Aplikasi HRIS Gratis Ini Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Perusahaanmu!


Aplikasi HRIS gratis sangat banyak diluar sana. Berbagai macam aplikasi HRIS gratis bisa dipilih guna mempermudah perusahaan dalam pengelolaan data karyawanya. Namun sebelum membahas lebih dalam, apakah kamu sudah memahami apa itu HRIS? 

HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System, yaitu sebuah software untuk mengelola system informasi para karyawan dalam perusahaan. Tidak hanya terbatas pada pengelolaan data, aplikasi HRIS juga bisa digunakan dalam payroll atau penggajian hingga planning perusahaan. Tetapi intinya tetap sama yaitu mengelola berbagai hal yang berkaitan tentang human resource perusahaan. 

Ada banyak sekali aplikasi HRIS diluar sana. Ada yang berbayar dan ada yang tidak. Semua tergantung kebutuhan, apakah perusahaanmu bisa mengeluarkan biaya lebih untuk memasang aplikasi ini atau tidak. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada cukup banyak aplikasi HRIS gratis yang bisa kamu manfaatkan. Berikut ini adalah daftar beberapa aplikasi HRIS Gratis yang ada.

1] HRtrack

Aplikasi yang satu ini cocok digunakan bagi perusahaan yang baru berjalan atau perusahaan kecil yang memiliki karyawan tidak lebih dari 10 orang. Aplikasi ini adalah buatan Kanada. Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi HRIS Hrtrack ini antara lain reporting pelatihan karyawan, peforma karyawan, libur/cuti, benefit karyawan, dan yang terakhir merupakan yang paling istimewa yaitu integrase kalender dengan Microsoft outlook. 

2] NaturalHR

Aplikasi HRIS gratis selanjutnya adalah NaturalHR. NaturalHR merupakan system Saas atau biasa dikenal sebagai Software As a Service buatan Inggris. Aplikasi HRIS ini gratis tanpa iklan dan hal-hal yang menggangu seperti trial. Namun dalam waktu dekat, developer dari software ini akan membuat versi premium berbayarnya dengan fitur yang lebih lengkap. 

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh software ini sangat lengkap. Terdapat time tracking, employee self service, dan libur/cuti. Tak hanya itu, kelebihan dari natural HR ini antara lain adalah pustaka menyimpan materi pelatihan dan penilaian kinerja karyawan yang terintegrasi.


3] Zoho people

Software gratis ini mampu menyimpan 10 profil karyawan dan login 5 karyawan. Meski terbatas, zoho people sangat membantu bagi para meiliki usaha kecil yang membutuhkan software pengelola untuk karyawanya. Meskipun kecil, Zoho people ini dimiliki oleh developer yang sudah cukup terkenal dan paten sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Software ini juga menawarkan fitur antar muka, fitur professional, dan fitur umum, seperti time tracking, self service, leave management, dan informasi lengkap mengenai karyawan. Sayangnya, memori penyimpanan pada aplikasi HRIS gratis ini hanya terbatas 250 GB. 

Untuk masalah software HRIS yang baik dan terpercaya, LinovHR adaladalah pilihanya. Telah berbasis cloud dan digunakan di banyak perusahaan, menjadikan LinovHR menjadi pilihan terpercaya terutama dalam urusan pengelolaan administrasi. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Ini aplikasi baru ya mas? Cocok ya untuk yang kerjanya bagian HRD di perusahaan.

    BalasHapus
  2. Saya udah pake Zoho ut database data sih. Kalo yg free kurang leluasi. Emg harus kudu yg premium

    BalasHapus

Budayakan berkomentar dengan baik dan sopan :)