Indahnya Pantai Watubale Ayah Kebumen

Pantai watubale. Dokpri
Beberapa bulan yang lalu di tahun 2017, saya berlibur ke pantai watubale yang terletak di kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Dari tempat saya tinggal, jaraknya bisa di tempuh kurang lebih 1.5 jam menggunakan sepeda motor. Tracking menuju tempat tersebut lumayan mudah, namun saat masuk di kawasan pesisir tepatnya di daerah Suwuk, mobil besar seperti bus sulit masuk karena jalannya sempit dan naik turun, serta berbelok. 

Pantai watubale terletak di pesisir selatan Pulau Jawa. Kalo Anda yang dari luar kota dan menggunakan pesawat, misalkan dari Jakarta mau ke Jogja, bisa turun di Bandara Adi Sucipto Jogja. Dari sini Anda bisa menggunakan bus, namun ribet karena harus nyambung nyambung.  Tapi akan lebih mudah kalau pakai Sewa Mobil Jogja karena bisa langsung menuju tempat wisatanya.

Baca juga : Asiknya Liburan Lebaran 2017 di Pantai Menganti Kebumen

Sewa mobil yang ini beda ya dengan yang lainya, karena begitu turun di Bandara, Anda bisa langsung mendapatkan mobil sewaan di Rental Mobil Jogja tadi. Dan Anda pun bisa setir sendiri atau dengan supirnya sekalian juga ada. 

Kalau dari Yogyakarta menuju Kebumen, jalannya aluuuuuusssss banget. Tapi bukan jalur utara yang melewati Purworejo Kota, melainkan jalur selatan yang merupakan jalur alternative. 

Aspalnya hotmix dan jalanya sangat lebar, kayaknya jalan tol pun kalah. Jadi, perjalanan lancar bebas hambatan dan tidak ada macetnya karena memang sepi. Kalo dari Bantul jalan ke barat bisa langsung menuju Pantai Watu Bale. Tapi, jangan lewat jalan ini malam malam karena sepi banget. Takut ada “hantu” yang menggangu. 

Lanjut, wisata pantai ini baru di buka belum lama ini. Dan saat ini sangat ramai di kunjungi, terutama di akhir pekan. Tiket masuk yang di kenakan yaitu 10 ribu per orang sudah termasuk parkir kendaraan.

Tadinya saya tau wisata ini di instagram @visitkebumen. Icon dari pantai watubale ini yaitu replica menara Eiffel yang bisa di gunakan untuk berfoto foto. Untuk berfoto di kenakan biaya 8 ribu rupiah. Tapi karena dulu pas kesini gak ada orang, saya naik saja gak pake bayar hehehe. Menara ini menghadap ke laut, makanya sangat bagus sekali untuk berfoto.

Replika  Menara Eiffel. Dokpri
Pasir pantainya lumayan bersih. Banyak batu batu kerikil dan batu karangnya. Namun ombaknya lumayan besar, jadi kalo main air jangan ke tengah tengah takut kebawa arus. 

Warung warung disini sangat banyak dan berderet deret. Makanan yang di jajakan yaitu seperti bakso, mie ayam, pecel, mendoan khas Kebumen, dll. Oiya, kalo kesini jangan lupa beli yutuk goreng, yaitu sejenis udang yang hidup di pasir dan di goreng. Rasanya gurih. Tapi kalau kebanyakan bisa bikin pusing.

Yutuk goreng. Dokpri
Nah, kalo Anda mau berleyeh leyeh sambil menikmati pantai dari ketinggian, tinggal naik saja ke arah timur. Karena konsep wisata ini adalah taman di lereng laut, sehingga pengunjung bisa menikmati indahnya laut dari ketinggian, menarik sekali bukan ?

Baca juga : Tenyata Kebumen Surganya Tempat Wisata

Disana juga banyak warung warung dalam sebuah saung saung yang menjajakan berbagai macam makanan. Oiya, waktu saya kesini tempatnya sangat bersih. Bersih sekali dan bikin betah. Mulai dari warung warungnya sampai taman tamanya

Dan yang tak kalah seru adalah karena gardu pandang untuk selfienya sangat banyak. Ada juga spot selfie yang berbentuk love, kupu kupu, dan beberapa yang lainya. Capek berkeliling, Anda juga bisa beristirahat di saung saung mini yang banyak tersebar di sini. Saung mini ini kecil dan hanya muat 2 orang.

Selain icon replica menara Eiffel, disini juga ada replica kapal titanic yang berfungsi sebagai tempat selfie. Kebanyakan pengunjung yang datang bersama pasangan, mereka suka berpose seperti romeo dan Juliet dalam film titanic. Bikin baper para jomblo nih wkwkwk. Bagi yang punya kamera digital semacam DSLR jangan lupa di bawa ya, biar hasil fotonya bagus karena spot fotonya keren keren abis. 

Selain itu ada gardu pandang berbentuk segitiga juga yang terpaut dalam sebuah pohon yang menjorok ke arah laut. Namun harus hati hati. Bagi yang penakut, baiknya jangan selfie di gardu pandang ini, kahawatirnya gemeter karena bawahnya jurang. Apalagi kalau anginya pas gede gedenya, hiii ngeri. Tetap berhati hati pokonya. 

Untuk mushola, disini juga ada ko, jadi gak usah khawatir mau sholat dimana bagi yang muslim. Belum puas mengeksplore, saya pun naik naik lagi ke sebelah timurnya. Dan ternyata saung saung kecil tersedia dimana mana. Dan jika naik terus sampai puncak, kita akan sampai di puncak tertinggi dataran tinggi pantai ini. Dari sini kita bisa melihat indahnya laut selatan dan bisa melihat ke segala arah. Namun saya tak berani karena saya sendirian dan sepertinya agak menakutkan. 

Oiya lupa, kalo dari Jogja kesini, butuh waktu sekitar 3 jam. Saya anjurkan lewat jalur selatan saja karena jalanya alussss banget bebas hambatan. Apalagi di sepanjang perjalanan, kita akan melihat perkebunan buah buahan, seperti semangka, melon, jambu kristal, pepaya California, sayur sayuran, dan Anda bisa membelinya langsung dari petani. Itu saja yang bisa saya tuliskan, semoga bisa panduan bagi yang akan berlibur ke Kebumen. Kebumen pancen maen.

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Indahnya Pantai Watubale Ayah Kebumen"

  1. Makanannya jejer bgt bkin laper, ,wkwk

    BalasHapus
  2. Yang mirip udang itu mungkin ubu-ubur. Saya orang kebumen belum pernah main ke pantai ayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin. Wah orang Kebumen rupanya, punya sodara saya nih

      Hapus
  3. Si mbahku Aseli Kebumen, tapi akunya belum pernah kesana..., terimakasih infonya ka, kalau balik ke Kebumen, musti disambangi ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gitu ya ? sekarang Kebumen tambah maju, banyak tempat wisatanya juga

      Hapus
  4. Wah, replika menara eiffel-nya bisa dinaikin yah. Lumayan juga kalau pas sepi bisa foto2 sepuasnya di situ.
    Salam kenal ya Mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, keren banget buat foto foto. Watubale ini selalu menjadi incaran para pengunjung untuk berselfie

      Hapus
  5. loh malah makanannya ayng dilihatin sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha.. itu namanya yutuk goreng, rasanya mirip udang

      Hapus
  6. Bagus sih pantainya, tapi jauh juga ya.. Dari Gombong aja sekitar 1 jam lewat jalan pegunungan...

    BalasHapus