Antara Alat Perang Ngeblog dan Bukalapak

Masih teringat jelas di benak saya waktu itu saat masih menumpang di rumah teman di Tangerang karena sedang menunggu panggilan kerja. Walaupun hanya 3 minggu, rasanya seperti setahun. Bekal yang semakin lama semakin menipis, juga perasaan tak enak karena saya numpang ditempatnya (walaupun teman saya oke oke saja), membuat batin ini menjadi begitu bergejolak. Antara butuh pekerjaan dan rasa rikuh (tidak enak) bercampur jadi satu. 


Galau, risau, bingung, adalah perasaan yang paling mendominasi saya saat itu. Terlebih di usia saya yang sudah semakin matang dan sudah waktunya mengambil keputusan mengenai bidang apa yang harus saya tekuni. Sementara saat itu saya masih nganggur. Namun begitu saya merasa menjadi orang yang amat beruntung. Kenapa ? karena saya sedikit memiliki keahlian dalam bidang yang saya sukai, yaitu tulis menulis yang sudah saya pelajari secara otodidak sejak 5 tahun yang lalu.

Sembari menunggu panggilan kerja, dimana posisi yang saya ambil juga tak jauh dari dunia tulis menulis, setiap hari yang saya lakukan yaitu menulis. Dengan sedikit keahlian menulis, saya memanfaatkannya untuk mencari keuntungan dengan mengkuti lomba lomba menulis di blog, dengan harapan artikel saya di apresiasi oleh juri kemudian mendapatkan reward.


Namun pada akhirnya, berujunglah kegalauan saya yang mendalam tersebut karena akhirnya saya bisa memutuskan bahwa menulis adalah bidang yang akan saya tekuni. Setelah yakin, kemudian saya pun berpamitan kepada teman saya untuk pulang ke kampung sambil membawa kemenangan, kemenangan karena saya berhasil menemukan jati diri saya jika ternyata menulis adalah bidang yang akan saya tekuni saat itu dan selanjutnya.



"Tapiiiiiii, itu berarti, kamu tak memilih untuk berkerja?”

Iya, saya memilih untuk menekuni dunia tulis menulis saja, dan saya yakin sekali jika saya bersungguh sungguh, apa yang saya impikan pasti akan tercapai. Seperti itulah yang saya pikirkan saat itu.


Teman saya yang sepertinya agak kasihan melihat saya pun menjadi agak lega setelah saya bisa menemukan jati dirinya. Terimakasih teman untuk semuanya, kebaikanmu akan ada balasan terbaiknya dari Tuhan. 

Oiya, teman saya yang satu ini bukanlah teman sekampung halaman atau teman akrab, Beliau itu orang Jawa Timur. Saya kenal Beliau karena kebetulan saya pernah bekerja di tempat usaha milik Kaka’nya. Namun begitu Beliau itu sangat baik, tidak perhitungan, bahkan kebaikanya bisa dibilang melebihi saudara dan teman teman saya yang lainya. 

Sampai di rumah, dengan perasaan senang dan bahagia, mulailah saya menulis. Menulis untuk lomba. Awal awal saya menulis memang penuh perjuangan. Di dua bulan pertama saya harus menelan pil pahit karena puluhan artikel saya tidak ada yang lolos, rasanya setengah putus asa namun tetap semangat. “Kalau kalah terus, saya tidak ada perkembangan” pikir saya dalam hati waktu itu.


Sampai akhirnya di bulan ketiga, artikel saya menemukan takdir terbaiknya karena terpilih menjadi salah satu juara dan mendapatkan 1 buah smartphone. Walaupun tidak seberapa nilanya, namun sudah menjadi bukti bahwa kerja keras saya mulai membuahkan hasil. Dan dari situlah akhirnya saya semakin mantap dengan pekerjaan menulis saya, yang alhamdulillah bisa menghidupi saya sampai sekarang ini.



Berkenalan dengan bukalapak.com

Seringkali dalam sebuah event lomba kepenulisan, saya membutuhkan materi atau produk untuk di review, dimana materi atau produk tersebut juga seringkali sulit ditemukan ditempat saya karena termasuk kota kecil. Jika sudah begitu, bukalapak.com adalah toko online yang pertama saya kunjungi. 


Waktu itu produk yang saya butuhkan adalah buku. Dan begitu ingat belanja online, saya langsung teringat bukalapak yang khas sekali dengan logo huruf BL berwarna merah. Tanpa perlu kesulitan mencarinya, buku yang akan saya ulas untuk event kepenulisan pun saya dapatkan dengan mudah di bukalapak. Hanya berselang 3 hari setelah pembayaran, buku pun sampai di rumah dengan bungkus rapi. 

Namun sayang di sayang, isi dari buku tersebut begitu berat untuk di baca, hingga akhirnya saya mengurungkan niat saya untuk mengikuti lomba blog tersebut karena saya tak mampu memahaminya, dan lomba itu pun tidak saya ikuti karena di luar kemampuan saya.

Setelah buku, benda kedua yang saya beli di bukalapak pun masih berupa buku, yaitu buku tentang video editing. Jadi ceritanya, persaingan lomba blog yang semakin ketat membuat saya harus terus meng-upgrade ilmu, salah satunya video editing. Dan sayapun sudah tau buku apa yang saya butuhkan. 


Sebelumnya saya sudah mencari di toko toko buku online, namun sayang di sayang karena ternyata stocknya sudah pada habis. Dan beruntunglah karena saya menemukanya di bukalapak. Tanpa pikir panjang, langsung deh saya beli tuh buku setelah sebelumnya saya nego nego cincai. Dan pengirimanya cepat sekali, cuma 3 hari saja buku sudah sampai di tempat saya Kebumen dari lokasi pengirimanya yang lumayan jauh di Samarinda Kalimantan Timur. Padahal saya cuma ambil paket kurir reguler. 

Hingga sekarang, buku tersebut sudah saya pelajari 20% nya. Saya yakin jika saya terus belajar, pasti prestasi saya di bidang kepenulisan akan terus bertambah. Seandainya tidak ada bukalapak, mungkin sampai saat ini saya masih kesulitan menemukan buku tersebut, karena memang terbitan lama, yaitu tahun 2008 lalu.

Benda ketiga yang saya beli di bukalapak yaitu perdana internet. Di bukalapak.com ini, saya bisa mendapatkan perdana internet dengan harga pas di kantong namun kuota wah, dimana jika di tempat lain, sepertinya saya tidak akan mendapatkan harga yang seperti ini. 



Yang saya suka dari bukalapak.com adalah karena fleksibilitasnya, maksudnya lebih terbuka untuk banyak orang karena mudah di gunakan. Secara kan berjualan di bukalapak (saya juga penjual di bukalapak) itu persayaratanya sangat mudah tanpa perlu scan scan KTP, buku tabungan atau surat ijin usaha pula, menjadikan saya yang juga sebagai pembeli pun lebih suka belanja disini. Juga yang paling keren adalah karena harganya bisa di nego say. Dan besok, saya juga akan belanja di bukalapak lagi.  

Benda ke 4 yang saya beli di bukalapak yaitu smartphone. Kenapa saya pilih bukalapak untuk belanja khususnya smartphone ? karena selain fitur nego yang sudah saya singgung diatas, saya masih bisa inbox inboxan dengan sellernya untuk mendapatkan harga terbaik, yaitu dengan cara nego nego harga lagi secara personal.


Seperti kemarin nih ya, saya beli smartphone dengan harga awal 950 ribu, setelah saya nego nego secara pribadi dengan sellernya, saya bisa mendapatkan harga termurah, akhirnya kita deal di harga 900 ribu. Karena masih ada fitur tawarnya, saya nego lagi tuh dan dapet potongan kalau gak salah 5 ribu, wah lumayan banged kan ? sudah bisa nego secara pribadi, masih bisa nego pakai fitur nego bawaanya, asik banget pokonya.

Dan tanpa berselang lama, akhirnya smartphone impian saya pun sampai. Smartphone ini nantinya juga yang akan mendukung aktifitas ngeblog saya karena seringkali saya jadikan modem. Selain itu juga smartphone ini juga selalu saya gunakan untuk memfoto foto produk yang akan di bahas di blog, dan lain sebagainya. 

Sebelumnya saya memang sudah coba tengok tengok harga smartphone ini di tempat lain, namun harganya masih lebih mahal dan gak bisa di tawar. Sedangkan di bukalapak bisa di tawar double, menarik bukan ?

Benda kelima yang saya beli di bukalapak yaitu suplemen asam lambung. Suplemen asam lambung ini juga merupakan produk yang akan saya bahas untuk mengikuti lomba blog yang adakan oleh produsen suplemen tersebut. Namun karena saya cari cari di apotek terdekat tak kunjung dapat, akhirnya larilah saya ke bukalapak dan mendapatkankanya. 

Tenyata banyak juga yang jual. Dan tanpa berlama lama, langsung saja saya membelinya. Setelah 3 hari dari pembayaran, akhirnya sampai lah pesanan saya di rumah. Dari lomba blog suplemen ini, saya terpilih menjadi juara favoritnya, lumayan lah daripada enggak dapet.


Bicara soal belanja di bukalapak, saat ini bukalapak sedang banyak menyediakan promo promo menarik lho. Contohnya seperti dibawah ini :

[1] Contoh yang pertama adalah Promo Bukalapak dari tas webe Dollin dengan diskon 10%. Buat kalian para wanita yang ingin tampil keren, tas ini bisa cocok sekali buat menemani hari hari Anda bekerja, bepergian, kondangan dan lain sebagainya.

[2] Contoh yang kedua yaitu Promo Bukalapak Ibanez S Series Coklat dengan diskon 5%. Ibanez adalah nama dari sebuah gitar elektrik. Buat kamu yang masih yang hobi main gitar, manfaatkan promo ini segera karena ada diskon 5% nya.


[3] Yang ketiga adalah Promo Bukalapak celana Tactical pendek dengan Diskon 5%. Buat kalian yang suka fashion dan lagi butuh celana pendek, keren banged lho celananya.


Selain promo di atas, kalian juga akan menemukan banyak promo bukalapak lainya, seperti promo fashion, aksesoris laptop, kamera, akesoris mobil dan lain sebagainya.


Kesan kesan lain mengenai pengalaman saya belanja di bukalapak yaitu pelayananya yang tanggap. Setiap kali saya belanja di bukalapak, saya selalu di telfon oleh customer servicenya untuk mengingatkan agar saya tidak lupa melakukan pembayaran. Secara kan pemesanan akan otomatis di batalkan jika dalam kurun waktu 10 jam belum melakukan pembayaran.


Selain itu customer servicenya juga  mengingatkan agar melakukan pembayaran sesuai digit terakhir, misal jumlah pembayaran Rp 100.531,- maka bayarnya harus sesuai digit terakhir untuk mempermudah verifikasi.  Karena jika pembayaran tidak sesuai angka yang tertera, proses transaksi menjadi agak terhambat.

Namun bukan bukalapak jika tidak tanggap dengan hal tersebut. Beberapa waktu lalu saya juga pernah melakukan salah pembayaran karena nominal pembayaran tidak saya masukan hingga digit terakhir. Solusinya yaitu dengan menghubungi customer care bukalapak lewat twitter di www.twitter.com/bukalapak_care

Dan begitu saya mengajukan keluhan, tim bukalapak langsung tanggap. Kemudian saya disuruh membuka halaman bantuan di https://www.bukalapak.com/supports/contact_us  untuk memproses kesalahan transaksi ini. Dan tanpa berselang lama, proses pembayaran saya berhasil di terima oleh seller dan barang pun segera di kirimkan. 

Untuk metode pembayaranya, saya paling suka membayar lewat indomaret atau alfamart karena mudah. Bahkan lewat kantor pos pun bisa. Tinggal kasihkan saja kode pembayaranya ke kasir lalu bayar sejumlah nominal harga barang, beres deh ! jangan lupa bayar jasa kasirnya ya ? kalau di Alfamart kemaren cuma 2500 rupiah saja.


Secara keseluruhan, belanja di bukalapak itu mudah dan menyenangkan, karena lebih friendly dan fleksibel. Customer service pun siap membantu jika ada kendala. Dan yang paling saya suka adalah karena bisa doubel nego, yaitu nego personal dan fitur nego bawaanya. Sedangkan alasan saya kenapa harus belanja di bukalapak bisa di lihat pada infografis di bawah ini :


Dan pastinya, masih banyak keunggulan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Seperti buka 24 jam, uang kembali 100% jika barang tidak di kirimkan dan lain sebagainya. Nah, itulah pengalaman saya belanja di bukalapak dalam rangka memenuhi materi lomba blog yang saya ikuti. Dan sampai saat ini, saya sudah puluhan kali memenangkan lomba blog. Dan semua ini tak lepas dari peranan bukalapak karena selalu memudahkan saya dalam mendapatkan barang yang saya butuhkan, sampai jumpa

Link Kompetisi

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Antara Alat Perang Ngeblog dan Bukalapak"

  1. asek asek asek.....
    tulisannya keren Sob, Ane juga seneng belanja di bukalapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari banyak olshop yang ada, paling sering saya belanjanya di bukalapak, lebih friendly soalnya

      Hapus
  2. keren deh mas, kudu dicontoh semangatnya ini. 2 bulan ikut puluhan lomba ngga ada yg menang, tapi tetep terus menulis & mencoba sampai di bulan ke-3 akhirnya dpt juara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan 2 bulan Mbak, 1 tahun lebih kalah terus, tapi saya terus mencoba dan akhirnya goal

      Hapus
  3. Yeay bnyak promonya ya.. Bikin kalap nih bukalapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, bukalapak emang bikin kalap mata

      Hapus
  4. Hmmmmm, saya belum pernah belanja di BUKALAPAK, jadinya nggak ikutan, good luck ya bro

    BalasHapus
  5. keren mas amir, semangat terus semoga bisa bikin karya buku kelak. Semangat....dan semoga menang bukalapaknya...

    BalasHapus
  6. Semangatnya oke mas, aku kalau mau ikut lomba suka nggak PD hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong Mbak, gak boleh pesimis, biasanya kalau sudah di coba itu berasa mudah banget...semangatttt..

      Hapus
    2. Biasanya kalo udah menang lomba itu sesuatu banget ya mas Amir, Alhamdulillah,

      Hapus
    3. Kalau udah menang jadi tambah semangat, walaupun akhirnya kalah melulu huhuhu...

      Hapus
  7. Azzeekkkk....
    Ciyyeeee.... Yang pernah dapat juara favorite 😂

    BalasHapus
  8. wahhh baru tau kalau bisa bayar di kantor pos dan indomaret aja, kirain via bank transfer aja ir kartu kredit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa Mbak, alfamart juga bisa lho

      Hapus
  9. Wah asiknya. Negonya bisa 2x ya Mas Amir. Saya sering belanja di Bukalapak juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kemaren saya juga iya, asik pokonya belanja di bukalapak

      Hapus
  10. kak minta contact emailnya klo boleh kami ingin menghubungi kk.. terima kasih :)

    BalasHapus