Pesona Indahnya Dieng si Negri Khayangan

Tahukah kawan, jika di Jawa Tengah ada sebuah tempat tertinggi Indonesia yaitu Gunung Dieng. Dataran tinggi Dieng ini terletak di dua Kota, yaitu sebagian di Wonosobo dan sebagian di Banjarnegara. 

Ada banyak sekali keindahan yang di tawarkan di Dieng ini, di antaranya :

[1] Golden Sunrise

Di namakan Golden Sunrise, karena matahari terbitnya berwarna keemasan. Warna emas di hasilkan karena pola cahaya yang membentuk sebuah bayangan diantara Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Merbabu dan Merapi.

Di saat week end atau musim liburan, ada banyak pengunjung yang ingin menikmati indahnya golden sunrise ini, terutama mereka para pecinta fotografi.

Sumber
Untuk menikmati indahnya golden sunrise, Anda bisa melihatnya melalui bukit Sikunir dengan perjalanan naik sekitar 500 meter. Di sini Anda juga menikmati indahnya pesona Negri di Atas Awan ini, dimana Anda bisa melihat lautan awan di bawah posisi Anda berdiri saat sudah ada di puncak gunung.

Sumber
Hawa dingin hingga 0 derajat celcius begitu menusuk tulang, maka dari itu persiapan seperti membawa jaket tebal, sepatu, sarung dan juga senter diperlukan karena jalan menuju lokasi belum di aliri listrik, tapi mungkin sekarang sudah terliri listrik. Namun, semua lelah terbayarkan setelah melihat indahnya matahari emasnya. Jangan lupa bawa kamera ya, percuma dong sudah capek capek naik kameranya ketinggalann.....ihiks ihiks...

Saat bulan Agustus hingga September ataupun saat musim kemarau, di kawasan Dieng terutama di pelataran Kompleks Candi Arjuna, Anda bisa menikmati moment jatuhnya awan salju atau biasa di sebut embun upas. 
Embun upas yaitu embun yang akan berubah menjadi salju. Dinamakan embun upas karena embun tersebut bisa mematikan tumbuhan tumbuhan sekitar karena mengandung racun (upas). Saat moment turunya embun ini, banyak fotografer fotografer yang datang untuk mengabadikanya dalam gambar. 

Untuk bisa melihat indahnya Golden Sunrise, Anda harus berangkat pagi pagi sekali sekitar jam 4 agar bisa melihat matahari terbit dengan warna emasnya.

[2] Bukit Teletubbies di Dieng

Di Dieng, juga ada loh bukit Telletubbies, iya teletubbies itu loh, yang Tingki Wingki, Dipsy, Lala, Pooh...hehehe...
Bukit Telletubbies ini akan lebih indah jika Anda berkunjung saat musim penghujan, karena rumput akan tumbuh subur. Pola tanah yang berbukit bukit layaknya bukit Telletubbies seperti di TV memberikan sensasi yang berbeda seakan kita liburan di taman bersama Telletubbies. Akan menjadi kejadian yang sebenarnya jika datang ke bukit ini dengan membawa kostum Teletubbies atau bonekanya....hehehehe...

[3] Menelisik Peninggalan Sejarah Candi Kuno

Di Dieng, juga terdapat banyak peninggalan Candi Candi loh, seperti Candi Arjuna, Candi Dwarawati, Candi Bima dll. Kompleks Candi Dieng ini merupakan peninggalan Candi Hidhu tertua di Pulau Jawa. Selain itu benda benda purbakala juga tersimpan dengan baik di Museum Kaliasa lengkap dengan film dokumenter tentang Candi Dieng. 

Di Kompleks Candi ini juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat indahnya embun upas yang jatuh saat musim kemarau tiba. Dan yang terpenting, tempatnya bersih dan asri loh, menjadikan liburan semakin asyikk...

[4] Melihat Keasrian Telaga Telaga Dieng

Wisata Dieng itu banyak, selain yang diatas saya ceritakan, juga ada wisata lainya yaitu telaga. Bukan hanya 1, tapi ada 7 telaga sekaligus. Salah duanya adalah telaga warna dan telaga pengilon.

Sumber
Di namakan telaga warna karena telaga tersebut akan berubah ubah warna saat terkena pantulan cahaya seperti hijau, biru, kuning, coklat dan silver. Sedangkan telaga pengilon memiliki air non belerang yang sangat jernih. Dua telaga ini letaknya berdekatan, dan akan lebih indah jika di lihat dari tempat yang tinggi seperti dari Batu Pandang atau dari Bukit Sidengkeng.

[5] Melihat Aktifitas Vulkanik di Dieng

Dieng yang merupakan dataran tinggi ini, memiliki banyak kawah kawah aktif yang juga merupakan tempat favorit para wisatawan, salah duanya yaitu kawah Sikidang dan Kawah Sileri. 

Dari semua kawah yang ada, Kawah Sikidang menjadi tempat favorit para pengunjung. Dinamakan Kawah Sikidang, karena dulunya ada sebuah kisah yang menceritakan tentang Raja Kidang Garungan yang berakhir tragis, Raja tersebut tertimbun di dalam sumur yang sekarang menjadi Kawah Sikidang.

Karena uap dari rekahan kawah yang bisa melompat lompat seperti seekor Kidang (Rusa) maka di namakan Kawah Sikidang. Sedangkan di beri nama Kawah Sileri karena kawahnya mirip air cucian beras (leri) sehingga di namakan Kawah Sileri.
Dan, masih banyak loh wisata wisata lainya. Keren keren kan tempatnya, Indonesia emang kaya.."Aku Cinta Indonesia". 

Bagaimana menuju kesana ?

Kalau dari Jakarta menggunakan pesawat, bisa turun di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, atau jika lewat Semarang bisa lewat Bandara Ahmad Yani, kemudian cari bus, taksi atau travel menuju Dieng.

Tenang...Tiket Pesawat dengan harga bersaing bisa di dapat ko di airpaz.com, kalau aku sih pilih Garuda Indonesia, soalnya seperti kita tahu bahwa maskapai ini merupakan maskapai penerbangan pilihan keluarga Indonesia dengan pelayanan yang ramah.

Dengan dukungan maskapai penerbangan proffesional dan tempat beli tiket pesawat yang berkualitas, perjalanan semakin asik dan menyenangkan....
Salam berwisata...

Referensi :
[1] http://www.cumilebay.com/2012/07/sunrise-sikunir-dieng.html
[2] http://obyekwisatadieng.com

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Pesona Indahnya Dieng si Negri Khayangan"

  1. Aku ke Dieng baru sampe Gunung Praunya, sayang banget ya belum mengeksplore lebih lanjut, dingin banget udara di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kalau ke Bukit Sikunir untuk liat Golden Sunrisenya, pasti bakal ketagihan

      Hapus
  2. Mas, bikin tulisan tentang kegiatan Gathering dll di Banjarnegara kemarin dong mas, penasaran dengan kegiatan-kegiatannya.. Kemarin pingin ikut ke sana, sayang terbatas waktunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, nanti ya, ini lagi bikin artikel lain dulu. Btw besok di undang lagi lo, ikutan ya..

      Hapus
  3. Aku belum pernah mampir ke Dieng mas...tapi seneng bgt liat foto2 di postingan ini...bukit teletabies di Indo ada yaks...seru

    Telaga Dieng dan wisata Candi yang paling aku suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus2 kan Mbak foto2nya, Dieng itu indah banget, apalagi golden sunrisenya, dan pastinya lebih puas kalau datang langsung ketempatnya

      Hapus
  4. Mampir ke postingan terbaruku ya mas :)

    Makasih sebelumnya,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh Mbak :-) terimaksih juga sudah mampir ke blogku juga (2x malah :-))

      Hapus
  5. Terima kasih untuk sebuah komentar yang berkualitas. Semoga Mas Amir semakin banyak menyajikan konten2 berkualitas juga semakin banyak rejekinya. Semoga tulisan ini juga juara. Amin amin amin ya robbal alamin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak, cuma itu yang bisa saya berikan, karena cuma itu kemampuan saya, sukses juga buat Mbak, semoga cita citanya cepat terlaksana, amin amin ya rabbal ngalamin :-)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Ayo ke Dieng, bagus banget pemandanganya lo...

      Hapus
  7. Tulisan menarik terimakasih atas partisipasinya dalam lomba menulis blog airpaz, semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari airpaz yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, terimakasih juga sudah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus