Terbukti Efektif Mengurangi Jerawat dan Bikin Wajah Bersih, Ini 10 Cara Sederhana Rawat Wajah Untuk Pria ala Saya – Dicoba Saja Dulu


Istri : Mas, ko wajah Mas jadi glowing gitu ya?

Saya : Ah masa sih? 

Istri : Iya bener. Kayaknya karena gak makan gorengan dan berminyak sejak lama nih.....

Saya : Eh iya ya. Dari dulu banyak makan buah dan sayur dan jarang banget makan gorengan. 

Istri : Masnya kan udah lama gak makan berminyak kayak gorengan gitu. Dulu sewaktu masih sering makan makanan berminyak, wajahnya tuh klimis dan berminyak. Jerawatan pula. Keringat pun aromanya tak sedap. Sekarang jerawat berkurang, jadi bersih dan glowing gitu. 

------------

Ya, di atas adalah sekilas percakapan saya dengan istri beberapa bulan lalu saat keheranan dengan wajah saya yang sudah banyak berkurang jerawatnya, karena banyak menerapkan pola hidup sehat, terutama untuk asupan tubuh. Kalau kata dokter Zaidul Akbar, wajahmu adalah cerminan isi perutmu. 

Note : glowing yang dimaksud adalah lebih bersih, jerawat berkurang, dan lebih merata. Bukan glowing ala Korea ya. 

Selain istri, seorang teman yang wajahnya penuh jewaratan juga sempat bertanya ke saya. 

Teman : Mir ko wajahmu bersih sih ? 

Saya : Iya, ini cuma aku bersihin pake tisu doang ko. Dan gak pernah pakai pembersih wajah. Setiap kerasa berminyak, aku bersihin pakai tisu. Terutama setelah bepergian dan saat mau tidur. 

Teman : Hah, cuma tisu doang? 

Iya. Coba deh kamu selalu bersihin pake tisu setiap hari. Terutama sehabis pulang kerja atau motoran. Pasti lama kelamaan jerawat hilang. 

Bukan hanya itu. Karena ada satu teman lain yang juga heran dengan wajah saya yang jarang jerawatan. Dan saya pun kasih tahu dia bahwa cara yang saya lakukan itu sangat sederhana. 

Nah, jadi buat kamu yang ingin wajah bersih dan glowing bebas jerawat, cara saya bisa ditiru juga nih. Sederhana banget ko.  

Berkaitan dengan hal tersebut, saya juga ingin berbagi tips mengenai Cara Sederhana Rawat Wajah Untuk Pria. Ya, cara ini memang sederhana dan tidak repot karena tanpa skincare apapun. Sesuai judul artikel ini. Berikut penjelasannya. 


Membersihkan wajah dengan tissue

Seperti di atas saya tuliskan. Setiap kali habis keluar rumah, terlebih sehabis motoran, saya selalu membersihkan wajah dengan tisu. Sebab saat dijalan, wajah terkena polusi seperti asap dan debu yang menempel di wajah. Alhasil wajah menjadi kusam dan berminyak. Jika sudah begitu, wajah terasa gatal. 

Karena tak mau repot, maka saya selalu membersihkannya dengan tisu. Bahkan seringkali saya juga membawa tisu kemana-mana. Usap di depan cermin atau layar hp hingga beberapa kali sampai ke leher. Alhasil wajah menjadi bersih dan kotoran terangkat. 

Sebelum tidur pun saya selalu membersihkan wajah dengan tisu. Karena seringkali wajah terasa lengket dan gatal jika tidak bersihkan. Jika tidak dibersihkan, tidur jadi tidak nyaman. 

Kebiasaan ini sudah saya lakukan sudah lama sekali dan masih terus saya lakukan. Tidak heran teman bilang, ko wajah saya bersih gitu. 

Wajah yang kotor bisa diibaratkan sesuatu yang kotor dan menimbulkan penyakit. Misalkan pakaian yang kotor, tentu tidak nyaman dikenakan dan dapat menimbulkan gatal. Begitu juga dengan wajah kita. Jika wajah bersih, penyakit pun kabur. 


Seperti di atas saya tuliskan. Sudah lama saya mengurangi makanan berminyak (sekitar 7 bulan lebih). Bahkan sayur tumis pun saya usahakan minim penggunaan minyak. Sebaliknya, saya banyak konsumsi buah dan sayuran yang direbus agar lebih sehat di tubuh. Dan ternyata efeknya baik untuk kulit wajah 

Gorengan terutama yang terbuat dari tepung akan sulit dicerna cerna dalam usus. Kalau kata dokter Zaidul Akbar, makanan dari tepung hanya akan menjadi racun bagi usus. 

Nah, karena jarang sekali makan makanan berminyak, kulit wajah saya menjadi bersih dan lebih rata, serta jerawat berkurang. Kadar minyak pun berkurang banyak. Terlebih karena saya selalu rutin membersihkannya. Bahkan istri sampai heran. Ko bisa ya? Dan ini adalah cara mencegah jerawat dari dalam dan tentu saja sangat aman. Baik bagi wajah ataupun tubuh secara keseluruhan.


Mencuci muka rutin setiap hari

Ya. Saya ini rutin cuci muka dengan air bersih. Saat pagi bisa sampai 2 kali. Siang bisa 2 kali. Sore bisa 2 kali. Dan malam juga bisa sampai 2 kali. Aliasnya sehari bisa sampai 8 kali. Membersihkannya sambil digosok-gosok pelan agar kotoran terangkat. Dan kebiasaan ini masih sering saya lakukan hingga sekarang. Terutama setelah menyelesaikan pekerjaan yang berkutat dengan polusi dan debu. Iya lho, cuma dengan air bersih saja. Sederhana sekali kan?


Tidak memencet jerawat

Karena ingin wajah bersih dan glowing, maka saya tidak memencet jerawat. Karena jika dipencet, akan meninggalkan bekas luka kemudian menghitam, bahkan bisa terbentuk lubang. Saya biarkan saja hingga jerawat pecah sendiri agar tidak tidak meninggalkan bekas jerawat dan noda hitam. Selain itu, area yang berjerawat juga saya bersihkan pelan-pelan. Karena kotoran yang menempel di area jerawat dapat membuat jerawat berkembang lebih banyak. 


Istirahat cukup

Image by Free-Photos from Pixabay

Dulu sewaktu saya masih sering kerja shift malam dan sering lembur, seringkali tubuh kurang tidur hingga kulit terlihat putih pucat. Namun semenjak saya sering tidur cepat dan mendapatkan cukup istirahat, kulit wajah menjadi lebih berseri dan cerah. 

Setiap hari, saya tidur mulai pukul 8 malam, paling telat pukul 10 malam agar esok harinya lebih bugar. Karena tentunya ada banyak manfaat dari istirahat yang cukup antara 7-9 jam. Di antaranya : 

Kulit terlihat lebih muda 

Saat tubuh mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuh akan memproduksi kolagen (zat untuk membuat kulit halus dan kenyal) dan hormon pertumbuhan yang dapat memperbaiki sel serta jaringan kulit. 

Memudarkan kantung mata dan garis-garis halus

Saat tubuh kurang tidur, mata akan terlihat sayup. Cara menghilangkannya pun mudah. Yaitu dengan istirahat cukup, maka dengan segera kantung mata akan segera memudar. Begitu juga dengan garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Perbaikan kulit wajah

Saat waktu tidur tercukupi, proses perbaikan jaringan kulit dapat berjalan dengan optimal. Hal itu dikarenakan asupan oksigen yang di alirkan ke kulit meningkat.




Sekarang saya begitu sadar bahwa asupan tubuh sangat berpengaruh dengan kondisi kesehatan, tak terkecuali kulit. Untuk itu, sudah sejak lama saya selalu konsumsi buah-buahan dan jarang sekali makan-makanan berlemak apalagi junk food. Saya sering sekali konsumsi pepaya, pisang, jambu biji, bengkoang, hampir setiap hari. 

Menurut sehatq (dot) com, pepaya banyak mengandung vitamin, mineral, molekul antioksidan, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekenyalan kulit. Pepaya juga dapat mencegah tanda penuaan diri seperti garis halus dan kerutan. Sementara jambu biji banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kulit. Vitamin C juga dikaitkan dengan produksi kolagen (zat untuk membuat kulit halus dan kenyal). 

Untuk buah pisang, buah pisang mengandung asam amino yang dipercaya meningkatkan kekenyalan atau elastisitas kulit. Pisang juga mengandung zinc yang berfungsi mencegah jerawat, juga kalium yang dipercaya dapat menghidrasi kulit. 

Sedangkan untuk bengkoang, buah ini dikenal khasiatnya untuk kesehatan kulit. Bengkoang mengandung banyak vitamin C, selenium, dan betakaroten, yang dapat menyehatkan kulit.  Dan untuk buah-buahan lainnya, tentu memiliki kandungannya masing-masing yang baik untuk tubuh, termasuk kulit. 

Nah, selain rutin konsumsi buah, setiap hari saya juga selalu konsumsi berbagai macam sayuran yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit.


Sudah sejak lama saya sering konsumsi jamu kunyit. Dan ternyata air kunyit memiliki manfaat baik untuk wajah. Dikutip dari halodoc (cot) com, kandungan antikoksidan yang terdapat pada kunyit dapat menangkal radikal bebas yang merupakan penyabab penuaan kulit. Buat kalian yang akan mencoba, jangan konsumsi berlebihan ya, karena tentunya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 


Beberapa hari kemarin saya browsing tentang manfaat madu untuk kesehatan kulit. Dan ternyata madu memiliki banyak khasiat. Saat menuliskan ini, saya baru teringat saat istri bilang ke saya "ko wajah masnya jadi bersih dan glowing ya?". Ternyata saat itu, saya sudah sejak lama mengkonsumsi madu. Dan hingga saat ini pun saya masih mengkonsumsinya. 

Menurut dokter Dyah, yang mana dikutip dari klikdokter (dot) com, kandungan antioksidan pada madu tak hanya berfungsi untuk kesehatan organ dalam tubuh, tapi juga untuk kesehatan kulit, termasuk untuk kulit wajah. Tidak heran jika banyak masker wajah berbahan dasar madu. 

Masih dari sumber yang sama, madu juga dapat menggantikan sel kulit mati pada wajah dengan cara membuatnya menjadi masker. Kemudian madu juga dapat melembabkan kulit wajah dan melembabkan bibir. 


Air putih

Setiap hari saya selalu mengkonsumsi air putih yang cukup. Jika dirasa haus, maka saya langsung minum air putih. Air memiliki banyak manfaat. Selain untuk memperlancarkan pencernaan dan membantu proses penyerapan nutrisi, air juga berperan penting menjaga kesehatan kulit. Tak terkecuali kulit wajah. 

Air dapat menjaga kelembaban kulit karena dapat membantu regenerasi sel kulit dan menjaga elstisitasnya. Sehingga dapat mencegah timbulnya gejala penuaan dini seperti garis halus dan keriputan. 

Minum air putih juga dapat mengurangi resiko timbulnya jerawat sampai 70%. Hal itu dikarenakan air dapat melancarkan proses pengeluaran racun atau detoksifikasi dalam tubuh. 

Oiya, saya juga sudah lama sekali tidak mengkonsumsi minuman manis berpengawet yang banyak dijual di pasaran. Karena air jauh lebih sehat ketimbang minuman manis yang beresiko pada kesehatan tubuh. 



Agar wajah terlihat bersih, saya selalu rutin mencukur kumis dan jenggot. Kumis dan jenggot, terlebih jika tebal, menjadikan wajah terkesan kurang clear gitu. Seakan-akan wajah tertutup oleh rambut. Tidak heran jika istri seringkali bilang jika kumis dan jenggot yang tebal membuat wajah terlihat tua seperti bapak-bapak wkwkwk. 

Bagaimana, mudah dan sederhana sekali, kan ? 

Walaupun ini cara sederhana, namun agar wajah terlihat lebih bersih dan glowing maksimal, penggunaan sabun pembersih wajah itu penting. Karena tentunya penggunaan sabun ini dapat bekerja lebih maksimal ketimbang cara biasa atau sederhana. Setidaknya ada 10 manfaat membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah. 

Manfaat sabun pembersih wajah

Berbicara mengenai kesehatan kulit wajah, sabun SEBU Moist Glow adalah sabun perawatan wajah dengan kualitas premium untuk Anda yang ingin mendapatkan kulit putih sehat bercahaya dan glowing secara alami tanpa efek samping.  Berikut adalah manfaat sabun SEBU Moist Glow. 

Manfaat sabun sebu

Dengan sabun SEBU Moist Glow ini, kita bisa mendapatkan kulit putih yang sehat dan bercahaya, glowing alami, bebas noda, lembut, lembab dan kenyal, dan lebih kencang tanpa kerutan. SEBU Moist Glow terbuat dari 5 bahan aktif dan 3 minyak alami yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut penjelasannya.  

1. Fish Collagen 

Fish Collagen adalah protein yang diekstrak dari ikan dan banyak banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan suplemen.  

Kolagen ini memiliki daya serap paling bagus dikarenakan ukuran partikelnya yang lebih kecil, ketimbang jenis kolagen dari hewan lain, serta dapat masuk ke peredaran darah dengan lebih cepat. 

Manfaatnya untuk kecantikan kulit yaitu kolagen ini dapat melawan tanda-tanda penuaan. Seperti mencegah timbulnya keriputan, menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit, dan menjaga kelembutan kulit. 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Ekstrak Lemon

Telah banyak kita tahu bahwa lemon memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit wajah. Tidak heran jika berbagai macam produk perawatan wajah pun banyak yang dibuat dari buah yang kaya vitamin C ini. Seperti sabun pencuci wajah contohnya. Dan manfaatnya untuk kulit wajah yaitu seperti mengatasi masalah jerawat, mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, flek hitam, kulit wajah kendur, mengangkat sel kulit yang telah mati, dan merangsang terbentuk kolagen pada wajah. 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3. Madu

Saya sendiri juga sudah lama mengkonsumsi madu. Dan ternyata efeknya baik untuk kesehatan kulit wajah. Dan seperti yang sudah saya tuliskan, madu yang kaya antioksidan ini dapat menggantikan sel kulit mati dengan cara membuatnya menjadi masker. Madu juga dapat melembabkan wajah dan juga bibir. 


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

4. Minyak Sawit

Ada banyak manfaat minyak sawit untuk kesehatan kulit wajah. Misalnya seperti vitamin E yang terkandung didalamnya memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit. Kemudian kandungan tokoferol yang tinggi pada minyak sawit, berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu memperbaiki jaringan pada kulit. Sedangkan kandungan tokoferolnya dapat menjaga kesehatan kulit. Lalu ada juga kandungan karoten yang fungsinya seperti lotion SPF 15 yang dapat menghalangi kulit dari sinar radiasi UV. 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

5. Glutathione 

Glutathione adalah antioksidan kuat (zat yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab rusaknya sel pada tubuh) dan memiliki efek antimelanogenesis atau efek melawan pembentukan pigmen melanin sebagai pigmen yang memberi warna pada kulit. Karena semakin banyak kandungan pigmen melanin dalam kulit, warna kulit akan semakin gelap. Nantinya, proses pengurangan melanin dan perubahan produksi melanin yang dilakukan oleh glutathione ini akan membuat kulit lebih terang.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

6. Spirulina

Belakangan ini dunia kosmetik Indonesia populer dengan skincare bernama spirulina. Spirulina adalah produk alami yang berasal dari ganggang biru hijau yang hidup di air tawar dan juga air laut. 

Ada banyak manfaat dari spirulina ini untuk kulit wajah. Diantaranya 

1. Kandungan antioksidannya mampu mencegah penuaan dini. Seperti keriputan akibat terpapar sinar matahari, dan juga noda hitam. 

2. Dengan mengoleskan masker spirulina ke wajah juga dapat membuat kulit wajah lebih cerah. 

3. Kandungan antioksidannya mampu mendetoksifikasi wajah untuk kamu yang sering menggunakan make up dan sering terpapar sinar matahari. 

4. Spirulina memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat jerawat dan dapat mencegah jerawat datang kembali. 

5. Spirulina juga mengandung asam amino yang bagus untuk membantu produksi kolagen pada kulit. Kolagen sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kekenyalan dan kelembababn kulit wajah.  

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

7. Minyak VCO 

Minyak VCO atau virgin coconut oil (minyak kelapa murni) adalah salah satu dari jenis minyak kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk kulit wajah, di antaranya:

1. Mengatasi jerawat. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri di dalamnya membuat minyak VCO ini cocok untuk mengatasi masalah jerawat. 

2. Menghilangkan bakteri dan jamur pada kulit. Kandungan asam laureat di dalamnya dapat membunuh bakteri dan jamur ataupun mikroorganisme lainnya yang menjadi akar masalah kulit wajah seperti contohnya jerawat. 

2. Melembabkan kulit kering menjadi kenyal. Mengoleskan minyak VCO setelah mandi dapat membuat kulit wajah lebih kenyal dan lembab.

Selain itu, minyak VCO juga dapat menyamarkan bercak hitam, meningkatkan jumlah kolagen, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

8. Minyak Zaitun 

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwasanya minyak zaitun sudah  terkenal manfaatnya sejak ratusan tahun lalu untuk kulit wajah cerah dan bersinar. Bahkan konon katanya, Cleopatra memanfaatkan minyak zaitun untuk perawatan kulitnya. 

Ya, itu karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin A, D, E, dan K, yang kesemuanya baik untuk kulit. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan untuk mencegah dari penuaan dini akibat paparan sinar UV. 

Manfaat lain minyak zaitun yaitu seperti melembabkan kulit karena kandungan asam lemaknya. Dan jika dipakai rutin, dapat menyamarkan bekas jerawat atau bekas luka di wajah. Ia juga bisa meremajakan kulit berkat kandungan vitamin E, polyphenols dan polyphenolsnya. 

Buat kamu yang suka make up-an, minyak zaitun juga dapat meluruhkan make up wajah dengan mudah. 

Dan yang tak kalah penting, antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun juga dapat menangkal efek buruk UVB, misal seperti tumbuhnya kanker kulit.  

Wah, banyak sekali ya kandungan sabun SEBU ini. 

Nah, dari banyaknya manfaat tersebut di atas, tentu kita akan semakin yakin bahwa sabun SEBU ini sangat dianjurkan untuk kecantikan kulit wajah. 

Oiya, sabun SEBU ini juga memiliki PH seimbang (PH7) dan dibuat dengan bahan alami, tanpa merkuri, tanpa deterjen, tanpa pewangi, dan tanpa pewarna, sehingga aman digunakan.  

Ukuran PH wajah sendiri yaitu ada 14 tingkatan. Dari 1 hingga 14. Dan PH normal wajah berada di angka 7. 1 paling asam dan 14 paling basa.  

By the way, mengapa PH seimbang pada skincare penting untuk diketahui ? 

Tentu ini penting. Dikutip dari hparenting (dot) orami (dot) co (dot) id, jika misal didapati PH kulit wajah yang asam atau basa, dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit. 

PH wajah yang sedikit asam dapat menimbulkan masalah pada kulit, misal seperti infeksi dan jerawatan, dan lain-lain. Sebaliknya jika PH wajah terlalu basa, kulit menjadi kering dan sensitif. Nah, fungsi dari sabun SEBU dengan PH seimbang (PH7) ini tidak lain untuk menjaga keseimbangan PH wajah. 

Selain itu, sabun SEBU juga telah mengantongi sertifikat izn dari BPOM dengan nomor NA18200500172. Dan tentu saja sabun SEBU halal. Karena produsen tidak hanya mementingkan bisnis saja, tapi keberkahan juga. Sehingga halal adalah prioriritas utama. 

Dan seperti kita ketahui bersama, hasil setiap orang mengenai penggunaan setiap produk bisa berbeda-beda karena banyak faktor yang mempengaruhi. Dan berikut adalah testimoni pengguna sabun SEBU.

Cara mendapatkan sabun SEBU Moist Glow ini juga mudah. Kita bisa membelinya melalui websitenya di https://sabunsebu.com/sabun-sebu-moist-glow/ atau banyak juga yang dijual di ecommerce. Baik itu shopee, tokopedia, atau bukalapak. Untuk harganya sendiri yaitu 200.000 ribu rupiah untuk 3 buah sabun. Menurutku ini cukup worth it mengingat kandungan alami dan kualitasnya.

Oiya, selain sabun wajah, ada juga sabun mandi dari SEBU. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp 45.000,-. Pejelasan dari manfaat sabun mandi ini ada pada gambar di bawah ini. 


Kesimpulannya

Memiliki wajah yang bersih dan glowing adalah dambaan semua orang. Baik pria maupun wanita. Yah walaupun paras enggak good looking amat, namun jika bersih dan glowing, tentu akan terlihat lebih menarik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Untuk cara yang saya lakukan memang cukup sederhana dan sudah saya buktikan hasilnya. Namun tentu saja penggunaan sabun wajah juga direkomendasikan untuk hasil yang maksimal. Dan sabun SEBU bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menginginkan wajah bersih dan glowing tanpa efek samping.    

Note : semua foto dan cerita saya di atas asli tanpa efek atau rekayasa apapun. Karena berbohong melalui artikel akan menjadi dosa jariyah dan akan menanggung dosanya di akhirat kelak. 

Sumber Referensi Artikel : 

1] Blog sabun SEBU  https://blog.sabunsebu.com 

2] 10 Manfaat Cuci Muka, Bukan Sekadar Membuat Wajah Bersih! https://doktersehat.com/manfaat-cuci-muka/ 

3] Buah yang Bagus untuk Kulit Ini Baik Dikonsumsi agar Lebih Bercahaya dan Kenyal https://www.sehatq.com/artikel/buah-untuk-kulit-agar-lebih-bercahaya-dan-kenyal 

4] Masker Madu, Efektifkah untuk Kulit Wajah? https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631768/masker-madu-efektifkah-untuk-kulit-wajah 

5] Rutin Minum Air Kunyit, Ini Manfaatnya https://www.halodoc.com/artikel/rutin-minum-air-kunyit-ini-manfaatnya

6] 3 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Kulit  https://www.sehataqua.co.id/3-manfaat-air-putih-untuk-kecantikan-kulit/ 

7] Mengapa Produk Skin Care dengan pH Balance Itu Penting? https://parenting.orami.co.id/magazine/alasan-produk-skin-care-dengan-ph-balance-itu-penting/ 

8] Suplemen Fish Collagen, Rahasia Kulit Tampak Awet Muda https://jovee.id/suplemen-fish-collagen-rahasia-kulit-tampak-awet-muda/ 

9] Sederet Manfaat Masker Lemon dan Cara Mudah Membuatnya https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-masker-lemon-dan-cara-mudah-membuatnya

10] Masker Madu, Efektifkah untuk Kulit Wajah? https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631768/masker-madu-efektifkah-untuk-kulit-wajah 

11. Minyak Kelapa Sawit Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3627615/minyak-kelapa-sawit-merah-untuk-kecantikan-kulit-dan-rambut

12. Mengenal Gluta Alias Glutathione, Kandungan yang Kabarnya Ampuh untuk Memutihkan Kulit https://journal.sociolla.com/beauty/manfaat-glutathione-untuk-kulit/

13. Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah Cantik dan Sehat https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3645181/manfaat-masker-spirulina-untuk-wajah-cantik-dan-sehat

14. 7 Manfaat VCO untuk Kulit dan Kecantikan yang Sayang Jika Dilewatkan https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-vco-untuk-kulit-dan-kecantikan-yang-sayang-jika-dilewatkan

15. Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Panduan Lengkap Cara Memakainya https://www.sehatq.com/artikel/panduan-lengkap-cara-menggunakan-minyak-zaitun-untuk-wajah

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Terbukti Efektif Mengurangi Jerawat dan Bikin Wajah Bersih, Ini 10 Cara Sederhana Rawat Wajah Untuk Pria ala Saya – Dicoba Saja Dulu"

  1. Cowok pun harus punya kulit yg bersih dan sehat dong ya. Setuju bgt...
    Dan sabun Sebu mengandung bahan yg dibutuhkan kulit. Mo coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biarpun gak good looking amat, tapi kalau wajah bersih, tentu feelingnya beda

      Hapus
  2. Wah, sederhana sekali pak, tipsnya. Boleh nih, untuk memberitahukan kepada ayahnya anak-anak biar ikutan mencoba. Dulu sih, zaman masih pengantin baru, masih suka maskeran bareng, hehehe. Tipsnya bisa jadi solusi biar bisa lebih mudah merawat wajah dengan mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget Kak. Mudah dan tanpa skincare apapun

      Hapus
  3. Hebat Kang bisa menghindari gorengan selama itu. Aku juga pengen rasanya. Tapi ya itu, masak paling cepat dan simpel emang digoreng huhu

    BalasHapus
  4. Wih banyak bgt ya ka kandungan sabun Sebu ini. Ga heran kalau ngefek bgt di kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alami pula. Bikin wajah sehat bersih tanpa efek samping

      Hapus
  5. Bener juga ya mas. Makanan memang sangat mempengaruhi kondisi kulit kita. Kadang nggak tahan loh godaan gorengan. Apalagi kalau udah dicocol saus.. hahahaha

    Kalau aku kepengennya , pakai sebu tapi masih makan gorengan.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, bisa dibilang wajah kita sesuai apa isi perut kita

      Hapus
  6. Cowok tetap butuh perawatan wajah juga, hempaskan saja yang julid bilang klo cowok gak butuh perawatan, cowok cewek dengan penampilan yang menarik ditunjang oleh wajah yang bersih dan terawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Makannya produk perawatan wajah untuk pria pun banyak dijual dipasaran

      Hapus
  7. Betul sekali mas amir bahwa mengonsumsi sayur mayur dan buah juga terbukti bagus untuk mencerahkan kulit wajah. Hal ini bisa saja terjadi karena buah dan sayur mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Nah, kalo kulit wajah sudah berminyak memang harus dibersihkan dengan pembersih wajah. Nah, karena kulit saya sering berminyak apakah cocok saya kombinasikan dengan sebu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mas. Namun tentunya untuk semua jenis skincare, tentu hasil sesuai kondisi kulit masing-masing

      Hapus
  8. Jadi kepikiran buat beliin suami juga,biar wajah nya tuh glowing juga.
    Ehh tapi seperti yang mas bahas disini,glowing bukan ala korea.

    Apalagikan laki laki itu kebanyakan malas merawat wajah,padahal penting banget ya walau perlengkapan nya gak selengkap para wanita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, glowing secara sederhana saja, bebas jerawat saja udah lumayan banget

      Hapus
  9. Nah ada benernya juga makanan ternyata berpengaruh untu kesehatan wajah ya kak..untung ada sabun sebu yang bikin glowing ya jadi kulit wajah tak bermasalah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanan berminyak bikin wajah juga ikut berminyak

      Hapus
  10. Sabun SEBU memang bagus banget karena bahan alami dan sudah BPOM. Cara merawat wajah sebenbarnya sederhana, ya. Kecuali memang kondisi yang sifatnya genetik. Mungkin perlu treatment khusus. Umumnya sih, dengan tips dari Kakak di atas bisa bikin wajah sehat dan glowing alami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ibarat sesuatu yang kotor, kalau gak dibersihkan bisa timbul penyakit

      Hapus
  11. Cowo ga mau kalah ya harus punya kulit wajah yang glowing , memang untuk perawatan wajah ya cowo dan cewe harus sama ya kak,sabun SEBU memang bagus ya karena bahannya dari produk bahan alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabun SEBU mengandung 5 bahan aktif dan 3 minyak alami yang baik untuk wajah

      Hapus
  12. Saya juga mulai memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Tapi kalau untuk menjauhi gorengan masih berat banget. Pagi-pagi nggoreng tahu/tempe, begitu matang udah gatel aja pengen nyomot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya masih enggan banget. Bersykurlah bisa melakukannya

      Hapus
  13. Wah, sabun antiseptik Sebu bisa bikin wajah glowing ya even itu seorang cowok ehh bukannya zaman now para lelaki emang jadi lebih perhatian sama wajahnya ya.. itutuhh kayak K-Pop idols, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau KPOP mah gilak banget sampe alus gitu

      Hapus