Kabar Gembira Buat Para Pemburu Lomba Blog - Sekarang ada Software Grafis Gratis Bahasa Indonesia


Hai teman, saya punya kabar gembira nih, khususnya untuk blogger pemburu lomba blog. Karena apa ? karena saya baru saja menemukan software grafis yang bisa di atur ke dalam bahasa Indonesia. Bagi saya hal ini sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, secara bahasa Indonesia kan bahasa kita, dan mudah di mengerti pokonya. Saya tau software ini dari seorang teman blogger juga. Setau saya, software ini juga bisa membaca file PSD dan juga AI. 


Teruntuk para blogger lomba, mereka sering menyebut kalo blog yang menang itu karena sang bloggernya jago desain grafis, walaupun tidak sepenuhnya benar. Dan mereka menganggap kalo belajar grafis itu susah, susah karena pengantarnya bahasa Inggris, iya enggak ? Jadi kudu baca tutorialnya secara cermat biar mudah di mengerti. Seperti yang saya lakukan. 

Tapi sekarang tidak lagi, karena ada inkscape. Dan kabar baiknya, inkscape ini gratissssss alias opesource alias gak pake bayar alias gak pake kode crack segala pas mau install. Sayapun takjub saat tau bahwa software ini bisa di ubah bahasa toolnya ke dalam bahasa Indonesia. Dan yang lebih keren lagi adalah, karena petunjuk penggunaanya pun berbahasa Indonesia huhuhuhu. 




Lalu, dimana bisa download software keren ini. Gampang, buka aja inkscape.org dan pilih halaman download. Oiya, ukuran filenya cuma 60 an Mb huhuhu. Sementara ruang RAM yang terpakai yaitu hanya 300 an Mb saja. Cara instalnya pun bisa dengan bahasa Indonesia. Dan setelah saya pakai, loadingnya cepet ooyyyyyyy, jebret jebret. Keren dah pokonya. 

Btw, itu software jika sudah di install langsung berbahasa Indonesia ?

Enggak, jadi ada pengaturanya, masuk menu Sunting > Preferences atau gunakan tombol shortcut ctrl + shift + P, lalu pada pengaturan bahasa, pilih Bahasa Indonesia. Setelah itu tekan tombol close saja karena tidak ada tombol konfirmasi berupa  “ok/yes”. Kemudian tutup inkscape dan buka lagi. Misal belum berhasil, restart komputer dan buka lagi softwarenya, jreng jreng….hahahhaha. 



Tapi, katanya dulu kamu belajar AI ?

Iya sih, baru rencana saja dan sebenarnya lagi cari cari software yang cocok. Dan karena lama lama komputer juga jadi berat loadingnya, saya pengin pindah ke inkscape saja yang gratis dan enteng. Lagian di rasa rasa ko pake software bajakan itu kayak gak enak, soalnya pastinya bikinya mati matian, kalo di pake gratisan kan kasian. Tap kalo beli puluhan juta huhu belum mampu.

Untuk guidenya, tinggal pilih menu bantuan, lalu pilih tutorial, keluar deh. Jadi, kalo di rasa corel draw atau illustrator atau software lain yang berbahasa inggris di rasa sulit di pelajar, tinggal install inkscape saja. Buat para blogger pemburu lomba,wajib install yah, selamat berkaryaaaa….

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Kabar Gembira Buat Para Pemburu Lomba Blog - Sekarang ada Software Grafis Gratis Bahasa Indonesia"

  1. saya sudah lama tahu Inkscape baru tahu sekarang ada bahasa Indonesianya....

    jadi pingin coba lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cuma tinggal di ubah di pengaturan bahasanya saja

      Hapus
  2. I was curious if you ever considered changing the structure of your website?
    Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better.

    Youve got an awful lot of text for only having 1
    or two images. Maybe you could space it out better?

    BalasHapus
  3. Wow keren. Tks infonya mas Amir

    BalasHapus
  4. Siap menunggu tutorial detailnya,, mudah-mudahan bisa mengikuti.. hehe,, saya agak gaptek soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru mulai belajar 2019 Mas, gampang kayaknya Mas karena petunjuknya pun bahasa Indonesia hehehe

      Hapus
  5. inkskape dan gimp, open sourcenya untuk design..:)

    BalasHapus
  6. Nggak asing iconnya mungkin dulu aku pernah coba tp lu. So far udh nyaman aman yg dipake skrng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya pake yang sekarang kesulitan Gus karena masalah layer

      Hapus