Pengen dapet Job Menulis, Kenapa Gak Berkomunitas Saja ?

Komunitas Blogger. Foto : SMSC grup job blogger facebook
Hai teman teman para blogger pemula yang baru mulai ngeblog dan memilih jalur artikel organic untuk mendapat passive income, mungkin banyak dari kalian yang belum tau jika artikel organic yang kita buat pun bisa mendapatkan passive income. 

Artikel organic itu yang kayak apa sih ? terus selain jalur artikel organic, memangnya ada jenis artikel model lain. 

Artikel organic adalah artikel yang mengutamakan kualitas penulisan yang dalam pembuatanya lebih mengutamakan kualitas artikel seperti alur penulisanya, tidak ada kata atau kalimat yang di ulang ulang, bobot artikel, tata bahasa, tidak adanya typo, dan lain sebagainya. Dan bisanya kualitas artikel banyak digunakan untuk buku buku cetak. 

Sedangkan artikel non organic misalnya seperti artikel untuk SEO yang dalam pembuatanya tidak terlalu mengutamakan kualitas artikel (tergantung writternya sih), yang penting artikel bisa nangkring di top google. Biasanya artikel ini di buat untuk blog adsense atau blog iklan. 

Nah, buat kalian yang berada di jalur organic article yang blognya memang mengandalkan kualitas artikel, namun bingung harus bagaimana artikel bisa mendapatkan penghasilan ? Bisa gabung di grup grup atau komunitas blogger yang banyak tersebar di facebook atau WhatsApp. 

Mengapa saya menulis artikel ini ?

Karena pastinya masih banyak blogger yang bingung harus bagaimana mendapatkan penghasilan padahal sangat aktif menulis. 

Untuk saya sendiri karena saya tinggal di daerah dimana tidak ada kumpulan komunitas blogger (bener lho tidak ada), saya baru bisa melakukanya dengan bergabung denga grup job blogger yang ada di facebook. Kalau tidak salah ada 3 grup blogger yang saya ikuti. 

Dari grup tersebut, banyak member yang memposting job job menulis dengan syarat dan ketentuan yang sudah di tetapkan sebelumnya. 

Biasanya blog yang banyak di rekrut adalah blog yang sudah popular karena ber DA PA tinggi ataupun blogger yang memiliki  akun IG dengan followers tinggi. Jadi peran sosmed terutama IG bagi seorang blogger sangat penting agar job makinlaris. 

Baca juga : 
  1. Pentingnya Jumlah Follower Sosmed agar Job Blogger Makin Laris
  2. Berbagi Pengalaman Mendapatkan Job dan Content Placement di Blog
  3. Contoh Portofolio Blogger untuk Anda Pemburu Job Review dan Content Placement

Namun sering pula ada job dengan SK yang lumayan mudah sehingga blogger pemula pun bisa kebagian job. 

Saya sendiri pun seringkali dapet job dari info job yang di sebar di grup job blogger fb. Nah, bagi mereka yang blognya sudah pro, mendapatkan job blogger bisa lebih mudah, terlebih jika followersnya sosmednya terutama IG lumayan tinggi. Karena bukan hanya job menulis saja, tapi job buzzer sosmed pun banyak. Bagi yang penasaran, ketik saja kata kunci “job blogger” di fb, pasti ketemu kemudian gabung. 

Job blogger banyak tersebar di grup facebook. Dokpri

Selain grup job blogger, kita juga bergabung dengan grup job blogger di Whatssapp. Disini saya banyak bertemu dengan blogger blogger seluruh Indonesia, dengan cara ini, berbagi ilmu dan job pun lebih mudah karena smartphone kita kan di bawa kemana mana. 

Nah, buat kalian yang tinggal di kota kota besar, seperti Jabodetabek, Surabaya, Medan, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Pekanbaru, ada banyak sekali komunitas blogger disana. Kalian bisa bergabung untuk kemudian bisa berbagi ilmu sampai job. Cara bergabungnya tentu saja dengan saling menyapa antar sesame blogger dong. 

Dalam komunitas blogger di suatu kota, seringkali ada event blogger yang biasanya dalam rangka launching produk atau jasa. Nah, bagi yang terpilih, kalian bisa berkesempatan datang untuk kemudian biasanya ada job menulis pula. Ataupun paling tidak, kalian bisa saling bersilaturahmi antar sesame blogger dan bisa berbagi ilmu dan pengalaman. 

Kalau kalian sudah memiliki jaringan atau komunitas seperti ini, menemukan job pun lebih mudah karena kita banyak teman. Banyak teman banyak rejeki. Jadi intinya, perkumpulan dapat mendatangkan keuntungan, baik materi, ilmu, ataupun persahabatan. 

Nah, buat kalian yang bingung harus bagaimana memanfaatkan hobi menulis untuk mendapatkan penghasilan, bisa gabung di komunitas. Karena kalau sudah gabung, kita akan bertemu dengan orang orang yang sejalur dan sehati dengan kita, yang umumnya dengan senang hati berbagi ilmu, pengalaman, dan pekerjaan. 

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Pengen dapet Job Menulis, Kenapa Gak Berkomunitas Saja ?"

  1. Memang kumpul komunitas itu banyak sekali manfaatnya, tak hanya nambah teman tetapi nambah ilmu, pengalaman, link dan bonusnya uang.

    BalasHapus
  2. Bisa kali dibisikin mas grubnya apa aja, hehe

    BalasHapus
  3. salah satu manfaat gabung ke komunitas ya ini. dapat job nulis... tapi saya masih ngandalin penghasilan dari artikel organic. Eh btw, saya ga terlalu mengharapkan kok mas soalnya saya punya pekerjaan utama

    BalasHapus
  4. Kayaknya ku harus mulai berkomunitas nih hehehe. Tapi masih newbie bgt hihihi

    BalasHapus