Ini Macam-macam Penyebab Lumpuh yang Wajib Anda Waspadai

Kelumpuhan. Foto : https://alkeskendari.com
Sekali waktu dan dalam situasi tertentu, kadang-kadang kita terpaksa harus mencari informasi mengenai harga kursi roda - baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain yang tidak bisa berjalan, yang disebabkan oleh kelumpuhan, cedera, kecelakaan, atau yang lainnya. 

Dari sekian penyebab kelumpuhan, kita seringkali berasumsi bahwa penyebab lumpuh itu hanya dua yaitu, akibat kecelakaan/cedera dan karena cacat bawaan lahir. Padahal, selain kedua penyebab tersebut masih ada banyak penyebab lumpuh lainnya yang sebenarnya belum kita ketahui. 

Apa yang dimaksud dengan lumpuh?

Yang dimaksud dengan kelumpuhan adalah ketika sistem relai seperti otak, saraf, atau sumsum tulang belakang mengalami kerusakan - yang menyebabkan signal dari otak ke otot terganggu, sehingga bagian tubuh tertentu tidak bisa digerakkan. Dengan kata lain, kelumpuhan adalah hilangnya kekuatan dan kontrol atas otot atau kelompok otot pada bagian tubuh. Hampir seluruh tubuh bisa mengalami kelumpuhan. Mulai dari muka, tangan, kaki, hingga pita suara. Penyebabnya pun bermacam-macam.

Tapi sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai penyebab kelumpuhan, terlebih dahulu kita akan mengenal beberapa jenis dan tingkat kelumpuhan berdasarkan kondisinya.

Macam-macam kelumpuhan

1] Lumpuh parsial. Adalah kondisi ketika seseorang masih bisa mengontrol beberapa otot di bagian tubuhnya

2] Lumpuh total. Adalah kondisi ketika seseorang tidak bisa menggerakkan ototnya sama sekali

3] Lumpuh permanen, adalah istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan bahwa kelumpuhan tersebut tidak akan pernah bisa diobati dan sembuh

4] Kelumpuhan sementara atau lumpuh temporer, adalah lumpuh yang masih mungkin untuk sembuh dan kembali normal

5] Lumpuh flaccid, adalah lumpuh yang diakibatkan karena otot lembek dan menyusut

6] Kejang, juga termasuk ke dalam jenis lumpuh, dimana otot-otot menjadi kencang, keras, dan bisa tersentak dengan aneh (kejang) 

Istilah kelumpuhan

1] Monoplegia. Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kelumpuhan yang terjadi pada satu tungkai. Misalnya pada lengan atau pada satu bagian kaki

2] Hemiplegia, adalah istilah untuk menyebut kelumpuhan yang terjadi pada satu sisi tubuh. Misalnya, lumpuh kaki dan lengan sebelah kiri atau sebaliknya

3] Diplegia, adalah lumpuh yang terjadi pada kedua sisi tubuh seperti kedua lengan atau kedua sisi wajah

4] Paraplegia, yaitu lumpuh yang mempengaruhi kedua kaki

5] Quadriplegia, yaitu lumpuh yang mempengaruhi kedua lengan dan kedua kaki. Kadang-kadang juga terjadi di seluruh area tubuh dari leher ke bawah. Lumpuh jenis ini dapat mempengaruhi fungsi jantung, paru-paru, serta organ lainnya di dalam tubuh

Penyebab kelumpuhan

1] Pukulan

2] Cedera saraf tulang belakang

3] Cedera kepala

4] Multiple sclerosis

5] Cerebral palsy

6] Sindrom guillain barre

7] Polio

8] Neuropathy perifer

9] Racun

10 ] Kanker otak atau kanker pada bagian tubuh tertentu

11] Neurofibromatosis, yaitu kelainan genetik yang mengakibatkan tumbuhnya tumor pada saraf

12] Spina bifida

13] Ataksia Friedreich, yaitu ketidakmampuan tubuh memproduksi protein frataxin

14] Penyakit lyme, umumnya disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui gigitan kutu

15] Penyakit motor neuron

Nah, itulah sedikit informasi mengenai kelumpuhan yang penting untuk di ketahui. Di dera sakit itu rasanya sangat menyiksa, apalagi jika itu jenis sakit berat seperti kelumpuhan. Karena jika sakit ini sudah mendera, kita sulit bergerak dan bahkan tidak bisa kemana mana.

Kebanyakan pasien hanya duduk di kursi roda. Maka dari itu, periksalah selalu kondisi kesehatan Anda agar tetap sehat. Dan konsistenlah untuk olahraga agar tubuh tetap sehat. Dan yang terpenting, hindari stress, usahakan agar selalu bahagia karena semua berawal dari pikiran. Salam sehat dan bahagia selalu. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Ini Macam-macam Penyebab Lumpuh yang Wajib Anda Waspadai"

  1. Ini yang sedang dialami sama suami saudara sepupu saya. Tiba-tiba badannya mengalami kelumpuhan, dan gak bisa gerak. Berhubung ikut therapi, lambat laun sudah bisa mulai menggerakkan kaki (jalan) dan tangannya. Katanya sih masalah di saraf bagian belakang. Nice info... Mas

    BalasHapus
  2. Semoga kita disehatkan dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit seperti kelumpuhan ini...khususnya bagi para orangtua yang cenderung melemah kondisi fisiknya.

    BalasHapus