Yang Saya Lakukan Sebelum Menulis Artikel Lomba Blog

Image by freepik.com
Mungkin sebagian dari kalian ada yang pernah berkunjung ke blog saya dan bertanya tanya “kok blog amir-silangit sering menang ya, bagaimana caranya ?”

Sebenernya aku nggak sering menang, cuma lagi kebetulan aja menang. Dan kali ini saya akan menjawab unek unek kalian yang mungkin pernah bertanya tanya dalam hati, sekalian berbagi sedikit ilmu (karena emang saya cuma punya dikittt banget ilmu), bagaimana cara saya sebelum mengikuti lomba blog.

1] Pertama, sebelum menulis artikel lomba blog, pastikan tema yang diberikan penyelenggara cocok dengan kemampuan kita. Dan harus bener bener kita kuasai tema tersebut, kalau bisa 100%. 

Kalau ada lomba blog hadiahnya gede tapi tema sulit dikuasai, mending pilih yang lain. Misal ada lomba blog juara 1 nya 10jt, tapi temanya tentang gizi, sementara kamu gak tau sama sekali tentang gizi, kan mending pilih yang lain, yang temanya kita kuasai.

Setelah terpilih tema yang cocok, berikutnya yang saya lakukan agar tulisan saya tak keluar tema, yaitu dengan membuat pengingat dengan menulisakannya di Ms Word ber-border kuning seperti ini :

Harus sesuai tema - Harus sesuai tema - Harus sesuai tema - Harus sesuai tema - Harus sesuai tema- Harus sesuai tema - Harus sesuai tema

Dengan begitu, tulisan yang dikasih background tersebut akan selalu terlihat dan terlihat dan selalu mengingatkan kita bahwa saat kita nulis nanti, harus sesuai tema dan HARUS SESUAI TEMA, karena tema itu nyawa sebuah tulisan.

2] Kedua, pelajari produk sampai bener bener paham dan semua muanya. Iya semuanya, ya soalnya semakin kita menguasai produk atau jasanya, semakin mudah kita membuat tulisan. Kalau kamu cuma pelajari setengahnya, blogger blogger lain banyak yang dengan senang hati mempelajari sampai diluar kepala sampai tuntas tas.

3] Ketiga, cek pesaing lomba. Biasanya persyaratan dalam sebuah lomba mengharuskan pesertanya untuk menshare artikelnya ke socmed masing masing dengan mention dan hastag (#), baik di twitter, facebook atau instagram. Nah, kalian search deh hastag tersebut, misal #lombablogtaksi, #kejutahtahunbaru, #Mmsurprise dan lain sebagainya.

Kan ada tuh yang udah pada share, setelah itu baca deh satu persatu. Cari, apa kekurangan mereka dan buat tulisanmu lebih unggul lagi. Aliasnya kamu harus negjuri-in dulu.


Kalau saya sih, saya buat daftar pesing tersendiri di Ms Word, blog a nilanya berapa, blog b berapa dan seterusnya. Patokanya adalah nilai tertinggi, dan kamu buat yang lebih bagus lagi dari nilai tertinggi tersebut.

Sssstt....kayaknya ini salah satu rahasia mastah lo, tapi aku bukan mastah ^_^

“Lah misal pesaingnya ada 200 blog, apa harus aku baca semua ?”

Terserah, kalau kamu mau menang, berarti kamu harus bener bener bisa membuat tulisan lebih unggul dari para pesaing. Kalau misalkan kamu Cuma baca 100 pesaing, blogger lain masih banyak yang dengan senang hati membaca seluruh pesaing, dan mereka akan membuat tulisan yang lebih bagus lagi. 

Cari rejeki emang sulit Bro, tapi akan lebih mudah jika kamu itu termasuk orang yang rajin. Karena rajin itu bukan hanya pangkal pandai, tapi pangkal kaya, iya enggak ? apalagi ditambah kreatif, pasti lebih kaya lagi, menurut saya loh ya, #EH, bener gak sih ? ^_^

4] Keempat, sambil membaca pesaing pesaingnya, catat poin poin penting dan berbobot yang nantinya akan kamu tuliskan diblogmu. Nyatetnya tinggal copas aja tuh tulisan ke Ms Word. Dan setelah kamu selesai riset, baca lagi poin poin tersebut agar tak lupa untuk menuliskan yang penting penting kedalam blogmu.

5] Kelima, gunakan gambar yang relevan dan taruh dibagian artikel yang sesuai dengan gambar tersebut. Misal dalam lomba blog pariwisata kota jakarta nih ya, dalam paragraf yang mengulas rekreasi ancol, harusnya dikasih gambar ancolnya, bukan gambar wisata lainya. Soalnya kalau yang ditaruh gambar taman mini, kan gak pas....

6] Keenam, alurnya jelas. Ibaratkan seperti air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, jadi mengalir gitu, usahakan jangan nabrak nabrak ya? Agar enak dibaca

Sebenernya, saya sudah membuat rangkuman tips menang lomba blog sejak lama, silahkan baca disini. Namun karena mungkin banyak yang bertanya tanya, ya aku tuliskan deh, semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.

Oiya, aku itu bakal seneng banget lo kalau kalian terutama yang sudah bersusah payah pengin menang lomba blog, namun setelah menerapkan tips sederhana saya ini, kalian bisa menang, apalagi jadi juara utamanya.

"Apa kamu nggak takut kesaing, Mir ?"

Enggak dong, justru aku seneng jika melihat orang lain bahagia, terlebih jika gara gara aku, orang jadi bahagia, Tuhan itu maha dermawan, barang siapa yang mau memberi dengan ikhlas, maka akan mendapatkan balasan yang setimpal, bahkan berlipat lipat. Kalau harta dibagi bagiin bisa habis, tapi kalau ilmu enggak, betul enggak......?

Terakhir, saat ini saya sedang belajar programming dan grafis, dan selalu diusahakan untuk konsisten, paling tidak seminggu 3x, kedepan mau belajar video editing sama bahasa inggris juga, karena persaingan semakin ketat. 

Dan mungkin bisa jadi juga, kedepan bakal ada blogger yang grafisnya pake gambar 3D serta motion grafis yang kayak di TV TV gitu, makanya kita harus selalu belajar agar nggak kelindes jaman, semangatttttt...

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "Yang Saya Lakukan Sebelum Menulis Artikel Lomba Blog"

  1. Balasan
    1. Sama sama, trimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  2. Wah tips langsung dari masternya... Sebaiknya sih artikel kita publish menjelang deadline ya mas, bukan gitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu sih terserah masing masing blogger Mas, karena kadang harus mengantisipasi hal2 yang tidak di inginkan seperti mati lampu dan koneksi lelet. Kalaupun menjelang DL paling tidak 6 jam sebelumnya agar kita punya waktu buat dafar dan memenuhi semua persyaratan lomba. Pernah waktu itu jam 11 malam aku harus kewarnet karena mati lampu, hujan deras pula

      Hapus
    2. Wah kalo 6 jam sebelum deadline, kayaknya mepet banget mas, saya nggak berani macam tu, nanti draft tulisan yang sudah panjang x lebar, keburu terlambat dikirim, gegara trouble, kayak mati lampu, kuota habis atau internet lemot.

      Saya paling telat sih 1 hari sebelumnya, hehehe

      Hapus
  3. Wahhh tipsnya bagus. Mau praktekin ah. Makasih ya

    BalasHapus
  4. Wah, mantap nih ulasan persiapan lombanya. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  5. MANTAFF...#mewakili komenya Mas Hendi Setyanto yang tak sengaja terhapus, maaf ya ^_^

    BalasHapus
  6. Oh Itu Rahasia mastah Amir Silangit, sekarang mah udah jadi mastah koq. Keren pokoknya. Terus berbagi ilmu,ayo kapan migrasi ke TLD? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok deh Mbak, pengen juga biar dapet job reviewnya lebih mudah

      Hapus
  7. Salut nih sama jawara kontesnya.Mau belajar dari tip ini yg kadang blognya sering dikepoin☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat,trimakasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  8. Mantep nih, terima kasih om. Semuanya udah pernah ku lakuin :D Kadang ada yang menang ada yang enggak (kebanyakan enggaknya sih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,kadang kalao lagi bejo ya beruntung kalolagak ya enggak

      Hapus
  9. Wah, pas bgt nih... Saya baru mulai ngeblog dan mau coba ikutan lomba2, Makasih kak tips nya 👍

    BalasHapus
  10. Terimakasih mas amir ilmunya, sangat bermanfaat. aku juga mau ngeshare :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Diko, sesama blogger emang harus saling mendukung ^_^

      Hapus
  11. Balasan
    1. Sepertinya selama ini belum ada yang menuliskan tips menang lomba blog seperti saya, semoga bermanfaat

      Hapus
  12. Wah.. Keren, Mas.
    Layak dijadikan referensi bagi saya yang sering ikut lomba tapi sering kalah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat Mas, semangatt..

      Hapus
  13. Oh ini toh yang dilakukan pantesan menang mulu dalam lomba kerenlah triknya perlu dicoba nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slahkan di praktekan, semoga ampuh ^_^

      Hapus
  14. triknya mantap mas, sudah diterapkan semua :D

    BalasHapus
  15. ooh.. salah satu tipsnya harus baca punya peserta yg lain ya mas.. Kemarin2 mau lakuin ini tapi dirumah koneksi internetnya tdk mendukung. Dan Alhamdulillah saat ini saya jaga warnet. jadi bisa praktekin nih tips..

    terimakasih mastah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, cari tahu kekuatan lawan. Dan saya bukan mastah ^_^

      Hapus