Macam-Macam Hal yang Seharusnya Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Terbaru


Sampai saat ini, komputer adalah gawai yang banyak dipakai untuk melakukan berbagai macam pekerjaan sekaligus sarana hiburan. Komputer juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengontrol fungsi perangkat elektronik lainnya. Namun, yang paling umum diketahui masyarakat adalah bahwa komputer digunakan untuk bekerja seperti menulis, coding, dan desain.

Selain itu, ada juga fungsi hiburan seperti memutar mp3 player, video, dan gaming. Meskipun pada umumnya komputer dapat difungsikan untuk hal-hal tersebut, ternyata para profesional gamer atau pun penggila game, tidak sembarangan ketika membeli komputer terbaru. Inilah mengapa, ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui ketika memilih komputer berdasarkan tujuan utama penggunaannya.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Perangkat Komputer

Sama seperti ketika membeli benda elektronik lainnya, membeli komputer pun harus disesuaikan dengan beberapa hal. Budget memang salah satu pertimbangan, tetapi selain dari itu, berikut ini adalah yang paling harus diberi perhatian lebih.

1] Tujuan Utama Akan Digunakan

Tentukan dulu tujuan kamu membeli komputer untuk apa. Misalnya, apakah untuk komputer tersebut digunakan bekerja atau bermain game profesional? Apabila untuk bekerja, apa pekerjaan yang sedang kamu jalani? Apakah hanya untuk mengetik dokumen dan presentasi, atau untuk coding, desain 3D, dan lain-lain. 

Kemudian jika untuk bermain game, permainan seperti apa yang kamu inginkan ? Apakah game sederhana seperti Plant vs Zombie atau yang lebih serius seperti Final Fantasy ? Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi komputer jenis apa yang perlu dibeli, sekaligus menghemat biaya.

2] Prosesor

Untuk sekarang ini, tipe dan level prosesor masih menjadi pertimbangan harga komputer terbaru . Inilah mengapa sebaiknya membeli computer dengan prosesor yang mencukupi pekerjaan Anda. Memang jika semakin tinggi tipe prosesor, biasanya membuat proses input lebih cepat dan grafisnya lebih jernih.

Namun, jika komputer tersebut hanya untuk mengetik, tidak perlu membeli yang berprosesor terlalu tinggi. Berbeda jika Anda bekerja dalam bidang desain grafis, arsitek, gamer, atau juga programer. Sampai saat ini, masih AMD dan Intel prosesor yang umum di pasaran.

3] Ukuran RAM

Banyak orang yang masih berpikir ketika membeli komputer terbaru maka sebaiknya yang memiliki RAM paling besar. Sedangkan komputer dengan RAM besar  harganya masih cukup tinggi. Solusinya memang kembali pada tujuan awal kegunaan komputer tersebut. Para gamer, desainer, programmer, akan membutuhkan RAM dalam ukuran yang besar.

4] Software OS dan Aplikasi Pendukung

Sistem Operasi paling familiar adalah Windows dan Mac, tetapi jika tidak ingin keduanya, kamu bisa mencoba Linux. Tidak lupa, lengkapi juga beragam aplikasi pendukung pekerjaanmu. Mungkin kamu desainer grafis, maka aplikasi seperti Photoshop, CorelDraw, Adobe Ilustrator dan sejenisnya adalah yang harus kamu miliki.



Apabila kamu gamer, maka aplikasi games dan pendukungnya adalah yang sebaiknya kamu instal. Banyak software komputer gratis dan legal di internet, tetapi jika kamu masih awam, cobalah meminta tolong pada orang yang lebih mengerti.

Cara Supaya Lebih Hemat Ketika Membeli Komputer

Empat poin di atas adalah cara efektif untuk menghemat budget ketika membeli komputer. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, kamu bisa membeli komputer terbaru sesuai porsinya. Namun, ada satu lagi cara untuk mendapatkan komputer dengan harga terjangkau dan mudah, yaitu dengan membelinya lewat Bukalapak.

Mengapa jadi lebih mudah? Karena Bukalapak adalah tempat berbagai pelapak terpercaya yang menyediakan beragam komputer dengan selisih harga cukup tinggi daripada beli langsung ke toko konvensional. Selain itu, bisa nego harga untuk mendapatkan harga termurah. Ikuti juga promo-promomenarik yang gila-gilaan dari Bukalapak. Jadi, selamat berbelanja ya ? 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Hal yang Seharusnya Diperhatikan Sebelum Membeli Komputer Terbaru"

Posting Komentar