5 Aksi Nyata Saya Cegah Virus Corona

cara mencegah tips mencegah virus corona

Saat awal-awal pandemi corona dulu, saya sering ketakutan dan khawatir yang mana membuat sakit asam lambung saya kambuh. Apalagi saat-saat tersebut adalah awal-awal saya mulai sakit asam lambung yang hingga 8 bulan baru mulai mereda. 

Bukan itu saja, saya juga agak khawatir karena saya harus berkunjung ke rumah sakit untuk berobat, bukan hanya sekali dua kali, tapi ada lebih dari 6 kali berkunjung ke rumah sakit yang berbeda-beda. Terlebih saat rumah sakit yang saya kunjungi merawat pasien covid-19. 

Saya pun pernah bertanya-tanya ke petugas RS tentang pasien corona saat akan berobat dulu dengan rasa khawatir. Apalagi saya tahu jika dokter yang akan memeriksa saya adalah dokter yang menangani pasien covid-19. 

Namun beruntunglah saat berobat dan berhadapan dengan dokternya, saya seperti biasa saja dan tak khawatir. Saya hanya berpikir bagaimana agar sakit saya lekas sembuh. 

Nah, sekarang saya sudah mulai sehat. Agar saya tetap sehat dan terus sehat, terlebih di masa sekarang ini, maka saya lebih menjaga kesehatan agar jangan sampai sakit sampai kapanpun. Beberapa langkah nyata yang saya lakukan diantaranya sebagai berikut : 

1. Istirahat cukup 

Pandemi corona mengajarkan banyak hal untuk kita bahwa kesehatan itu prioritas. Termasuk untuk saya sendiri. Sekarang saya tak pernah lagi atau jarang sekali lembur. Palingan cuma sampai jam 8 malam sudah tutup laptop, dan itu pun sangat jarang. Dan jika sudah jam 9 malam, maka saya sudah tidur. 

Hari akan menjadi cerah ceria manakala badan seger tubuh mendapatkan haknya untuk istirahat secara penuh. Lebih baik produktif dan bangun lebih pagi agar lebih banyak pekerjaan yang dikerjakan, daripada lembur malam. Olahraga akan membuat kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Baca Juga : 

2. Olahraga hampir setiap hari 

 

Saat ini saya selalu olahraga. Pagi hari sebelum menulis artikel ini pun saya juga olahraga. Biasanya saya olahraga di rumah saja dengan melakukan peregangan di area panas matahari agar mudah mengeluarkan keringat, sembari belajar english. Ya, saya menyadari betapa pentingnya ilmu pengetahuan agar masa depan lebih baik. 

Baca Juga : 

Biasanya saya hanya memerlukan 30-60 menit saja untuk olahraga setiap harinya. Olahraga membuat badan terasa segar dan tidak kaku serta membuat tidur saya lebih nyenyak. Saya melakukan ini hampir setiap hari. Dalam satu minggu, mungkin saya hanya sekali tidak olahraga. 

Selain itu, saat bekerja, saya juga bekerja sambil berdiri, aliasnya mengetik di layar laptop sambil berdiri. Saya menyadari bahwa terlalu banyak duduk dapat mendatangkan resiko kesehatan. Caranya dengan menambahkan meja kecil di atas meja, sehingga laptop jadi lebih tinggi, sehingga saya bisa bekerja sambil berdiri. 

 

3. Menggunakan masker saat bepergian

Saat keluar rumah, saya selalu menggunakan masker walaupun kadang suka lupa. Masker akan melindungi saya dan juga orang lain. Saya pun ada 3 masker di rumah agar bisa gantian memakainya saat yang lain kotor. 

Baca Juga : Tips Bepergian Saat Pandemi Covid-19

4. Mencoba konsumsi suplemen 

Agar badan tetap terjaga kesehatannya, saya membeli suplemen dengan bahan madu agar tubuh tetap sehat. Suplemen ini saya beli saat dulu berobat ke dokter. Kata dokternya kalau untuk preventif covid-19, suplemen cair ini diminum sehari 2 kali pagi dan sore dengan dicampur ke air dingin. 

5. Lebih jaga jarak terutama dengan orang yang baru pulang dari luar kota

Dulu sewaktu awal-awal virus merajalela, saya sempet takut dengan teman dan saudara yang baru pulang dari perantauan, dan mereka berkunjung ke rumah saya. Bahkan saya sampai melarang saudara saya masuk sampai hampir dua minggu. Ada banyak hal lain yang membuat saya tidak enak karena harus terpaksa jaga jarak, bahkan dengan orang terdekat. 

Sekarang saya tidak terlalu khawatir dengan pandemi ini, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan agar saya tetap sehat. 

Akhirnya, sehat itu penting. Untuk diketahui, terutama buat yang mungkin masih abai, bahwa corona masih ada di sekitar kita dan saya dengar malah jumlahnya terus bertambah. Sementara metode untuk mengeceknya yaitu dengan swab test atau rapid test yang kalau saya lihat hidung harus dimasukkin cotton bud yang sepertinya akan geli dan bikin bersin. 

Dan 5 aksi nyata saya cegah tertular virus corona di atas semoga dapat menjadi motivasi agar kita selalu sehat walafiat sampai corona hilang dengan secepatnya. Amin. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Aksi Nyata Saya Cegah Virus Corona "

Posting Komentar