Xiaomi Note 5A, Idola Baru di Deretan HP Produksi China!


Xiaomi sudah lama dikenal sebagai produsen smartphone yang mampu memproduksi telepon genggam dengan harga terjangkau namun dengan spesifikasi yang tidak bisa dipandang rendah. Baru-baru ini, Xiaomi baru saja meluncurkan produk terbarunya yaitu Xiaomi Note 5A yang dibandrol dengan harga yang ramah di kantong. Apa saja yang mampu ditawarkan Xiaomi dengan melalui tipe hape ini?

Desain 


Dengan harga yang tidak setinggi para kompetitornya dan dengan spesifikasi yang mirip, Xiaomi bisa dibilang sebagai produsen telepon genggam yang menyasar segmen bawah. Biasanya, telepon genggam yang berada di segmen kelas bawah tidak terlalu memberikan spesifikasi yang macam-macam untuk urusan desain bodi. 
Hal ini ternyata berlaku juga untuk tipe Xiaomi ini. Smartphone satu ini masih membawa desain yang mirip dengan handphone keluaran xiaomi sebelumnya. Hanya saja, yang membedakan Note 5A dengan tipe sebelumnya adalah telepon genggam terbaru Xiaomi ini memiliki berat bodi yang lebih ringan. 

Bobot bodi Note 5A ini bisa lebih ringan karena material yang digunakan untuk bodi hape ini adalah plastik. Plastik bahkan digunakan untuk semua bagian hape ini. Selain itu, bobot hape yang lebih ringan juga disebabkan oleh ketebalan hapenya yang terbilang tipis. Tipisnya desain bodi hape Redmi Note 5A ini juga dikarenakan hape tipe ini menggunakan desain bodi yang bernama unibodi. Walaupun menggunakan desain unibodi, pemilihan desain unibodi pada tipe hape Xiaomi ini adalah yang sangat baik.

Mengapa demikian? Alasannya karena hape Xiaomi tipe ini menggunakan tiga slot pada SIM tray-nya walaupun desain bodinya bertipe unibodi. Ketiga slot ini dapat memisahkan penggunaan dua SIM card dan penggunaan MicroSD. Dengan demikian, para pengguna tidak perlu mempermasalahkan kecilnya kapasitas memori internal hape ini.

Hal lain yang menjadi nilai plus dari hape Xiaomi tipe ini adalah ukuran layarnya yang sebesar 5,5 inchi. Ukuran layar ini tentu sangat memuaskan para pengguna hape ini yang menggemari konten-konten hiburan seperti game di smartphone mereka. 

Software dan Desain Antarmuka


Hal lain yang perlu diketahui dari Xiaomi Note 5A ini adalah desain antarmukanya dan juga software di dalamnya. Note 5A telah dibekali dengan MIUI dengan versi Global 8.5 Stable. Walaupun demikian, belum bisa dipastikan apakah hape Xiaomi tipe ini akan bisa dibekali dengan MIUI 9. Sementara itu, sistem operasi yang dipasangkan di hape ini adalah Android 7.1.2 Nougat. 

Selanjutnya, mari kita lihat desain bentuk ikon dari Note 5A ini. Dengan sekali lihat, sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada perbedaan desain bentuk ikon dari hape keluaran Xiaomi sebelumnya. Walaupun demikian, MIUI yang ada di hape ini sudah lumayan nyaman untuk digunakan. Selain itu, MIUI yang ada di hp ini juga sudah mampu membawa aplikasi-aplikasi bawaan atau bloatware seperti pada merek hp lainnya. 

Seperti layaknya tipe hape Xiaomi lainnya, Note 5A ini juga dibekali dengan aplikasi Mi Community dan MIUI Forum. Selain itu, hape ini juga dilengkapi dengan Mi Drop sebagai layanan kirim dan terima data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Fasilitas Mi Drop ini dinilai memungkin sharing data antar perangkat secara lebih cepat daripada melalui Bluetooth. 

Spesifikasi Kamera


Aspek terakhir yang perlu ditinjau dari hape ini adalah spesifikasi kamera dan juga video hape ini. Dengan harga smartphone Xiaomi Note 5A yang hanya berkisar 1,5 juta, spesifikasi kameranya cukup memuaskan. Kamera belakang hape ini dibekali dengan kemampuan kamera 13 MP dan PDAF sedangkan kamera depannya dengan kemampuan kamera 5MP. 

Kamera Note 5A ini bisa bekerja dengan sangat baik selama para penggunanya menggunakan smartphonenya di beberapa kondisi tertentu. Baik kamera depan dan juga belakang dari hape ini bisa menghasilkan sebuah foto dengan kualitas yang baik selama foto diambil dengan tidak menggunakan zoom. Apabila pengambilan gambar dilakukan dengan zoom, ketajaman gambar akan berkurang. 

Sementara itu, untuk pengambilan gambar di dalam sebuah ruangan, hasil foto akan sangat baik apabila kamera mendapatkan pencahayaan yang baik. Selain itu, kamera ini juga bisa menghasilkan sedikit efek blurred atau bokeh. Akan tetapi, apabila kondisi ruangan gelap seperti di malam hari, kualitas gambarnya akan sangat menurun. 

Walaupun bisa dibilang kemampuan kamera hape ini terbatas, rasanya bukan sebuah investasi yang mahal untuk membeli hape Xiaomi tipe ini. Demi mendapatkan keaslian barang dari Xiaomi dan mendapatkan jaminan kualitas dari semua spesifikasi di atas, pastikan untuk selalu membeli hape Xiaomi di original Xiaomi store Indonesia. 

Original Xiaomi Indonesia selalu berusaha menghadirkan kualitas telepon genggam yang berspesifikasi tinggi namun dengan harga yang bisa dijangkau oleh banyak kalangan. Salah satu buktinya adalah keluarga smartphone Xiaomi Note 5A ini dengan berbagai macam spesifikasi menariknya. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Xiaomi Note 5A, Idola Baru di Deretan HP Produksi China!"

  1. Saya lagi ngincer ini hape. Speknya oke punya, sesuai dengan isi kantong

    BalasHapus