Berbagai Macam Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang Pernah Saya Lakukan

Cara Mendapatkan Uang dari Blog
Berbagai Macam Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang Pernah Saya Lakukan - Sejak awal mengenal dunia maya, saya tahu bahwa internet bisa di manfaatkan untuk mencari sekeping demi sekeping rejeki. Dulu pas awal awalnya mengenal internet, saya sering main PTC atau paid to click, dimana jika masuk ke akun PTC dan kita mengklik iklan yang ada, maka kita akan mendapatkan receh demi receh yang jika di kumpulkan dalam jumlah tertentu kemudian bisa di Tarik. Tapi saya tak konsisten melakuknya, karena butuh ketelatenan yang teramat sangat. Apalagi karena waktu itu masih pake warnet. Gak ketutup biaya sewanya. Dan cara seperti itu sekarang pun sudah jarang di lakukan.

Kemudian saya juga pernah mencoba menjadi publisher iklan baris yang di pasang di blog kita. Jika iklan di blog kita ada yang mengklik, maka kita akan mendapatkan imbalan sekian rupiah, waktu itu berkisar 300 rupiah. Dan sepertinya saya juga sangat jarang menemukan iklan iklan baris seperti ini di blog blog. Nah, bersama ini saya juga akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya dalam mendapatkan uang dari blog. 

Beraffiliasi lewat artikel blog

Affiliasi adalah metode mencari uang dengan cara menjualkan produk atau jasa seseorang yang jika serorang affiliator berhasil melakukan penjualan, maka ia akan mendapatkan komisi sekian persen. Cara affiliasi biasanya menggunakan sebuah kode unik dan berbeda beda untuk setiap affiliator. Dulu saya sering sekali menjadi affiliasi sebuah website pencari uang. Sebelumnya saya juga sudah mendaftar menjadi membernya, kemudian saya mendapatkan kode uniknya yang bisa saya gunakan untuk berpromosi. 

Misalkan saya menjualkan produk di website www.abcd.com dengan web replica saya, ketika ada yang membeli lewat URL replica tersebut, otomatis saya mendapat bagianya sesuai kesepakatan. 

Saat melakukan kempen affiliasi, saya melakukanya lewat sebuah blog. Blog nya yaitu blog ini. Dulu saya sering sekali nulis untuk affiliasi, hasilnya cuma sedikit karena saya belum mahir. Capek banget nulisnya pokonya. Tapi karena lama lama website tempat saya beraffiliasi tutup, akhirnya selesai sudah perjuangan saya di situ. Dan ternyata memasang terlalu banyak link affilias di blog, gak baik buat kesehatan blog, performa blog jadi menurun karena buruk di mata mesin pencari. 

Tapi walaupun begitu masih banyak juga platform affiliasi yang menawarkan komisi gede banget, seperti hostinger dan juga divi theme. Untuk divi theme, komisinya 50 persenya lho, dan theme ini sangat laris, harganya 3 juta, berarti separonya 1.5jt dong. Sayapun pake theme ini, di blog saya kangamir.com

Placement Content

Placement content adalah cara mendapatkan uang dengan system endors produk atau jasa. Misal kamu punya blog. Dan karena blogmu menarik, maka jika ada seorang pemilik produk ingin daganganya di promosikan olehmu di blog kamu, maka kamu akan mendapatkan imbalan, umumnya uang sih, tapi ada juga yang produk. Dulu saya pernah dapet bantal tidur, voucher belanja, dan lain sebagainya. 


Placement content ini bentuknya sebuah artikel yang sudah di siapkan oleh pemilikinya. Dan tugasmu hanyalah menempatkan artikel tersebut di blogmu kemudian mendapatkan bayaran sesuai dengan syarat dan ketentuan sebelumnya. Makanya, biar blogmu ramai di samperin banyak pengendors, bikin blogmu sebagus mungkin dengan menyajikan artikel terupdate dan menarik. 

Job Review

Job review beda lagi dengan content placement, karena job review itu kita yang bikin tulisan dari nol. Tapi saya lebih suka karena bayaranya bisa 3 kali lipat dari content placement. Gak banyak ko nulisnya, paling banyak Cuma 1000 kata. Apalagi kalo dari brand besar, bayaranya mahal cuy. 

Lomba Blog

Kalo ini yang paling saya suka, yaitu bikin artikel sebagus mungkin untuk di pertarungkan. Hingga saat ini saya sudah puluhan kali menang lomba blog, dari juara favorit sampe juara 1 saya pernah. Hadiahnya bermacam macam, tapi kebanyakan sih uang tunai. Ada juga gadget mahal terkini, seperti Samsung galaxy S9 atau kamera mirrorless, moge alias motor gede, ataupun mobil, waow. Tapi saya belum pernah dan saya pengen banget hehehe. 


Nah, itu lah sedikit pembahasan dari saya tentang pengalaman saya dalam mendapatkan rupiah dari blog, sebenarnya masih ada banyak lagi yang lainya, seperti google adsense, tapi gak mau gagal fokus. 

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Berbagai Macam Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang Pernah Saya Lakukan"

  1. Kalau saya lebih ke placemen content, tapi lebih enak. Tidak pusing membuat atikel. Hanya tinggal edit sedikit terus pulish.

    BalasHapus
  2. Rezeki dari blog ternyata banyak caranya, ya :)

    BalasHapus
  3. Seru banget kayaknya dapet content placement... aku pengen banget nih dapet job content placemnet banyak kek mas amir...

    BalasHapus
  4. luar biasa sekali emang ini kang amir, patut dicontoh kang hehhe

    BalasHapus
  5. saya udah pernah semuanya mas tapi waktu di blog lama, kalau sekarang paling dapat dari GA aja, soalnya belum ada yang ngasih saya job. Kalau untuk ngontes kayaknya ga lagi deh...

    BalasHapus
  6. Jarang bangat ikut lomba blog, saya paling suka sebenarnya sponsor post. Klo job review kadang malas juga, hehe

    BalasHapus