Percantik Ruanganmu dengan Lampu Hias Unik dari Pengrajin Lokal

Lampu hias aroma terapi elektrik. Dok. Qlapa.com
Kebutuhan masyarakat terhadap dekorasi unik memicu pengrajin untuk terus berkreasi. Salah satu produk dekorasi yang tak pernah surut pembeli adalah kreasi lampu hias. 

Inspirasi lampu hias dari pengrajin berbakat
Produk ini tak hanya berfungsi sebagai penerangan, tetapi juga hiasan yang memanjakan mata. Inilah beberapa inspirasi lampu hias dari para pengrajin berbakat yang cocok untuk menghiasi ruangan:

[1] Lampu kreasi tebu

Kerajinan ini dibuat dari perpaduan lidi daun tebu dan amput kayu. Anyaman lidi dibuat dari daun tebu, sedangkan motif gambar dibuat dari amput kayu. Untuk perawatan, simpan benda ini di tempat kering dan terkena sinar matahari. Untuk membersihkannya cukup gunakan kuas.

[2] Lampu hias aromaterapi listrik

Kerajinan ini punya fungsi ganda, sebagai hiasan dan aroma terapi. Produk yang terbuat dari batu alam dan mangkuk kaca, membuat hiasan ini terlihat etnik dan antik. Aromaterapi berfungsi untuk memberikan relaksasi kepada penghuni rumah. 

[3] Terrarium Kuningan Pentagonal

Produk unik ini terbuat dari kaca berbentuk pentagonal dengan aksen kuningan warna gold di sudut-sudutnya. Hiasan ini bisa dipercantik dengan LED atau succulent plant.

Terrarium Lampu Hias Kuningan Pentagonal. Dok. qlapa.com 
Lampu hias mana yang paling menarik hatimu? Sebelum memilih produk, perhatikan kesan apa yang ingin kamu dapatkan dengan hiasan tersebut. Misalnya, menyesuaikan dengan ukuran ruangan dan furnitur dalam ruangan. Selanjutnya, tinggal tentukan di mana kamu akan membeli produk tersebut.

Tempat membeli lampu hias secara online

Jika kamu kesulitan mencari kebutuhan home decor unik di kotamu, kini kamu bisa mendapatkannya lewat online. Melalui marketplace khusus kerajinan tangan, para pengrajin biasa memasarkan hasil kreasi mereka. Harapannya, hasil kerajinan lokal bisa merambah pasar lebih luas. Nah, inilah beberapa marketplace penyedia aneka lampu hias unik!

[1] Ku Ka 

Portal yang menjadi pasar kreatif orang Indonesia ini menyediakan sarana jual beli berbagai kerajinan khas lokal. Sehingga, pengrajin lokal punya kesempatan untuk hijrah menuju toko digital. Tujuannya, pengusaha kerajinan punya pasar lebih luas baik lokal maupun internasional.

Di marketplace Ku Ka ada banyak pilihan lampu hias terbuat dari rotan, kayu jati, kayu hanyut, dsb. Hiasan tersebut bisa jadi pajangan yang cantik untuk ruang tamu, ruang keluarga, dinding di atas tangga ataupun penerangan di ruangan tidur.

2 ] Inacraftmall

Ingin koleksi lampu hias bernuansa vintage ataupun modern? Cobalah berkunjung ke e-commerce yang satu ini. Kamu akan menemukan lampu belajar bambu Errada, yaitu lampu belajar berbahan bambu yang dipadukan dengan hiasan kulit sapi. Selain itu, ada juga lampu hias berbentuk lampion, cotton ball, sampai marquee light berbentuk angka.

Cotton ball terbuat dari benang dengan nuansa yang lebih modern tetapi tetap romatis. Cotton ball cocok dipajang untuk acara pesta, dinner maupun penghias kamar tidur. Sedangkan marquee light terbuat dari seng yang dibentuk menjadi angka atau huruf. Perpaduan antara kesan vintage dan modern look. Item ini paling pas dijadikan pajangan, penghias di acara spesial atau hadiah pada yang terkasih.

3] Qlapa

Koleksi produk di Qlapa.com tak kalah menarik. Bahkan pilihannya sangat banyak dibanding marketplace sebelumnya. Dari mulai produk berbahan jati, kristal, hingga lampu hasil seni akrilik 3 dimensi yang memukau.

Kelebihan berbelanja di sini, pembeli sangat mungkin memesan produk custom. Pembeli bisa memperoleh produk sesuai keinginan. Bagi penjual, marketplace ini sangat menguntungkannya karena mereka diperbolehkan membuka sistem pre-order. Jadi, pengrajin bisa memajang sampel terlebih dahulu, kemudian melakukan produksi saat ada pesanan.

Berbagai macam lampu hias di qlapa.com. SS pribadi
Membeli lampu sebagai hiasan lewat marketplace yang tepat ternyata tidak cukup. Hasil pajangan yang cantik juga dipengaruhi oleh penataan hiasan di dalam ruangan. Seperti halnya furnitur, hiasan juga bisa mempengaruhi suasana sebuah ruangan. Daripada coba-coba sendiri, berikut saya buatkan juga panduan penempatan pajangan berikut!

a) Perhatikan masalah ukuran. 

Sesekali, karya seni juga butuh ditempatkan dengan simetris, rasionya pas dengan ukuran dinding serta tidak merusak dekorasi lain. Keberadaan pajangan harus selaras dengan keberadaan item lain.

b)Tempatkan pada ketinggian yang tepat. 

Jangan menempatkan hiasan terlalu tinggi dan berdampak pada proporsi ruangan. Namun, jangan biarkan terlalu rendah sehingga membuatnya terlihat tidak nyaman. 

c) Sesuaikan hiasan dengan perabotan lain di dalam ruangan

Untuk lampu hias yang ditempel di dinding, gantungkanlah dengan jarak 15-20cm dari furnitur di bawahnya. Furnitur tersebut seperti meja, sofa atau rak.
d) Sesuaikan konsep hiasan dengan ruangan

Apakah kamu ingin membuat ruangan terlihat minimalis, modern atau vintage. Semua tergantung furnitur dan item pilihanmu. 

Pada akhirnya, semuanya tergantung pada seleramu. Dalam urusan penataan hiasan memang tidak ada benar dan salah. Tetapi prinsip dasar tetap harus diketahui untuk membuatnya tetap serasi dan selaras. Jadi tidak membuat hiasan tampak tidak berguna ataupun terlihat mendominasi.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Percantik Ruanganmu dengan Lampu Hias Unik dari Pengrajin Lokal"

  1. Sesuaiak konsep hiasan dengan ruangan. ini yang perlu diperhatikan. Biar ruangan tampak indah.

    BalasHapus
  2. Kerennya desain lampu-lampu ini ....
    Nambah indah ruangan juga buat temen tidur juga apik.

    BalasHapus
  3. kok akuu pengen punyaa yg terarium kuningan pentagonal yaa mas, semacam klasik tp modern gtu hehhee

    BalasHapus