Meningkatkan Prestasi Belajar Anak dengan Smartphone Ramah Anak Acer Liquid Z320


Halooo.... apakabar semuanya... semoga dalam keadaan sehat selalu ya, amiiiin :-D. Ketemu lagi bersama saya.... pemilik blog amir-silangit yang kece ini, #ceileh.... Saya harap kalian bersemangat hari ini, kenapa ? Karena saya akan membahas tentang topik menarik seputar smartphone unik di blog ini, namun sebelumnya saya punya pertanyaan buat kalian semua. Apa itu pertanyaanya, ini dia. 

"Untuk para orang dewasa terutama orang tua yang memiliki anak kecil, saudara atau kerabat muda yang masih di bawah umur, pastinya kalian ingin kan agar anak atau kerabat muda kalian tersebut pintar dan berprestasi, terlebih di tingkat internasional ?"

"Ya iya laaahhh, masa ya iya donggg....hehehe.."

Wah, berarti benar dugaan saya, saya sangat yakin 100% bahwasanya semua orang dewasa atau orang tua pasti merasa sangat ingin dan bangga jika anaknya, saudara atau kerabat mudanya bisa berprestasi, terlebih jika prestasi tersebut merupakan prestasi tingkat tinggi, pasti akan membawa nama baik si anak itu sendiri, keluarga, saudara, sahabat dan bahkan Negara Indonesia. Contohnya seperti anak anak pada cerita di bawah ini.

Dia adalah Pikatan Arya Bramajati, seorang siswa kelas 6 SD Sokanegara 2 Purwokerto, Jawa Tengah. Di usianya yang masih sangat muda (11 th), ia berhasil meraih medali emas olimpiade matematika dalam ajang Wizards at Mathematics International Competition (WIZMIC) di Lucknow, India, 2014 lalu. Dia berhasil mengalahkan banyak peserta dari beberapa Negara lainya seperti Thailand, Filipina, Afrika Selatan dll.

Sumber Gambar : Merdeka
Ketertarikannya pada pelajaran matematika membawanya ke gelar juara hingga tingkat internasional, waow kereeen :). Sebelum dia, juga ada dari kakak kelasnya yaitu Kinantan Arya Bagaspati yang juga meraih gelar yang sama dalam olimpiade matematika internasional juga.

Selain Pikatan, ada juga Salman Trisnadi Wajrasena. Di usianya yang baru 7 tahun, ia berhasil menjadi juara pertama dalam lomba robotic tingkat internasional di Korea Selatan, 5-9 Agustus 2015 lalu. Saat ini ia masih duduk di kelas 1 SD di salah satu sekolah dasar di Kota Depok, Jawa Barat. 

Sumber Gambar : Republika
Ayahnya adalah seorang trainer robotic di sekolah sekolah. Walaupun masih begitu muda, namun ia begitu berprestasi, bukan hanya membanggakan orang tua dan kerabat, tapi ia bisa mengharumkan nama bangsa dengan menjadi juara tingkat internasional. Dan setelah itu juga masih banyak perlombaan robotic yang akan ia ikuti.

Selain Pikatan dan Salman, ada juga  prestasi lain yang raih oleh seorang anak dari Pulau Bali bernama Ni Wayan Mertayani. Dia menjadi juara utama lomba fotografi tingkat internasional dengan mengalahkan ratusan peserta. Ketertarikan pada dunia fotografi membawanya menjadi juara utama dan bisa terbang ke Belanda. Uniknya, foto yang ia menangkan adalah hasil jeperetan dengan kamera pinjaman milik seorang turis di Bali.

Foto : Antarnews
Tak di sangka, ternyata foto yang ia hasilkan dengan kamera pinjaman tersebut bisa memikat hati juri yang juga dari luar negri, dan menjadi juara utamanya. Dari hasil kemenanganya, dia di anugerahi secara gratis sebuah kamera dan laptop untuk mengembangkan bakatnya. 

Melihat prestasi anak anak muda Indonesia seperti di atas, pastinya tidak terlepas dari yang namanya tekhnologi, terutama teknologi informasi yang begitu berperan dalam dunia pendidikan. Contohnya adalah internet. Dengan internet, proses belajar anak akan menjadi lebih mudah. Anak akan lebih mudah mendapatkan sumber referensi informasi mengenai pelajaran pelajaran di sekolah hanya dengan mengetikan jari, kapanpun dimanapun.

Sumber Gambar : Rumahpintar-kembar
Tekhnologi informasi internet ini tidak hanya bisa di akses melalui PC komputer atau laptop saja, namun juga bisa di akses melalui ponsel pintar atau yang lebih di kenal dengan smartphone. Dengan smartphone yang memiliki ukuran lebih kecil di bandingkan komputer atau laptop, mencari informasi menjadi lebih mudah dan praktis kapanpun di manapun. Selain itu smartphone juga tak kalah memiliki kinerja layaknya komputer pada umumnya, bahkan malah kini sudah terlampau banyak smartphone berotak canggih dengan kemampuan melebihi otak komputer. 

Namun begitu, tidak semua smartphone baik di berikan pada anak. Akses internet di dalam smartphone jika tidak di awasi dan di proteksi oleh orang tua bisa berdampak negatif bagi anak. Tanpa pengawasan orang tua, anak bisa bebas menggunakan smartphone sesuai keinginanya. Anak bisa dengan leluasa mengakses informasi informasi negatif tanpa sepengetahuan kita sebagai orang tua. Alih alih ingin memberikan anak smartphone untuk belajar, malah yang terjadi sebaliknya.

Pertanyaanya, adakah smartphone yang memiliki fitur khusus kontrol orang tua, agar aktifitas mobile anak seperti belajar dan bermain bisa terjaga dan terawasi dengan baik ?

Jawabanya ada pada Acer Liquid Z320. Acer Liquid Z320 adalah smartphone ramah anak dimana sudah terinstal di dalamanya yaitu fitur kontrol orang tua (Parent Control) bernama Kids Center. Kids Center adalah fitur dimana orang tua bisa mengatur dan memproteksi aktifitas mobile anak sesuai dengan usianya, sehingga bisa mencegah anak dari aktifitas mobile seperti mengakses internet atau mendownload aplikasi yang tidak seharusnya.


Dan berikut adalah ulasan lebih lengkap tentang fitur Kids Center ini.


[a] Time Limit, yaitu fitur dimana orang tua bisa membatasi waktu anak dalam bermain smartphone. Orang tua bisa men-setting berapa lama smartphone di gunakan oleh anak, misal 60 menit, jika sudah waktunya maka smartphone akan terkunci dengan sendirinya. Dengan fitur pengaturan waktu ini juga akan melatih kedisiplinan anak dalam menggunakan waktu.

[b] Extra Safe Zone, yaitu fitur untuk keamanan ekstra yang dapat mengunci smartphone di Kids Center meskipun sudah di nyalakan ulang. Fitur ini bisa di aktifkan jika di rasa semua fitur keamanan di Kids Center pada Acer Liquid Z320 masih di rasa kurang.

Dengan fitur Extra Safe Zone ini, orang tua bisa merasa lebih tenang walaupun anak berusaha keluar dari zona aman ini dengan mematikan dan menghidupkan ponsel kembali.


Berbeda dengan tampilan ponsel anrdroid pada umumnya. Di fitur Kids Center pada smartphone Acer Liquid Z320 memiliki tampilan dengan ikon yang berwarna warni, sehingga akan terlihat lebih menarik jika di pakai oleh anak anak. Anak anak pasti akan merasa senang jika menggunakan smartphone ini

Sumber Gambar : Liputan6


Untuk kegiatan bermainya, Kids Center di Acer Liquid Z320 juga memberikan usulan usulan video, game dan aplikasi yang ramah anak. Sehingga selain untuk belajar, smartphone ini juga bisa menjadi teman bermain anak, namun tetap aman di gunakan.

Tidak ada ceritanya, anak menirukan adegan adegan kekerasan akibat dari melihat game game yang tertanam di smartphone pada umumnya. Dengan usulan video, game dan aplikasi yang ramah anak ini, anak jadi tidak terpengaruh adegan adegan yang tidak sepatutnya ia nikmati.

Orang tua juga tak perlu khawatir saat anak sedang asik menonton video. Acer mendesain tampilan video di Kids Center se-sedemikian rupa dan berbeda dengan tampilan youtube, sehingga dapat mencegah anak tersesat ke video video vulgar yang belum pantas ia lihat.

Selain itu ada pula berbagai channel video yang pas ditonton oleh mereka dengan pendekatan konten edukatif dan menghibur. Bahkan, jumlah channelnya terus bertambah setiap harinya, sehingga anak tidak mudah bosan untuk menikmatinya.


Bagi yang suka berfoto foto, fitur Kids Center ini juga di lengkapi dengan aplikasi kamera unik untuk anak. Aplikasi tersebut berupa bingkai atau frame lucu saat memotret. Ini bisa menjadi keasikan tersendiri buat anak, terlebih bagi yang suka selfie selfie.

Selain itu, galeri khusus untuk anak tempat menyimpan foto juga di bedakan dengan galeri utama, sehingga antara foto tanpa fitur Kids Center dengan foto di Kids Center tidak akan tercampur.

Aplikasi edukatif lain yaitu Coloring Pages, yaitu aplikasi yang di gunakan untuk mewarnai sebuah gambar seperti binatang misalnya. Dengan aplikasi ini, anak bisa bermain namun tetap dengan syarat nilai edukatif.


Dalam membuat sebuah akun, pada dasarnya yang kita lakukan  hanya tinggal mendaftar dengan alamat email untuk melakukan berbagai pengaturan konten di dalamnya. Sama halnya seperti saat kita membuat akun facebook, twitter atau Kids Center ini, aliasnya mudah dalam pendaftaran. Aplikasi ini pun cukup mudah di gunakan, baik untuk orang dewasa atau anak anak.

Dengan adanya fitur Kids Center di Acer Liquid Z320 ini, sudah tidak ada lagi kekhawatiran orang tua jika anak atau kerabat mudanya sedang menggunakan smartphone ini. Anak bisa leluasa menggunakan smartphone untuk belajar meningkatkan prestasinya di sekolah. Dan bagi yang penasaran ingin lihat seperti apa fitur Kids Center ini, lihat video di bawah :


Bagaimana, sudah tahu kan kehebatan fitur Kids Center itu seperti apa ? Dan untuk spesifikasi dari Acer Liquid Z320 itu sendiri bisa di lihat pada gambar di bawah :  



Bersama ini saya juga akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana agar anak tetap aman bermain smartphone, berikut tipsnya.


Penggunaan smartphone oleh anak tanpa memperhatikan waktu bisa mengurangi produktifitas anak. Anak bisa menjadi kecanduan dan enggan untuk  bersosialisasi menikmati masa kecilnya bersama teman teman sebayanya. Jika hal ini di biarkan maka bisa berpengaruh negatif pada perkembangan mental dan fisik anak.

Anak jadi jarang keluar rumah dan jarang bergerak, sehingga kesehatan atau aktifitas sosial pun bisa terganggu. Di sini peran orang tua penting untuk membatasi jam bermain smartphone pada anak, agar anak tetap produktif dan tetap sehat di masa perkembanganya.

Batasi jam bermain smartphone antara 1 -2 jam per hari, sehingga anak tetap bisa berkumpul dengan dengan teman temannya dan orang orang sekitar. Jangan sampai terjadi, gara gara kecanduan bermain smartphone, anak jadi jarang keluar rumah dan kurang bersosialisasi.



Seperti yang sudah saya katakan di atas, pengawasan orang tua terhadap anak dalam menggunakan smartphone penting agar anak tidak kebablasan mengakses aplikasi atau situs situs tertentu. Isilah smartphone dengan aplikasi aplikasi yang sesuai dengan umurnya. Misal game game edukatif yang bersifat mendidik seperti matematika, membaca, menggambar atau mewarnai.



Orang tua sebaiknya memberikan pemahaman kepada anak akan konten konten konten negatif yang banyak tersebar di internet. Berikan pemahaman bahwa situs situs tertentu seperti pornografi, situs situs dewasa tidak baik untuknya. Hal ini penting untuk meminimalisir rasa penasaran anak pada situs tersebut sebelum anak membukanya terlebih dahulu.



Seperti yang sudah saya singgung diatas, saat ini banyak sekali gadget dengan berbagai merek dan harga yang bervariasi, namun apakah semua gadget itu memperhatikan penggunaan kepada anak anak di bawah umur. Kesalahan dalam memilih gadget untuk anak dan tanpa adanya pendampingan orang tua bisa berpengaruh negatif pada perkembangan anak, anak bisa bebas menggunakan aplikasi semau mereka. 

Fitur Kids Center pada smartphone Acer Liquid Z320 sudah memenuhi standard pengawasan orang tua terhadap anak serta sudah mengacu pada 4 tips di atas. Dengan fitur Kids Center ini, orang tua tidak perlu khawatir jika anak bermain smartphone. Fitur Parent Control di dalam Kids Center ini bisa mencegah anak agar tidak mendownload aplikasi atau membuka situs situs tertentu. 

Jadi kesimpulanya, Acer Liquid Z320 bisa menjadi rekomendasi dalam memilih smartphone yang pas untuk anak untuk mendukung dan meningkatkan prestasi belajar anak hingga ia sukses, namun tanpa adanya kekhawatiran orang tua akan hal hal negatif akibat penggunaan smartphone itu sendiri.

Anak bisa dengan leluasa bereksplorasi mencari cari informasi terkait pelajaran di sekolah untuk menunjang prestasi belajarnya. Selain itu anak juga tidak jemu karena pada fitur Kids Center ini juga tersedia aplikasi hiburan seperti game yang edukatif, video video menarik dll.
"DENGAN ACER LIQUID Z320 -ANAK SENANG -ORANG TUA TENANG"
Bagi saya pribadi, saya suka dengan smartphone ini karena memiliki fitur voice camera, dimana saat kita ingin memotret, kita hanya perlu mengucap "selfie", "cheese" atau "capture" untuk memotret, asik bukan ?


Akhir kata, postingan ini adalah opini pribadi saya dalam mengikuti kontes blog Acer Liquid Z320. Follow juga twitternya di @acerid dan facebooknya di www.facebook.com/acerid. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih smartphone yang pas untuk anak, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Sumber referensi artikel dan gambar :
www.acerid.com

Subscribe to receive free email updates:

38 Responses to "Meningkatkan Prestasi Belajar Anak dengan Smartphone Ramah Anak Acer Liquid Z320"

  1. Waah ini henpon yang didambakan emak2 tanpa khawatir buat keamanan anak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap betul banget Mak, dengan fitur Kids Centernya, bikin orang tua merasa aman tanpa khawatir anak berinternetan ria :D

      Hapus
  2. Ulasan yang mantap mas amir?? Acer kayanya tahu banget ya kebutuhan anak - anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Acer tahu banget bahwa bukan hanya orang dewasa saja yang butuh smartphone, anak anak juga, untuk mendukung aktifitas belajar dan bermainya, namun tanpa ada pengaruh negatif di terhadapnya, karena smartphone Acer Liquid Z320 ini sudah di lengkapi dengan fitur ramah anak yaitu Kids Centernya. Btw terimakasih sudagh berkunjung :-D

      Hapus
  3. Ada fitur pengatur jam nya ya di kids center tersebut?
    Maaf baru tau soalnya

    https://priyoverzablog.wordpress.com/2016/01/15/adakah-smartphone-yang-ramah-anak-secanggih-acer-liquid-z320-anak-senang-orang-tua-tenang/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Acer Liquid Z320 emang nerti banget kebutuhan orang tua dan anak :-D

      Hapus
  4. adanya fitur kids center benar-benar menjawab ketakutan orangtua ke anak nih...jika berkenan mas, boleh berkunjung ke blog saya juga
    http://www.jejeblog.net/chit-chat/acer-liquid-z320-smartphone-pilihan-untuk-anak-tercinta/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beer, fitur Kids Center di Acer Liquid z320 bisa membatasi anak mengakses situs terlarang. Langsung ke TKP Gan, btw terimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  5. Wow, keren postingannya! Acer Liquid Z320 bikin kekhawatiran kita sebagai orangtua berkurang. Btw, selain disubmit di website Acer, postingannya boleh disubmit si website Fun Blogging, Pak. http://funblogging.web.id/acer-liquid-z320-blog-competition-berhadiah-jutaan-rupiah.html Semoga menang, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acer Liquid Z320 emang pas banget buat orang anak, juga orang dewasa. Btw terimakasih atas infonya, langsung ke TKP :=D

      Hapus
  6. Ulasan yg lengkap, trima kasih atas kunjungan sebelumnya. Smartphone pun bisa jadi solusi sy menghadapi anak2 dengan game nya, https://heniprasetyorini.blogspot.co.id/2016/01/dengan-smartphone-acer-liquid-z320-game.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sama sama. Acer liquid Z320 memang pas banget buat anak anak, juga untuk orang dewasa :-D

      Hapus
  7. Keren review-nya! Good luck ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sama sama, good luck juga buat Anda :-D

      Hapus
  8. Postingannya lengkap banget. Kereeen...
    http://www.untungwahyudi.com/2016/01/acer-liquid-z320-gadget-ramah-dan-aman.html?showComment=1453213065479#c3959782190646717873

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih sudah berkunjung, semoga kita sama sama untung :D

      Hapus
  9. anakku masih kecil. Mungkin nanti bisa menjadi rekomendasi kalau sudah pantes pegang hp sendiri. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. O gitu, mungkin kalau sudah sekolah SD baru boleh pinjemin HP buat belajara dan bermain, Btw terimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  10. Smartphone ini fiturnya di khususkan untuk melindungi buah hati. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Acer Liquid Z320 dengan fitur Kids Centernya bisa melindungi anak anak dari aktifitas internet yang berbahaya, btw terimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  11. Acer Liquid Z320 ini memang pas banget untuk menemani anak-anak, ya. Oh ya kalau sempet main ke blog saya juga ya, mas. Kebetulan lagi ikutan lomba yang sama. hehe

    http://penjajakata.com/blog/internet-sehat-dan-aman-untuk-anak-dengan-fitur-kids-center-di-acer-liquid-z320/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, fitur Kids Center di Acer Liquid Z320 bisa melindungi anak dari aktifitas mobile yang membahayakan. Btw langsung Gan ke TKP

      Hapus
  12. Ulasan yang lengkap gan..mantap ... http://www.plinplan.net/2016/01/tangkal-pengaruh-negatif-gadget-dengan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Terimakasih juga sudah berkunjung :D

      Hapus
  13. wuahhh lengkap abis, aku belum ikutan, entah bisa ikutan apa engga nih hiks, daripada mainan hp mamahnya mending Alfi dikasih hp ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hp ini cocok banget buat anak anak, aman dengan fitur Kids Centernya. Btw terimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  14. Reviewnya keren banget mas Amir! good luck ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Terimakasih juga sudah berkunjung :-)

      Hapus
  15. keren mas bhro......!
    komplit dan informatif, sukses ya
    salam hoky

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah pandai memuji nih Mas Bedel, punyae Mas Bedel juga lebih keren dari punyaku malah. Tapi btw terimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  16. Smartphone yang cocok banget nih buat orang tua dan anak,sukses buat reviewnya mas :)

    kunjungi juga review saya di http://bit.ly/1nTMjTw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Acer Liquid Z320 emang aman banget buat orang tua dan anak, karena fitur Kids Centernya yang seperti saya katakan pada ulasan di atas. Btw, terimakasih sudah berkunjung, dan langsung ke blog mu Gan :-)

      Hapus
  17. Wow keren nih artikelnya. Lengkap banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya buat khusus buat untuk Acer Liquid Z320. Terimakasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  18. Wah tulisannya keren gan. keep posting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, Diko lagi ngeledek nih.....saya dah nyerah kok..hehehhe

      Hapus