga hape ini bisa pas dengan kebutuhan saya, yang sering bikin konten kreatif. 

Saya cukup takjub dengan smartphone ini karena fitur-fiturnya begitu mendukung pekerjaan saya. Nah, seperti apa sih fitur-fitur hape yang tidak dijual offline ini, berikut pembahasannya : 

1. Body

Samsung Galaxy M23 memiliki desain yang cukup menarik dengan berat 198 gram dengan sudut melengkung di bagian sikunya. Untuk dimensinya, ia memiliki ukuran 165,5 x 77 x 8,4 mm dengan warna light Blue, Deep Green dan Orange Copper.

Materialnya sendiri terbuat dari plastik dengan finishing warna metalic. Sedangkan untuk kameranya sendiri, ia buat agak mennjol ke belakang. Jadi sebaiknya kudu dipasang casing biar gak nyenggol permukaan saat ditaruh di meja atau permukaan. Karena khawatirnya bisa kegores kan sayang.

Baca Juga : 

Samsung Galaxy J7 Pro, Ponsel Murah nan Canggih Favorit Gadgeters 

Semakin Pro dengan Samsung Galaxy C9 Pro 

2. Kamera 


Samsung Galaxy M23 ini memiliki kamera yang cukup bagus untuk membuat konten berkat resolusi 50 mp-nya. Namun yang paling bikin saya tertarik adalah karena fitur stabilizernya yang tenang banget untuk merekam video jika fitur steady diaktifkan, walaupun detailnya akan berkurang. Tapi walaupun tak diaktifkan, hasil video juga tetap stabil asalkan kita geraknya pelan. 


Dan jika kita mengambil zoom 0.5, maka hasil video atau fotonya akan lebih lebar. Kemudian jika kita mengambil zoom 1, maka hasil videonya atau fotonya akan terlihat lebih jelas lagi ketimbang zoom 0.5. Posisi zoom 1 sendiri adalah pengaturan default atau normal. 

kamera samsung galaxy m23

Ini sebenernya gak merah gini, warna aslinya lebih ke pink. Ini karena gambar setelah dikirim ke laptop jadi berubah.

Biasanya saya pakai zoom 1 kalau lagi bikin konten. Foto rintik-rintik hujan jadi terlihat jelas ketimbang pakai zoom 0.5. Tapi jika fitur steady diaktifkan, detailnya berkurang banyak dan rintik hujan seperti tak terlihat. 

Nah, zoom 0.5 itu pakai kamera 8mp yang letaknya paling atas. Sementara zoom 1, zoom 2, zoom 4 dan zooom 10,  itu pakai kamera 50mp. Dan yang 2mp paling bawah itu kalau kita pakai fitur makro.  



Fitur makro untuk kamra paling bawah. 

Oh ya, kamera smartphone ini juga mendukung resolusi HD, FULL HD, dan juga UHD. Saya sendiri seringnya pakai FULL HD karena di resolusi ini masih mendukung penstabilan video. 

Sementara UHD atau ultra HD, sudah tak mendukung stabilisasi, namun hasil foto atau videonya lebih jelas ketimbang full HD. Resolusi hape ini sendiri yaitu 4K@30fps, 1080p@30fps, 720p@480fps. 

Kalau untuk suara perekaman juga bagus, hasilnya lebih menggema dan cukup ngebas. Noisenya yang bunyi ssssss itu berkurang cukup banyak. 

Untuk fitur steadynya, jika dipakai saat sore hari, maka hasilnya akan terlihat gelap. Fitur Steady ini cocok dipakai saat siang hari atau cahaya terang. Dan kalau malam hari, hasilnya akan gelap. Namun jika steady di non aktifkan, saat kondisi cahaya kurang dan redup, hasilnya terang seperti siang. 

Untuk kamera selfie 8 mp-nya juga cukup jelas untuk berfoto, sedangkan kamera makronya cukup bagus untuk memotret objek kecil seperti semut atau bunga. Untuk foto malamnya pun lumayan terlihat. Dan dibekali juga fitur mode malam pada pengaturannya. 

3. Layar 

Samsung Galaxy M 23 memiliki layar cukup lebar yaitu 6,6 inci dengan resolusi 1080 x 2408 px . Buat yang senang layar lebar, tentu hape ini cocok. Apalagi sudah mendukung layar corning gorilla glass 5 untuk perlindungan layar. Tapi saya pasangi tempered glass sih biar aman. 

Smartphone ini juga mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate hingga 240Hz. Jadi kalau dipakai buat scroll jadi kerasa alus dan lancar gitu. Layarnya sendiri mendukung LCD TFT, bukan AMOLED, jadi belum bisa menampilkan warna hitam seperti aslinya. Kalau di siang hari, contrastnnya bisa dinaikkan agar bisa terlihat di bawah sinar matahari. 

4. Baterai 


Selain kamera, Samsung Galaxy M23 juga mendukung pengisian cepat. Saya sendiri juga kagum karena ngisinya cepet banget. Hal ini karena didukung charger 25 watt fast charging dengan USB-C. 

Tapi chargernya kudu beli sendiri, kepalanya doang karena kabel USB C to C-nya sudah ada dalam box. Belinya yang ori ya dan fast charging. Harga kemarin saya beli 103rb, tapi sekarang sudah ada yang sampai 75, aliasnya pada turun. 

Selain pengisian cepat, baterainya yang 5000 mAh juga awet banget. Kadang sampai hari kedua belum habis. Dan yang menarik itu ada fitur pengamanan charging yang berhenti ngecas otomatis di angka 85%. Hal ini akan membuat baterai lebih awet. 

5. Performa

Selain kamera, performa smartphone ini juga bagus. Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga cukup lancar. Misal dari whatsapp ke kamera atau sebaliknya dapat dilakukan dengan cepat. Secara RAM nya 6GB gitu. Dan ada fitur RAM plus yang bisa diatur hingga 12 GB, ini menarik sih tapi belum saya coba. 

Untuk ROM sendiri yaitu 128 GB dan slot memori eksternal hingga 1TB. Tentu ini luas banget karena bisa menampung banyak file seperti foto atau video. Apalagi dengan tambahan slot eksternalnya. 

Untuk prosesornya sendiri, ia mendukung Qualcomm SM7225 Snapdragon 750G 5G. Gak heran kalau performanya cukup banter. 

6. Konektivitas



Untuk konektivitasnya, Samsung Galaxy M23 ini mendukung dua buah slot sim card dan satu slot micro SD. Yang paling menarik menurutku adalah karena untuk perpindahan data internet, bisa diubah dengan cepat via taskbar, hanya dengan menggeser task bar dari atas ke bawah. 

Lalu ada juga fitur kode QR buat scan barcode dengan menggeser task barnya. Ada juga fitur NFC untuk pembayaran. Kalau untuk fitur 5G-nya belum kepakai sih karena di tempat saya belum ada. Oh ya, ada audio jack 3.5 mm untuk disambungkan ke earphone. 

Untuk bluetoothnya ia pakai versi 5.0, jadi kalau saya pakai buat kirim file seperti foto, jadi lumayan cepat gak kaya biasanya.

Nah, itulah review singkat Samsung Galaxy M23 dari saya. Buat konten kreator yang suka bikin video, smartphone menurutku recomended banget karena fitur stabilnya mantap. Kameranya juga jelas dan mendukung UHD. Untuk kinerjanya ia juga cukup cepat dan muat banyak file dengan 128 GB ROM-nya. 

Untuk harganya sendiri sekarang sudah di angka 3,2jt, namun belum bisa beli offline, karena seri M memang dijual online. 

Note : untuk hasil fotonya bisa kalian lihat di sini 

Dan berikut spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G, screenshoot dipinjam dari gsmarena.com 



Posting Komentar

0 Komentar