Pengalaman Mata Kering dan Cara Mencegahnya Bersama Insto Dry Eyes


Foto : https://insto.co.id/

Halo guys, menjadi freelancer blogger yang setiap hari harus menatap layar komputer dan handphone membuat mataku seringkali terasa kering dan pedih. Namun ini harus saya lakukan agar dapur tetap ngebul. 

Ini berat memang buat sebagian orang yang memang tak mau direh (terikat) bekerja dengan orang lain, lalu memilih bekerja lepas menjadi freelancer seperti saya. 

Kadang suka mikir “apa saya harus bekerja seperti orang-orang ya, yang tidak berhubungan dengan komputer biar mata gak pedih?” 

Namun itu mustahil dan tidak mungkin saya lakukan. Saya tak mau meninggalkan dunia blog yang sudah membesarkan nama saya. Walaupun harus beresiko mata kering karena selalu menatap layar berjam-jam setiap hari. 

Gak apa-apa lah, semua pekerjaan pasti ada resikonya. Yang penting saya tidak berlebihan melakukannya dan bisa bersikap bijak. Mata kering dan pedih memang tidak nyaman. 

Dan beberapa gejala mata kering yang saya rasakan  antara lain : 

1. Mata terasa panas dan sering berair. Terasa sepet, pegal, dan perih. 

2. Seringkali silau jika melihat cahaya terang di bawah terik matahari

3. Berwarna merah dan kantung mata menghitam

4. Sering keluar air mata 

5. Kalau pagi sering keluat kotoran dan kadang rada banyak. 

Penyebab mata kering

Menurut halodoc penyebab mata kering disebakan karena mata tidak mendapatkan cukup pelumas, sehingga mata menjadi kering. 

Mata kering juga karena penyakit yang mengganggu komponen lemak pada air mata, seperti blefaritis menahun dan juga distikiasis. 

Selain itu mata kering juga disebabkan karena obat-obatan dieuretik, dan faktor usia juga bisa jadi penyebabnya. 

Masih menurut halodoc di artikel yang berbeda, adapun komplikasi bahaya mata kering jika tak segera ditangani, misalnya seperti : 

1. Infeksi mata, karena kekurangan air mata, maka akan mudah terjadi infeksi. 

2. Kerusakan di permukaan mata. Dalam kondisi parah, mata kering dapat mengakibatkan efek seperti peradangan, abrasi pada permukaan kornea, ulkus kalkulus, dan  masalah mata lainnya.  

3. Kurangnya kualitas hidup. Karena penglihatan terganggu, kualitas hidup akan menurun. Seperti sulit berkendara, atau mungkin takut keluar rumah. 

Oleh karena itu, cara yang saya lakukan untuk mencegah mata kering adalah sbb : 

1. Memberi jarak pandang antara layar laptop dengan mata. Oleh karenanya saya menggunakan keyboard eksternal dan tempat keyboardnya agak jauh dari layar. 

Sehingga jarak pandangnya agak jauh. Dari yang tadinya bisa 20 cm - 30 cm, sekarang bisa 70 sampai 1 meter. Dan ini sudah saya lakukan sejak lama. Dengan begitu mata tak terlalu pedih. 

Di tambah lagi layar laptop sudah mendukung peredup cahaya, sehingga lebih nyaman di mata. 


Dokpri

2. Tidur cukup. Saya selalu berusaha tidur cukup. Biasanya jam sembilan atau sepuluh malam sudah tidur dan bangun jam lima. 

Kadang malah tidur lebih awal lagi. Alhasil paling enggak saya bisa istirahat 7-8 jam. Bagi saya istirahat cukup itu penting. Karena kalau kurang tidur mata jadi panas. 

3. Memakai kacamata hitam saat keluar rumah. Saya sering pakai kacamata hitam  saat keluar rumah untuk menangkal sinar matahari yang masuk ke mata. Dan ternyata memang gak silau dan melihat jadi lebih nyaman. 

Saya ingin pandangan saya tetap jelas agar bisa menikmati indahnya dunia sampai tua. Sinar matahari yang masuk ke mata dapat mengakibatkan beberapa risiko jika terlalu lama terpapar. Saya begitu care dengan kesehatan mata, karena mata adalah jendela dunia. 

4. Berhenti sejenak saat bekerja untuk mengistirahatkan mata. Ini saya lakukan saat sudah bekerja sekitar 1-2 jam, kemudian saya keluar kamar untuk mengistirahatkan mata. Karena terlalu lama menatap itu bikin mata pedih. 

5. Olahraga teratur. Saya selalu rutin olahraga sejak 3 tahun terakhir. Dan tahukan kamu bahwa olahraga ternyata juga berpengaruh ke kesehatan mata. 

Menurut Dr. Claudia Lunghi, seorang neuroscientist di University of Pisa Italia yang dikutip dari kompas, olah fisik dapat meningkatkan kemapuan korteks visual yang dapat menguatkan penglihatan.

6. Ke dokter mata. Ke depan saya ingin merencanakan pergi dokter mata untuk memeriksakan kesehatan mata. Walaupun saat ini sehat-sehat saja. Tapi mencegah lebih baik daripada mengobati. 

#InstoDryEyes untuk #SolusiMataKering 

Mengenai keluhan mata kering, saya yakin kita semua tidak asing dengan brand Insto Dry Eyes untuk solusi mata kering. Dari zaman baheula saya pun saya sudah kenal insto dry eyes untuk mengatasi mata kering

Insto Dry Eyes bekerja dengan memberikan pelumas layaknya air mata dan dapat mengataasi kekeringan pada mata, dan juga meringankan iritasi pada mata akibat minimnya produksi air mata. Selain itu Insto Dry Eyes juga bisa digunakan sebagai pelumas untuk mat palsu. 

Mata kering mungkin terlihat sepele. Namun tak boleh disepelekan. Segera lakukan pencegahan sedini mungkin agar masalah dapat teratasi. 

Insto Dry Eyes adalah solusi mata kering dan merupakan brand ternama di Indonesia sejak lama. Jangan biarkan mata anda kering, segera ambil tindakan agar masalah dapat teratasi.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Insto Dry Eyes x Blogger Perempuan Network. Follow media sosialnya di 

IG :  @bloggerperempuan & @insto.id

Facebook: Blogger Perempuan Network & Buka Mata Buka Insto

Twitter: @BPerempuan

Posting Komentar

25 Komentar

  1. Semoga dengan adanya insto dry eyes ini dapat membantu para pekerja yang menggunakan mata sebagai modal utamanya.

    BalasHapus
  2. mata kerign memang cukup menggangu karena bisa penglihatan jadi ikut terganggu, brand Insto ini udah lama ya ada di pasaran pastinya dengna pengalaman yg lama tersebut bisa juga terjaga kualitasnya untuk mencegah mat akering

    BalasHapus
  3. Saya juga pernah alami gejala-gejala mata kering ini, karena terlalu akrab dg layar gadget..hehe .. Untung sekarang ada Insto Dry Eyes sbg solusinya ya..

    BalasHapus
  4. Memang benar setiap pekerjaan punya resikonya masing-masing. Katakanlah sebagai freelancer blogger. Sehari-hari kudu menatap layar. Secara kasat mata, badan emang nggak capek. Tapi pikiran dan mata yang capek. Kadang jari kering juga matanya. Insto Dry Eyes memang solusi banget buat pekerja kayak kita, Kak.

    BalasHapus
  5. Nah, bener tuh strategi pakai keyboard ekstra. Kalau aku beli yang bluetooth kak, cuma ya, harus pakai kacamata karena jaraknya jadi lebih jauh, hahaha...

    BalasHapus
  6. iya sihh aku juga kerjaannya byk di laptop kak makasih tips nya kak.. yang paling sering aku lakukan ya gerak lihat hijauan jarak jauh gitu

    BalasHapus
  7. Mata kering buat kita yang emang bisa seharian natap layar tuh gak boleh disepelekan. Kudu diatasi segera biar lihat juga nyaman dan pakai drama. Selain jaga mata, kudu sedia Insto Dry Eyes juga di rumah

    BalasHapus
  8. Mata saya sebelah kiri sering keluar air mata dengan sendirinya. Gak sakit sih tapi gak nyaman aja. Saya sedia Insto dong. Lebih baik menjaga daripada mengobati

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah aku juga pakai insto kalau mata merah atau kelilipan parah karena memang seampuh itu, dan mudah didapat juga, bisa beli di warung-warung

    BalasHapus
  10. Boleh ni aku praktekin juga cara kak Amir mencegah mata kering. Tak lupa juga buat sedia selalu insto dry eyes

    BalasHapus
  11. Persoalan mata kering memang tidak bisa diremehkan ya. Untung ada Insto apalagi kemasannya bisa dibawa ke mana-mana.

    BalasHapus
  12. mengalami mata kering udah jadi resiko yang cukup riskan dialami freelancer apalagi yang kerjanya emang depan latop ya, sedia instri dry eyes udah jadi hal yang wajib. karena mata kering kalau dibiarkan ganggu banget dan bisa makin parah. saya pernah ngalamin soalnya

    BalasHapus
  13. Tips nya bisa banget diikuti ya kak, apalagi aku lg ngerjain penelitian, tiap hari di depan laptop.

    BalasHapus
  14. Wah saya juga pake keyboard eksternal karena keyboard laptop sudah eror sih, hehe ternyata lebih sehat ya karena menambah jarak, mudahan kacamata ga nambah minusnya. Lama di depan laptop emnag kadang bikin mata kering, kudu sedia insto juga nih kayaknya

    BalasHapus
  15. Kesehatan mata kudu dijaga kak, tentunya sy juga stok insto biar mata ga terlalu lelah menatap layar.

    BalasHapus
  16. Kalau mata udah kering bikin gak nyaman beraktivitas, apalagi depan layar makin silau ya sehingga butuh ditangani cepat

    BalasHapus
  17. Cocok banget ini untuk yang aktivitas terus di depan layar, kebetulan pakai ini jadi mata gak kering lagi

    BalasHapus
  18. Saya juga pakek dong kak. Gausah ragu lagi sama insto mah

    BalasHapus
  19. Insto udah dari dulu selalu jadi andalan slu buat berbagai keluhan mata. Apalagi sekarang sering pakai soft lens, wajib banget punya Insto.

    BalasHapus
  20. Insto ini brand yang memang udah jadi andalan keluarga sejak dulu. waktu kecil kalau ngalamin mata merah atau mata kering pasti pakai produk ini hihi thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  21. wah ini tips nya bagus juga, selain saat mulai kurang nyaman pake insto, mencegah kerusakan mata dengan beberapa strategi cukup jadi inspirasi juga.

    BalasHapus
  22. Buat pekerja freelance seperti kita ini yang tiap hari di depan laptop emang kudu wajib jaga kesehatan mata, ya. Kalau nggak malah berbahaya. Dampaknya jangka panjang. Makanya aku juga sediain Insto di rumah buat antisipasi kalau kalau mata kering

    BalasHapus
  23. Dampak mata kering ngeri juga ya kak. Aku belakang juga ngerasain mata cepet lelah, dan suka agak nut-nutan gitu kalau terlalu lama di depan layar.

    BalasHapus
  24. Jadi seperti diingatkan banget nih, ka.. kalau bekerja di depan layar kudu tetap memberi jarak yang tepat. Karena mata lelah yang tak segera diobati bakalan semakin parah. HUhuh, sebelum itu terjadi.. bisa dibantu menggunakan insto dry eyes yah..

    BalasHapus
  25. Masalah mata kering dan mata lelah selalu percaya dengan Insto. Bahan aktifnya ampuh obati mata kering dan mata lelah. Bentuknya praktis dan mudah dibawa, cocok banget buat sehari-hari atau dibawa berlibur dan berkegiatan di luar ruangan.

    BalasHapus

Budayakan berkomentar dengan baik dan sopan :)