Fungsi IF bercabang

Fungsi IF bercabang adalah fungsi dengan banyak pilihan jawaban. Disini Saya contohkan penggunaan Fungsi IF bercabang dengan 3 Jawaban. Berarti jika jawaban ada 3 penulisan Fungsi IF nya ada 2 Karena Jawaban ke 3 adalah Jika pernyataan bernilai salah.

Contoh Soal :
Simak baik baik,

Ada sebuah perusahaan sedang  menyeleksi calon karyawanya, perusahaan tersebut akan melakukan 2X tes yaitu tes tertulis dan wawancara dan akan di tentukan rata ratanya sekaligus merupakan penentuan diterima atau tidaknya calon karyawan tersebut dengan kekentuan sbb :

Jika rata rata hasil tes kurang dari 65 maka “Tidak diterima”
Jika rata rata hasil tes kurang dari 75 dan lebih besar dari 65 maka “Tunggu Panggilan”
Jika lebih besar dari 75 maka “Diterima”


1. Pertama Carilah rata ratanya terlebih dahulu dengan fungsi AVERAGE. Ketikan rumus di Kolom rata rata atau Sel E6 ( dalam excel saya ada di Sel E6) =AVERAGE(C6:D6) lalu tekan Enter.
2. Kedua Isilah keterangan dengan mengetikan rumus =IF(E6<65;"tidak diterima";IF(E6<75;"Tunggu Panggilan";"Diterima")) Tekan Enter

Jika hasilnya benar letakan pointer mouse di pojok kanan bawah sel tsb sampai berubah menjadi tanda panah kecil kemudian double klik atau drag ke bawah sampai semua sel terisi. Jika anda mencoba dan hasilnya sama dengan Contoh di atas maka anda sudah mengerti dan paham. Cara penulisan fungsinya adalah dengan melihat Ketentuan di atas. Cara membaca rumus di atas seperti ini :

Jika Nilai di sel E6 (rata rata) kurang dari 65 maka tidak diterima ; Jika Nilai di Sel E6 kurang dari 75 maka tunggu panggilan ; selain itu diterima

*Dalam rumus fungsi di atas tidak di tuliskan di fungsi IF yang kedua bahwa E6 lebih besar dari 65 dan lebih kecil dari 75 tetapi penulisanya E6< 75. Mengapa..? Karena “lebih kecil dari 65” yaitu “64” sudah tidak bisa untuk untuk diproses selanjutnya sedangkan 65 ke atas sampai 75 masih bisa di proses Untuk hasil Tunggu panggilan.
Saya menuliskan ini karena sempat bingung di bagian fungsi tsb*










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi IF bercabang"

Posting Komentar