Laptop Barumu Gak di Nyalakan dalam 2 Bulan ? Ini Akibatnya

Pada postingan sebelumnya saya sudah bercerita tentang pengalaman saya di masa sekolah. Dan kali ini saya ingin ingin bercerita tentang pengalaman saya mendiamkan laptop tanpa dinyalakan dalam waktu yang agak lama, sekitar 2 bulan. 

Jadi beberapa waktu yang lalu, saya sempat geger oleh laptop saya yang masih baru, tapi keyboarnya rusak alias tidak berfungsi normal. Duh, rasanya itu galau banget. Kenapa ? karena laptop saya baru beli men, masa sudah rusak. Padahal jarang banget dipake. 

Nah, karena jarang dipake dan jarang di nyalakan dalam waktu yang cukup lama (punyaku sampai 2 bulan) membuat mesin atau komponen didalamnya menjadi tidak berfungsi normal, dan berpengaruh pada kinerja laptop itu sendiri. Duh, eman eman banget, padahal masih anyar. 

Keyboard Rusak
Jadi, keyboard laptop saya tidak berfungsi normal. Banyak tuts hurufnya yang gak muncul saat di ketikan. Saya restart pun hasilnya tetap sama. Saya menyesal sekali, andai dari dulu tau bakal seperti ini pasti gak akan saya lakukan. 

Akhirnya, laptop saya bawa ke tukang service. Dan setelah di check dengan menggunak tester keyboard, ternyata emang bener keyboarnya rusak dan harus diganti. Belum dipake tapi sudah di bongkar, kan sayang banget. 

Keyboard rusak dan sudah diganti. Foto : Dokpri
Karena dibongkar, maka gantinya bukan yang aslinya. Bisa saja sih yang aslinya, tapi jauh men di Jogja sana. Misal mau di garansikan khawatirnya di tanyakan “apa sudah ada komponen yang sudah di ganti?” oleh service centernya. 

Saya khawatir jika garansi tidak berlaku jika laptop rusak karena penggunaan yang tidak wajar, apalagi sampai dibongkar dan diganti dengan yang tidak asli. Sementara biaya penggantiannya kemaren habis 210 ribu, namun mungkin berbeda di setiap tempat. Sudah ganti, tidak orisinil, khawatir soal garansi, sayang banget kan ?

Layar Bercak Bercak
Selain keyboard diganti, layar laptop yang di diamkan saja selama berbulan bulan juga bisa kena. Layarnya jadi ada bercak bercak putihnya gitu. Dan pastinya sangat mengganggu penglihatan, jadi terlihat kurang menarik karena ada nodanya. 

Layar muncul bercak bercak putih karena laptop yang di diamkan dalam waktu lama. Foto : Dokpri
Kata temen saya yang sekaligus tukang servicenya “itu masih bagus putih, gak apa apa, coba kalau hitam, pasti bisa menghalangi tulisan atau content di layar”. Namun karena tidak mengganggu ya saya biarkan saja. 

Tips yang bisa saya bagikan untuk menjaga laptop tetap awet adalah dengan dengan menjaganya dengan baik. 

Jika missal laptop masih baru, maka usahakan untuk selalu menghidupkanya walau cuma 1 jam sehari agar mesinnya bisa bekerja normal. Setelah saya perbaiki, hampir setiap hari laptop saya juga selalu di nyalakan walau cuma 1-2 jam, sekedar untuk memanaskan mesin.

Ingat ya, laptop itu sama dengan manusia, jika di perlakukan tidak baik maka dia bisa mengeluh sakit. Kalau sakit, kita sendiri yang repot. 

Nah, agar mesin tetap adem, saya juga selalu menggunakan cooling pad atau kipas laptop yang saya pasang dibawah laptop. Beli yang agak mahalan karena kipasnya besar sehingga anginya pun kenceng. Biar selama penggunaan, laptop tetep adem. 

Kipas laptop agar mesin tetap adem. Foto : Dokpri 
Selain itu, rajinlah untuk selalu membersihkan laptop seperti layar, keyboard dan bodynya dari debu. Terlebih jika tempat kalian banyak debu berterbangan. Karena debu juga bisa menonaktifkan fungsi lho. Bisa saja keyboard tak berfungsi normal karena terganjal oleh debu yang menumpuk. 

Untuk saya sendiri, saya selalu melakukanya dengan membersihkan layar dan keyboard menggunakan tissue dan pembersih layar yang kemarin saya beli seharga 10 ribu, murah ko. Laptop bersih juga mencerminkan kepribadian orang lho. Laptop yang kotor bisa saja menimbulkan anggapan bahwa penggunanya itu jarang mandi ^_^

Rajin membersihkan laptop dari debu agar tetap awet di gunakan. Foto : Dokpri
Sekiranya itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua jadi bisa menghargai benda benda yang kita miliki sebagai bentuk dari rasa syukur kita. Walaupun sederhana tapi semoga bermanfaat, terimaksih :D

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Laptop Barumu Gak di Nyalakan dalam 2 Bulan ? Ini Akibatnya"

  1. eh, akhirnya sempan mampir di site ini,, hmm gitu ya kalo leptop lama ga di pake, kayaknya pulang kerja ini harus buka leptop pribadi yg kelamaan disimpan nih,, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, sayang banget kalau masih baru tapi udah di bongkar

      Hapus
  2. Wah baru tau .. thanks infonya gan

    BalasHapus
  3. Pelajaran nih buatku, nice share mas Amir..
    Jadi bisa lebih hati-hati lagi untuk bisa merawat laptop :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sip lah jika bermanfaat, sayang banget kan kalau laptop baru tapi harus di reparasi hanya karena hal sepele

      Hapus