Cara Memilih Mainan Edukasi yang Tepat untuk Balita

Di usia balita, anak-anak sudah mulai harus dikenalkan dengan sejumlah permainan yang akan membuat mereka lebih teredukasi. Mainan edukasi menjadi salah satu yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengajarkan anak cara bermain yang tepat. Kini permainan edukasi banyak sekali dijual di pasaran dan juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengajarkan anak kita banyak hal yang baru.

Untuk Anda orangtua yang sibuk bekerja, bisa mendapatkan mainan ini melalui toko online terpercaya. Melalui layanan ini kita akan melihat banyak sekali toko yang menjual mainan dengan model yang beragam dan juga kualitas yang baik. Berikut ini adalah beberapa cara memilih mainan ini antara lain:

1. Model, Anda bisa mencari model permainan yang modern dan juga memiliki nilai edukasi yang banyak. Saat ini memang banyak sekali mainan yang dijual dengan nilai edukasi yang cukup tinggi. Maka dari itu Anda bisa memilih mana mainan yang memang modelnya sedang modern.

2. Kriteria umur, untuk jenis mainan edukasi ini banyak yang dijual dengan menggunakan kriteria salah satunya adalah dari umur. Hal ini penting sekali untuk memilih mainan yang umurnya sesuai dengan umur anak kita. Hal ini akan membuat mainan juga akan jadi lebih aman pada saat digunakan.

3. Jenis edukasi, kita harus lihat juga mana mainan yang memiliki nilai edukasi yang tinggi. Jangan sampai kita salah memilih mainan karena anak-anak masih harus banyak belajar. Pilihlah edukasi yang baik seperti pelajaran menghitung dan mengenal bentuk.

4.Bahan pembuat mainan, carilah juga bahan pembuat mainan yang aman. Jangan sampai Anda membeli mainan yang bahannya tidak baik. Hal ini akan sangat berbahaya sekali untuk anak-anak terutama. Pilihlah bahan yang tidak keras dan juga tidak mudah menarik perhatian anak untuk memakannya.

Kebanyakan orangtua memang sering asal memilih mainan karena menurut mereka ini sangat mudah sekali. Jika Anda orang tua yang bijak maka bisa memilihkan mainan terbaik untuk anak dengan beragam macam cara. Jenis permainan yang edukatif ini banyak sekali model dan jenis permainannya.

Ketika Anda sudah melihat tips memilih mainan edukasi anak umur 1, 2, 3 hingga 5 tahun yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengenal apa saja jenis edukasi yang ditawarkan permainan ini antara lain:

  • Berhitung, pada sejumlah permainan ditawarkan edukasi berupa cara berhitung yang benar dengan permainan yang sangat menyenangkan.
  • Mengenal bentuk, pada permainan ini juga ditawarkan beberapa bentuk yang menarik dan juga akan membuat anak-anak senang bermain sambil belajar.
  • Mengenal warna, mainan ini dilengkapi dengan warna-warna yang menarik sehingga anak-anak yang bermain akan lebih senang dan tertarik.

Beberapa orang yang belum pernah mengenal permainan ini mungkin akan tidak familiar dengan permainan ini. Kini sudah ada banyak sekali toko online terpercaya yang menjual mainan paling terjangkau dan model terbaik. Anda tidak perlu ragu dalam menggunakan permainan ini karena aman dan juga sangat baik untuk anak-anak.

Mainan yang Anda beli ini tidak sepenuhnya akan mengajarkan anak-anak berbagai ilmu edukasi. Tentu saja semuanya harus dibarengi juga dengan Anda yang mengarahkan anak menggunakan mainan edukasi. Ada baiknya memang pada saat anak bermain, orang tua juga turut menemani dan mengajarkan segala ilmu edukasi yang ada pada permainan ini. Jadi jangan sampai salah dalam memilih permainan ini.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Cara Memilih Mainan Edukasi yang Tepat untuk Balita"

  1. Setia orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Begitu pula saat memilih dan membeli mainan. Terimakasih sharingnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, orang tua cerdas akan mendidik anak anaknya dengan cara yang cerdas pula. Trimakasih juga sudah berkunjung

      Hapus
  2. aku selalu pertimbangin sih bahan dan jenis edukasinya kang, pernah waktu itu anakku masi 1 th ku beli buku yang tipis kertasnya bukan yg hard alhasil disobek2 *kray*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak anak memang iya, adiku pun begitu, kalo di kasih kertas keseringan di sobek

      Hapus
  3. Semakin beraneka ragam mainan anak jaman now. Untuk anak2 angkantanku, didesa terutama dulu nemu mainan kaya gini pas sekolah aja di TK. tapi berkembangnya transaksi online masyarakat desapun dgn mudah milih ini itu 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo dulu saya paling cuma main layangan sama plinteng (ketapel)

      Hapus
  4. Mas Amir skrng msih msih punya layangan sendaren ngga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah enggak Mas, udah jarang bikin soalnya

      Hapus
  5. waaah perlu di coba untuk anak..keren dan sangat informatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,anak cerdas juga cerminan dari didikan orang tuanya

      Hapus
  6. Bahannya emnk penting bngt buat di perhatikan, jgan sampe berbahaya buat balita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan seperti yang mainan yang dulu sempet tenar karena bahanya berbahaya buat balita

      Hapus
  7. mainan anak juga harus diperhtikan ya mas amir
    gak sembarangan aja.
    bisa jadi pelajaran buat saya nanti ketika udah punya anak
    sekarang masih nyari dulu nih hehe

    BalasHapus