Belajar PEKA Menangkap Pesan dan Tema Lomba Blog

Credit : https://www.trenggalekkab.go.id
Salah satu faktor yang membuat kita kalah dalam lomba blog adalah karena tulisan kita yang tidak sesuai tema. Sebagus apapun tulisan kita, kalau keluar dari tema ya sudah bisa di pastikan gugur. 

Dan salah satu hal di dunia ini yang bikin galau para blogger lomba adalah kalah dalam lomba blog, iya enggak ? Apalagi mungkin bagi mereka yang usahanya ibaratnya sampe titik darah penghabisan, tapi begitu keluar pemenangnya, sakitnya tuh disana saja ya jangan disini hehehe….

Nah, maka dari itu, sebelum kita mulai menulis artikel lomba, baiknya pahami dulu apa yang di maksudkan dan apa yang di inginkan oleh penyelenggara sesuai dengan tema yang di berikan. 

Kalau menurut Mbak Evrina sama Diko sewaktu cuap cuap di fb, kita itu harus PEKA menangkap pesan yang di inginkan oleh penyelenggara lomba blog. Jika kita bisa peka, maka tulisan yang kita buat pun bisa searah dan sesuai dengan visi dan misi sang penyelenggara. Dengan begitu kesempatan untuk menang pun lebih besar. 

Kalau kamu Mir, bagaimana caranya biar kamu bisa PEKA menangkap pesan dalam sebuah blog ?

Ok deh saya jawab. Tapi untuk di ketahui, saya tidak bermaksud menggurui, karena ilmu saya masih cetek bak kali dangkal hehe. Jadi pembahasan ini lebih saya khususkan buat pemula dan awamer seperti saya. 

Lanjut..

Kalau saya, saya baca berulang ulang infonya, bukan hanya sekali, tapi berkali kali. Ini biasa saya lakukan agar saya bisa benar benar paham apa yang di inginkan penyelenggara lomba. 

Dengan saya membaca berulang sebuah info lomba, saya lebih bisa memahami  arti dari setiap kata dalam informasi tersebut, sehingga nantinya akan tersirat sebuah makna tentang keinginan dari sang penyelenggara. 


Selain itu, saya juga pantengin sosmed penyelenggara tentang apa yang saat itu sedang di promosikan, lalu di kaitkan dengan tema lomba yang sedang di selenggarakan. 

Saat lomba blog prelo kemarin di volume pertama. Di situ tema yang di berikan yaitu barang bekas. Dan setelah pengumuman pemenang keluar, ternyata yang menjadi juara pertama Mbak Langit Amaravati. Setelah saya baca tulisanya, saya pun tak heran jika tulisanya jadi pemenang pertamanya. 

Kalau menurut analisa dan penfsiran saya, tema barang bekas yang di berikan oleh prelo, berarti prelo menginginkan pentingnya barang bekas agar bisa di jual kembali, dimana prelo itu sendiri adalah aplikasi jual beli barang bekas. 


Nah, pada artikel Mbak Langit di blognya yang beralamat di www.langitamaravati.com, tulisan yang ia buat adalah tentang fakta fakta tersembunyi tentang barang bekas bahwa barang bekas baiknya di jual saja, bukan di simpan ataupun di jual tukang barang bekas. 

Mbak Langit juga memaparkan bahwa ada banyak fakta tersembunyi yang berakibat buruk jika barang bekas di buang atau tidak manfaatkan dengan baik. Seperti mengotori lingkungan, efek pemanasan global, dan dampak negative lainya. Dimana dengan pemaparan tersebut, pembaca akan menyimpulkan “wah iya ya, ko saya gak ngeh”. 

Apalagi jika di lihat dari judulnya saja “Selamatkan Bumi dengan Prelo” membuat pembaca dan juri bertanya tanya “seperti apa isi artikel ini, ko bikin penasaran sekali, masa selamatkan bumi dengan prelo?”. 

Saya juga tak habis pikir kalau Mbak Langit begitu jeli dalam membuat ide yang luar biasa seperti itu, sehingga juri memilihnya menjadi juara utamanya. Dengan tambahan desain web dan desain grafisnya, gak heran jika artikelnya jadi juara pertamanya. 

Untuk pengalaman dari saya sendiri, saya akan sedikit bercerita saat saya memenangkan lomba blog gorrygourmet kemaren dan kebetulan saya mendapat juara 1 nya.

Artikel gorrygourmet tersebut bisa di baca disini

Artikel saya buat jam 11 siang dan kelar jam 10 malam. Awalnya saya gak mau ikut, tapi karena ko seperrtinya tema-nya mudah, ya sudah saya ikut saja. 

Tema yang di berikan yaitu tentang tips, fakta, data atau resep tentang gaya hidup sehat. Dari tema tersebut saya menangkap pesan bahwa sebenarnya yang di inginkan penyelenggara adalah tentang menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan, karena gorygourmet adalah situs yang membantu seseorang mendapatkan hal sehat yang ia inginkan. Dalam hal ini diet.

Nah, sebelum mulai menulis, saya coba telusuri dulu, apa misi dan visi dari gorrygourmet itu sendiri. Yang ternyata tujuan di bangunya gorrygourmet adalah untuk menyelesaikan masalah orang orang yang ingin diet, baik itu menurukan berat badan, membentuk postur tubuh, dan lain sebagainya, namun melalui sebuah makanan. 

Setelah saya tangkap apa maksud dan tujuanya, ide tulisan saya pun saya buat tentang tips menurunkan berat badan melalui makanan, dengan judul “12 makanan penurun berat badan”. 

Hal ini sejalan dengan misi gorrygourmet, yaitu makanan yang lebih di khususkan untuk diet dan menurunkan berat badan. 

Pesan lain yang saya tangkap adalah, karena gorygourmet tidak membatasi jumlah kata, berarti dia menginkan tulisan yang informatif. Jika tulisan dibatasi, misal 500 kata, maka saya akan menuliskan di to the pointya saja. 

Dan karena mungkin apa yang saya tulis sesuai dengan keinginan penyelenggara, artikel saya keluar sebagai juara 1 nya. Tapi itu hanya penafsiran saja loh ya, mungkin berbeda dengan kalian atau pun jurinya. 

Sedangkan untuk lomba blog AC Daikin yang beberapa waktu lalu berakhir, saya setuju dengan artikel milik Diko sebagai juara utamanya. 

Saya seringkali penasaran, bagaimana Diko bisa peka menangkap pesan penyelenggara, sehingga artikelnya bisa meraih juara pertamanya. Dan kalau boleh saya analisa, artikel milik Diko begitu sesuai tema dan sesuai keinginan penyelenggara. 

Tema yang di berikan untuk lomba blog tersebut adalah AC Daikin, Nyaman dan Hemat Energi. Nah, untuk artikel milik Diko, Diko sudah memaparkan seperti apa nyamanya AC Daikin, kemudian juga seberapa hematnya AC tersebut dengan menggunakan perhitungan dalam sebuah infografis. 

Namun, Diko juga menambahkan poin lainya, yaitu tentang jaminan tinggi dan konsep eco green nya. Aliasnya, karena tema nyaman dan hemat energinya sudah dapat, namun karena ada tambahan poin penting lainya, gak heran jika artikelnya paling sesuai tema dan paling sesuai dengan keinginan penyelenggara. 

Nah, kira kira seperti itulah cara saya dalam PEKA menangkap pesan yang ingin di sampaikan oleh penyelenggara dalam sebuah lomba blog. Dan mungkin juga berbeda penafsiranya bagi masing masing blogger. Udah dulu ya, silahkan berkomentar, barangkali ada masukan lain biar kita belajar sama sama. 

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Belajar PEKA Menangkap Pesan dan Tema Lomba Blog"

  1. iyah ya...saya kudu belajar lebih peka lagi. baca tulisan para pemenang, ngiri...termasuk tulisan masnya, keren2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin banyak belajar, semakin banyak ilmu yang kita dapatkan

      Hapus
  2. Hiahaha... aseli, ni tulisan nohok saya yang sering nggak peka sama semua hal kayak yang Mas Amir tulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peka itu emang penting Mbak, saya juga sering kurang peka

      Hapus
  3. Oh begitu... Tapi sekarang juga dinilai kualitas grafis, gambar, dll nya. Itu yg harus dipelajari lagi deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih. Tetapi terkadang, karena fokus ke grafis, jadi kurang fokus ke konten, kayak saya

      Hapus
  4. katanya melihat kecenderungan juri juga bisa menjadi salah satu trik memenangkan lomba blog. misalnya jurinya suka tulisan kayak apa jadi bisa disesuaikan tulisan kita nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga masuk. Perhatikan selera juri

      Hapus
  5. Wah setelah baca ini sya jadi peka dengan tulisan mas amir...

    Semoga makin peka deh dengan lomba2 blog berikutnya...

    BalasHapus
  6. aku jarang ikut lomba
    klo ikut ya numpang lewat aja hehe
    kurang peka emang ya kadang ego sentrisnya masih tinggi soalnya nulisnya juga di blog pribadi, huhu

    BalasHapus
  7. Belajar peka dengan tulisan2 pemenang
    sembari belajar dari mereka hihi

    BalasHapus
  8. Jadi selain memahami tema dalam lomba juga harus memahami penyelenggara lomba ya...tengkiu sharingnya...

    BalasHapus
  9. kadang sulit ditebak, kita kadang sudah merasa peka tapi gaptek di infografis, atau sedikit pengen unik daripada yg lain, ternyata kurang beruntung juga

    BalasHapus
  10. kalau ikut lomba enggak menang suka lemas dan males. tapi baca begini jadi sedikit tahu triknya. info bagus nih.

    BalasHapus