Aku dan Buku yang Menginsnpirasiku


Saya ini sangat sukaaa sekali membaca buku. Kesukaanku membaca buku berawal semenjak kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dulu. Jadi pas waktu itu, aku kan mau ujian nasional, karena saya khawatir nggak lulus, maka saya pun menjadi semangat belajar melalui buku buku di perpustakaan. Beruntunglah karena ternyata perpustakaan sekolah saya banyak menyimpan buku buku bagus, jadi setiap istirahat, aktivitas saya selalu berada di perpustakaan.

Hobi saya membaca pun berlanjut hingga sekarang. Saya sampai membuat penegasan bahwa dari pada membeli barang yang tidak perlu, mendingan beli buku. Misalnya jika saat jalan bareng teman ke pasar malem atau mall, jika mereka beli baju, maka saya beli buku. Karena dengan membaca buku, kehidupanku akan semakin menjadi lebih baik di masa depan.

Dalam aktifitas sehari hari saya sekarang, selalu saya sempatkan membaca buku, seperti sebelum mulai menulis, saat duduk duduk santai di depan rumah, saat memancing, saat menunggu antrian dokter dan lain sebagainya. 

Jika ada orang berkata waktu adalah ilmu, biasanya ada yang menjawab “salahhhh waktu adalah uang, emang makan waktu bisa kenyang, apa ?” Tetapi bagi saya waktu adalah ilmu. Dengan ilmu, kita bisa mencari nafkah dengan cara yang lebih mudah, iya nggak ?

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti kuis di twitter karena hadiahnya berupa voucher belanja buku di Gramedia, dan beruntunglah saya karena saya bisa menang. Tapi sayangnya di tempatku tidak ada toko buku Gramedia, paling dekat adanya jauh di Jogjakarta dan Purwokerto. Namun karena saya hunter membaca buku, hal itu sangat tidak masalah. Jauh bukan masalah asalkan saya bisa jajan buku, apalagi buku yang saya beli dari voucher tersebut total harganya agak banyak, yuhuuu…..ilmu baru nih.

Selain mendapatkan buku dari kuis, saya juga seneng banget loh saat berkunjung  ke bazaar buku, karena harganya irit bangetsss. Masa ada buku harga puluhan ribu di jual cuma lima ribu, waow…nggak boleh nggak beli tuh. 

O iya, kemarin pas waktu saya lagi ke Jakarta mengantar barang dagangan, saya juga ke toko buku, dan itu bagi saya hukumnya wajib. Masak mumpung lagi di Kota besar yang banyak toko bukunya saya nggak mampir, rugiiii. 

Saya juga sempet ngeliat buku buku yang nggak asing karena sering berseliweran di twitter, ternyata eh ternyata, itu adalah bukunya Mbak Ryawani Elyta dan Leyla Hana yang merupakan penulis kawakan, dan ternyata juga saya sudah sering bertutur sapa dengannya karena beliau juga adalah blogger, pokonya seneng banget deh membaca buku.


Bicara soal baca buku, saya juga punya 2 buku yang paling menginspirasi di tahun 2016 ini, ini dia bukunya :

1 Gagal Pertamax Gan

Buku dengan tagline “rahasia sukses itu biasa, ini dia rahasia kegalalan” ini saya dapatkan saat berkunjung ke toko buku di Jakarta kemaren, saya liat ko judulnya bagus yah, tanpa ribet saya beli deh buku itu, cuma Rp 25.000,- 

Novel motivasi dengan 192 halaman ini cuma menghabiskan waktu 3 hari untuk membacanya, rekor yang seumur umur baru saya pecahkan lewat buku ini.

Isi bukunya yaitu tentang perjuangan 6 orang sahabat yang memiliki cita cita besar semenjak SMP, yaitu menerbitkan sebuah novel juga. Ada banyak sekali rintangan yang mereka hadapi bersama sama dalam kekompakan. Saat membacanya, saya sampai merasa kasihan pada penulisnya karena selama hampir setiap kali usahanya selau gagal dan gagal terus

Namun dari kisah kegalalanya, saya banyak mendapatkan pelajaran bahwa untuk gagal itu sendiri juga memiliki rahasia, salah satunya yaitu bahwa jika kita gagal, hanya ada dua pilihan, yaitu jadi lebih kuat dari sebelumnya atau lebih lemah dari sebelumnya. 

Selain itu rahasia lainya yaitu bahwa gagal adalah guru terbaik, dengan gagal, kita bisa menjadi lebih dewasa, lebih bijaksana, lebih sabar, serta lebih mampu bersikap dan berpikir lebih positif.

Awalnya saya membaca novel ini hampir mau berenti karena bahasanya terkesan alay, namun semakin menuju ke halaman yang lebih jauh semakin dewasa cara penulisanya, jadi novel ini cara penulisanya mengikuti alur sesuai umurnya hingga akhirnya mereka semua bekerja dan sukses. Pokonya buku ini bener bener mengispirasi saya.

2 Gajian 50 perbulan, mau ?


Buku ini  adalah buku motivasi islami yang sedang saya baca dan hampir selesai. Buku karya seorang Dokter yang kebetulan tinggal sekota sama saya ini bener bener sangat menginspirasi. Ada banyak pelajaran yang saya dapatkan dari buku ini.

Membaca buku ini benar benar membuat saya jadi tau bahwa salah satu cara untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses adalah dengan banyak bersedekah, berbakti kepada orang tua, sholat tahaJjud, sholat dhuha dll. 

Dalam sesi zakat, buku ini menceritakan tentang seseorang tokoh yang menjadikan zakat menjadi keharusan yang wajib di laksanakan di setiap akumulasi penghasilan perbulanya.

Yang unik dari tokoh tersebut, bahwa dalam zakatnya selalu mentargetkan agar jumlah zakatnya di bulan berikutnya semakin meningkat dan meningkat, dengan keyakinan seperti itu, sang tokoh pun bisa berpenghasilan lebih banyak lagi karena selalu melakukan hal tersebut.

Bukan hanya itu, beliau (penulis) juga banyak mengisahkan tentang kehidupanya. Intinya, buku ini banyak mengulas tips islami bagaimana agar menjadi orang yang sukses baik di dunia maupun di akhirat. Cara penulisanya pun padat berisi dan berbobot, dan buku ini juga tak kalah mengispirasi saya.

Nah, itulah buku yang paling mengispirasi saya di tahun ini, kedepan masih ada banyak buku lagi yang akan saya baca. Dengan membaca buku, wawasan kita akan semakin luas. Dengan membaca buku, masalah ekonomi seperti yang sering dengan beritanya di TV bisa kita atasi lebih mudah secara perlahan lahan. Dan btw, kenapa saya menulis artikel ini, itu karena saya lagi ikutan GA nya Mbak Anne, Yuk, ikutan Giveaway for Booklovers di blognya Anne Adzkia.


Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Aku dan Buku yang Menginsnpirasiku"

  1. Setuju skali. Mumpung banget kalau di kota besar nggak mampir ke salahsatu toko bukunya. Cek emannyaa gitu. Hhhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banget, ke kota besar kok gak mampir ke toko buku, rugi banget

      Hapus
  2. Mau komentar sedikit boleh gak kang ? itu pada judul maksud nya Menginspirasi ya kang bukan Mengisnpirasi. Terimakasih kang sekedar memberi masukan aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas koreksinya :-)

      Hapus
  3. Gajian 50 juta mah lumayan banyak banget yaaaa ... mau mau mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, baca buku dan baca buku terus, biar dapet ilmunya buat dapet 50 jutaa....:-)

      Hapus
  4. good luck ya di GAnya mbak Anne. gaji 50 juta nanti bagi2 aku ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak Lidya Fitrian, doain ya moga aku bisa dapat 50jt/bln :-)

      Hapus
  5. Suka banget kalimat ini: salah satu cara untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses adalah dengan banyak bersedekah, berbakti kepada orang tua, sholat tahaJjud, sholat dhuha dll. Makasih sudah ikutan GAnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga kita semua bisa melakukanya. Terimakasih juga karena saya jadi bisa menyebar virus membaca buku :-)

      Hapus