3 Alasanku Ngeblog

Eka Lesmana, menjadikan blog sebagai mata pencaharian hingga bisa menghidupi dirinya. Sumber : juragancipir 
Asrul Jaya, menjadikan blog sebagai tempat berbagi, belajar SEO, belajar ngeblog dan berbagi ilmu. Sumber : pabage
Anjarisme, menjadikan blog untuk menjalin pertemanan, menyuarakan pendapat dan gagasan, mengeluarkan uneg-uneg, menyegarkan dan menghibur diri dan belajar menulis. Sumber : anjari
Wah, beda beda ya alasan masing masing orang untuk ngeblog, ada yang sebagai pekerjaan, tempat berbagi, mengeluarkan pendapat dan gagasan, belajar menulis dan lain sebagainya.

Bicara soal blog, saya ingin berbagi cerita tentang aktifitas ngeblog yang saya lakukan. Sampai hari ini, saya sudah 6 tahun ngeblog.  Berarti saya mulai ngeblog dari tahun 2010. 

Dalam rangka merayakan Hari Blogger Nasional 2016 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober kemarin, saya ingin sedikit berbagi kisah tentang alasan saya ngeblog selama ini, #SayaNgeblogKarena :

1] Hobi Membaca dan Menulis. Saya ini hobi membaca, dirumah saya terdapat banyak buku buku koleksi favorit, seperti buku motivasi, religi, IT, psikologi dan lain sebagainya. 

Koleksi bukuku
Saking sukanya membaca, seringkali saya memungut potongan kertas atau koran yang tergeletak dijalan kemudian saya ambil untuk dibaca. Kadang juga kertas bekas bungkus makanan atau gorengan.


Saat kerja di Jakarta dulu, saya juga seringkali membeli buku buku, baik yang baru atau bekas. Rasanya betah sekali tinggal di Ibukota waktu itu karena banyak sekali buku buku menarik untuk dibaca, untuk mendapatkanya pun begitu mudah. Saya paling suka dengan majalah majalah anak muda seperti majalah aneka misalnya.

Saya juga selalu berusaha menyisihkan uang untuk membeli buku setiap bulan untuk menambah koleksi bacaan, agar hasrat membacaku bisa terlampiaskan.

Pernah waktu itu pas mau mudik, saya sampai kesulitan membawa barang bawaan, karena kebanyakan isinya buku semua, sampai 2 dus malah.

Sampai sekarang, saya masih suka membaca dan sukaaaa sekali membaca. Karena dengan membaca, ilmu pengetahuanku semakin bertambah. 

Walaupun saya tak sempat masuk bangku kuliah, tapi saya ingin pintar dan berilmu. Karena bagi saya, semua orang berhak untuk pintar. Maka dari itu, membaca adalah solusi cerdas saya untuk menambah kualitas diri.

Dan karena saya gila baca, saya jadi suka menulis agar unek uneku bisa tersalurkan, salah satunya lewat blog. 

Awa mula hobi ngeblog juga karena sebuah buku tentang blog yang dipinjamkan seorang teman. Dari situ aku mulai menaruh harapan besar tentang masa depan dari blog. 

Buku tersebut aku baca habis bahkan sampai 2 kali tamat, aku sampai senyum senyum sendiri saat membacanya, karena banyak mengajarkan tentang mudahnya bisnis online atau mencari uang di internet.

Karena waktu itu belum punya komputer, aku belajar ngeblognya lewat warnet sambil membawa buku tersebut, dan itu aku lakukan sebelum ataupun setelah kerja. 

Tidak apalah badan terasa capek, yang penting aku dapet ilmu, dengan harapan, aku memiliki masa depan yang lebih baik.

2] Menyalurkan Hobi. Ya, saya ngeblog juga karena ingin berbagi ilmu dari hobi saya. Hobi saya yaitu bermain layangan, dari kecil saya sudah suka sekali bermain layangan. 

Saya sedang bermain layangan
Agar semua orang terutama yang hobi layangan seperti saya bisa membuat layangan, maka sayapun menuangkan ilmuku kedalam blog.

Saya tahu bahwasanya tutorial seperti ini masih jarang ditemui, karena hobi ini termasuk barang tradisional yang mana sudah semakin jarang peminatnya. Itung itung saya sedang melestarikan kesenian daerah agar tidak punah, namun sambil berbagi ilmu.

Beruntunglah karena saya yang hobi layangan ini bisa ngeblog, sehingga dengan artikel artikel tentang layangan saya, bisa dipraktekan oleh orang lain yang sama sama hobinya atau yang ingin belajar membuat layangan, namun masih bingung bagaimana cara membuatnya.

Artikel layangannya saya buat dalam blog khusus dengan domain berbayar agar telihat proffesional, alamat blognya berada di www.layangansendaren.com

Screenshoot blog layangan saya
Respon dari pembaca ternyata luar biasa. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa mereka senang dengan adanya blog ini, mungkin karena jarang ditemui artikel sejenis, kalaupun ada paling hanya sekilas dan bukan dari spesialisnya.

Mengetahui hal tersebut, saya cukup senang karena ternyata apa yang saya bagikan lewat blog bisa bermanfaat buat mereka. 

Bahkan ada dari mereka yang sampai jualan layangan setelah membaca artikel di blog saya tersebut.

Lebih bangganya lagi karena ternyata beliau masih SMA, dimana hasil jualanya digunakan untuk membiayai sebagian biaya sekolahnya, rasanya bangga sekali bisa membuat orang jadi lebih produktif.  

Ilustrasi saat saya calling calling dengan pelajar SMA yang produktif
3] Terpaksa Ngeblog Karena Sulitnya Cari Kerja. Jadi ceritanya begini, saya ini hanya lulusan SMK, dimana seperti kita tahu, sempitnya lapangan pekerjaan terlebih bagi yang hanya lulus SMK, membuat banyak orang terutama yang sedang nganggur seperti saya waktu itu, harus memutar otak agar tak berlama lama nganggur. Tahu sendiri kan rasanya orang nganggur, gegana alias gelisah galau merana gitu ^_^

Waktu itu saya sempat mendapat panggilan wawancara kerja disebuah perusahaan di Jakarta, namun setelah itu tak ada kelanjutan dan membuat saya semakin galau saja. 

Terlebih diusia saya yang semakin matang, saya harus cepat cepat memutuskan apakah saya harus kerja dengan penghasilan tetap setiap bulanya namun minat didunia blogging begitu besar, ataukah harus ngeblog saja karena saya sudah begitu yakin benar dengan potensi dan prospek dari blog kedepannya.

Diantara 2 pilihan tersebut saya merasa kebingungan dan galau tingkat dewa (bahasa baru nih ^_^)

Saat itu saya sedang standby ditempat temen saya di Tangerang karena sedang menunggu panggilan kerja, hingga akhirnya karena bekal semakin menyusut, saya harus cepat cepat memutuskan diantara 2 pilihan tersebut.

Dan setelah saya meminta saran dari teman teman dan juga seorang blogger yang telah sukses ngeblog, saya dengan tegas memilih blog untuk mata pencaharian saya kedepan.


Dan kemudian pulanglah saya ke kampung dengan perasaan lega karena sudah mantap dengan satu pilihan, yaitu ngeblog untuk pekerjaan.

Awal awal ngeblog emang penuh perjuangan, tapi karena saya percaya, semangat dan terus berusaha, lama kelamaan mulai ada hasil.

Dari situ saya jadi punya prinsip bahwa sesuatu yang kita yakini, pasti akan terjadi. Dan benar saja, hingga saat ini saya bisa menghidupi diri sendiri dari blog, walaupun masih hidup sama orang tua sih. #curhatnih ^_^

Paling tidak saya sudah tidak terlalu menggantungkan kebutuhan hidupku pada orang tuaku, karena dengan blog sudah mampu memberikanku penghidupan.

Akhirnya, saya tak perlu berdilema karena sulitnya mencari pekerjaan, semua karena blog. Untung aku bisa ngeblog, kalau enggak pasti udah beda lagi ceritanya.


"Yey...senangnya bisa terbebas dari nganggur, semua karena blog"

Dari kesemua alasan diatas, alasan paling mendasar saya untuk ngeblog yaitu karena saya butuh pekerjaan, saya butuh nafkah untuk hidup. 

Saya percaya bahwa jalan rejeki itu masing masing dan sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa, seberapapun hasilnya harus kita syukuri. Dan blog lah yang kini aku jadikan tumpuan hidupku sekarang dan selanjutnya.

Nah, itulah alasanku ngeblog, apa alasanmu ngeblog ?

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "3 Alasanku Ngeblog"

  1. Ngeblog mmg bisa di jadikan mata pencaharian asal serius dan konsisten. Trus gw ngeblog karena apa yaaa ??? #AhGalau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Bang, apapun jika dijalani secara serius hasilnya bisa maksimal. Bang Toro ngeblog kan dibayar kan ?

      Hapus
  2. Saya belum sejauh itu ngeblog belum jadi mata pencaharian, masih sekedar isi waktu luang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya yakin saja Mas, dan semua kembali ke masing masing orang

      Hapus
  3. salut mas! nge-blog untuk jadi mata pencaharian sudah layaknya redaktur yang mengelola portal online sendiri, butuh konsistensi dan niatan kuat.
    Saya masih sebatas hobi aja nih, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting niat saja Mbak, seperti prinsip saya, sesuatu yang kita yakini pasti bisa terjadi

      Hapus
  4. Keren mas *standing applause 👏 *

    Kalo punya keahlian, paling enak sekalian ngeblog ya mas, biar punya kesempatan yang luas untuk berkembang..

    BalasHapus
  5. wow luar biasa, tapi boleh dung dikasih tau penghasilan blog itu asalnya dari mana aja?

    kalau saya blog cuma hobi aja, saya punya pekerjaan, tapi kalau ngeblog memang bisa kasih sampingan yg lebih kenapa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsipku, kalau aku percaya dan yakin, pasti aku bisa

      Hapus
  6. asyikk ... pintu rezeki memang bisa dari mana saja ya mas. Yang penting semangat untuk terus berkarya. Hidup Blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, pintu rejeki itu darimana saja, asalakan tetep semangat dan mau berusaha ^_^

      Hapus
  7. Apapun alasannya ngeblog, aktivitasnya gak jauh beda ya mas? Sukses slalu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alasanya hampir sama semua. Trimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  8. Setiap orang punya alasan beda ya saat mulai ngeblog. Klo saya awal2 ngeblog sebagai pelarian karena jenuh. Menuls/ngeblog juga bisa sebagai upaya self healing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbak,kalau saya selain karena hobi, lama lama jadi pekerjaan

      Hapus
  9. hmmmm...membaca tulisan mas Amir yg satu ini membuat saya semakin bersyukur mas...terima kasih mas Amir :)

    BalasHapus
  10. Keren mas alasan ngeblognya dan semangatnya yg luar biasa. Btw itu edit gambarnya pakai aplikasi apa ya mas trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus semangat dong Mbak,biar impian cepat terwujud. Designya pakai photoshop cs3 Mbak, tapi untuk bikin grafis lebih gampang pakai coreldraw

      Hapus
    2. Kalo utk pemula sebaiknya yg paling enak dan gampang dipelajarin pakai apa ya mas?

      Hapus
    3. Photoshop mungkin lebih di rekomendasikan, karena kontes blog lebih banyak utak atik tentang foto

      Hapus