Fungsi IF dengan AND (Jika,dan )

Fungsi IF sering kali di pakai bersamaan dengan Fungsi AND untuk mencari data dengan kriteria lebih dari satu (Jika A dan B) Contoh :

Sebuah sekolah akan meluluskan Siswanya jika Nilai rata ratanya lebih besar atau sama dengan 65 dan Administrasinya sudah lunas maka siswa tersebut akan lulus dan jika tidak memenuhi salah satu kriteria tersebut maka tidak lulus.

Misal Nilai 6,8 ada di sel B25 dan Nilai Lunas ada di sel C25



Ketikan rumus seperti pada Contoh tabel di atas kemudian tekan Enter . Letakan pointer di pojok kanan bawah sel tersebut sampai berubah menjadi tanda plus kecil dan drag ke bawah untuk mengisi sel sel yang masih kosong.

Penjelasan rumus :
Pada dasarnya fungsi IF hanya menggunakan satu logical test dan dua argument yaitu argument benar dan argument salah biarpun ada gabungan fungsi lain karena fungsi lain tersebut akan di statuskan menjadi logical test. Begini....dalam contoh di atas :
A. IF adalah sebagai fungsi
B. AND(B25>=6,5;C25="Lunas") sebagai Logical_test dan harus di kurung karena ada penghubungnya yaitu dan, maksudnya B25=>65 dan C25=”Lunas” tanda titik koma(;) maksudnya DAN
C. “Lulus” sebagai argument benar dan
D. “Tidak lulus” sebagai argumen salah
Jika kursor di letakan di IF maka akan muncul argumen Logical_test,value_if_true atau argumen benar dan value_if_false atau argumen salah. Dan jika Logical_test di klik maka fungsi di point B di atas akan tersorot hitam sebagai Logical_test begitu pula untuk value_if_true dan value_if_false. Baca juga fungsi IF dengan or. Semoga membantu salam. Amir.

Posting Komentar

0 Komentar