Sabtu, 27 Juni 2020

Kenali Prosedur Pemeriksaan Swab Atau PCR Test



Swab test menjadi pemeriksaan paling akurat untuk mendeteksi adanya virus corona pada tubuh pasien. Tes ini juga dikenal dengan istilah PCR test atau Polymerase Chain Reaction. Siapa saja yang membutuhkan swab test virus corona? Tes ini lebih diperuntukkan bagi para pasien yang mendapat hasil positif pada rapid test, ODP, PDP, serta orang-orang yang memiliki kontak kerat dengan para pasien COVID-19. 

Prosedur Pemeriksaan PCR Test untuk Mendeteksi Virus Corona

Meski diperuntukkan untuk orang-orang dengan beberapa kriteria, namun kini masyarakat umum juga bisa melakukan swab test di rumah sakit. Nah, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk melakukan swab test virus corona:

1. Lakukan Pendaftaran

Tidak perlu berkunjung langsung ke rumah sakit, karena pendaftaran juga bisa dilakukan secara online melalui smartphone. Cukup dengan menggunakan aplikasi Halodoc, maka pasien bisa membuat janji dengan dokter untuk melaksanakan PCR test. 

Halodoc merupakan sebuah aplikasi layanan kesehatan yang mana saat ini bekerjasama dengan beberapa rumah sakit untuk menyediakan berbagai jenis layanan terkait dengan pemeriksaan virus corona. Termasuk diantaranya adalah rapid test, swab test, dan pemeriksaan kesehatan lain terkait virus Covid-19.
2. Buat Janji dengan Dokter

Saat melakukan pendaftaran swab test lewat aplikasi Halodoc, maka pasien akan diminta untuk memilih hari, waktu, dan rumah sakit yang akan dikunjungi untuk pemeriksaan virus Covid-19. Tidak lupa, pasien juga diminta untuk memilih jenis paket layanan kesehatan yang diinginkan untuk pemeriksaan Covid-19. Sangat disarankan untuk memilih rapid test sekaligus swab test untuk memastikan kondisi kesehatan yang sebenarnya.

3. Lengkapi Data Diri 

Untuk menyelesaikan proses pendaftaran, pasien harus melengkapi data diri. Beberapa data yang harus diunggah adalah foto kartu identitas diri. Jika proses pendaftaran sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menyelesaikan proses pembayaran. Setelah pembayaran dilakukan, maka pasien akan mendapatkan bukti pembayaran lewat SMS ataupun aplikasi. Nah, bukti inilah yang nantinya dipakai pada saat registrasi di rumah rakit saat melakukan test.

4. Kunjungi Rumah Sakit

Setelah proses pendaftaran dan pembayaran selesai dilakukan, maka pasien bisa langsung datang ke rumah sakit yang dipilih pada hari dan waktu yang sudah ditentukan. Pasien akan bertemu dengan dokter dan tim medis lainnya. Pertama, pasien mungkin akan diminta untuk melaksanakan rapid test terlebih dahulu. 

Pada rapid test, sampel yang diambil adalah darah pasien. Biasanya, hasil rapid test bisa langsung diketahui setelah 10 – 15 menit. Namun, hasil rapid test belum bisa menentukan secara pasti apakah pasien mengalami infeksi virus corona atau tidak. Kepastiannya akan diketahui setelah melakukan swab test.

Baca Juga : Kembalikan Rasa Percaya Dirimu dengan Wajah Bersih Bebas Bekas Jerawat

5. Melakukan Swab Test 

Pada swab test, sampel yang diambil dari pasien adalah apus tenggorok yang berada di belakang mulut (orofaring) atau di belakang hidung (nasofaring).  Prosedur swab test corona melalui hidung adalah sebagai berikut:

1. Pasien diminta untuk meniup napas melalui hidung. Tujuannya untuk memastikan apakah terdapat sumbatan atau tidak.

2. Pasien diminta untuk sedikit mendongak.

3. Alat swab test yang berbentuk cotton buds dan bertangkai panjang dimasukkan ke dalam hidung pasien sampai mengenai bagian belakang hidung.

4. Sampel diambil dengan cara menyapu dan memutar alat swab test tersebut selama beberapa detik.

Baca Juga : Insto Dry Eyes untuk Mata Kering dan Cerita di Baliknya

Sementara itu, cara swab test Covid-19 lewat tenggorokan adalah sebagai berikut:

1. Pasien akan diminta untuk membuka mulut lebar-lebar.

2. Dokter memasukan alat swab test ke dalam mulut sampai mencapai belakang tenggorokan. Namun alat ini tidak boleh menyentuh lidah.

3. Sampel akan diambil dengan cara memutar alat swab selama beberapa detik.

Setelah sampel diambil, maka sampel tersebut akan diperiksa lebih lanjut menggunakan metode Polymerase Chain Reaction di laboratorium. Dengan menggunakan metode PCR test, maka akan diketahui ada tidaknya RNA dari virus corona di tubuh pasien. Untuk mendapatkan hasilnya, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 5 hari. Nantinya, pasien akan dihubungi kembali melalui aplikasi Halodoc jika hasil tes sudah keluar.

1 komentar:

  1. wah makasih infonya mas
    saya mau entah rapid tes atau swab ini dalam dua minggu terakhir
    agak ngeri juga ya kalau diambil dari hidung
    semoga kuat

    BalasHapus