Mayuh Plesir Maring Banjarnegara - Akeh Wisata Eksotise


Mungkin Anda akan tertawa ha ha ha atau he he he…setelah membaca judul dan percakapan di atas. Bagi orang Jawa terutama dengan logat ngapak seperti saya, membaca judul artikel ini pasti sudah tahu artinya apa ? Yup, artinya yaitu “Ayo wisata ke Banjarnegara – banyak wisata eksotisnya

Oke, kebetulan saya sendiri tinggalnya di kota Kebumen, dimana lokasinya begitu dekat dengan Banjarnegara, yaitu di sebelah selatannya. Banjarnegara juga terkenal sekali dengan dawet ayunya, makanya icon kota Banjarnegara  di simbolkan dengan penjual dawet ayu, unik ya ?

Gambar di pinjam dari sini
Beberapa waktu lalu saya juga sempat berkunjung ke Banjarnegara dengan motor bareng teman, saya lewat pasar Gombong melalui kecamatan Sempor dan menuju ke arah utara hingga sampai ke Banjanegara.

“Eh Bro, lokasi pase sih nang ngendi, misal sekang Jakarta ?” (Eh Bro lokasi tepatnya dimana sih, misal dari Jakarta ?)

Oke, misal kamu dari Jakarta naik kereta api nih ya, turun saja di stasiun Purwokerto, dari stasiun tersebut bisa naik taksi atau angkutan umum, lalu turun di terminal bus Bulupitu Purwokerto. Nah, dari situ bisa naik taksi atau bus arah Banjarnegara.  

Kalau naik pesawat bisa turun di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, lalu naik taksi, travel atau bus tujuan Banjarnegara

Sedangkan dari Bandara Ahmad Yani Semarang, bisa naik bus, taksi atau travel juga bisa.

“Nah, misal sekang Surabaya Jawa Timur, kepriwe ?“ (Nah misal dari Surabaya Jawa Timur, bagaimana ?)

Bisa ko, misal jika menggunakan kereta api, turun saja di stasiun Purwokerto, lalu cari bus atau taksi tujuan terminal bus Bulupitu Purwokerto dan cari bus lagi jurusan Banjarnegara. Kalau pakai pesawat rutenya ya sama seperti dari Jakarta.

“Lah, misal sekang Bandung ?” (Lah misal dari Bandung ?)

Kalau dari Bandung naik kereta juga bisa, turun di stasiun Purwokerto. Kalau pakai bus bisa turun langsung di terminal Bulupitu Purwokerto, lalu ambil bus atau taksi jurusan Banjarnegara.

Tinimbang (dari pada) ribet, sewa travel saja, atau kalau punya mobil ya pake mobil saja, jangan lupa bawa smartphone ya untuk melacak wisata wisata bintang lima Banjarnegara lewat GPS, biar gak bingung gitu.

“Lah nek sekang luar Jawa, misal Sumatera utawa Kalimantan ?” (Kalau dari luar Jawa, misal Sumatera atau Kalimantan?)

Turun saja di bandara Adi Sucipto Yogjakarta, atau bandara Ahmad Yani Semarang. Btw, di Cilacap juga ada bandara loh, namanya Bandara Tunggul Wulung, biar lebih deket. #kenapa_gak_bilang_dari_tadiiiii....... :-(

Kan biar baca semua.......hehehehehe....


“Emange sing menarik nang Banjarnegara kuwe apa sih Bro, inyong kepengin ngreti ?” (Emangnya yang menarik di Banjarnegara itu apa sih Bro, aku ingin tau  ?)

Wow…akeh banget Bro, ora ngandel ? parani bae (Wow…banyak banget  Bro, nggak percaya ? datangin saja)

“Emange apa bae ?" (emangnya apa saja ?)

Ngeneh geneh, tek tidokna (sini sini, tak kasih tau). Jadi di Banjarnegara itu, ada banyak sekali wisata kerennya. Jangan salah ya, walaupun Banjarnegara bukan termasuk kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan yang lainya, namun tempat wisata di Banjarnegara juga buanyak dan ajib ajib bin keren....

 “Masa sih ?” (Masa sih ?)

Benerrrr…bukan hanya itu saja, jenis jenis wisatanya juga seabrek abrek, mantep banget dan layak banget buat di kunjungi. Dan, yuk kita ulas bersama sama.

[1] Kompleks Candi Arjuna Dieng

Tahukah kalian jika Dieng juga di sebut Eropanya Indonesia ?

“Lah, deneng ?” (lah, kok bisa)

Iya, soalnya di saat bulan Agustus dan September, udaranya sangat dingin hingga minus 3 derajat celcius. Saking dinginya, butiran butiran embun di atas dedaunan atau atap atap rumah akan berubah menjadi kristal air. Jadi gak perlu ke Eropa jika ingin merasakan hawa dingin salju ini.....

Dieng membeku di bulan Agustus dan September. Gambar di pinjam dari sini dan dari sini
“Wuih, inyong dadi penasaran” (wuih, aku jadi penasaran)

Dinamakan Kompleks Candi, karena terdapat lebih dari 1 Candi, seperti Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati dll.

Komplek Candi Dieng. Gambar di pinjam dari sini
[2] Kawah Sikidang

Menurut cerita, di namakan Kawah Sikidang karena dulunya ada kisah cinta seorang Raja Kidang Garungan yang berakhir tragis karena tertimbun di dalam sumur yang sekarang adalah Kawah Sikidang itu sendiri. Raja Kidang Garungan ini di tolak cintanya lantaran bentuk fisiknya yang berbadan manusia, namun berkepala Kidang/Rusa.

Yang unik dari Kawah Sikidang adalah uap kawah yang selalu berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lainya dengan cara melompat lompat seperti se-ekor Kidang. Btw, Kidang itu Rusa ya…

Ngerti ora Bro, nek kawaeh bisa nggo obat, akeh wong ngomong kaya kuwe sih ? (tau nggak Bro, kalau kawahnya bisa di pakai obat, banyak orang bilang begitu sih ?)

“Ah, masa sih ?” (ah,masa sih ?)

Bener, belerang di kawah ini berkhasiat menghilangkan penyakit kulit loh, buat kalian yang mungkin kena eksim, gatal gatal, dengan kawah belerang ini bisa menjadi obatnya. Selain itu juga bisa mengobati pegal pegal, rematik dan relaksasi (jika emang cocok ya, secara obat kan jodoh jodohan).

Kawah Sikidang. Gambar di pinjam dari sini
[3] Kawah Sileri

Di namakan kawah sileri karena air kawahnya berwarna putih seperti leri. Leri itu air cucian beras biasa orang Jawa menyebutnya. Kawah Sileri ini juga tak kalah keren loh, jadi air kawahnya bisa menguap, berputar putar dan melayang layang di udara, mirip seperti cerita di dongeng dongeng gitu.

“Wuih, deneng bisa” (wuih, ko bisa?)

Itulah keunikan dari Kawah Sileri ini. Selain itu, sebelum memasuki pintu gerbangnya, Anda akan di suguhi ladang pertanian seperti kacang, buah carica dan sayur mayur lainya.

“Carica kuwe apa sih ?” (carica itu apa sih ?)

Carica itu sejenis pepaya, namun tumbuhnya di dataran tinggi, enak banget, mau coba ? makanya, Ayo ke Banjarnegara. Pembahasan lengkapnya pada bagian akhir artikel ya..

Kawah Sileri. Gambar di pinjam dari sini
[4] Curug Pitu

Curug Pitu. Gambar di pinjam dari sini
Eh, ngerti ora Bro, neng Banjarnegara ana air terjun pitung tingkat ? (Eh, tau nggak Bro, di Banjarnegara ada air terjun 7 tingkat ?)

“Masa sih ?” (masa sih?)

Bener, jadi air terjunya tinggi banget, udah gitu airnya jernih dan bersih karena dari pegunungan. Tingginya kurang lebih 50 meter, waow. Jadi ada air terjun tingkat pertama, naik lagi tingkat kedua, naik lagi tingkat ketiga sampai ke tujuh. Kalau sudah sampai ketujuh bisa melihat kebawah dan pemandanganya indah banget.

Curug Sirawe. Gambar di pinjam dari sini
Selain Curug Pitu, ada juga Curug Sirawe, nggak kalah indahnya kok. Malah di Curug Sirawe ini kalian bisa merasakan perpaduan antara air panas dan dingin, jika mendongak ke atas bisa menikmati rintik rintik gerimis dari air terjunya, keren kan ?

[5] Telaga Balekambang dan Telaga Merdada

Buat kalian yang hobi memancing, ada juga nih Telaga Balekambang dan Telaga Merdada, disini banyak ikan untuk memuaskan hasrat memancing kalian, atau mau beramain sampan, boleh, datang saja ke Banjarnegara.

Telaga merdada. Gambar di pinjam dari sini
Telaga Balekambang. Gambar di pinjam dari sini
[6] Sumur Jalatunda

Bro, kepengin cita citamu terkabul, ora ? (bro, kepengin cita citamu terkabul, nggak ?)

“Ya kepengin dong, emang kepriye carane?” (ya kepengin dong, memang bagaimana caranya?)

Datang saja ke sumur jalatunda Banjarnegara, entah ini benar atau enggak, tapi banyak orang yang mempercayainya. Kalau aku sih percaya keapada Tuhan Yang Maha Esa, tapi bisa jadi, ini adalah lantaranya (jalan untuk mencapai suatu tujuan). Namun semua kembali ke masing masing.

Sumur Jalatunda. Gambar di pinjam dari sini
Jadi jika Anda seorang yang ingin mendapatkan jodoh, karier yang bagus, ataupun ingin menang lomba blog misalnya lomba blog Banjarnegara, boleh di coba ko melempar batu di Sumur Jalatunda
Caranya hanya dengan melempar kerikil saja, buat wanita akan tercapai impianya jika bisa melempar sampai ke tengah sumur. Sedangkan untuk pria jika lemparan kerikilnya bisa melewati sumur, sampai ke ujung sumur sana itu, itu disana, lihat gambar di atas. Kerikilnya sendiri banyak di jual di sekitar area sumur tersebut

“Wuih, inyong dadi penasaran banget, sapa ngerti jodohku cepet ketemu hehehe...“ (wuih, aku jadi penasaran banget, siapa tau jodohku ketemu hehehe...) #curhat

Kalau gitu ke Banjarnegara saja, ya ? catet wisata ini di kertas, karena ini point penting bangetsssss...

[7] Museum Kaliasa

Ada juga loh wisata budaya di Banjarnegara, yaitu museum kaliasa. Di museum ini kalian bisa mengetahui sejarah terbentuknya dataran tinggi dieng. Selain itu kalian juga bisa melihat langsung film tentang jejak peradaban dieng.

Museum Kaliasa. Gambar di pinjam dari sini
[8] TRMS Serulingmas

Eh Bro, ngerti ora nek neng Banjarnegara kuwe ana kebon binatange ? (Eh Bro, tau nggak kalau di Banjarnegara ini ada kebun bintangnya ?)

“Oh ya ?” (oh ya ?)

Di TRMS Serulingmas ini, kalian semua bisa melihat banyak satwa seperti Harimau, Gajah, Ular, Orang Hutan dan lain sebagainya. Jadi tak perlu repot repot ke Jakarta atau Yogjakarta untuk bisa wisata kebun binatang.

TRMS Serulingmas. Gambar di pinjam dari sini
Selain itu TRMS Serulingmas juga di lengkapi dengan waterboom atau kolam renang baik dewasa ataupun anak anak, panggung hiburan, pemancingan umum dan makam. Lengkap kan ?

"Iya, ana kabeh nang Banjarnegara ya ?” (iya, ada semua ya di Banjarnegara ya ?

Pancen (memang), makanya, Mayuh Plesir Maring Banjarnegara

[9] Buah Carica

Nah, ini dia buah Caricanya. Selain wisata alam dan wisata budaya, di Banjarnegara ini juga ada agro wisata seperti buah Carica ini. Buah ini tidak boleh di makan mentah, melainkan harus di olah terlebih dahulu sebelum di konsumsi, seperti contohnya di buat minumaan seperti pada gambar di bawah :

Buah Carica dan olahanya. Gambar di pinjam dari http://www.ascodieng.com/
Pasti kalian belum pernah mencicipi buah Carica ini kan, hayo ngaku ? Yup, datang saja ke Banjarnegara, banyak ko...toko toko yang menjual makanan olahan dari buah ini.

“Aduh, rasane mesti seger banget” (aduh, rasannya pasti seger banget)

So pasti dong. Buah ini mirip pepaya dan hanya tumbuh di dataran tinggi saja, jadi mungkin hanya ada di Banjarnegara untuk bisa mememetik langsung buah ini.

Selain rasanya yang segar, buah ini berkhasiat juga untuk mencegah sel kanker, melancarkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan mata dan kulit, membunuh bakteri jahat di usus dan melancarkan pencernaan.

Selain itu agro wisata lain yaitu ada salak pondoh yang juga di jadikan manisan serta keripik salak, dan ada juga agro wisata kebun strawberry.

[10] Arung Jeram Serayu

Di Banjarnegara kalian juga bisa loh menikmati wisata air arung jeram, yaitu di sungai serayu. Ini cocok banget banget yang suka olahraga air. Silahkan puaskan hasrat hobi air ini di Sungai Serayu ini.

Gambar di pinjam dari sini
[11] d’Qiano

Mau tau apa itu d’Qiano ?
d’Qiano adalah wisata air (waterboom) di kawasan dataran tinggi Dieng yang memiliki fasilitas air hangat yang berasal dari mata air Sileri Dieng.

d'Qiano. Gambar di pinjam dari sini
“Waow, banyu anget sekang tuk tukan, cocok banget” (waow, air anget dari mata air, cocok banget)

Iya, itulah yang membedakan antara waterboom d’Qiano dengan yang lainya. Secara air anget itu pastinya lebih sehat, apalagi ini langsung mata air pegunungan, alami banget dan banyak yang percaya air ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, reumatik dan bekas luka.

[12] Dawet Ayu Banjarnegara

Nah, ini yang di tunggu tunggu. Kalian pasti selalu penasaran kan wisata kuliner di tiap tiap daerah yang kalian kunjungi ? Nah, di Banjarnegara ini, ada banyak banget wisata kulinernya, yang paling terkenal yaitu dawet ayu khas Banjarnegara, yang merupakan icon nya kota Banjarnegara

Dawet Ayu Banjarnegara. Gambar di pinjam dari sini
FYI : Dawet ayu Banjarnegara sudah sampai di jual di Singapura loh, Thailand juga. Bahkan, kedubes Singapura pernah membeli dawet ayu ini.
Sedangkan kuliner lain khas Banjarnegara ada soto krandegan, ikan patin bakar bambu, buntil, pecel kangkung dll. 

Kuliner khas Banjarnegara. Semua gambar di pinjam dari sini
[13] Brenong Kepang

Salah satu wisata budaya yang ada di Banjarnegara yaitu brenong kepang. Yaitu salah satu acara adat sebagai salah satu syarat jika seorang laki laki akan menikah pada jaman dahulu.

Acara adat Brenong Kepang. Gambar di pinjam dari sini
Salah satu syarat yang di gunakan yaitu semua jenis peralatan dapur dan berbagai sesaji. Selain itu ada juga ada rampak yakso, sunatan tempo dulu, lesung dan kotekan, dll.

[14] Kolek Benda Cagar Budaya

Untuk koleksi benda cagar budaya, di sini terdapat banyak Makan seperti Makam Bogem, Makam Kyai Kedung Lumbu, Makam Girilangan dll.

Makam Bogem. Gambar di pinjam dari sini
[15] Event event di Banjarnegara

Event di Banjarnegara itu sering banget, salah satu contohnya yaitu Dieng Culture Festival. Inti dari acara ini adalah ruwatan anak berambut gimbal, dimana anak tersebut di percaya sebagai anak titisan dewa. Mau tau seperti apa acara tersebut berlangsung, lihat video di bawah ini :


Selain festival ini, juga banyak festival lain, seperti Festial Durian, Chandradimuka off Road, Serulingmas Ocehan Expo dan masih banyak yang lainya.

[16] Hotel dan Akomodasi

Untuk hotel dan akomodasi, banyak juga tersedia di sini, harga mulai dari 100.000 an mengikuti fasilitas yang di sediakan. Contohnya seperti Hotel Surya Yudha, Hotel Asri, Hotel Soekanandi, Hotel Centra,l THE PIKAS adventure Resort dan masih banyak lagi yang lainya.

Hotel Asri Banjarnegara. Gambar di pinjam dari sini
Beberapa waktu lalu temen saya juga habis dari Dieng, mereka menginap di homestay terdekat dengan tarif Rp 250.000,- sehari semalam, namun yang lebih murah dari itu juga banyak, mulai dari kelas backpacker sampai executive.

Pemilik rumahnya ramah loh, bahkan temen saya di kasih makanan, di suguhin teh, mie rebus,  ada kompornya juga, pokonya baik deh ke para pengunjung wisata.

Oiya, homestay tempat teman saya menginap juga ada fasilitas air hangatnya untuk mandi, jadi gak pake kedinginan kalau mau bersihin badan. Beberapa foto homestay yang ada bisa di lihat pada gambar di bawah :

Homestay Naufalyn. Gambar di pinjam dari http://www.ascodieng.com
Homestay Potato. Gambar di pinjam dari http://www.ascodieng.com
Bagaimana, luas dan nyaman kan homestaynya ?

“Wuih, dadi kepengin banget meng Banjarnegara. Nek balik nggawa apa, oleh oleh ?” (Wuih, jadi kepengin banget ke Banjarnegara. Kalau pulang bawa apa, oleh oleh ?)

Untuk rumah makan juga banyak, beserta karaokenya juga. Biro perjalanan sudah pasti ada dong, banyak ko. Dan pastinya dengan harga bersaing.

Puas berwisata di Banjarnegara, jangan lupa oleh olehnya, ada keripik salak, sirup salak, manisan carica, jangan lupa beli dawetnya juga.

Keripik salak, oleh oleh khas Banjarnegara. Gambar di pinjam dari sini
Untuk cinderamatanya ada keramik kelampok, batik tulis gumelem dan kerajinan bambu 

Cinderamata Banjarnegara. Semua gambar di pinjam dari sini


Kesimpulan dan penutup

Bagaimana, keren keren dan banyak banget kan wisata Banjarnegara ? Dan pokonya lengkap banget koleksi wisatanya, mulai dari wisata alam, wisata budaya, agro wisata, wisata air dan lain sebagainya dan keren keren pula.

Selain itu, hotel, akomodasi, kuliner dan masih banyak lagi yang lainya, bisa Anda dapatkan di kota tercinta Banjarnegara ini dengan mudah dan tarif terjangkau, untuk rute menuju lokasinya pun mudah.

Dan dengan pengantar artikel yang sedikit menggunakan bahasa Jawa, semoga kalian bisa belajar bahasa Jawa ya, jadi pas saat berkunjung ke Banjarnegara tidak terlalu kagok saat ngobrol dengan orang Jawa. Bahasa Jawa kuwe kepenak koh (bahasa Jawa itu mudah ko)

Akhir kata, semoga rekomendasi wisata ini bisa menjadi bagian perjalanan liburan Anda sekeluarga. Dan tulisan serta grafis adalah buatan saya sendiri dengan Photoshop CS3 berpadu gambar manual.

Mayuh Plesir Maring Banjarnegara, akeh wisata eksotise, dadahhhh…jangan lupa share and coment nya juga, yang komen pake bahasa Jawa berarti emang bisa bahasa Jawa, atau bahkan sudah bisa berbahasa Jawa walaupun sedikit setelah membaca artikel ini.....

Artikel ini di ikutsertakan dalam kontes blog pariwisata Banjarnegara, untuk ikutan silahkan klik banner di bawah :



Sumber referensi artikel :
1. http://budparbanjarnegara.com/
2. http://bellindadiengtour.com
3. http://www.diengbackpacker.com
4. http://travel.detik.com
5. http://36.82.105.7/nusapedia/Banjarnegara/ID/place/437/sumur-jalatunda-keunikan-kawah-vulkanik-berusia-ribuan-tahun
6. http://wisatawanalam.blogspot.co.id
7. http://dawetayubanjarnegaraibueti.blogspot.co.id/
8. http://www.indonesiakaya.com

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Mayuh Plesir Maring Banjarnegara - Akeh Wisata Eksotise"

  1. makasih mas informasinya.. habis baca tulisan ini yang paling bikin pensaran malah arung jeram serayu... kok jadi ngerasa tertantang gitu ya.. padahal belom pernah nyoba arung seram gitu.. mungkin habis beradrenalin ada baeknya nyobain dawet ayu.. hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa mampir ke Banjarnegara kalau lg kesempetan. Pemandanganya keren abis

      Hapus
  2. Mas amir domisili di Banjarnegara atau dekat dgn banjarnegara? wiiiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Kebumen Mas, sebelah selatanya pas. Jadi deket, bejejeran

      Hapus
  3. Wihh keren yah ternyata Banjarnegara, besok traveling mau coba kesini hihi. terimakasih infonya...
    Btw template blognya lagi bermasalah ya mas? di saya kok kosongan yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, Banjarnegara emang keren banget, ada negri di atas awanya juga. Btw terimakasih atas masukanya, nanti saya cek

      Hapus
  4. ih sumpah keren nih tempatnya...
    ada candi-candi juga.
    bagus-bagus yah...
    Di Banjar ada delman juga ga sih spt di jogja?
    Dari Jogja emang deket yah?
    Berapa lama jam perjalanan kalo naik mobil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren banget
      Iya banyak Candi Candinya
      Bagus banget
      Ada delmanya juga seperti di Jogja
      Deket ko dari Jogja
      Dari jogja paling cuma sekita 3-4 jam an
      Btw terimakasih dah berkunjung :-)

      Hapus
  5. Mayuh bar bodo piknik maring banjarnegara kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Kang, wisata Banjarnegara itu indah banget

      Hapus
  6. Hmm, ternyata ada kawah eksotis ya, Mir.. pengen sekali-kali traveling ke luar Bandung.

    Maklum emak rumahan sayamah hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, Banjarnegara itu kya akan wisata, masih banyak lo wisata keren lainya, yuk mampir

      Hapus
  7. lost fokus sama hotele. Murah bangettttt 250 kamare gede. Coba dijakarta -_________-
    aku belum pernah kebanjarnegara.
    eh tapi logatnya emang mirip ama tegal dulu ada sekosan daerah sana soale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, logatnya mirip ama orang Tegal dan Kebumen, ngapax...xixixi...

      Hapus
  8. aku udah nyobain caricanya, enakkk, dibawain temen waktu abis mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak salah aku jg udah pernah nyobain buah Carica, tapi lupa kayak apa rasanya. Tar feh kalau k Banjarnegara

      Hapus
  9. Sepertinya leh uga tuh kesono.. Baru tau kalo ada kawah-kawah begitu :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banjarnegara itu keren bgt, apalagi Negri di Atas Awanya, keren bgt....yuk ke Banjarnegara

      Hapus
  10. Indonesia memang wonderful, jadi ke pengen kesana. TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banjarnegara emang keren, banyak wisata eksotisnya, contohnya Banjarnegara

      Hapus
  11. Wah, banyak juga ya tempat-tempat keren di Banjarnegara. Jadi pengen maen ke sana. Tfs, adek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, banyak banget, ayo kesana, sunrisenya terbit 2 kali loh, penasaran kan ? pokonya keren deh Banjarnegara....

      Hapus
  12. Komplit nih infonya, Dieng memang selalu ngangenin...masih penasaran pen liat matahari terbit disana :)

    BalasHapus
  13. wah... ternyata banjarnegara itu keren banget yak ckckck, eh tapi kalo boleh jujur ane justru lebih tertarik ke wisata kulinernya Sob secara ane itu Hobi makan :D :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren banget, apalagi silver and golden sunrisenya, keren abisss, makanya ayo ke Banjarnegara, dari Lombok turun saja di Yogyakarta, trus naik bus tujuan Banjarnegara, sampai deh...

      Hapus