Cara Membuat Layangan Sendaren Part #2

Ya, setelah layangan sudah kita buat di cara membuat layangan sendaren bagian pertama, sekarang kita akan menyamaknya, perhatikan gambar di bawah :

Persiapkan plastik baru, plastiknya yang baru ya ? yang baru beli biar hasilnya bagus, kalo belum bisa yang 1 pack 20 ribu ya beli yeng ketengan saja, beli 2 biji hitam dan putih atau warna lain juga boleh, satunya seribuan dah cukup.

Btw, sucribe channel layangan sendaren juga ya, di sini

Siapkan cutter, gunting, penggaris dari potongan meteran untuk menggaris dan memotong plastic biar hasilnya rapih, lem fox, lakban kecil.

Persiapkan rangka layangan yang sudah kita buat tadi dan baluri bagian belakang rangka dengan lem secara menyeluruh. Layangan sendaren itu cara menyamaknya dari belakang karena bentuknya lekuk lekuk, lihat gambar di bawah :



Keterangan gambar :
1 Kita melumuri rangka layangan dari belakang dengan lem membentuk segitiga sesuai bentuk segitiga plastic putih sebagai variasi.
Kalaupun  kawan ingin menyamaknya dengan satu warna missal hitam semua juga tidak apa apa, disini saya sedang mengajarkan sedikit membuat variasi, nanti jika sudah mahir bisa lebih menyamak dengan berbagai variasi.

2 Saya sengaja memberi variasi supaya lebih bagus, pasang plastik segitiga tersebut sebagai variasi, setelah itu lumuri rangka layangan dengan lem secara menyeluruh sampai pada tepi segitiga putih (lihat tanda lingkaran kuning) lumuri lem pada tanda lingkaran kuning tersebut untuk memudahkan pemasangan plastic.

3 Kita pasang plastic dari belakang kemudian potong mengikuti bentuk rangka seperti

4 Sisakan potongan kurang lebih 3-4 mm untuk nanti kita akan menempelkanya lagi ke rangka dengan lem karena proses pengeleman ada 2 kali.

Tapi tenang saja, prosesnya akan cepat sekali karena kita menggunakan lem, bukan dengan menyundut nyundut dengan lidi atau obat nyamuk bakar.
Proses selanjutnya adalah pengeleman yang kedua kalinya, lihat gambar di bawah :



Keterangan gambar :
1 Layangan sudah kita potong bagian tepinya dengan menyisakan potongan 3-4 mm untuk menempelkanya lagi dengan rangka.

2 -3 Lumuri seluruh bagiannya dengan lem sampai dengan segItiga putih diatas.

Langkah berikutnya kita akan menempelkan antara segitiga putih dengan plastic hitamnya dengan lakban kecil dan memotong plastik hitamnya mengikuti segitiga putih di bagian belakang. Saya sengaja menggunakan lakban kecil biar hasilnya rapih, lihat gambar di bawah :




Keterangan gambar :
1 Tempelkan lakban kecil antara segitiga putih dengan badan hitamnya.

2 Balik layangan dan potong dengan gunting dari bawah cucuk sampai ujung segitiga putih.

3 Buka kedua potongan tadi dan potong dengan cutter atau gunting juga bisa.

4  Lakukan semuanya hingga selesai
Berikutnya kita akan menyamak cucuk, balik layangan dan potong plastic membentuk segitiga.Lihat gambar di bawah :


Keterangan gambar :
1 Potong plastic membentuk segitiga kecil menggunkan penggaris, potong yang rapih biar hasilnya bagus.

2 Hasilnya seperti gambar 2

3 Lem kerangka membentuk segitiga dan pasangkan segitiga yang kita buat tadi

4 Rekatkan dengan lakban kecil antara segitiga hitam cucuk dan badan putih.

5 Potong plastik mengikuti rangka lalu

6 Rekatkan dengan lem dan hasilnya sudah jadi.
Setelah itu kita tinggal menempelkan lakban pada badan dan ekornya supaya plastiknya tidak copot dengan rangkanya, lihat gambar di bawah :



Dan sekarang layangan yang kita buat sudah jadi, ini dia hasilnya, jreng jreng jreng…..he he he, mudah bukan ?




Layangan manukan sudah jadi, kalian juga bisa menambahkan sendaren bunyi bunyian supaya bisa berbunyi ngoeng ngoeng saat terbang di angkasa, cara membuat sendaren bunyi bunyian pun sudah saya artikelkan di blog ini.

Pasanglah tali gadag untuk menerbangkanya, tanpa tali gadag maka layangan gak bisa terbang, cara membuatnya bisa di pelajari di artikel cara membuat tali timba layangan

Bagiamana, mudah bukan membuatnya. Dan bukan hanya itu, disini saya juga membuat artikel cara membuat layangan bintang, selain itu saya juga punya panduan lengkap cara membuat layangan berdasarkan pengalaman saya berpuluh puluh tahun yang berisi cara cara membuat layangan berbagai model dan bentuk. 


Panduan tersebut saya kemas dalam bentuk ebook dengan pembahasan yang mendetail dan rinci supaya yang masih awam dan belum mengerti sedikitpun tentang cara cara dan tekhnik membuat layangan bisa memahami dengan mudah.

Dan berakhirlah artikel ini, teruslah belajar dan belajar, teruslah praktek dan praktek karena hanya dengan teori tanpa praktek  kalian tak akan pernah bisa membuat layangan, salam semangat dan jangan mudah menyerah.

Posting Komentar

0 Komentar