Alun Alun Karanganyar – Ruang Publik Kekinian Favorit Masyarakat Kebumen

Alun alun karanganyar Kebumen
Alun alun karanganyar Kebumen di bagian pojok selatan timur. Dok. Amir Mahmud
Note : tulisan ini lebih di khususkan untuk warga Kebumen, tapi untuk warga di luar Kebumen juga boleh banget membaca untuk menambah wawasan

Hai sedulur Kebumen di dimanapun kalian berada, apakabar nih semuanya ? Buat kalian yang sudah lama belum mudik, pasti kalian kangen seperti apa sih kondisi terkini alun alun Karanganyar Kebumen sekarang. Kalo dulu pas tahun 2000, alun alun ini sangat luas sekali dan rumputnya sampai ke tepi jalan. Dulu masih banyak wedus domba di padungkan atau di gembala disini, tapi sekarang tidak lagi. 


Dulu banyak sekali anak anak bermain sepak bola, basket, voli, di setiap sorenya, tapi sekarang jaman sudah canggih, mereka sudah berubah jadi generasi menunduk yang hobinya stalking medsos. 

Sudah sekitar 5 tahunan kalo gak salah, alun alun Karanganyar sudah di pugar sedemikian rupa bagusnya dan di kasih mimbar memutari lapangan. Banyak lampu lampu yang menerangi di sepanjang mimbar. Di tambah pohon pohon rindangnya, menjadikan tempat ini jadi tempat favorit muda muda setiap sorenya. 

Alun alun karanganyar Kebumen
Alun alun karanganyar Kebumen bagian lorong lorongnya. Dok Amir Mahmud
Karanganyar memiliki ruang publik yang sangat bagus, yaitu di alun alun itu sendiri. Apalagi karena di sekelilingnya banyak sekolah sekolah, menjadikan tempat ini sangat ramai setia harinya oleh muda mudi. 


Sayapun seringkali nongkrong di sini saat sedang jenuh di rumah atau saat sedang mencari ide dan inspirasi menulis. Udara sore yang sejuk dan banyak warung warung berdiri di sekelilingnya, membuat acara nongkrong makin seru. 

Alun alun karanganyar Kebumen
Alun alun karanganyar Kebumen bagian lapak pedagang. Teta bersih walau pas malah di pake buat dagang. Dok. Amir Mahmud. 
Seringkali, disini juga di adakan acara acara seperti festival band atau pasar malam. Kalau kemaren pas puasa 2018, acaranya pasar malam, tapi cuma 2 mingguan gak sebulan penuh. Kadang juga pas malam tahun baru. 

Tapi saya tidak suka jika disini di adakan acara seperti ini, karena komersial dan menghalangi masyarakat untuk menikmati ruang public, dan saat olahraga jadi terganggu, udah gitu pas acara berlangsung dan setelahnya juga menyisakan sampah pula. Jadi sangat gak menarik dan malesss…

Oiya, kalo pagi terutama hari minggu pagi, disini banyak orang berolahraga karena terdapat jogging tracknya. Sayapun seringkali olahraga di sini. Seru banget pokonya. 

Alun alun karanganyar
Jogging track. Dok. Amir Mahmud
Alun alun karanganyar
Jogging track 2. Dok. Amir Mahmud
Disini juga banyak cafe cafe, seperti kedai es krim, kedai seblak, ayam goreng, dan ada juga wifi cornernya, bayarnya 6 ribu untuk 12 jam. Seringkali saya garap kerjaan di wifi corner juga, abis itu nongkrong nongkrong di alun alun atau cafenya. Seru pokonya. 

Kalo di bandingin sama alun alun Kebumen kota, disini bisa di bilang lebih bagus, karena ramai banget dan sejuk. Favoritnya banget pokonya. Tapi jangan nongkrong sampe malem jam 10an ya, nanti di garuk polisi kayak teman saya, di gundulin wkwkwk, malu maluin orang tua. Dan yang bikin males itu saat para muda mudi menyalahgunakan tempat ini untuk berbuat tidak terpuji .


Nah, itulah kondisi terkini alun alun karanganyar, ruang publik favorit karena di kecamatan lain sepertinya tidak ada yang seperti in. Buat warganya yang lagi gak bisa liburan jauh, alun alun karanganyar pun bisa jadi tempat wisata lho karena tempatnya menarik dan memiliki pemandangan yang bagus. 

Alun alun karanganyar bagian utaranya, di gunakan saat upacara. Do. Amir Mahmud
Oiya, di tengah alun alunya juga ada taman bunga mataharinya dan bunga bunga lainya lho yang semakin menambah indahnya ruang punlik ini.
Alun alun karanganyar

Alun alun karanganyar
Taman di tengah alun alun karanganyar. Dok. Amir Mahmud

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Ikut senang sekarang alun-alun Karanganyar, Kebumen ikut bebenah memperindah ruang publik.
    Kalo dihias begini, tampilan kota jadi terlihat menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mas, makin banyak lagi ruang publiknya untuk masyarakat sekitar. Bisa ajak keluarga dan teman teman untuk sekedar santai dan berlibur bersama disana

      Hapus
  2. Kukira Surakarta aja yang ada namanya Karanganyar.

    BalasHapus
  3. Kirain karanganyar cuma ada di Solo, ternyata kebumen juga punya. Semoga semakin ciamik alun-alunnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Kebumen juga ada, ruang publiknya yang nyaman untuk bersantai santai

      Hapus
  4. Asik ya ruang publik semakin diperhatikan oleh pemerintah. Semoga juga ramah untuk anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada jogging tracknya, dan semoga kedepan semakin ramah buat anak anak

      Hapus
  5. Karanganyar itu nama kecamatan bukan sih mas? Lokasinya di Kebumen sebelah timur kan ya? Pernah ngelewati daerah ini misal pas perjalanan ke Cilacapa. Tapi belum pernah mampir ke alun-alunnya. Keliatan adem & bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sebelah barat Kebumen Mas, lokasinya ada di dalam, dari Pasar Karanganyar ngetan terus masuk jalan aspal

      Hapus

Budayakan berkomentar dengan baik dan sopan :)