Antara Blogspot dan Wordpress

foto : atom.io
Setelah enam tahun ngeblog menggunakan blogger, sekarang saya mulai beralih menggunakan wordpress. Karena dibandingkan blogger di bloggspot, wordpress jauh lebih bagus, baik dari sisi seo, tampilan, dan hal hal menarik lainya yang tidak bisa di temukan di blogspot.

Selama saya menggunakan blogspot, penggunaanya sangat sederhana, dan semua orang awam pun bisa dengan mudah menggunakannya. Karena sederhana, fitur yang di milikinya pun terbatas.

Tampilan write teks di blogger blogspot
Berbeda dengan wordpress yang perlu pembelajaran belajar terlebih dahulu untuk memulainya, karena fitur dan tool toolnya banyak dan aga ribet. Namun justru dengan tool tersebut, wordpress atau biasa orang menyebutnya WP, mampu menghasilkan blog yang lebih bagus dan berkualitas.

Jika di blogspot, untuk mengganti themanya, kita bisa melakukanya dengan mudah. Hanya tinggal copas saja kode script themanya lalu pastekan ke halaman editor themanya dan simpan, jadi deh. Untuk thema dari luar pun sama.

Tapi di wordpress, kita tidak bisa sembarang ambil thema. Thema yang di gunakan adalah thema khusus yang sudah di sediakan oleh wordpress itu sendiri. Untuk instal thema dari luar, kita diharuskan untuk menggunakan self hosted atau hosting sendiri, baru bisa install. Karena jika tidak pakai hosting, kita tidak bisa melakukanyat.

Saat pertama kali menggunakan wordress, saya sempat agak bingung dan pusing, terutama karena saya belum tahu jika ternyata untuk ganti thema itu harus punya hosting. Setelah mencoba hosting gratisan, akhirnya saya bisa melakukanya.

Pertama tama saya mencoba pada bagian postnya. Dan ternyata memang banyak pengaturanya, tidak seperti blogspot yang tinggal ketik lalu publish. Di wordpress, ada banyak tool untuk melengkapi posting kita. Contohnya pada bagian URL. Jika di blogspot, kita tidak bisa mendapatkan alamat URL penuh sesuai kata dalam judul, maka di wordpress bisa. Dan hal itu berpengaruh untuk hasil pencarian di google.

Tampilan write teks di wordpress
Yang paling menarik dari kesemuanya dari wordpress adalah adalah karena themanya yang luar biasa beserta plugin pluginya yang begitu mendukung, apalagi kalau pakai page builder theme. Ada banyak sekali theme wordpress dengan tampilan yang begitu menarik, baik yang gratisan maupun yang premium.

Jika di blogspot, saya belum pernah menemukan theme seharga 50 dollar, tapi di wordpress, theme premiumnya bisa sampai ratusan dollar. Dan itu berarti sebanding dengan tampilan yang diberikan.

Ah, pokonya teratarik sekali dengan wordpress. Dengan wordpress, kita juga tidak hanya membuat blog, tapi kita bisa membuat website website canggih. Entah itu toko online dengan prestashop, e-commerce dengan woocommerce, dan lain sebagainya. Namun ya itu, sepertinya blogger lebih mobile friendly alias lebih mudah di baca via hp.

Tapi pokonya keren banget lah wordpress. Bagi saya, ngeblog yang sebenarnya adalah jika sudah mengenal wordpress. Semoga dengan wordpress ini, cita cita saya kedepan bisa cepat tercapai, amin.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Antara Blogspot dan Wordpress"

  1. aiihh keren banget kang amir ngeblognya bisa konsisten gini sampe 6 tahun, apa rahasianya kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena suka dan hobi saja Mas, 6 tahun lebih malah

      Hapus