2 Tempat Wisata Kuliner yang Ingin Saya Kunjungi Saat ke Jakarta


Kuliner. Dok http://makankeliling.com
Pedas menyiksa itu rasanya kurang nikmat di lidah. Tapi pedas gurih itu bikin nagih. Coba tebak, apa itu hehehe ? Yup, inilah seblak, makanan khas Bandung Jawa Barat yang booming seantero nusantara karena sensasi pedasnya yang nikmat dan tidak nyiksa, tapi gurih dan bikin nagih. 

Kalau kalian makan bakso ditambah banyak sambal, maka pedasnya lebih terasa menyiksa. Tapi kalau kalian makan seblak, biarpun sambelnya banyaknya setengah mangkok seblak itu sendiri, kalau kalian emang suka, pasti bakalan nagih, iya enggak ? 

Saya ini termasuk penikmat makanan pedas. Dulu saya sangat suka sekali dengan bakso dan mie ayam. Makan bakso dan mie ayam kalau belum “kebakaran” belum jujur biarpun perut jadi korban karena nantinya bakal sering ke belakang wkwkwkw. 

Berbicara soal kuliner, berikut adalah 2 Tempat yang sangat saya idam idamkan jika saya berkunjung ke Jakarta. 

1] Kedai Seblak Jeletet

Foto seblak jeletet. Dok.@seblak_jeletet_murni

Nah, karena sekarang kreasi kuliner semakin banyak saja, salah satu yang membuat saya saya sangat suka sebagai pengganti bakso adalah seblak. Di IG atau youtube, saya suka sekali menonton video mukbang kuliner, salah satunya seblak. Sensasinya itu bikin kemreces mana kala sang artis merasakan pedasnya seblak level 5 hihihi. 

Seperti videonya milik akun @nanakoot_culinary. Disitu terlihat ia sedang menikmati seblak level 5 dari seblak jeletet murni. Dan penyajianya pake panci  gede biar menikmati seblak semakin mantabs hihihi. Saat kuah merahnya di tuangkan, sensasinya semakin menggoda untuk mencicipinya.  

Campuran yang  paling suka yaitu mie, kerupuk aci, telor, paha ayam, ceker, sosis, sayuran, dumpling chicken, dicampur kuah merahnya, huss jan, begitu dimakan langsung “jeggerrrrr”, uh pasti nikmat abis dah. 

Buat tambahan cemilan, ada stick lidi yang mirip jajanan anak SD atau kerupuk bulat. Ah krenyes krenyes maknyus tenan pokonya. Siapkan tisu buat lap keringat ya ?

Dan katanya, seblak jeletet level 0 saja rasanya sudah pedas, apalagi level 5. Kalau level 1, sambelnya itu 1 centong sayur, nah kalau level 5 ya 5 centong. Wah pasti yang makan bisa “modyar ketagihan” tuh hihihi. 

Dan katanya juga, mereka yang makan seblak level 5 gak tahan sampai 10 menit udah nyerah. Tapi sih kayaknya cuma tobat sambel karena pasti suatu saat bakal balik lagi dan coba lagi wkwkwkw. Ya iya lha wong pedasnya pedas gurih euy. 

Dirumah pun saya seringkali jajan seblak, namun seringkali kecewa karena rasanya tak sesuai ekspektasi. Bahkan karena saking sukanya, saya bisa membuat seblak sendiri dari hasil nonton youtube . Tapi ya’ itu, rasanya seringkali gak ngalor gak ngidul, kadang kebanyakan kencur kadang kebanyakan garam wkwkwkw. 

Sebenerya resep seblak yang enak dan gurih itu gimana sih ya ? apakah kencurnya harus di banyakin atau bawang merah dan bawang putihnya yang di banyakin ? Buat teman teman dari  Jawa Barat khususnya Bandung, kasih tau dong cara bikin seblak yang gurih hihihi. 

Nah, jika berkunjung ke Jakarta, saya ingin sekali jajan seblak di kedai Seblak Jeletet yang lokasinya sudah tersebar di banyak tempat. Seperti di Bintaro, Pademangan, dan Tanjung Duren. 

Seblak jeletet ini katanya enak sekali dan bikin nagih. Banyak artis artis yang sudah mencoba seblak jeletet ini dan mereka menyebarkan videonya di instagram.

Rasanya tak sabar sekali ingin berkunjung kesini saat ke Jakarta nanti, biarpun Cuma pesan lewat go food harus pesan. Beberapa waktu lalu saya juga sempet berkunjung ke Jakarta, tapi saya lupa untuk mencicipi seblak. Nyesel sih. 

Seblak jeletet itu beda karena mereka pasta biang cabai yang pekat tapi pedas dan manis. Berbeda dengan seblak berbahan kencur pada umumnya. Seblak ini lebih gurih dan nikmat. Harga per mangkoknya sekitar 20-30 ribuan. Topingnya macam macam. Ada dumpling chicken ceker, bakso, dan lain sebagainya. Es jellynya juga ada lho, buat menetralisir pedasnya, harganya 10 ribuan. Oiya, untuk harga bisa berubah sewaktu waktu ya ? 

2] Lobster Miting

Seafood Miting Lobster. Dok. https://www.youtube.com/watch?v=bHH4XAgsN5w 
Di instagram ada banyak sekali video mukbang. Saya paling suka dan penasaran sekali dengan video mukbang seafood kepiting raksasa. Jadi kepitingnya itu ukuranya sangat besar dan dagingnya tebal. Dan cara makanya di tuang di meja khusus dan dilapisi plastik putih.  Di makan pakai tangan dan ada palu juga kreker atau penjepit buat nge getok atau memecah capit kepitingnya. Seruuu dan nikmat sekali pokonya.


Warung Seafood ini bernama Miting Lobster yang beralamat di RT.1/RW.4, Rawasari, Cempaka Putih, Central Jakarta City, Jakarta 10570. Jam bukanya mulai pukul 10.00-22.00. 

Satu porsi kepiting jumbo isi 2 buah harganya Cuma 55 ribu rupiah. Wuih murah amat vroooh. Sementara satu porsi untuk udang jumbo isi 2 udang, harganya juga sama, murah banget nget nget. Sesuai taglinenya, “Lobster aja murah, apalagi kepiting” Pokonya kalau ke Jakarta saya harus kesini, wajib banget.  

Satu porsi dimakan sendiri kayaknya kenyang banget dah. Apalagi ditambah nasi anget, huss jan pasti tambah gurih. Lebih seru kalau makan bareng teman sambil selfie selfie atau bikin video mukbang juga buat isi isi instagram hihihi. Seafood ini di masak dengan kuah merah merah saus padang. Ada campuran jagung manisnya buat pelengkap saat menyantap. Daging kepitingnya full dan lembut banget

Tempatnya juga menarik dan cocok buat nongkrong nongkrong. Bagian dinding dindingnya berlukiskan dunia bawah laut sesuai dengan jenis tempat makan ini, yaitu seafood yang akan semakin menambah asik suasana saat makan. 

Nah, untuk paket paketnya, disini ada :

Untuk sausnya yaitu 
1] Saus Padang
2] Saus Periperi
3] Saus Blackpepper
4] Saus Garlic Pepper
5] Saus Telur Asin
Level pedasnya 1 - 2 - 3

Untuk menunya

1] Miting (berisi 2 kepiting) 55 ribu
2] Lobster Single ( berisi 2 lobster) 55 ribu
3] Kepiting Jumbo ukuran besar 85 5ibu
4] Milob ( 2 kepiting + 1 lobster) 95 ribu
5] Super Lobster (1 lobster ukuran sangat besar) 150 ribu
6] Kerang 25 ribu
7] Udang 35 ribu
8] Cumi 35 ribu
Sedangkan untuk special mix 
1] Super Miting (2 kepiting + udang + cumi + kerang) 85 ribu
2] Super Milob (2 kepiting + 1 lobster + udang + cumi + kerang ) 150 ribu
3] Super Jumbo (3 kepiting + 2 lobster + udang + cumi + kerang ) 200 ribu

Wah ini mah terjangkau banget yah, harus coba pokonya kalau ke Jakarta. Seafood itu terkenal dengan mahalnya, apalagi untuk udang lobster dan kepiting. Tapi disini enggak, murah dan nikmaaattt...

Nah, itulah 2 tempat makan seafood yang ingin saya kunjungi jika suatu saat ke Jakarta. Pertama Seblak Jeletet, kedua Miting Lobster. Dua duanya memang favorit saya. 

Namanya juga hobi, seneng, favorit, apapun bisa di korbankan. Kayak saya, saya rela pergi jauh jauh hanya untuk menuruti keinginan dan sesuatu yang saya sukai. Contohnya travelling. Untuk yang seblak jeletet, ada juga yang jauh dari Bandung hanya untuk menikmati kuliner ini. Karena emang nikmat banget. 

Berbicara soal wisata kuliner atau travelling kuliner, tiket pesawat ke Jakarta kini bisa kalian pesan lewat Pegipegi, caranya sangat mudah. Tinggal buka website Pegipegi di www.pegipegi.com lalu pilih menu tiket pesawat. Kemudian masukan rute yang ingin dipakai. Misal dari Jogja ke Jakarta. Kemudian tanggal keberangkatan, tanggal pulang, kemudian isi apakah hanya orang dewasa atau membawa anak anak atau bayi, kemudian klik cari tiket dan ketemu deh. 

Cari tiket pesawat #1
Cari tiket pesawat #2

Ada banyak penerbangan yang bisa kalian pilih, ada Lion Air, Air Asia, Batik Air, Wings Air, dan lain sebagainya. Dan dengan Pegipegi, liburan jadi terasa lebih menyenangkan. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "2 Tempat Wisata Kuliner yang Ingin Saya Kunjungi Saat ke Jakarta"

  1. Seblaknya enaj banget kayaknya, bikin nelan ludah karena pengen. Sayang bangey saya sering sakit perut dan mag kumat kalau habis makan pedes...😭

    BalasHapus
  2. Suka bingun cara ngabisin lobster :)
    Saya cuma suka daging2 pada capitnya

    Nice post mas.. asli bikin ngiler

    BalasHapus