Tips Bepergian Saat Pandemi Covid-19

Tips bepergian saat pandemi corona covid-19

Foto : Image by TheOtherKev from Pixabay 

“Kata pemerintah, di rumah aja bukannya tambah glowing malah makin burik hihihi”

Ya, begitulah jokes tik-tok yang saya lihat di instagram dengan efek suara lucu ala lagu tik-tok, saat awal-awal pandemi dulu. Bahwa pemerintah menganjurkan untuk tidak keluar rumah atau di rumah aja agar dapat menekan angka penyebaran covid-19.

Pandemi covid-19 yang hingga kini belum juga usai, ternyata membuat banyak orang penat dan pusing karena selalu berada di rumah. Apalagi mereka yang tinggal di perkotaan yang padat penduduk seperti Jakarta, bagaimana rasanya ya? 

Nah, setelah pemerintah memberlakukan new normal atau kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan, banyak orang mulai berani keluar rumah, terutama untuk liburan atau plesiran. 

Sebelum bepergian baik itu untuk wisata, urusan bisnis, berkunjung ke rumah saudara atau teman, pemerintah menganjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan tadi. Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut. 

Baca Juga : 5 Aksi Nyata Saya Cegah Virus Corona

Sebelum bepergian 

Sebelum bepergian, baiknya persiapakan berbagai keperluan seperti masker. Kalau bisa persiapkan lebih dari satu masker jika semisal yang lain kotor. Kemudian bawa juga handsanitizer agar dapat membersihkan tangan setelah memegang benda-benda yang sering dipegang orang. Seperti gagang pintu atau pegangan pada kendaraan umum. 

Bawa juga obat-obatan pribadi semisal kita akan menginap beberapa hari di hotel. Obat-obatan berguna sebagai antisipasi jika semisal kita sakit dalam perjalanan. 

Kemudian bawa juga makanan dan minuman agar tak membelinya di jalan guna menghindari kontak denga orang lain. Bisa juga bawa botol sendiri agar lebih aman. Dan jika kamu akan berlibur ke suatu tempat, lebih baik untuk tidak berkunjung ke lokasi yang ramai. Selain itu ketahui pula lokasi klinik atau RS terdekat bila terjadi kondisi darurat secara mendadak.

Saat bepergian

Saat bepergian, gunakanlah masker dengan benar. Jika semisal batuk atau bersin, baiknya menghindar dari orang-orang. Bila perlu gunakanlah face shield atau pelindung wajah karena akan semakin aman melindungi wajah kita dan orang sekitar dari resiko penularan.  Maskermu melindungiku, maskermu melindungimu, begitulah slogan yang sering saya lihat di banner pinggir jalan. 

Saat bepergian, jaga jarak juga penting dilakukan minimal dua meter. Setelah memegang benda-benda, jangan lupa juga cuci tangan dengan sabun agar selalu bersih bebas kuman dan virus. Jika tidak ada, bisa gunakan handsanitizer yang kamu bawa tadi.

Baca Juga : Xiaomi Band 3 untuk Hidup Lebih Sehat

Setelah bepergian 

Setelah bepergian, sebaiknya ganti baju terlebih dahulu dan rendam dengan deterjen agar kuman dan virus mati. Kemudian jangan berkunjung ke rumah saudara atau kerabat terutama lansia karena usia lanjut lebih rentan terhadap penularan. Stay at home selama 2 minggu untuk memastikan bahwa kamu tidak menunjukan gejala apapun. 

Namun jika semisal kamu menunjukan gejala seperti bersin, batuk, pilek, atau demam, bisa lakukan penyembuhan mandiri. Baik itu dengan obat-obatan yang yang tersedia di rumah atau ramuan herbal agar segera sembuh. 

Karena apa? Gejala panas, demam, batuk, pilek, bisa terjadi karena banyak hal. Sariawan saja bisa bikin badan panas. Kemaren saya juga sempet ada kayak semacam bengkak bentol dan bernanah di tangan dan membuat badan saya demam. Setelah saya buang nanah tersebut, demam  pun hilang. Terlalu banyak minum es juga bikin batuk dan pilek. Kesengat ubur-ubur pun bisa bikin badan panas. Soalnya kemarin ada yang mengalaminya di tempat saya. 

Jadi jika memang bisa diobati secara mandiri, kenapa tidak? Karena obat memiliki efek samping pada tubuh. Kalau saya pribadi sangat anti dengan obat. Namun jika semua usaha sudah dilakukan, bisa lakukan swab test untuk memastikan hasilnya. Dari situ akan diketahui jelas apa penyebabnya. Sekiranya itu saja yang bisa saya baiikan, semoga bermanfaat dan selamat berlibur. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Bepergian Saat Pandemi Covid-19"