Jumat, 26 Juli 2019

Insto Dry Eyes untuk Mata Kering dan Cerita di Baliknya

Insto Dry Eyes. Dokpri

Sudah sejak lama disaat saya dan keluarga mengalami sakit mata. Hal pertama yang terbesit di benak kami adalah Insto Dry Eyes sebagai obat tetes mata yang sudah melegenda. “Kalau kamu belekan, tetesin insto saja” kata Kakak saya dulu. 

Dulu, seringkali saya, adik, kakak, dan semua anggota keluarga saya mengalami sakit mata. Paling sering terjadi pas musim kemarau karena banyak sekali debu berterbangan. Jika sudah sakit mata biasanya mata akan memerah dan rasanya sangat tidak nyaman. Kemudian Kakak saya membeli insto di warung terdekat. Dan mata pun sembuh. 

Mata merah, mata kering, mata sepet, dan mata pegel, juga seringkali di alami oleh Ibu saya yang setiap hari harus berhadapan dengan debu jalanan saat akan berangkat kerja. Terkadang Ibu saya juga mengobatinya dengan insto. Namun saat obat tersebut sedang tidak dimiliki dirumah, Ibu sering mengobatinya dengan rebusan daun sirih. 

Cara membuatnya pun mudah. Yaitu hanya dengan menaruh daun sirih tua yang sudah di cuci kedalam piring, kemudian sobek dan taruh air panas hingga berubah warna. Tunggu sampai air jadi hangat. Kemudian rambangkan mata ke dalam air tersebut. Mata harus melek ya aagar penyakitnya hilang. Biasanya jika mata kelilipan debu, debu pada keluar di air tersebut. Setelah itu biasanya sembuh. 

Di tempat saya tradisi mengobati mata dengan cara seperti ini sudah banyak di lakukan warga. Setiap kali mata sakit atau belekan, mereka mengobatinya dengan cara tesebut. Namun sekarang sepertinya sudah jarang sekali orang terkena sakit mata seperti ini, apalagi sampai belekan. Tapi setiap kali sakit mata, rebusan air daun sirih juga masih di gunakan untuk mengobatinya. 

Perlu di ketahui dan disadari, mata sepet, mata pegel, mata perih, sehingga mata lelah adalah gejala mata kering. 

Gejala mata sepet, mata pegel, dan mata perih juga bisa di akibatkan oleh banyak hal.  Terlalu sering menatap layar televise dapat membuat mata kering. Hal ini sangat saya rasakan saat masih tinggal di rumah Kakakku dulu di Tangerang. 

Jadi saya ini sangat hobi sekali menonton televisi. Setiap hari saya bisa 6 jam menghabiskan waktu di depan televisi. Dan itu berlangsung  hingga berbulan-bulan lamanya. Akibatnya mata jadi perih, sepet, dan pegal, bahkan sampe bendul dan bengkak. 

Oiya, dulu pas masih saya masih kecil, saya sering banget mandi di kali bersama teman-teman. Ah masa itu emang masa-masa yang amat membahagiakan. Saat musim hujan, sungai di tempat kami airnya cukup deras dan bersih karena merupakan hulu sungan. Dan sudah menjadi tradisi anak-anak desa untuk mandi bersama. Jadi jangan heran jika anak-anak desa pandai berenang.  

Jika musim hujan, hobi mereka adalah mandi. Bahkan sehari bisa sampai 4 kali sehari. Saking seringnya mandi, bibir sampai berwarna biru. Kami jarang mandi disumur karena mandi di saja udah bolak balik.  

Karena terlalu sering mandi, mata jadi perih dan pegel. Bola mata yang tadinya putih berubah jadi keruh. Hal itu di karenakan warna air berubah akibat di kebur-kebur saat mandi. Sehingga air pun bercampur dengan tanah.

Semua anak mengalami hal yang sama, yaitu mata buthek alias surem karena terkenal debu. Hal itu juga menjadi salah satu penyebab mata belekan. Tapi biarpun begitu kami tetap saja senang dan mengabaikannya. Ah namanya juga anak-anak. 

Namun sekarang saya tak perlu khawatir lagi jika mengalami gejala mata kering. Karena sudah ada insto. Obat tetes mata nomor 1 di Indonesia. Sudah sejak lama saya dan keluarga menggunakan Insto untuk solusi mata kering. Karena Insto emang sudah melegenda sejak jaman dahulu. 

Setiap ml isotonic steril dari insto mengandung Hydroxypropy methylcellulose 3.0 mg dan Benzalkonium chloride 0,1 mg yang bermanfaat untuk meredakan mata kering. Anjuran pemakaiannya yaitu 1-2 tetes pada setiap mata sebanyak 3 x sehari atau sesuai anjuran dokter. 

Oiya nih penting untuk di ketahui bersama, bahwa jika tutup botol insto sudah di buka dalam 1 bulan baiknya jangan dipakai lagi. Di anjurkan untuk beli lagi lagi yang baru sesuai petunjuknya di dalam kemasan. Jika keluhan belum juga reda, segera hubungi dokter. Dan jangan gunakan obat keras ini dalam jangka panjang. 

Insto bisa di dapatkan dengan mudah di apotik atau toko obat terdekat dengan harga 15 rupiah per botolnya. 

Mata Kering, Mata Sepet, Mata Pegel, membuat mata menjadi lelah dan terasa perih. Atasi segera dengan tetes mata nomor 1 di Indonesia Insto, solusi mata kering. Dengan insto, by mata kering. 

13 komentar:

  1. Mata kering akibat kena angin malah lebih merisaukan. Biasanya buat yg sering sepeda motoran kemana2 nih. Kalo gak diobatin, bisa bikin iritasi

    BalasHapus
  2. Yeap! Saya juga memakai insto selain karena khasiatnya namun juga karena terpercaya dan sudah turun temurun dipakai oleh orang tua :)

    BalasHapus
  3. wah mantap insto dry eyes ini, boleh juga untuk digunakan

    BalasHapus
  4. Belum lama ini saya juga kena gejala mata kering, alhamdulillah sudah normal lagi.. Insto memang obat tetes mata yang sudah sangat familiar di masyarakat. Saya juga hobi nonton, tapi parahnya nonton film di laptop, dua Kali lipat berisiko tinggi terkena sindrom mata kering

    BalasHapus
  5. Cara tradisioanal seperti itu pernah saya lakukan.
    Mata nanti dirambangkan, mata harus melek. ini yang sulit pastinya.
    Untung sekarang ada cara yang lebih praktis. Obat tetes mata insto.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat bahwa saya dulu juga pelaku mandi di kali, he.
    Btw, untung sekarang ada Insto Dry Eyes. Tidak khawatir lagi jika muncul gejala mata kering.

    BalasHapus
  7. ingat mata ingat insto yang saya ingat saat kecil dulu...

    BalasHapus
  8. Insto sudah terkenal dimana - mana,dahulu saya suka pakai Insto. Insto memang okeh.

    BalasHapus
  9. Oooohhh..... obat tetes mata yang satu ini sih udah dikenal ampuh dan terbaik kualitasnya. Jadi tuh ya kalau mata kita ga nyaman, pegal2 aku biasanya lihat ke warna hijau2 sejenak pas laptopan. Trus istirahat, jangan dipaksain ngetik. Insto dry eyes ini membantu banged loh buat kesehatan mata kita :)

    BalasHapus
  10. sama, nih. aku juga pake insto dry eyes buat mengatasi mata kering.

    BalasHapus
  11. pengin nyoba nih buat mata kering kalo kelamaan ngetik depan laptop

    BalasHapus
  12. Mantul emang Insto...
    kemarin lihat IG-nya Insto tapi postingannya di apus-apusin...

    BalasHapus
  13. Bener-bener sih Insto ini, pasti kalau mata pegal atau apa, yang dipanggil langsung insto, padahal ada merk lainnya.

    Brandingnya kuat, kek Aqua qgqgqg

    BalasHapus