Sewa Mobil di Jogja Solo Semarang Lebih Mudah dengan Aplikasi Android Docar


Pernah nggak sih saat kalian akan bepergian bersama keluarga atau pasangan, namun terkendala atau terhambat karena sulitnya menemukan persewaan mobil ? 

Atau mungkin di tempat kalian ( Solo, Jogja, Semarang ) kesulitan menemukan rental mobil ?

Atau mungkin juga sudah berusaha mencari rental mobil kesana kemari, namun belum mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera kita. Misal kapasitasnya yang sedikit, harga sewanya yang mahal, atau bahkan pelayananya kurang bagus ?

Berbicara soal rental mobil, disini saya ingin merekomendasikan kepada kalian semua yaitu aplikasi rental mobil bernama Docar.

"Eh, tapi tunggu dulu, pasti ini aplikasi pemesanan mobil online ya ? Memang apa keunggulan dari mobil yang dipesan secara online seperti ini,  dengan yang datang langsung ke tempat rental mobil itu sendiri ?"

Oke kalau begitu, berikut saya jabarkan perbandingan rental mobil secara offline dan online (online dalam konteks ini yaitu dengan aplikasi Docar)

Rental mobil offline :
1. Kita harus datang sendiri ke rental mobil tersebut untuk memilih mobil yang akan kita pakai. Jika ternyata mobil tidak sesuai kriteria kita, maka kita harus berpindah mencari rental mobil lain. Beruntung jika jarak rental mobil tersebut dekat, jika jauh maka akan menguras waktu, tenaga dan biaya.

2. Kita hanya bisa memilih mobil yang sudah ada di rental tersebut tanpa bisa memilih jenis mobil sesuai keinginan kita, seperti misalnya MPV atau City Car.

3. Jika ingin mendapatkan mobil dengan harga sewa terbaik (termurah misalnya) maka kita juga harus berpindah dari satu rental ke rental lainya untuk menanyakan harga sewanya jika ternyata tidak menemukan di satu atau beberapa tempat persewaan mobil, dan hal ini juga membutuhkan tenaga, biaya dan waktu lebih.

4. Dan pastinya hal tersebut di atas bikin repot, iya nggak ?

Rental mobil online (Docar):
1. Kita tidak perlu datang ke rental mobil untuk memilih jenis mobil yang akan kita pakai karena kita bisa memilihnya lewat aplikasi DOcar. Semua itu bisa di lakukan hanya dari genggaman tangan dan tak perlu keluar rumah mencari rental mobil kesana kemari.

2. Kita bisa menentukan harga sewa terbaik dan rating pengguna dari berbagai jasa rental mobil yang tersedia. Dengan begitu kita bisa menemukan jasa rental mobil mana yang terbaik, baik dalam harga atau layanan rental mobil yang akan kita gunakan.

3. Kita tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih, biaya lebih dan waktu lebih. Berbeda jika kita menggunakan rental mobil offline yang pastinya akan lebih menguras tenaga, waktu dan biaya.

4. Dan pastinya lebih praktis dan tidak repot, iya nggak ?

Jadi, masih mau rental mobil secara offline ?

“Enggaaaaak lah, kita pilih rental mobil online ajahhh...”

Nahh.....gitu dong....kalau begitu mari kita sama sama membahas tuntas aplikasi pemesanan mobil atau rental mobil online bernama Docar seperti yang saya sebutkan di atas.

“Btw, Docar itu seperti apa sih ? bukan dokar kereta kuda kan ?”

Ya bukan lah......

Docar adalah aplikasi android yang berguna untuk memesan mobil atau merental mobil secara online. System kerja DOcar yaitu menghubungkan antara pemilik jasa rental mobil dengan calon penyewa mobil, dan aplikasi Docar sebagai penghubung antar keduanya. Kalau bahasa IT nya di sebut e-commerce.

Sementara alat pembayarannya menggunakan rekening pihak ketiga dari Docar, sehingga dijamin aman dalam bertransaksi. Jika di ilustrasikan maka gambarnya seperti di bawah ini :


Bagaimana, sekarang sudah paham kan Docar itu apa ?

“Pahammm......”

Oke lanjut. Dan sekarang kita akan bahas lebih jauh tentang penggunaaan aplikasi Docar ini. Pertama tama kita harus mendownloadnya terlebih dahulu ya, asumsi saya kalian sudah bisa mendownloadnya di playstore, oke ? 

Setelah aplikasi terdownload, hal pertama yang akan kita lakukan yaitu mendaftar menjadi membernya, caranya lihat gambar di bawah :


Nah, setelah mendaftar selesai, saatnya kita membahas satu persatu kanal yang ada di aplikasi ini.


Kita bisa lihat pada gambar di atas ada 9 kanal, dan kita mulai dari kanal pertama yaitu :

Pesan Mobil
Pada kanal ini kita bisa melakukan pemesanan mobil, caranya lihat langkah langkahnya pada gambar di bawah :


Dari gambar di atas, kita bisa mengetahui barapa lama kita menyewa mobil, apakah 8 jam, 12 jam ataupun 24 jam. Untuk fasilitasnya pun kita bisa melihat, apakah dengan bbm atau all in.

Dan setelah mengklik tombol “Cari Mobil” kita akan di hadapakan pada jenis mobil. Di situ kita bisa melihat perincianya seperti plat nomor, warna mobil, jenis bbm, tahun pembuatan, rating pengguna, ulasan pengguna dll.

Kita pun bisa memfilter pencarian seperti rentang harga sewa, kapasitas penumpang, tahun perakitan, jenis mobil dan type mobil.

Selain itu kita juga masih bisa mensortir apakah akan memilih mobil dengan harga termurah, rating tertinggi ataupun rekomendasi mobil oleh Docar.

Setelah memilih mobil dan mengklik tombol pesan, misal saya akan memilih mobilio dengan nomor polisi AB 1641 MH, maka langkah selanjutnya ada pada gambar di bawah :


Di halaman ini kita juga bisa melihat rating pengguna lagi, seperti AC mobilnya, kebersihan mobilnya dan kondisi mobilnya. Hal ini penting karena kualitas adalah yang utama dari setiap pelayanan. 

Dan setelah cocok dengan harga sewanya, kita juga akan di beri peringatan jika ternyata mobil yang kita pakai melebihi batas city tour, dimana kita akan di kenakan biaya sesuai rental masing masing.

Setelah mengetahui semuanya, langkah selanjutnya yaitu mengklik tombol “Pesan Sekarang”, dan akan di arahkan ke halaman seperti pada gambar di bawah ini :


Pada halaman ini, kita di arahkan untuk mengisikan informasi kontak agar pak sopir bisa menghubungi kita. Kita pun bisa menambhkan kontak lain atau mengganti kontak, misal teman kita atau saudara kita. Usahakan nomor yang aktif atau paling mudah di hubungi untuk mempermudah komunikasi.

Masukan juga lokasi, nomor penerbangan, jam penjemputan, dan juga di tengeri (bahasa jawa) atau di kasih ancer ancer lokasi atau keterangan tambahan, untuk saya sendiri saya kasih keterangan “Aku pakai baju lorek lorek celana jeans biru pakai topi bawa ransel” agar pak sopir lebih mudah menemukan ciri ciri kita.

Dan di bagian bawahnya menjelaskan bahwa mobil yang nanti akan kita pakai yaitu seperti yang tertera pada gambar, mobilio dengan nomor polisi AB 1641 MH, City Tour atau perjalanan dalam kota, All in atau sudah terbayar semuanya, tanggal 26 September 2016 dan tarifnya Rp 546.000,-.

Dan langkah selanjutnya yaitu pilih tombol “Lanjutkan” untuk beralih ke langkah selanjutnya hingga muncul halaman seperti ini :


Gambar di atas mengarahkan Anda untuk melanjutkan ke pembayaran, apakah akan di cicil 25% terlebih dahulu atau semuanya. Jika di cicil terlebih dahulu maka sisanya akan di bayarkan kepada sang sopirnya. Setelah deal lalu pilih tombol”OK”, hingga muncul halaman seperti di bawah ini :


Terdapat kode unik berupa angka 29 yang berfungsi sebagai keterangan agar admin lebih mudah mencheck transfer pembayaran dari Anda, setelah itu klik tombol “Bayar”.        

Kemudian akan muncul halaman yang mengarahkan Anda menuju konfirmasi pembayaran. Seperti saya katakan di atas, rekening pembayaran adalah rekening pihak ketiga dari pengembang aplikasi ini, jadi gak usah khawatir kenapa napa ya ?

Perlu di ingat juga, waktu untuk transfer yaitu di batasi hanya 2 jam, setelah waktu selesai maka transaksi akan di batalkan, dan Anda harus memesan kembali, oke ? Setelah tombol "Bayar" di pencet maka akan muncul halaman seperti di bawah:


Dan setelah tombol “Konfirmasi Pembayaran” di tekan, maka akan muncul halaman berikutnya, isilah sesuai data yang di minta. Masukan rekening tujuan, total pembayaran, keterangan dan klik kirim. Tunggu mobil datang menjemput Anda.


Sampai di sini cara memesan mobil sudah selesai ya, berikutnya kita akan membahas kanal atau menu “Konfirmasi Bayar”, lihat gambar di bawah :


Kanal atau menu ini berisi data pesanan mobil kita, baik yang sedang menunggu konfirmasi pembayaran atau yang di batalkan.

Sedangkan tombol “Status”, “Ulasan” dan “Kotak Masuk” berisi status pesanan kita, ulasan tentang mobil yang pernah kita sewa, dan inbox dari Docar. Berhubung saya belum pernah mencobanya maka menu menunya masih kosong.


Berikutnya ada tombol promo  yang berisi promo, seperti contohnya pada bulan ini yaitu promo September Ceria dengan diskon 9% tanpa minimum jumlah transaksi. Promo ini berlaku dari tanggal 1 hingga 30 September bulan ini dan hanya berlaku jika pemesanan melalui Docar apps.


Selain itu juga promo ini berlaku untuk semua kota tujuan, semua kota rental, dan jika terjadi refund atau pengembalian dana, perhitunganya setelah harga diskon, bukan dari harga asli.

Bicara soal kebijakan refund, pihak Docar akan mengembalikan dana jika pembatalan di lakukan dalam 24 jam, jika setelah 24 jam transaksi di batalkan, maka akan di kenakan denda 25%. Sementara jika mobil tidak datang, maka dana akan di kembalikan sepenuhnya

Berikutnya ada tombol pengaturan yang berfungsi sebagai pengaturan keanggotaan kita di Docar. Disini terdapat tombol “Profil Diri”, “Password”, “Kontak” dan “Akun Bank”


Pada gambar di atas Anda bisa mengatur data keanggotaan Anda seperti Data diri, password, kontak dan akun bank. Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu akun bank atau lebih dari satu kontak, caranya hanya dengan mengklik tombol bertanda plus di pojok kanan atas seperti pada gambar di atas.

O iya, pada ikon lonceng di pojok kanan atas berfungsi untuk memberitahukan jika ada notifikasi semisal harus melakukan pembayaran sewa sebelum jam tertentu, untuk punyaku sendiri sampai jam 6 sore atau pukul 18.00. 


Menu berikutnya yaitu ada menu “Tentang Kami” yang berisi profil dari dari Docar, Anda bisa membuka untuk membacanya. Juga ada tombol review dan tombol share untuk mereview apps ini di playstore dan membagikan kepada orang lain di socmed.


Dan berikutnya ada tombol keluar, yang pasti tombol ini berfungsi  untuk keluar dari aplikasi.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana menggunakan aplikasi ini untuk sewa mobil dengan mudah. Dan alasan mengapa harus pakai Docar untuk rental mobil yaitu :

1. Docar memiliki kerjasama dengan banyak rental mobil, jadi Anda bisa memilih jenis mobil sesuai keinginan Anda. Mobil yang bisa Anda sewa di sini bervariasi, mulai dari mobil mewah, City Car hingga bus besar. Untuk merk merknya di antaranya seperti Avanza, Xenia, Nissan March, Grand Livina, APV Arena, Grand Innova, Fortuner, Pajero, Pregio, Travello, ELF, HiAce, Alphard, Vellfire, Camry, dll.

2. Seperti saya singgung di atas, bahwa dengan menyewa mobil lewat aplikasi Docar, selain bisa memilih jenis mobil yang Anda suka, Anda juga bisa menentukan rentang harganya, rating jasa rentalnya dan informasi detail tentang mobil atau jasa rentalnya

3. Dan yang pasti, Anda tidak perlu keluar rumah, hemat waktu, tenaga dan biaya.

Oiya, kedepan Docar juga akan beroperasi di banyak kota di Indonesia, seperti Bekasi, Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Makassar, Malang, Pekanbaru, Tangerang, Balikpapan, Denpasar Bali, Depok, Batam, Banjarmasin, Bogor, Kediri, Ambon, Pontianak, Magelang, Manado, Madiun, Probolinggo, Pasuruan, Banjar, Banda Aceh, Jambi, Samarinda, Lampung, Sukabumi, Padang, Bontang, Prabumulih, Lubuklinggau, Jayapura, Tanjungbalai, Cirebon, Serang, Blitar, Bitung, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Palu, Batu, Kendari, Cimahi, Tasikmalaya, Deli Serdang, Siborong-borong, Lhokseumawe, Rengat, Nagan Raya, Gorontalo, Wangi-wangi, Tomia, Nabire, Biak, Oksibil dan Tanah Merah.

Waow banyak kan ? 

Dan setelah saya coba ubek ubek aplikasi ini, review saya terhadapnya yaitu :

1. Aplikasi Docar mudah di gunakan karena tampilanya menarik dengan warna cerah sehingga tidak pedih di mata. Kapasitasnya juga tidak besar hanya 18 mb an sehingga tidak memberatkan kinerja smartphone

2. Mudah digunakan, sejatinya hanya butuh 3 langkah untuk memesan mobil, yaitu hanya dengan pilih – pesan dan bayar

3. Bisa memilih mobil sesuai keinginan, apakah itu City Car, MPV dll. Dan juga mobil terbaik, baik dari segi harga atau jasa pelayanan.

4. Hemat waktu, tenaga dan biaya pastinya karena bisa di lakukan dari genggaman tangan

5. Hemat biaya karena bisa memilih mobil dengan harga termurah.

6. BEBAS IKLAN. Ya, selama saya menggunakanya, saya tidak menemui iklan muncul sehingga menggangu pengguna saat menggunakan aplikasi Docar ini

Masukan : 
Di playstore saya juga mendapati apps untuk sopirnya, tapi saya tidak bisa mendaftar karena begitu di buka tidak ada tombol daftarnya, melainkan tombol log in. Kemudian saya mencoba log in dengan akun docar utamanya, namun tidak bisa.


Nah, bagaimana, setelah membahas tuntas aplikasi Docar ini masih mau rental mobil secara offline ?

“Enggaakkkk....kita pilih Docar ajahhhh...mudah...”

Sippp...deh. Oiya, untuk update info terbaru dari Docar, jangan lupa download aplikasinya di playstore dan subscribe sosial medianya seperti facebook, twitter, instagram dan google+. Sementara websitenya ada di www.docar.co.id

Dan bagi yang penasaran tentang Docar dalam bentuk video,tonton aja video di bawah ini

 

Dan lokasi DOcar itu sendiri ada di bawah ini...



Sampai jumpa.....dadahhhhh...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sewa Mobil di Jogja Solo Semarang Lebih Mudah dengan Aplikasi Android Docar"

  1. Semoga apps untuk iOS segera menyusul ... 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, semoga versi iOS nya bisa nyusul, sukses untuk DOcar

      Hapus