Pentingnya Memotret Setiap Moment untuk Pesiapan Artikel di Masa Depan


Hai teman, pernah kah kalian bergumam dan menyesali "aduh, kenapa dulu pas lagi moment itu gak di foto ya, padahal ada lomba keren bingits huhuhu". Kalo saya pernah. Jadi pas kemaren saya ikut lomba blog kompasiana bertemakan obat masuk angin, saya butuh sebuah gambar yang objeknya lagi ada di dalam bus, lalu ada obat tersebut dalam fotonya. 

Tapiiii sayangnya saya tidak punya, karena kalau pas bepergian, gak kepikiran untuk mengambil foto kayak gitu, padahal seringkali selalu minum obat masuk angin itu juga kalau lagi pergi pergi. 

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman blogger bernama Firmansyah pun mendapatkan manfaat dari pentingnya sebuah dokumentasi foto. Foto tersebut ia ikutkan dalam lomba blog obat masuk angin yang saya maksud.

Baca juga : Kumpulan Tips Menang Lomba Blog dari 20 Selebriti Blogger 

Jadi, 4 tahun lalu ia pergi Jepang bareng teman teman kampusnya dan membawa obat tersebut lalu di foto. Karena ia tau, bahwa nantinya foto tersebut (foto dengan obatnya ) juga akan bermanfaat untuk melengkapi sebuah artikel. 

Dan memang benar, karena foto tersebut, ia bisa memakainya untuk membuat artikel lomba di kompasiana yang bekerjasama dengan obat tersebut dan berhasil memenangkan kompetisi, keren banget dah pokonya.

Bagi seorang blogger yang menyadari pentingnya mengabadikan sebuah foto, menjepret sebuah objek di setiap moment itu sangat penting walaupun hanya dengan kamera 2 mp. Karena akan sangat bermanfaat di masa depan untuk bahan membuat artikel. Terutama artikel lomba bagi yang suka lomba.

Misalnya nih ya pas kita lagi dalam perjalanan melewati sebuah gunung dengan pemandangan yang sangat bagus, berhenti sebentar untuk memotret itu di anjurkan. 

Atau misal pas kita lagi main music, nyanyi karaoke, dan lain sebagainya, nantinya foto tersebut entah kapan waktunya bisa di pakai untuk bahan membuat artikel. Karena hal itulah, tak heran deh jika saat ini banyak sekali blogger yang memiliki perangkat khusus memotret, yaitu kamera. Karena foto yang bagus pastinya akan berpengaruh dari kamera yang bagus pula. Bahkan, seorang blogger (menurut saya) di anjurkan punya 2 smartphone dan 1 kamera digital.

Baca juga : Berbagi Pengalaman Mendapatkan Job dan Content Placement di Blog 

Mengapa ? 

Jadi, terkadang saya harus memotret diri saya dalam pose sedang memegang smartphone atau sedang membuka aplikasi. Jika menggunakan kamera digital agak sulit karena besar, tapi kalau pake kamera smartphone lebih gampang karena bentuknya yang ringkas, apalagi kalo punya tripodnya. Kalo ada yang ngefotoin sih gak nanya yah, tapi kalo lagi gak ada kan kudu di lakukan sendiri. 

Nah, untuk aksesoris kamera, saya pun memiliki beberapa perlengkapanya, seperti tripod saya punya 3. Yang 2 gorilla pod dan yang 1 tripod pendek biasa. Untuk tongsisnya saya punya 2, 1 yang biasa dan 1 yang pake Bluetooth. Tripod Bluetooth itu bisa di pake untuk memotret dengan menggunakan remote. Sampai jarak 15 meter pun bisa memotret. Dan saya juga punya lazypod, yaitu sebuah alat kamera dari besi lentur dan ada jepitanya.


Oiya, menurut sepengamatan saya, blogger seringkali pun sangat selektif dalam memilih smartphone yang memiliki kamera bagus. Seperti Diko di blognya handikoo.com, jadi dulu dia pernah tanya tanya ke teman teman blogger saat akan membeli smartphone. Smartphone mana yang bagus kameranya ? Karena kamera yang bagus akan menghasilkan hasil jepretan yang bagus pula. 

Nah, itulah sedikit cerita tentang pentingnya memotret objek dalam setiap moment, karena selalu ada cerita di balik sebuah foto. Terutama bagi seorang blogger yang hobinya bikin cerita atau artikel. 

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Pentingnya Memotret Setiap Moment untuk Pesiapan Artikel di Masa Depan"

  1. Ini seperti saya, blognya tukang photo bukan photographer. Hasil jepretannya terasa penting saat menerima job artikel placemant, sehingga photo tersebut bisa digunakan. Soal kamera, ya jangan dipaksakan. seadanya dulu, dulu saya pakai kamera 2 mp juga. Dan hasilnya juga lumayanlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang paneting ada untuk di abadikan dulu

      Hapus
  2. Saya pernah tuh, kehilangan beberapa moment, nyeselnya baru sekarang.. .

    Jadi sekarang gak mau kecolongan lagi, setiap ada moment menarik langsung jepret ,walau masih pake kamera hape

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pake kamera hp, lebih gampang soalnya

      Hapus
  3. Kalau perempuan sih gak usah disuruh udah auto jepret berkali-kali, berbagai macam gaya dan angle, mas. hahaha

    BalasHapus
  4. iya bener kang hahhaa, aku harus beli lazypod jg nih kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lazypod iya itu Mas, bair moto makin fleksibel

      Hapus