Tenyata Kebumen Surganya Tempat Wisata

Pantai Lembupurwo Mirit. Foto :@visitkebumen
Hai kawan, tahukah kalian jika ternyata di Kota Kebumen Jawa Tengah, ada banyak sekali spot spot menarik yang layak di kunjungi karena keindahanya. Suatu tempat yang tadinya hanya tempat biasa, ternyata memiliki potensi pariwisata. Dan setelah di kelola, memang benar bagus dan pengunjung pun berduyun duyun datang ke tempat wisata tersebut. Salah satu contohnya yaitu Bukit Langit yang ada di Desa Giripurno Kecamatan Karanganyar. 

Tadinya tempat ini hanyalah tempat biasa yang di gunakan warga sekitar untuk merumput. Bahkan teman saya pun beberapa kali  lewat sini saat sedang mencari burung. Namun karena ternyata tanpa di sadari tempat tersebut memiliki potensi pariwisata, akhirnya di jadikan tempat rekreasi dan kini sudah banyak di kunjungi oleh banyak orang. 

Beberapa waktu yang lalu saya juga pernah kesana. Ternyata tempatnya cukup menarik. Terdapat gardu pandang yang bisa di pakai untuk berfoto foto. Ada juga sayap burung yang banyak menjadi antrean orang sebagai tempat berfoto. Selain itu di sini juga ada wahana permainan flying fox.

Wisata sejenis yang baru muncul lainya yaitu Pesona Khayangan yang ada di Kecamatan Karanggayam. Pesona Khayangan ini juga merupakan wisata bukit yang menawarkan keindahan dari atas ketinggian. Di tempat ini juga terdapat spot untuk berfoto layaknya di Bukit Langit. Menurut saya tempatnya keren juga walaupun belum pernah berkunjung kesana. Kalau dari Karanganyar jaraknya hanya sekitar 5 km ke arah utara. Ini untuk daerah utara Kebumen.

Pesona Khayangan. Foto : @visitkebumen
Untuk daerah selatan, wisata yang baru baru ini banyak muncul yaitu wisata pantai, seperti watu bale contohnya. Watu Bale ini baru muncul belum lama ini. Tempat ini menawarkan pemandangan pantai selatan dari atas bukit yang di lengkapi dengan gardu pandang. Juga ada Pantai Surumanis yang juga tak kalah keren.

Pantai Watubale. Foto : @visitkebumen
Pantai Surumanis. Foto : @visitkebumen
Yang paling keren lagi dan yang merupakan paling popular yaitu Pantai Menganti di desa Karangduwur Kecamatan Ayah. Pantainya keren banget. Saya sudah 2 kali kesana. Terakhir pas libur lebaran kemarin. Jadi pantai ini menawarkan pemandangan yang begitu menarik. Baik dari atas bukit, pasir putihnya, batu karangnya, wisata kulinernya, dan yang paling keren lagi yaitu air terjunya karena saat musim hujan. Di tebing sebelah utaranya terdapat 3 buah air terjun yang akan mengalir dengan indahnya. Pokonya kalau ke Kebumen belum afdol rasanya kalau belum ke sini.

Selain itu juga ada Pantai Karangbolong yang juga tak kalah keren. Pantai Suwuk, Pantai Petanahan, Pantai Bopong, Pantai Logending, dan masih banyak lagi yang lainya. 

Sementara untuk wisata bagian timur kebumen, ada Waduk Wadaslintang yang membagi 2 wilayah yaitu Kebumen dan Wonosobo. Dan ada waduk Jembangan yang juga masih belum lama di buka. 

Untuk bagian barat kebumen, ada Waduk Sempor dan Benteng Van Der Wijk. Oiya ketinggalan, di Kecamatan Ayah juga ada Goa Jatijajar, Goa Petruk, wisata hutan mangrove, dan masih banyak lagi yang lainya. Pokonya Kebumen itu kaya akan wisata. Dan kedepan, masih ada banyak wisata tersembunyi yang belum di gali potensinya untuk di kenalkan pada masayarakat luas. 

Bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang wisata Kebumen, kepoin aja dah instagramnya wisata Kebumen di @visitkebumen. Disitu ada banyak sekali tempat wisata oke punya di Kebumen. Sampai jumpa. 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tenyata Kebumen Surganya Tempat Wisata"

  1. keren banget foto2nya jadi penge kesanaa

    BalasHapus
  2. Ah jauh mas, kebetulan kurang suka pantai, hahaha... Nyarinya yang adem. Ternyata oh ternyata Kebumen punya banyak pantai yang bagus yah... Itu mirip menara eiffel..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mampir ke Kebumen bisa mampir keliling sebentar Mas ^^

      Hapus
  3. Wiiih, pantai menganti nya keren banget. Sumpah jadi pengen berkunjung kesana. Apalagi cuma jawa tengah sini.
    Mas amir siap kedatangan tamu dari Tuban gak nih? Hehehehe

    BalasHapus