Resep Sayur Lodeh Nangka Muda

Sayur Lodeh Nangka Muda atau Kethewel. Dok. selerasa.com
Sayur Lodeh Nangka – Nangkah muda atau yang lebih populer dengan sebutan ketewel, merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menurunkan kolesterol, menambah massa otot, dan menjaga kebugaran tubuh. 

Nangka muda juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Yang paling mudah adalah memasaknya menjadi makanan sejuta umat, yaitu sayur lodeh. Bagi para ibu rumah tangga yang biasa berkecimpung di dapur, resep sayur lodeh sangatlah gampang. Tapi, tidak untuk mereka yang baru memula belajar memasak. 

Walau begitu, kalian tak perlu bingung. Kalian tetap bisa menikmati lezat dan khasiat sayur lodeh nangka muda sebab kami akan memberi resep paling sederhana untuk kalian ikuti. Oleh karena itu, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Bahan Utama Sayur Lodeh Nangka Muda

Ukuran bahan utama yang kalian butuhkan untuk membuat sayur lodeh nangka muda bisa disesuakan dengan kebutuhan kalian. Berikut bahan utama dalam membuat sayur lodeh nangka muda:

1] Nangka muda 500gr
2] Santan kental 1 liter. Kalian bisa menggunakan santan kental kemasan yang bisa dibeli di tukang sayur ataupun toko terdekat dengan merek apapun sesuai selera.
3] Air 500ml

Bumbu Kasar

Untuk membuat sayur lodeh nangka muda, kalian perlu menyiapkan beberapa bumbu kasar di bawah ini:

1] Serai 2 batang lalu dimemarkan.
2] Lengkuas 2 ruas lalau dimemarkan juga
3] Daun salam 2 lembar
4] Daun jeruk 2 lembar

Bumbu Halus

Selain bumbu kasar, kalian juga harus menyiapkan bumbu halus. Berikut bahan-bahan yang perlu kalian siapkan:

1] Bawang putih 3 siung
2] Bawang merah 15 buah.
3] Caba Rawit 10 buah atau sesuai selera pedas kalian
4] Cabai merah 2 buah
5] Kemiri 4 biji
6] Ketumbar 1 sdt
7] Kunyit 1 ruas
8] Jahe 1 ruas
9] Gula, garam, dan penyedap rasa bisa kalian sesuaikan dengan selera.

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, kalian bisa langsung membuat sayur lodeh nangka muda. Simak dengan baik langkah-langkahnya dibawah ini:

1] Langkah paling utama yang harus kalian lakukan adalah merebus nangka muda untuk mendapatkan tekstur yang empuk. Setelah itu tiriskan. 

2] Berikutnya, gorenglah bumbu-bumbu halus kecual kemiri, jahe, dan ketumbar. Tunggu sampai semua bumbu halus tersebut layu lalu tiriskan. Setelah itu, haluskan semua bumbu halus kemudian tambahkan gula dan garam.

3] Selanjutnya, panaskan air dengan api sedang sembari masukkan bumbu yang telah dihaluskan tersebut. Tunggulah sampai aroma harum tercium.

4] Setelah aroma wangi keluar dari air yang direbus, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, batang serai, dan tentunya nangka muda. Aduk-aduk dengan rata agar semua bahan meresap dan matang.

5] Langkah berikutnya adalah masukkan santan kental lalu aduk dengan rata hingga mendidih. Perlu diketahui, ketika santan dimasukkan, usahakan jangan ditingga karena ini akan membuat santan pecah.

6] Untuk mengecek apakah rasanya sudah sesuai, kalian bisa mencicipi kuah sayur lodeh nangka muda.

7] Setelah rasanya sudah pas, angkat sayur lodeh nangka muda buatan kalian. Hidangkan selagi masih hangat agar rasanya lebih nikmat.

Itulah resep membuat sayur lodeh nangka muda yang sangat sederhana. Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya cara membuat sayur lodeh dengan bahan utama lainnya tidaklah jauh berbeda karena bumbu sayur lodeh pada dasarnya sama. Agar lebih bervariasi, kalian juga bisa menambahkan bahan lain sebaga pelengkap misalnya ceker, jeroan, kacang panjang, atau sayur lainnya. Selamat menikmati!

References:
1] https://www.vemale.com/resep-makanan/115828-resep-menu-buka-puasa-lodeh-nangka-muda-enaknya-juara.html
2] https://www.liputan6.com/ramadan/read/3554710/resep-sayur-lodeh-nangka-muda-menu-lezat-untuk-berbuka
3] https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-sayur-lodeh-nangka-muda-tewel-campur-ceker-yang-gurih-dan-enak

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resep Sayur Lodeh Nangka Muda"

  1. bikin laper nih masnya haha :D
    ini makanan favorit mama aku. klo lihat gambar sayur lodeh dimana aja pasti lngsng inget ortu :) klo dulu mama yg buatin, skrng ini gantian aku kayaknya hehe ntar aku pakai resepnya ini deh XD

    https://bunnyawn.blogspot.com/

    BalasHapus