6 Hal Produktif Yang Akan Kulakukan Sebagai Blogger dan Seller Online dengan Laptop Simple Ringan dan Powerfull, ASUS VivoBook 14 (A416 )

ASUS-VivoBook-14-A416-Simple-Ringkas-PowerFull-Untuk-Semua-Kalangan

Awal pernikahan dulu, saya pernah mengalami keadaan dimana saya kehabisan uang beberapa kali hingga harus meminjam ke saudara untuk kebutuhan sehari-hari. Dan itu adalah pengalaman spiritual pertama yang cukup berkesan setelah sekian lama hidup bergantung ke orang tua saat masih melajang dulu. 

Namun begitu saya enggan untuk minta ke orang tua. Malu dong karena saya sudah misah dan tak bergantung lagi dengannya. Dari pengalaman tersebut, saya merasa bahwa saya harus lebih bekerja keras dengan lebih produktif lagi karena saya seorang blogger lepas alias buruh yang tak mengandalkan gaji bulanan. 

Sebagai fulltimer blogger, saya seringkali keluar membawa laptop untuk keperluan pekerjaan.  Saya pernah berkunjung ke wisata alam yang jalannya cukup menanjak sambil bawa laptop. Saya juga pernah ke kota naik angkot untuk akses WiFi karena di rumah sedang mati listrik. Bahkan saya pernah membelah Jawa Tengah melewati dinginnya hutan Pekalongan yang dinginnya tidak karuan yang sepi di tengah hutan, naik turun, dan berbelok-belok. Oiya, saya juga pernah ke Jakarta membawa laptop untuk keperluan pekerjaan. Dan ini adalah pengalaman terrempong karena membawa 2 tas. 

Bepergian membawa laptop

Kalau untuk bepergian jarak dekat, WiFi corner adalah langganan saya saat butuh internet cepat. Dan itu sering saya lakukan. Bahkan beberapa kali pulang tengah malam saat orang-orang sudah tertidur lelap. Hujan pula. Dan itu saya lakukan karena harus submit artikel. Dan, apalagi kalau bukan lomba blog, hehe. 

Yah walaupun begitu tidak menyurutkan semangat saya untuk melakukannya. Karena seperti saya katakan tadi, saya harus bekerja keras karena saya bukan pegawai dengan gaji bulanan. Selain hobi tentunya.

Bukan itu saja, sebagai blogger yang sering ikut lomba, mau tak mau saya juga dituntut untuk bisa skill lain seperti desain grafis, video, dan animasi. Dan itu harus saya lakukan karena persaingan semakin berat.  

Untuk desain grafis, saya belajar photoshop untuk edit gambar, dan inkscape untuk vektor. Untuk animasi, saya belajar After Effect. Kalau untuk video biasa (video hasil rekaman) saya pakai windows movie maker. Dan itu saya lakukan secara otodidak lewat youtube. 

Untuk photoshop, mungkin ada setahun saya belajar sofware ini. Untuk inkscape, saya belajar setahun dengan durasi 1 jam setiap harinya pada pagi hari sebelum bekerja. 

Belajar desain grafis

Untuk After Effects, saya belajar 18 bulan dengan durasi 1-2 jam setiap harinya. Kalau untuk windows movie maker hanya beberapa minggu sudah paham karena antarmukanya mudah dimengerti. Namun begitu, saya masih terus memperdalam keahlian tersebut agar lebih maksimal hasilnya. Dan ini hasil saya belajar after effect. 

Bukan hanya itu, sebagai blogger, hampir setiap hari saya harus membaca artikel dan merangkai kata-kata. Kadang otak sampai blur banget saking banyaknya membaca. Ditambah dengan diharuskannya belajar skill tekhnis lain, lengkap sudah pekerjaan saya sebagai blogger penuh waktu ini. Membaca, menulis, menggambar, edit video, dan animasi. 

Sedangkan untuk jualan online, saya seringkali mendesain banner untuk jualan. Dengan desain yang menarik, pembeli akan semakin berdatangan. Ini sudah saya buktikan setelah mengganti banner jualan dengan yang lebih menarik. Dalam sekejap pengunjung bertambah. Bahkan dalam sehari bisa 40 barang terjual. Bagiku itu luar biasa. 

Desain banner untuk promosi jualan online dan terbukti laris

Dan ini lho foto saya lagi jualan online hehe. 

Jualan online kenur dan aksesoris layangan

Bukan itu saja, agar jualan online saya semakin meningkat omsetnya, saya juga membuat channel youtube agar calon pembeli bisa melihat langsung seperti produknya secara lebih jelas. Sudah ada 6 video yang saya buat untuk jualan mainan anak-anak ini yaitu kenur layangan dan juga kerangka layangan. 

Channel youtube untuk jualan online

Setelah video selesai dibuat, biasanya saya menguploadnya di WiFi corner agar cepat selesai dan juga hemat kuota. Dan itu artinya saya harus keluar rumah lagi. Jadi jika disimpulkan, pekerjaan saya sebagai blogger dan seller online, membutuhkan perangkat portable dalam hal ini laptop, namun dengan desain yang simple, ringkas, tapi powerfull. Dan ternyata gadget tersebut ada pada ASUS VivoBook 14 (A416). Laptop mainstream dengan desain simple dan ringkas namun powerfull, sehingga memudahan produktivitas saya. Oiya, laptop ini juga ditujukan untuk semua kalangan karena banyak varian yang tersedia. 


Jika saya memiliki ASUS VivoBook 14 (A416) ini, ada 6 hal tentang produktivitas yang akan saya lakukan. Dan harapannya akan mendatangkan segudang keuntungan. Berikut penjelasannya.

1. Saya akan lebih banyak bepergian dengan VivoBook 14 (A416) karena desainnya simple, ringan, dan konektivitas yang mendukung.

ASUS VivoBook 14 (A416) adalah laptop modern yang didesain untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan sering bepergian. Tidak heran jika bentuknya pun portable dan mudah dibawa kemana-mana. VivoBook 14 (A416) ini memiliki bobot hanya 1.6 kg dengan ketebalan 19,9 mm. Sehingga ia akan lebih mudah masuk dalam kompartemen tas. 

Kemudian ia juga dibekali tekhnologi NanoEdge Display yang membuat laptop ini tampil dengan bezel layar yang tipis dengan perbandingan layar ke bodi hingga 82%. Dan ini adalah salah satu rahasia mengapa laptop ini menjadi laptop dengan bodi lebih ringkas dibanding laptop 14 inch lainnya. Ia juga dibekali layar IPS (In Plane Swithing) dimana kontras warnanya akan selalu konsisten walaupun dilihat dari berbagai arah dan sudut.

Layar ASUS VivoBook 14 (A416)

Bukan hanya itu. VivoBook 14 (A416) juga dibekali layar 14 inch yang mendukung resolusi hingga full HD dan fitur anti glare atau anti silau  di mata, serta angle atau sudut pandang hingga 178 derajat. Sehingga bekerja atau belajar menjadi sangat nyaman.   

Lalu yang menjadi nilai plusnya adalah karena ia memiliki pelindung hardisk bernama HDD E-A-R yang berguna untuk melindungi data laptop terhadap benturan fisik, seperti terjatuh atau tersenggol. Fungsinya untuk meredam guncangan dan getaran.  

HDD E-A-R ini akan aktif secara otomatis mendeteksi suatu guncangan atau getaran pada ketiga sumbu. Sehingga dapat menekan risiko kemungkinan rusaknya HDD yang bisa merusak data dalam laptop. Dengan begitu, Anda, saya, tak perlu khawatir lagi saat bekerja dengan VivoBook 14 (A416), bahkan saat kendaraan sedang berjalan sekalipun.

Lalu pada bagian tutupnya juga diperkuat yang memiliki fungsi seperti pelindung pada mobil. Pelindung ini juga akan menyokong struktural bagaian cover, engsel, dan layar.

Perlindungan logam kuat pada VivoBook 14 A416

Bukan hanya itu, baterai VivoBook 14 (A416 )juga dapat bertahan 8 jam lho. Jika diasumsikan maka dapat digunakan untuk bekerja seharian dari pagi hingga sore. Tidak perlu takut baterai habis walau harus berlama-lama di WiFi corner atau eksplor suata daerah. Untuk chargernya juga cukup ringkas dengan bobot hanya kisaran 200 gram saja sehingga mudah masuk dalam tas. 

Oiya, saya juga tak perlu khawatir semisal saya ingin meminta foto atau file dari media penyimpanan teman yang berbeda-beda jenisnya (misal USB atau microSD), karena laptop ini juga memiliki konektivitas memadai. Seperti 2 buah USB 2.0 dan juga 1 buah USB-C 3.2 untuk transfer data kecepatan tinggi. 

Jika misal memerlukan tampilan ke layar monitor yang lebih besar, ia juga dibekali port HDMI. Sedangkan jika misal saya ingin meminta file gambar semisal dari microSD yang terpasang di smartphone, di sini juga tersedia port microSD card reader. Semisal saya ingin mendengarkan musik via earphone, ia juga 1 x audio combo jack. 

Konektivitas ASUS VivoBook 14 (A416)

Apa keuntungannya buat saya? 

Tentu saja saya bisa lebih banyak bepergian dengan bawaan lebih ringan karena cuma 1,6 kg dan charger yang ringan pula, tanpa takut hardisk kenapa-napa. Dan bahkan bekerja dalam goncangan seperti dalam bus pun tak masalah. Layarnya yang nyaman di mata juga membuat saya betah belajar desain grafis dan video editing untuk kelengkapan artikel blog, banner jualan, video kelengkapan blog, atau video promosi jualan layangan saya. Lalu port konektivitas yang lengkap juga memudahkan saya jika harus transfer data dari berbagai jenis penyimpanan. 

2. Saya akan lebih produktif walau rumah sering mati listrik sekalipun berkat fitur backlit keyboardnya yang bisa menyala dalam gelap.

Keyboard ASUS VivoBook 14 A416 dapat nyalan dalam gelap

Saat ini listrik di rumah saya sering banget padam. Dalam sebulan bisa beberapa kali padam. Jika sudah begitu, maka saya harus keluar rumah untuk mencari sumber listrik agar dapat terus bekerja. Dengan VivoBook 14 (A416) ini, saya bisa lebih banyak menulis, menggambar, mengedit video, walaupun rumah sering mati listrik terutama malam hari karena keyboardnya bisa nyala. 

Pernah suatu kali laptop kehabisan baterai dan listrik belum juga nyala. Padahal pekerjaan harus dikirim. Dan saya pun keluar untuk cari sumber listrik.  

Selain itu, key travel atau jarak antar tuts keyboard sejauh 1,4 mm juga membuat saya lebih nyaman saat mengetik sehingga minim typo. Nah, pada bagian bawah keyboard juga terdapat logam penahan yang membuat laptop ini jadi lebih stabil dan nyaman untuk mengetik dan menggeser kursor di touchpad. Ia juga berfungsi sebagai penguat engsel dan melindungi komponen dalamnya. 

Oiya, ia juga dibekali fitur fingerprint sensor yang mana pengguna dapat login dengan sidik jari melalui windows hello, sehingga tak perlu lagi memasukan kata sandi atau password. Tinggal "tuk" saja langsung masuk. Dan tentu saja ini aman karena hanya 1 pengguna saja yang bisa login. Ini penting banget buat pengguna yang punya banyak data atau file penting di laptop. Semisal kelupaan mematikan laptop disuatu tempat, pengguna jadi tak khawatir. 

Fingerprint ASUS-VivoBook-14-A416

Selain itu, ia juga sudah dibekali software office pre-installed sehingga tak memerlukan biaya tambahan. Aplikasi office Home & Student ini terdiri dari Word, Excel, dan Power Point. Aplikasi ini juga akan terus terupdate, sehingga meminimalisir ancaman malware.

Oiya, desain ergolift engsel pada VivoBook 14 (A416) dapat memiringkan keyboard dan menciptakan ruang udara di bawah mesin, sehingga mengetik jadi lebih nyaman dan mesin tidak cepat panas. Dan jika ditambahkan kipas ekternal di bawahnya, maka ia akan terhindar dari panas yang lama kelamaan dapat menurunkan fungsi mesin. 

Jadi, selain nyaman buat ngetik, juga tak khawatir dibawa bepergian kemana-mana karena dibekali fingerprint. Aliasnya VivoBook 14 (A416) bisa cocok juga untuk pebisnis. Kemudian yang membuatnya beda adalah karena ia memiliki panel sentuh pada touchpadnya. Jika ingin mengetikan angka tak perlu menekan keyboard. Ini cocok banget buat para pekerja yang selalu berkutat dengan angka. Keren nggak sih, guys?

Fitur angka pada touchpad VivoBook A416

Apa keuntungannya buat saya? 

Saya tetap bisa produktif menulis, mendesain, dan mengedit video dalam gelap semisal malam-malam listrik padam dengan nyaman. Apalagi desain ergolift pada keyaborad jarak tuts keyboardnya yang nyaman membuatnya minim salah ketik dan mesin tetap dingin. Saya juga tak perlu mengetikan sandi karena tinggal sentuh dengan jari saja langsung nyala. Dan ini penting sekali buat saya yang menyimpan banyak file penting di dalamnya. 

3. Saya akan lebih banyak menulis dan belajar mendesain dengan menginstall beberapa software desain, menonton film, membuka banyak tab browser, hingga bermain game kasual, tanpa takut ngelag.

ASUS VivoBook 14 (A416) ini dibekali prosesor hingga Intel Core Generasi ke-10 yang merupakan prosesor modern yang dibekali serangkaian fitur dengan tekhnologi terbaru. Untuk varian tertingginya, ia memiliki prosesor Intel Core i5-1035G1 yang dibekali dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Dengan prosesor dan konfigurasi tersebut, membuat VivoBook 14 (A416) ini begitu lancar untuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti bekerja, browsing, ataupun multimedia. 

Performa tangguh ASUS VivoBook A416

Untuk Anda yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti editing foto, video, ataupun game kasual, VivoBook 14 (A416) ini untuk beberapa variannya juga dibekali chip grafis dari NVIDIA GeForce MX330. Dengan chip ini, memungkinkan pengguna dapat menjalankan software-software yang membutuhkan performa grafis ekstra tersebut. 

Sedangkan untuk memori RAM-nya, ia menggunakan DDR4 yang merupakan memori standar laptop modern dan dapat diupgrade sampai 12 GB. Lalu untuk penyimpanannya, ia sudah mendukung HDD dan SSD.  

Oiya, SSD adalah model penyimpanan yang dapat membaca data lebih cepat ketimbang HDD.  Kalau untuk membuka software atau aplikasi, Anda dapat menginstallnya di SSD, sehingga untuk membukanya jadi lebih cepat. Untuk pilihan penyimpanan dan memori beserta harganya, bisa dilihat pada tabel spesifikasi di paling bawah atau foto di atas yang ada keterangan harganya.Sedangkan untuk hasil PC marknya bisa dilihat di bawah ini.

pc mark asus vivobook 14 A416

----------------------------------

pc mark asus vivobook 14 A416

----------------------------------

pc mark asus vivobook 14 A416

----------------------------------

pc mark asus vivobook 14 A416

Note : semua screenshoot PC Mark dipinjam dari https://www.playcubic.com/review-asus-vivobook-14-a416-laptop-semua-kalangan-yang-cocok-untuk-wfh/ 

Apa keuntungannya untuk saya? 

Tentu saja banyak. Karena saya bisa menjalankan berbagai software editing dengan lebih lancar. Seperti photoshop cs6 untuk edit gambar, inkscape untuk membuat info grafis lomba blog dan banner jualan, browsing untuk riset artikel, mengetik untuk mencatat ide yang terlintas, dan lain sebagainya, secara bersama-sama tanpa khawatir ngelag karena support SSD. Aliasnya saya bisa bekerja secara multi tasking. Keren gak sih, guys? 

Untuk tampilan grafisnya semisal saya sedang bermain game, juga akan lebih bagus dan detail karena ia menggunakan NVIDIA GeForce MX330. Lebih puas deh jadinya. 

Oiya, memori RAM yang dapat diupgrade hingga 12 GB juga akan membuat produktivitas saya lebih ngebut karena dengan RAM yang besar membuat laptop jadi lebih gesit. Lalu penyimpanan yang super lega juga membuat saya bisa memproduksi file tanpa takut cepat penuh. Ya soalnya kalau udah bikin video, sekumpulan video aja bisa 6 GB. Jadi dengan VivoBook 14 A416 ini, saya akan lebih produktif. 

4. Saya akan mengikuti banyak kelas webinar untuk meningkatkan skill berkat fitur webcamera dan mikrofon pada VivoBook 14 (A416).

Saat pandemi seperti ini, ada banyak sekali kelas pembelajaran online jarak jauh yang diadakan guna meningkatkan skill. Kalau dalam dunia blog, ada banyak kelas menulis online baik itu gratis ataupun berbayar. Seperti yang diadakan oleh salah satu rekan blogger yang materinya membahas kepenulisan. Atau komunitas bloggerhub di instagram yang membahas tentang hosting blog kemarin. 

Untuk desain grafis juga banyak. Salah satunya yaitu yang diadakan oleh desainer Bang Rio Purba dengan tema desain mock up. Tentu ini penting mengingat ngeblog bukan hanya tentang menulis, tapi visual berupa gambar juga penting guna melengkapi artikel blog. 

Kelas webinar

Karena banyak kelas online yang berlangsung, saya akan memanfaatkannya untuk meningkatkan skill dengan mengikuti banyak webinar dengan VivoBook 14 (A416) ini. Fitur webcamera 720p dan mikrofonnya akan sangat membantu saya untuk lebih produktif.

Secara di masa pandemi yang tak kunjung usai, banyak orang menjadi sadar bahwa suatu keahlian itu penting, terutama dalam bidang IT. Terlebih karena efek pandemi, ekonomi menurun drastis. Banyak orang dirumahkan dan PHK dimana-mana. 

Seperti yang kemarin baru saja saya ikuti, bukan tentang blog atau desain, namun masih ada kaitannya juga. Yaitu webinar tentang keamanan data yang di adakan oleh IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) x Asus. Dari situ saya mendapat banyak masukan bahwa era digital ini kita harus sangat berhati-hati dengan data pribadi kita. 

Apa keuntungannya untuk saya?

Saya bisa meningkatkan skill dalam bidang saya yaitu kepenulisan. Kemudian saya juga bia memperdalam ilmu desain, video editing, dan banyak skill baik tekhnis atau non tekhnis lainnya dengan lebih mudah berkat fitur webcam dan mikrofonnya. 

5. Saya bisa produktif tipis-tipis sambil santai berkat fitur MyAsus. Saya juga bisa bekerja lebih cepat, bahkan bisa bekerja dari luar.

VivoBook 14 (A416) dilengkapi aplikasi bawaan yaitu MyAsus. Dengan fitur ini, saya bisa melakukan banyak hal. Seperti melakukan troubleshooting sekaligus  memantau status laptop. Selain itu saya juga bisa memindai system pada laptop, mencari dan menemukan masalah pada laptop, lalu memperbaikinya secara otomatis. Kemudian saya juga bisa mengetahui status garansi laptop. Dan jika terdapat kendala, saya juga dapat menghubungi layanan konsumen dari Asus melalui fitur MyAsus ini. 

MyAsus

Kemudian yang paling menarik dari aplikasi ini yaitu berkat fitur bernama Link to MyAsus. Ada 5 fitur yang bisa digunakan dari Link to MyAsus ini. Diantaranya :  

1. File Transfer. Misal jika saya ingin membagikan foto atau video dari laptop ke smartphone, caranya tinggal pasangkan kedua perangkat tersebut dan buka Link MyAsus lalu klik icon plus (+) dan pilih gambar atau beberapa gambar yang akan dikirim. Maka dengan cepat gambar atau video akan terkirim ke smartphone. Jika dari smartphone ke laptop, caranya juga sama, yaitu menggunakan aplikasi My Asus yang bisa didwonload di playstore dan app store. 

File Transfer

2. URL Transfer. Ini sangat mudah. Saat kamu membaca artikel atau menononton video, di pojok kanan atas terdapat link share. Klik dan pilih Link to MyAsus. Maka dengan segera link tersebut akan terkirim ke smartphone. 

File Transfer

3. Mirror. Adalah fitur dimana Anda bisa mengoperasikan smartphone dari laptop. Caranya hanya dengan menchecklist “navigation bar” dan menggeser slider “mirror” ke kanan pada aplikasi, maka tampilan layar akan muncul di laptop. Di sini Anda bisa mengoperasikan pesan, membuka galeri smartphone, dll. 

Mirror

4. Hands-Free Phone Calls. Dengan fitur ini, Anda bisa menelpon dan melakukan panggilan via laptop Asus VivoBook 14 (A416). Keren gak sih, guys?

Hands-Free Phone Calls

5. Screen Extender. Adalah fitur dimana Anda bisa mendrag and drop file ke perangkat mobile phone-mu, hanya dengan mengaktifkan pilihan “screen extender”. Tekan dan tahan  file yang akan dipindahkan, lalu taruh gadgetnya di samping kanan laptop, lalu geserkan. Namun untuk fitur ini baru bisa berjalan untuk android 9 atau iOS 10 ke atas. Ya, semudah dan sekeren itu Asus VivoBook 14 (A416).

Screen Extender

6. Remote file access. Adalah fitur dimana Anda dapat mengunduh file yang tersimpan di Asus VivoBook 14 (A416) melalui Link to MyAsus kapanpun dimanapun. Syaratnya kedua perangkat dalam keadaan hidup dan tersambung ke internet, dan tentunya sudah terhubung dengan Link to MyAsus. Semisal Anda sedang rapat dan membutuhkan data presentasi dilaptop yang ditinggal di rumah. Asal laptop nyala dan terhubung ke internet dan aplikasi Link to MyAsus terbuka, maka bisa mengases file tersebut. Semudah inikah punya Asus VivoBook 14 (A416)? 

Remote Access

Apa keuntungannya buat saya? 

Tentu saja ini luar biasa. Karena saya akan menjadi sangat produktif. Bayangkan coba, mengirim file apapun jadi lebih mudah. Biasanya saya harus buka WA dulu saat akan mengirim URL dan harus mengkoneksikannya ke laptop sampai WA terbuka. Dan kadang ini agak lama.   

Mengirim URL juga hanya dengan klik saja sudah sampai. Yang bikin saya akan lebih produktif lagi adalah dengan fitur mirrornya, saya bisa mengoperasikan smartphone dari laptop. Seperti berbalas pesan, membuka galeri, dan sebagainya. 

Dan dengan fitur screen extendernya, saya juga bisa bisa kirim gambar dengan hanya menggeser saja. Jebret langsung sampai. Selain itu saya juga bisa dengan mudah menelpon dari pc. 

Oiya, saat kita sedang di luar namun membutuhkan file dalam laptop untuk kepentingan pekerjaan, kita bisa mengaksesnya lewat smartphone juga. Menarik sekali, kan? 

6. Saya akan banyak mendengarkan lagu barat dan menonton banyak film supehero sambil belajar bahasa Inggris

Saya sangat suka nonton film terutama yang bergenre super hero seperti marvel. Selain itu tayangan yang paling saya gemari saat ini yaitu mendengarkan lagu bahasa inggris yang disertai lirik dan terjemahan. Ya. Saat ini saya sudah 4 bulan berjalan  untuk belajar Bahasa Inggris sejak Oktober 2020 lalu. Dan saya akan belajar terus sampai mahir. Karena saya begitu menyadari betapa pentingnya bahasa internasional ini. Dalam sehari, biasanya saya belajar antara 30 sampai 60 menit. Rencananya saya akan menghapalkan 990 kata yang saya pelajari di youtube.

Belajar english lewat lagu

Motivasi belajar English saya yaitu karena banyak sekali pengantar dalam dunia blog menggunakan bahasa asing ini. Misalnya seperti tools SEO yang kebanyakan berbahasa Inggris. Atau seringkali juga ada ada job blogger yang brief atau materinya berbahasa Inggris. 

Baru saja beberapa waktu lalu, saya menyerahkan tawarkan pekerjaan karena materinya berbahasa Inggris kepada seorang teman yang bisa berbahasa Inggris dan komisi dibagi 2. Padahal jumlanya lumayan. Sungguh amat disayangkan.

Komisi blogger terpotong karena tidak bisa english

Sebenarnya saya bisa saja mengerjakannya, namun harus berpusing-pusing ria dulu dan membutuhkan waktu lebih lama untuk translate google. Seandainya saya bisa sendiri, tentu lebih menguntungkan karena komisi utuh untuk saya semuanya. Makannya saya terus belajar. Selain itu, saya berharap bisa bepergian ke luar negeri setelah bisa berbahasa Inggris. Hihiii, aminnn. 

Apa keuntungannya buat saya? 

Nah, dengan VivoBook 14 A416, saya akan lebih semangat belajar bahasa inggris sambil nonton film dan mendengarkan lagu favorit. Itu karena VivoBook 14 (A416) ini telah dibekali speaker stereo dengan tekhnologi sonic master dan ICEpower. Sehingga keluaran suaranya pun cukup kencang suara vokalnya jernih.  

ASUS Sonic Master-VivoBook-14-A416

Nah, itulah 6 hal yang akan saya lakukan jika saya punya laptop Asus VivoBook 14 (A416). Karena bentuknya portabel dan ringkas, serta powerfull, saya akan semakin produktif.

Lalu dimana saya bisa mendapatkan  Asus VivoBook 14 (A416) ini ? 

Anda bisa mendapatkannya di official store ASUS yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Atau bisa menjuga mengunjungi marketplace seperti blibli, tokopedia, lazada, shopee, jd dot id, dan bhinneka.  

Mengapa pilih ASUS? 

Saya sangat merekomendasikan Asus. Dua orang teman yang bertanya ke saya saat mau beli laptop, akhirnya membeli merk Asus. Saya sendiri pun puas dengan produk Asus. Alasan lain mengapa pilih ASUS selain awet adalah sbb:

ASUS adalah pemilik Brand motherboard terbaik nomor 1 di dunia. 

ASUS telah berhasil menjual 500 juta motherboard sejak tahun 1989. Saat ini, 1 dari 3 komputer yang terjual di seluruh dunia didalamnya terbenam motherboard ASUS. Untuk diketahui, motherboard adalah kunci utama dari keandalan sebuah PC notebook. Dan ASUS berhasil merajainya. 

ASUS nomor 1 dalam hal kualitas dan pelayanan yang terbaik.

ASUS secara konsisten telah memenangkan berbagai macam penghargaan dalam hal inovasi dan kualitas. Hal itu dikarenakan ASUS mampu menjaga kesempurna pada setiap produknya. Ini dibuktikan dengan diterimanya penghargaan dari The Wall Street Journal Asia untuk kualitas dan pelayanan terbaik.  Dan pada 2019 saja, ASUS telah menerima sebanyak 4390 penghargaan yang diberikan oleh organisasi tekhnologi ternama dan media IT seluruh dunia. 

ASUS menggunakan tekhnologi yang ramah lingkungan.  

ASUS telah menerima Sertifikat penghargaan EU Flower Eco untuk komputer desktop dan Sertifikat EuP untuk komputer notebook, karena terus menjadi industri yang terdepan dalam menghasilkan produk yang dengan tekhnologi terdepan yang eco friendly atau ramah lingkungan.

Kesimpulan 

Sebenarnya ada banyak produktivitas yang bisa saya lakukan dengan VivoBook 14 A416 yang memiliki desain yang ringkas, simple, dan powerfull. Dan di atas hanya sebagian saja. 

Saya yakin dengan VivoBook 14 A416 ini, saya akan lebih produktif dan akan banyak menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Baik itu menulis, mendesain, mengedit video, promosi, ikut webinar, dan lain sebagainya. 

Dengan bodinya yang simple dan ringan, powerfull, kinerjanya yang gesit, penyimpanannya yang lega  dan support SSD, pekerjaan pekerjaan pun cepat selesai. Laptop juga ini cocok untuk semua kalangan. Baik pelajar, mahasiswa, sampai karyawan.

Untuk pelajar, mereka akan termudahkan mendapatkan laptop ini karena harganya yang terjangkau dan begitu mendukung pembelajaran jarak jauh. Didukung internetnya kencang dengan wifi 5 yang memiliki kecepatan 7000 Mbps dan juga fitur webcamera serta mikrofon, proses belajar pun jadi lebih terdukung. 

Untuk pekerja, mereka akan semakin produktif karena portable, kinerjanya yang gesit, baterai awet, hemat space, dan bisa diandalkan untuk bekerja jarak jauh. 

Akhir kata, karena VivoBook 14 (A416) adalah laptop portable, maka akan membuat saya jadi lebih produktif berkarya. Dan berikut spesifikasi ASUS VivoBook 14 (A416).

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System : Windows 10

Memory : 4GB DDR4 RAM

Storage : 
1TB 5400 rpm SATA HDD
256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB SSD

Display :

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX350 (optional)
Intel UHD Graphics 

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Camera : VGA Web Camera

Connectivity : Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio : SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery : 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension : 32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight : 1,6 Kg

Colors : Transparent Silver, Slate Grey 

Price

Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)
Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)
Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Warranty : 2 tahun garansi global

Terima kasih sudah membaca sampai akhir :D

Subscribe to receive free email updates:

41 Responses to "6 Hal Produktif Yang Akan Kulakukan Sebagai Blogger dan Seller Online dengan Laptop Simple Ringan dan Powerfull, ASUS VivoBook 14 (A416 )"

  1. Keren banget perjuangannya mas. Semangat terus ya

    BalasHapus
  2. Lengkap bangeeet mas amiir. Moga bisa meminang laptopnya satu yaaa. Aamiin. Minder langsung aku rek =D eh nggak2, moga aku ketularan juga deh ya dapat laptopnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya Mbak Cory juga keren abis. Suka sama fotonya yang gokil abis hihi ^_^

      Hapus
  3. Tambahin struktur heading pak biar bedain tiap sub pembahasan. Kalo heading dan dan sub heading nanti ukuran fontnya lebih besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gitu ya. Oke siap. Terimakasih tipsnya :D

      Hapus
  4. Wuihhhh motivasi buat belajar bahasa inggrisnya luar biasa kang, semangaatttttt kang ehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus semangat Mas. Gak mau kalah sama yang lain hehe

      Hapus
  5. wah lengkap banget penjelasannya mas. keren sih mas amir ini, sudah jadi fulltime blogger tapi juga masih sempet jadi seller. btw saya juga pakai asus mas. memang dari kualitas asus ini bagus dan cukup mendukung untuk para blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Sebagai pekerja lepas online, yang sekiranya ada peluang di depan mata dan meyakinkan saya ambil aja. Dan benar saja, menguntungkan.

      Hapus
    2. keren banget emang semangat dan motivasinya kak amir ini. semoga bisa nular juga hal produktif dan semangatnya ke saya ya kak hihii

      Hapus
  6. Fitur yang diberikan oleh ASUS ini memang keren ya. Laptop yang tepat akan menunjang kegiatan biar makin produktif dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ringan dan tipis dan bisa dibawa kemana saja dengan mudah. Cocok buat mereka yang punya mobiltias tinggi.

      Hapus
  7. ASUS emang keren yah speknya, lengkap. Cocok untuk semua aktivitas dan beragam profesi. Mulai dari ngeblog sampai bisnis. Baca artikelnya tadi satu persatu, semua yang kita butuhkan ada. Jadi makai komputernya cepet dan jozz deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Saya sendiri pakai ASUS. Udah 5 tahun masih awet banget. Keren banget pokoknya.

      Hapus
  8. ASUS keren ya, selalu berinovasi. Btw ternyata harganya ada yang terjangkau juga, kirain diatas 7 digit semua :D . Trus, itu lho, ringan dan tipisnya itu bikin mupeng coz saya sukanya bawa laptop kesana kemari, jadi butuh yang tidak bikin repot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Dengan 4 jutaan saja sudah bisa memiliki laptop ini.

      Hapus
  9. Berkat laptop asus ya blogger sekarang bisa dijadikan profesi kekinian yang membanggakan. Semoga sukses terus mas amir.. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yang sudah melakukannya. Sukses juga buat Mbaknya :)

      Hapus
  10. ASUS ni bikin jatuh hati banget yaa dari segi manapun. Depan belakang samping kiri kanan approved by semua orang kayaknya. Termasuk aku dan keluargaku, semua pada pake asus. Tinggal aku doang nihh yg belum hijrah wkwkw. Nunggu ada duitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saatnya hijrah ke ASUS. Saya sendiri udah pake ASUS sejak lama. Awet banget pokoknya.

      Hapus
  11. Mas Amir memang top. Salut sama semangatnya
    Semoga dengan VivoBook 14 (A416) jadi makin sukses dalam menghasilkan karya=karya yang bermanfaat ya
    Aku mupeng nih sama laptopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Putu. Harus semangat dong biar kualitas hidup makin meningkat. Laptop ASUS emang idola banget. Saya sendiri udah 5 tahun pake ASUS dan masih ngebut aja performanya :D

      Hapus
  12. emang ya ASUS ini keren banget, apalagi VivoBook 14 (A416). Kualitasnya keren. Sukanya kita bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Jadi kepingin punya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada varian paling terjangkau namun performa keren. Cocok banget buat pelajar.

      Hapus
  13. Kalau fulltime blogger emang laptopnya harus yang simple dan ringan kayak Asus Vivobook 14 ini. Mudah dibawa ke mana-mana ya, wah setia banget nih si 416 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang harus bepergian dan harus bawa laptop karena ada pekerjaan saat itu. Jadi kudu bawa laptop ringan dan simple seperti VivoBook 14A416

      Hapus
  14. Kubaru tahu kalau ASUS adalah brand dengan motherboer terbaik. Keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Untuk diketahui, motherboard adalah kunci utama dari keandalan sebuah PC notebook. Dan ASUS berhasil merajainya.

      Hapus
  15. Saya jadi malu kang.. kang Amir ternyata rajin sekali mempelajari hal baru dan konsisten. Satu hingga 2 jam hingga berbulan bulan.
    Alhamdulillah ASUS VivoBook 14 (A416) mempermudah pekerjaan sebagai blogger yang merupakan pekerjaan kekinian ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai buruh lepas saya merasa harus melakukannya, biar gak tenggelam dimakan zaman.

      Hapus
  16. Keren ya Mas Amir ini semangat belajarnya harus ditiru nih. belajar Photoshop, After Effect dan Inkscape selama setahun dan konsisten setiap paginya. Trus sering menang lomba pula ya, yupp ga ada hasil yg akan mengkhianati ikhtiar ya. Cocok banget pakai laptop Asus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai pekerja lepas saya merasa itu harus saya lakukan. Semoga bisa menginspirasi yang lain, amin.

      Hapus
  17. Kang Amir seperti biasa artikelnya outstanding jg..kalau aku ikut lba Asus ini bisa2 insecure liat tulisan kang Amir wkkw. Aku kepingin deh ganti leptop jg harganya jg massih terjangkau y mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah enggak ah ^^. Yang lain juga pada bagus-bagus. Yok semangat ikut lomba ASUS berikutnya :D

      Hapus
  18. Wah, luar biasa mobilitas Kang Amir. Hebatnya tetap bisa sambil ngeblog atau mengerjakan dagang online. Pas ya Kang ditopang sama ASUS VivoBook 14 A416 yang ringkas dan portable ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau keburu butuh ya memang gitu Mas. Apalagi karena ini seperti rezeki tak terduga di depan mata, ya udah saya ambil aja :D

      Hapus
  19. Bener2 lengkap mass. Saya bacanya kayak baca ensiklopedia laptop asus hahaha.
    Beneran, setelah dlm hati nanya ini itu ketemu jawabannya di artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah apa iya sih lengkap banget ^^. Btw terima kasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  20. Asus ini emang laptop terkeren saat ini ya kak , speknya mumpuni untuk semua pengguna sudah itu harga nya juga terjangkau saya pun menggunakan ASUS hingga detik ini awet banget hehehe

    BalasHapus
  21. spek mantap, harga bersahabat. masukin ke list dulu ah, siapa tau dapat rezeki lagi untuk ganti laptop eheheh

    BalasHapus