#BeMoreProductive – Inspirasi Kantor Google di Berbagai Negara agar Karyawannya Lebih Produktif

Kantor google di California USA. Dok. https://www.decodeko.co.id
Sebuah polling telah di lakukan di berbagai perusahaan di New Zealand terhadap para karyawan tentang pengaruh desain kantor terhadap produktivitas kerja mereka. Dari hasil yang di peroleh, sebanyak 81% karyawan menyatakan bahwa iklim kantor dapat mempengaruhi kebahagiaan dan kepuasan kerja, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan produktivitas mereka. Sedangkan hasil studi secara umum menemukan bahwa desain kantor yang baik dapat meningkatkan produktivitas sebanyak 20%.  

Dari penelitian tersebut, tidak heran jika perusahaan perusahaan besar baik skala lokal ataupun internasional, begitu memanjakan karyawanya dengan mendesain kantornya semenarik mungkin. Sehingga suasana kerja pun menjadi semakin asik dan menyenangkan. Hasilnya, tingkat produktivitas pun semakin meningkat. Ide dan kreativitas pun jadi mudah di dapat karena terinspirasi dari desain kantor yang baik. 

Perusahaan perusahaan besar seperti Google pun melakukan hal yang sama. Kalian pasti pernah berpikir seperti ini “untuk bisa kerja di google itu pasti sangat sulit, dan pastinya disana orangnya sangat jenius jenius, tidak sembarang orang bisa kerja disana”. Iya enggak ? 

Jika iya, berarti tebakanku benar dong hehehe. Secara kan google itu perusahaan digital nomor 1 di dunia. Makanya, agar produktivitas karyawannya tetap terjaga dan semakin meningkat, google pun mendesain kantornya dengan luar biasa. Dan seperti apa sih penampakan kantor google itu ? berikut 5 desain kantor google yang begitu mendatangkan produktivitas bagi karyawanya. 

1] Desain Kantor Google di New York City, USA
Desain kantor di New York City ini sangat keren, terutama pada bagian ruang terbukanya yang mengadopsi desain apartemen khas New York yang bernuansa industrialis. Ruangan ini merupakan ruang untuk berkolaborasi, berdiskusi dan bertukan ide. 

Kantor google di USA #1. Dok pinterest.com

Kantor google di USA #1. Dok. freshome.com
Dengan kantor berkonsep seperti ini, suasananya pun jadi tidak kaku dan lebih nyaman, karena begitu beda dari kantor yang di kotak kotak sekat pada umumnya. Instalasi khas gedung dan ruangan dengan lorong panjang berlantaikan kayu, membawa kesan alami tersendiri. Dengan langit langit video hologram dan tempat duduk kotak berwarna warni, dapat menghadirkan inspirasi dan kreativitas buat para pekerjanya.  Oiya, bagi yang punya hewan peliharaan semisal kucing atau anjing, google pun boleh membawanya kesini, wah menarik sekali yaa ?

2]  Desain Kantor Google di Dublin, Irlandia
Gedung kantor google di Dublin ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Ada banyak fasilitas untuk memanjakan para karyawanya sehingga betah kerja disini. Gedung seluas 46 ribu meter persegi ini memiliki area yang sangat luas. Tidak heran jika gedung ini dikenal dengan google campus oleh para karyawanya. Disini, terdapat 5 restoran, 42 jenis ruang rekreasi, dan lebih dari 400 ruang meeting informal. 

Kantor google di Dublin #1
Kantor google di Dublin #2
Kalo menurut saya, sepertinya ruang rekreasi itu sih ruang santai sekaligus ruang kerja, jadi karyawanya bisa kerja sambil bersantai. Wah pasti gak ngebosenin tuh. Oiya, disini juga mengutamakan konsep openspace, yaitu ruang terbuka agar karyawanya tidak bosan dalam bekerja, sehingga lebih produktif. 

Yang tak kalah menarik adalah karena terdapat juga ruang kantor yang di desain dengan kursi kayu memanjang dan berundak undak. Ditambah bantal empuk dan view yang menghadap keluar ruangan dan langsung menghadap cahaya matahari, pastinya jadi lebih nyaman dan asik untuk bekerja. 

Kantor google di Dublin ini juga memiliki fasilitas ruang karaoke untuk sekedar hiburan dan menghilangkan stress. Ruang karaoke ini di dominasi oleh elemen bohemian, seperti dinding bergambar lampion, langit langit yang bergambar bintang, karpet bermotif unik, dan lain sebagainya. 

3] Desain Kantor Google di London, Inggris
Desain kantor di London ini juga tak kalah unik. Kantornya berbentuk lorong dan pada dindingnya bergambarkan bendera Inggris. Pada lantainya terbuat dari kayu dan ada bagian yang mengkilat seperti kaca. Terdapat meja pingpong agar bersantai semakin menyenangkan sambil berolahraga atau menyalurkan hobi. 

Kantor google di London #1. Dok. idesignarch.com
Kantor google di London #1. Dok. officesnapshots.com
Ada juga ruang bersantai lainya dan sangat unik. Mejanya bundar dan sepertinya terbuat dari kayu. Terlihat ada ada lubang kecil tanpa pintu seperti rumah kurcaci yang bisa digunakan untuk bekerja ataupun bersantai. Warna ruanganya pun di dominasi warna warna cerah agar terlihat full color. 

4]. Desain Kantor Google di Cambridge, Massachusetts
Kantor google yang satu ini sangat keren. Ada bagian yang menghadap ke keluar dengan view gedung gedung dan taman yang sangat full color. Pada tamanya terdapat banyak bunga berwarna warni dan seger sekali kalo di lihat. Bagaimana gak betah coba kalo punya kantor seperti ini. 

Kantor google di Cambridge, Massachusetts. Dok. https://www.decodeko.co.id
Para karyawan pun bisa membawa laptop mereka masing masing sesuai kenyamanan yang di inginkan. Ada juga ruang rapat yang konsepnya seperti ruang tunggu di bandara, sehingga kesanya jadi sangat beda dengan kantor biasa. Wah pasti bisa produktif banget tuh kalo kantornya seperti ini. 

5] Desain Kantor Google di Zurich, Swiss
Kantor di google ini juga sangat beda dengan yang lain. Pada lantainya menggunakan salju yang di kasih penerangan lampu neon. Dan ada ruangan kerja berukuran kecil berbentuk gondola yang muat 1 -2 orang. Waow seru ya ? 

Kantor google di London Swiss #1. Dok. officesnapshots.com

Kantor google di London Swiss #2. Dok. officesnapshots.com
Ada juga ruangan dengan kursi gantung berderet deret. Karyawan bisa bekerja sambil main ayunan hehehe. Dan ruangan ini viewnya menghadap luar dengan jendela besar. Biasanya para karyawan menggunakan ruangan ini untuk mencari inspirasi. 

Dari ke 5 kantor google diatas, bisa menjadi inspirasi Anda, bahwa untuk mendapatkan produktivitas, juga bisa di lakukan dengan menempati ruangan dengan desain kantor seperti milikinya google. Namun pastinya, mendadak membangun atau membeli kantor dengan desain seperti itu butuh dana dan persiapan yang tidak mudah, dan juga waktu yang lama pastinya. 

Kabar baiknya, sekarang sudah tersedia penyewaan kantor dengan desain yang bisa menambah produktivitas kita. Penyewaan kantor tersebut bernama XWORX. XWORX adalah start up untuk penyewaan ruang meeting, paket meeting, kantor, Coworking space, dan ruang acara, dengan desain yang apik dan sudah tersebar lebih dari 1200 ruang di seluruh Indonesa. Sehingga dengan suasana kantor yang nyaman, bekerja pun menjadi lebih produktif.

Ruang meeting di XWORX di Blue Sky Hotem Petamburan #1. Dok.  XWORX
Ruang meeting di XWORX di Blue Sky Hotem Petamburan #1. Dok.  XWORX
Disini, Anda bisa menyewa dengan system perjam sampai bulanan dengan harga bervariasi sesuai fasilitas yang di berikan. Dan harga yang tertera merupakan harga fix tidak ada embel embel lainya. Mulai dari 30 ribu perjam. Murah sangat yah ? 

XWORX Wisma 76 #1. Dok. XWORX

XWORX Wisma 76 #2. Dok. XWORX
Disini, Anda juga bisa langsung memesan makanan dan minuman, jadi gak perlu keluar keluar lagi kalo lagi pengen cari makanan. XWORX memberikan beberapa kemudahan, seperti bisa memesan secara realtime, transaksi online juga jadi lebih mudah dan terjamin keamanannya karena jaringan internetnya sudah di bekali fitur SSL, pembayaran mudah seperti lewat transfer, kartu kredit ataupun internet banking, online selama 24 jam 7 hari seminggu, dan berbagai kemudahan lainya. 

Kemudahan memesan di XROWX. SS by pribadi
Selain itu, banyak juga yang puas setelah menggunakan layanan dari XWORX, berikut 4 di antaranya.

Testimoni XWORX. SS pribadi

Jadi, dengan adanya XWORX ini, acara rapat ataupun sekedar melakukan pekerjaan di luar rumah menjadi lebih menyenangkan. Karena ruangan ruangannya di desain secara apik dan beda sekali dari ruangan kantor biasa.


Referensi :
https://www.jawaban.com/read/article/id/2015/08/05/82/150805110450/9-Kondisi-Ruang-Kerja-yang-Mampu-Tingkatkan-Produktivitas--Bagian-1-
https://www.decodeko.co.id/blog/kantor-google/
https://www.dekoruma.com/artikel/63868/desain-kantor-google-seluruh-dunia

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "#BeMoreProductive – Inspirasi Kantor Google di Berbagai Negara agar Karyawannya Lebih Produktif"

  1. Kantor Google keren semua ya. Baru tahu juga nih kalo ada XWORK. Aku cuma pernah ke Impala Space Kota Lama Semarang aja nih, dan tempatnya unik plus asik. Cocok untuk event dan meeting gitu. Nice sharing mas Amir, semoga juara.

    BalasHapus
  2. Emang google kantornya bikin mupeng. Pernah juga lihat beberapa vlog youtuber Indonesia yang main ke kantor google dan kece banget disana interiornya. Belum lagi ada banyak banget snack tersedia untuk karyawannya. Beda banget dengan kantor saya yang dikelilingi tembok warna abu-abu pula :P

    BalasHapus
  3. ruang kantor yang bagus memang bisa meningkatkan motivasi dan produktivitas kerja yaa. Google emang deh paling juara bikin kantor cantik macam begitu.

    BalasHapus
  4. Kantornya keren karena buat mereka invest mereka ada di otak karyawannya jadi dibuat senyaman mungkin supaya karyawannya bisa menghasilkan inovasi baru terus, keren siih impian punya kantor kaya gitu

    BalasHapus
  5. Google Indonesia dongg jugaa...

    wahh Xwork kan start Up coworking space, yahh semacam marketplace untuk coworking space gitu. dari sulu saya pengen nyobain coworking space, sehari aja biar tahu rasanya kerja di kantoran itu seperti apa.

    BalasHapus
  6. betah ya buat kerja kalau ada saranan kayak gini.

    BalasHapus
  7. Wah kantor google emang kece banget deh... saya skrng baru tersadarkan bahwa ruangan yang nyaman dan menyenangkan akan membuat kita semakin produktif dalam bekerja... xwork solusinya deh!

    BalasHapus