#Pesonapangkalpinang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Penyerahan Letter of Interest oleh Walikota Pangkalpinang Bpk  Muhammad Irwansyah dan Mr. Luigi Zompetti selaku Wakil Presiden Youth Stream. Sumber gambar 
Sebelum kita membahas indahnya #Pesonapangkalpinang, saya ingin kalian melihat dulu gambar di atas, ada yang aneh nggak dengan tema kita kali ini ?

"Emangnya apa yang menarik dari gambar di atas, Bro ?"

Gambar di atas adalah foto kesepakatan antara Muhammad Irwansyah selaku Walikota Pangkalpinang dan Mr. Luigi Zompetti selaku Wakil Presiden Youth Stream mengenai persetujuan bahwa tahun 2017 besok Pangkalpinang di rencanakan akan di jadikan tuan rumah olahraga kelas dunia yaitu Motor Cross Grand Prix (MXGP)  dengan mengambil lokasi dekat pantai.

Dan ini berarti kabar gembira buat kita semua terutama yang hobi dengan otomotif khususnya motor. Selain bisa menikmati indahnya pantai, kita bisa menyaksikan perhelatan akbar kelas dunia di Pangkalpinang ini, jangan lupa datang ya ?

Bahkan ada sumber yang mengatakan bahwa event ini akan di gelar sampai 3 tahun ke depan di kota ini, waow....berarti harus datang 3 kali ya...hehehehe..

Ilustrasi kejuaran dunia MXGP.  Sumber gambar
Dari event ini bisa di ambil kesimpulan bahwa orang luar begitu percaya bahwa #Pesonapangkalpinang, selain cocok di jadikan tempat olahraga kelas dunia, juga karena memiliki pesona yang begitu indah dan layak sekali untuk di kunjungi.

Salah satu sudut kota Pangkalpinang. Sumber gambar
Namun, disini saya bukan hanya untuk membahas soal event ini saja, tapi juga berbagai macam wisata yang ada di dalamnya, yang tersusun dalam kategori kategori di bawah ini :

[1] Wisata Alam

Pantai Pasir Padi
Pantai Pasirpadi merupakan salah satu pantai yang paling banyak di kunjungi di Pangkalpinang. Pantai ini terletak di Desa Air Itam dan hanya berjarak 8 km dari pusat kota. Air nya yang bersih dan jernih kebiruan berhias bebatuan besar mampu menarik wisatawan hingga 6000 orang perhari.

Sebagai fasilitas penunjang, disini juga di sediakan hotel atau penginapan, warung makan, restoran hingga kapal untuk berkeliling pantai.

Indahnya Pantai Pasir Padi dengan bebatuan besarnya. Sumber gambar
Yang menarik dari pantai ini yaitu karena memiliki struktur pantai yang landai, kontur pasir yang padat membuatnya nyaman untuk di lalui, baik untuk pejalan kaki, sepeda motor, bahkan mobil. 

Hal menarik lainya dari pantai ini yaitu jika air sedang surut, kita bisa singgah di Pulau Punai yang letaknya berdekatan hanya dengan berjalan kaki.

“Eh Bro, katanya di sini akan di bangun kota di atas air ya ?”

Iya Bro,menurut rencana di Pantai ini akan di bangun Waterfront City atau kota di atas air terbesar di Asia Tenggara, kalau sudah jadi jangan lupa mampir ya. Dan seperti yang saya katakan di atas, bisa jadi, event Motor Cross 2017 mendatang akan di akan di Pantai Pasirpadi ini.

Ilustrasi Water Front City Pangkalpinang. Sumber gambar
Dan selain Pantai Pasir Padi, ada juga pantai lainya yang tak kalah keren, yaitu Pantai Teluk Uber, Tanjung Bunga dan Pantai Tikus dan Bangka Botanical Garden.

Jernihnya air di Pantai Teluk Uber. Sumber gambar
Indahnya Pantai Tanjung Bunga. Sumber gambar
Pantai Tikus dengan bebatuan besarnya. Sumber gambar
Bangka Botanical Garden bekas tambang timah. Sumber gambar
[2] Wisata Budaya

#Pesonapangkalpinang bukan hanya terkenal pantainya saja loh, tapi wisata budaya juga, seperti tradisi Ceng Beng

Ceng Beng yaitu tradisi sembahyang kubur warga Tionghoa untuk menghormati para leluhur mereka yang telah meninggal. Tahukah kalian jika tradisi yang di adakan setiap tahun di bulan April ini sangat ramai, sama halnya dengan tradisi lebaran umat muslim, sanak saudara baik yang di dalam ataupun luar negri akan berusaha mudik untuk mengikuti ritual sembahyang kubur ini. Karena tradisini ini, perekonomian warga sekitar saat ada moment ini pun meningkat.

Ritual sembahyang di lakukan mulai dari jam 3 pagi hingga terbit fajar. Keluarga yang akan melakukan sembahyang, sebelumnya juga telah melakukan persiapan seperti bersih bersih kubur, mengecat ulang makam, menyiapkan bahan makanan sebagai persembahan dll.

Umat Tionghoa sedang melakukan ibadah sembahyang kubur. Sumber gambar
Karena ramai dan uniknya tradisi ini, menjadikan daya tarik wisatawan tersendiri. Banyak sekali turis lokal dan mancanegara datang ke Pangkalpinang hanya untuk menyaksikan langsung acara ini.

Bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan tradisi ini, datang saja ke Pangkalpinang setiap tanggal 4 April untuk tahun kabisat dan tanggal 5 April untuk tahun bukan kabisat setiap tahunya. 

Tenang saja, walaupun acara ini di dalam pekuburan, tapi tidak ada kesan serem karena justru dengan rapihnya penataan makan, menjadikan pemandangan menarik tersendiri, jalan di aspal halus, di tengah tengah makam pun di kasil lampu saat malam hari.

Suasana Ceng Beng di siang dan malam hari. Sumber gambar
Sedangkan Untuk wisata budaya lainya yaitu ada tradisi Nganggung, Barongsai, Pawai Ta’aruf, Kelekak Community dll.

[3] Wisata Sejarah

Pangkalpinang juga terkenal dengan wisata sejarahnya, salah satunya adalah Museum Timah Indonesia. Wisata museum ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena memiliki catatan perjalanan panjang pertimahan khususnya di Bangka Belitung dan dunia pada umumnya.

Museum yang terletak di Jl. Ahmad Yani kota Pangkalpinang ini menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik bagi wisatawan karena merupakan satu satunya museum timah di Indonesia bahkan di dunia.

Banyak juga turis mancanegara terutama orang Belanda yang datang karena dulunya banyak dari warganya yang bekerja di sini.

Museum Timah Indonesia. Sumber gambar
Yang menarik lagi dari museum ini yaitu karena selain sejarah pertambanagn timahnya, bangunanya pun pernah menjadi saksi kemerdekaan RI, karena dulu museum ini pernah di jadikan tempat perundingan atau diplomasi antara pemimpin republik yang di asingkan ke Bangka dengan pemerintah Belanda dan UNCI (United Nations Commission for Indonesia) sehingga lahirlah perjanjian Roem Royen pada tanggal 7 Mei 1949.

Nah, itulah sedikit tentang museum timah Indonesia. Sedangkan wisata sejarah lainya yaitu ada Menara Air Minum, Rumah Residen, Kherkhof dll.
Dari atas ke bawah, Menara Air Minum - Rumah Residen - Pemakaman Kherkhof
[4] Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah, tapi tidak mencicipi kuliner daerahnya. Untuk Kota Pangkalpinang sendiri pun memiliki banyak macam makanan yang pastinya rasanya khas dan patut untuk di coba, seperti :

[1] Mie Koba
Mie Koba adalah makanan khas Kota Pangkalpinang, isinya yaitu mie kuning itu sendiri berpadukkuah ikan dan taoge, rasanya gurih dan khas sekali.

[2] Lempah Kuning
Masakan khas Pangkalpinang ini memiliki cita rasa gurih, asem, manis, pedas dan kaya rasa. Isi dari lempah kuning yaitu dari ikan, bisa ikan tenggiri, tongkol dan ikan laut lainya sampai daging sapi.

Blogger khusus kuliner pasti penasaran kan ? Warna kuning yang di hasilkan yaitu dari kunyit, rasa asam dan manis yaitu dari nanas atau asam jawa, berpadu bumbu bumbu lainya membuat lempah kuning ini kayak akan rasa.

Adapun lempah darat. Dinamakan lempah darat karena bahan utama daging di ganti dengan sayuran, rasanya juga tak kalah maknyuss...

[3] Pantiaw
Pantiaw adalah makanan ringan berkarbohidrat tinggi khas Kota pangkalpinang. Seperti mie kwetiau, pantiaw juga terbuat dari tepung berbentuk mie dan berisikan taouge, ikan dll. Varianya yaitu ada pantiau kuah dan pantiauw goreng. Rasanya gurih...

Kuliner Khas Pangkalpinang, dari atas ke bawah ada Mie Koba, Lempah Kuning dan Pantiaw
Sementara kuliner khas Kota Pangkalpinang lainya yaitu ada Tai Fu Su, Rusip, Kecalok, Pempek, Kritcu, Dodol dll

Dari cerita di atas, sekarang sudah tau kan kalau wisata di Pangkalpinang itu banyak abis.

“Iya Bro, Pangkalpinang emang keren. Tapi btw, bagaimana menuju kesana ?”

Gampang, tinggal naik pesawat lalu turun saja di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, setelah itu bisa turun dan naik taksi, travel atau angkutan umum yang tersebar di daerah tersebut. 

Taksi dan Travel di Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Sumber gambar
Tak usah khawatir, karena ada banyak jadwal penerbangan setiap harinya di Bandara ini dari berbagai kota di Indonesia, bahkan untuk Jakarta - Pangkalpinang sampai 15 x jadwal penerbangan lho.... Sedangkan untuk jalur laut seperti dari Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung, Anda bisa naik kapal laut dengan tarif yang pastinya lebih murah.

Kapal cepat Palembang - Bangka. Sumber gambar
Usahakan sampai ke kotanya jangan kemalaman ya, soalnya jika kemalaman angkutan umum sudah jarang. Atau kalau bisa sebelum sampai ke kotanya, terlebih dahulu sudah menyewa jasa travel, agar tak kebingungan soal kendaraan untuk sampai ke penginapan atau tempat wisata tujuan.

“Oke deh Bro. Dan untuk akomodasinya sendiri bagaimana ?”

Di kota Pangkalpinang banyak kok tempat tempat penginapan, mulai dari yang murah sampai yang kelas atas, seperti Menumbing Heritage Hotel, Bangka City Hotel, Novotel hotel dll.

Keren kan hotel dan penginapanya ?

“Lalu selesai berlibur, apa yang bisa di bawa pulang buat oleh oleh ?”

Selesai liburan di Pangkalpinang, jangan lupa bawa oleh olehnya ya, seperti kerupuk kemplang, keritcu, getas, kue rintak, lakso, kerajinan pewter, kerajinan rajutan dll. 

Dari atas ke bawah, Kerupuk Kemplang - Getas - Keritcu
Bagaimana, lengkap kan wisata Pangkalpinang, berbagai macam wisata ada disini. Dan yang paling menariknya lagi yaitu karena pada tahun depan akan di adakan event olahraga otomotif kelas dunia yaitu MXGP, jangan lupa datang ya ?

“Iya Bro, #Pesonapangkalpinang emang bagus, layak untuk di kunjungi”

Akhir kata, itulah sedikit wisata dari banyaknya wisata yang ada di kota Pangkalpinang, semoga bisa bisa menjadi acuan liburan perjalan Anda selanjutnya, sampai jumpa..

Referensi artikel :
[1] http://bangkatour.com
[2] wonderfulpangkalpinang.info 
[3] pariwisata-pangkalpinang.blogspot.com
[4] http://diasporaiqbal.blogspot.co.id/2013/05/lempah-kuning-kuliner-pedas-khas-pulau.html
[5] http://travel.kompas.com/read/2012/11/03/12020155/Menuju.Bangka.Pilih.Jalur.Laut.atau.Udara.

Jumlah kata : 1.491 kata


Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "#Pesonapangkalpinang Tak Pernah Lekang oleh Waktu"

  1. Wah, kapan nih bisa berwisata ke pangkal pinang ya mas? sukses buat artikelnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, aku juga pengen sekali, mandi di pantainya yg airnya jernih banget...

      Hapus
  2. Wah bener-bener keren yak mas Pangkalpinang. Kotanya nyaman banget, bersih, banyak tempat wisatanya dan kuliner. Lengkap deh pokoknya.

    Aku aja udah kangen lagi mas, pengen kesana hehe.
    Bulan lalu kesana cuma 3 hari, jadi belum puas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah pernah kesana berarti ya ? kalau ada kesempatan pengin juga ke Pangkalpinang

      Hapus
  3. wah orang bangka ya, sukses terus gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, saya orang Jawa, cuma lagi promosiin wisata Pangkalpinang :-)

      Hapus
  4. semoga suatu saat busa mampir ke sana.. pantainya indah banget ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai Pasir Padinya apalagi, keren bangettt...

      Hapus
  5. Wisata pangkal pinang emang bikin ngiler jadi pengen kesana :(

    Salam kenal dr blogger ala2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, #PesonaPangkalpinang emang bikin orang jadi pengen kesana, salam kenal juga :-)

      Hapus
  6. Bangka Belitung emang bikin hati ingin ke sana. Itu Lempa Kuning jadi pengen makan hahahahhah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga penasaran sama lempah kuningnya, pasti unik banget rasanya

      Hapus
  7. Balasan
    1. Iya, aku juga, Pangkalpinang emang mempesona

      Hapus
  8. mupeng ke pantai tikus, eksotis banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya aja pantai Tikus, tapi pemandanganya ? Hus jan, keren banget

      Hapus
  9. bagus banget pemandangan alamnya disana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bner, keren banget, ayo ke Pangkalpinang

      Hapus
  10. bagus banget pangkalpinang... keren... pengen berkunjung ke pantainya...


    www.hijabmoderncantik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, pantai2 nya itu lo, masih alami banget, airnya jernih, cocok banget buat nyegerin pikiran

      Hapus
  11. subhanallah, indahnya dan asiknya indonesiaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, indah banget, Pangkalpinang emang keren abisss

      Hapus
  12. Subhanallah indah banget pangkal pinang ya, dan getaaaaaas huaaaa pengen banget, udah lama nggak makan ini huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalauke Pangkalpinang pengen coba yang namanya getas itu kayak apa, pasti enak banget rasanya

      Hapus
  13. Wah.. itu Bangka Botanical Garden-nya indah banget.. padahal bekas tambang timah, ya..

    Semoga sukses, Mas..
    Salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Pangkalpinang emang keren, aku juga pengin sekali kesana

      Hapus
  14. Selamat mas, tulisannya menang 20 besar.. Tetap semangat 😊

    BalasHapus
  15. Itu kota diatas air berarti reklamasi yaaa ??? ntar ngak masalah tuch ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reklamasi itu apa ya ? Aku cuma mengikuti sumbernya saja di referensi artikel di bawah. Masalah atau tidak, ya semoga tidak jadi masalah

      Hapus
  16. Pemandangan pantainya indah, masih natural ya...cemilan krupuk ikannya sepertinya enak. Semoga bisa berkunjung suatu hari nanti :)

    BalasHapus