Rebung – Sumber Pangan Kaya Manfaat dari Hutan

Rebung. Makanan dari hutan yang kaya manfaat. Dokpri
Disaat musim hujan mulai turun, bumi mulai basah dan akar-akar tumbuhan yang tadinya hampir mati karena tak ada asupan nutrisi, pun bangkit dan tumbuh dengan suburnya. Tak terkecuali salah satu makanan dari hutan yang seringkali kali kami konsumsi, yaitu Rebung. 

Rebung adalah tunas bambu yang banyak tumbuh di pekarangan, pegunungan, dan hutan.  Jika di pedesaan, rebung banyak tumbuh di emperan kali karena memang pohon bambu difungsikan untuk mencegah erosi yang mengakibatkan pelebaran sungai. 

Seringkali saat tidak ada bahan makanan di rumah dan kebetulan rebung sedang tumbuh, maka kami akan memetiknya untuk diolah dan dikonsumsi. Oiya, rebung yang bisa dikonsumsi setahu saya itu dari rebung jenis bambu wulung (warna bambunya biru kehitaman). Sedangkan dari bambu tali tidak bisa dikonsumsi karena katanya sih pahit atau beracun kalau gak salah. Dan kami tidak pernah mengkonsumsi rebung bambu tali.  

Rebung ini memiliki banyak lugut (bulu halus) berwarna putih bening.  Untuk bulu yang menempel pada bambu tua-nya, akan terasa gatal jika terkena kulit. Namun untuk lugut pada rebungnya tidak. Karena bulu halus ini, maka sebelum dimasak, rebung harus dicuci bersih kemudian di rebus agar bulu halusnya hilang. 

Rebung ini biasanya dikonsusmi dalam dengan cara ditumis ataupun dibikin gulai santan. Rasanya cukup nikmat, terlebih jika dimakan pakai sambal, maknyus tenan. 

Rebung dapat dimasak dengan cara ditumis. Dokpri
Aneka olahan rebung kalau saya lihat di website cookpad, kebanyakan rebung ini ditumis dengan menambahkan bahan tertentu, misalnya tumis rebung tahu pong, tumis rebung kecap, tumis rebung Lombok ijo, tumis rebung teri medan, tumis rebung khas sunda, dsb. 

Bagi orang desa, rebung begitu mudah didapat karena kebanyakan memiliki pohon bambu sendiri. Untuk saya sendiri pun demikian. Jika rebung sedang tumbuh, maka tinggal petik saja dari pekarangan (kami menyebutnya gunung). Buat yang tinggal di perkotaan, rebung juga banyak dijual di pasar atau tukang sayur. 

Lalu, mengapa sih orang harus tahu tentang rebung ini ? 

Tentu saja karena selain rasanya nikmat dan gurih, rebung memiliki banyak manfaat. Di kutip dari sumber kesehatan terpercaya doktersehat, berikut 10 manfaat rebung 

1. Rebung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat 

Mengkonsumsi rebung dapat murunkan kolesterol jahat jahat atau LDL dalam darah.  Rebung mengandung fitonutrien dan fitosterol yang dapat menurunkan kadar lemak buruk dalam darah. Jika LDL turun, artinya akhirnya dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, rebung juga menjaga kstabilan gula darah. 

2. Menurunkan risiko kanker pada saluran pencernaan

Jika dikonsusmi secara rutin, rebung dapat mengurangi risiko terkena kanker saluran pencernaan. Hal itu dikarenakan rebung memiliki serat yang cukup tinggi. Pada usus manusia, serat itu sendiri diibaratkan sebagai sikat yang akan membersikan zat-zat tidak bermanfaat dan pemicu kanker. Sementara senyawa asam fenolik yang terdapat dalam rebung, berfusngi sebagai antioksidan terhadap penyakit kanker dan jantung.

3. Menurunkan berat badan 

Seperti di atas saya tuliskan, rebung memiliki kandungan serat cukup tinggi. Dan seperti kita ketahui bersama, bahwa serat baik untuk diet. Jadi bagi kalian yang sedang diet, konsumsi rebung bisa jadi pilihan. 

4. Menjaga kondisi sel tubuh

Kandungan protein dalam rebung, berfungsi menjaga kondisi sel-sel pada tubuh agar dapat berfungsi dengan baik

5. Menurunkan resiko penyakit stroke

Rebung mengandung kalium yang cukup tinggi, yaitu 533 per 10 gramnya. Dimana kandungan kalium tersebut dapat mengontrol tekanan darah pada tubuh. Makanan yang mengandung kalium paling tidak atau minimal 400 mg, dipercaya dapat mengonrtrol tekanan darah. Sementara stroke sendiri dapat terjadi akbat tekanan darah yang tinggi. Karena tekanan darah yang dapat terkontrol, maka resiko terkena penyakit tersebut pun dapat ditekan.

Nah, itulah manfaat rebung untuk kesehatan.

Berbicara mengenai sumber pangan dari hutan, WALHI adalah organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan yang dalam visi misinya selalu berusaha bagaimana agar lingkungan tetap terjaga. Dalam aksi nyatanya, WALHI banyak membantu masalah seputar lingkungan. Misal seperti membantu menghentikan kasus illegal logging, pembangunan pabrik, dsb. Intinya dalam pelaksanaannya, WALHI ingin agar lingkungan kita lestari dan kembali asri.

Kesimpulannya, hutan kita menyimpan banyak sekali bahan pangan dan berkontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Masyarakat sekitar hutan tak perlu khawatir terkait bahan pangan, karena banyak tersedia dihutan, dan tentu saja selain rebung, masih ada banyak jenis lainnya. Makannya, jagalah hutan sebaik mungkin agar sumber makanan hutan tetap terjaga dengan baik. Dan bersama WALHI, mari jaga lingkungan agar tetap lestari.

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Rebung – Sumber Pangan Kaya Manfaat dari Hutan"

  1. saya suka banget rebung, teksturnya crunchy dan rasanya gurih

    sayang diperkotaan sulit didapat rebung segar, kebanyakan rebung sudah berbau pesing

    sehingga sulit dimasak

    BalasHapus
  2. makanan kesuakaan keluarga bener ini om. sayang, kalo udah di kota besar susah nyarinya. dan ternyata banyak juga manfaatnya ya . nggak rugi klo suka makan panganan yang satu ini

    BalasHapus
  3. banyak banget ya sumber pangan dari hutan yang kaya manfaat. rebung ini salah satunya

    BalasHapus
  4. Ternyata rebung selain enak buat dijadikan masakan ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh :)

    BalasHapus
  5. Wah selain enak jadi sayur ternyata khasiatnya banyak.. trims ulasannya mas

    BalasHapus
  6. Pernah ada temen bule makan ini. Dia nanya apa nih rebung. Kata saya bambu muda.

    trs kata dia, masih muda aja enak gmn udah tua yah

    BalasHapus
  7. dikampung saya juga banyak tanaman bambu, akan tetapi tidak banyak diambil yang baru bertunas atau rebung nya, mungkin mereka tidak tahu atau bagaimana?

    BalasHapus
  8. sering makan rebung dengan dimasak lodeh, tapi baru tahu manfaatnya, hehehe. terima ksih infonya.

    BalasHapus
  9. Wah, rebung Udah lama bangeeeeed aku ga makan sayur rebung. Biasanya ditambahin teri, nangak trus cabe rawitnya yang banyak. Bisa buat diet juga ternyata rebung ini ya? TFS.

    BalasHapus
  10. Aku suka banget nih sama rebung, apalagi kalau ditumis sama sambal dan nasi panas, duh enaknyaaaa

    BalasHapus